5 Jenis Marketing Campaign di Instagram dan Tahapan Membuatnya

komerce.id – Instagram merupakan salah satu media sosial yang mempunyai banyak pengguna. Platform tersebut kini bukan sebatas tempat untuk mengunggah foto atau video, tetapi juga media berjualan bagi pelaku bisnis. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang melakukan marketing campaign pada Instagram. Apa saja jenisnya?

Sebelumnya, mari ketahui alasan melakukan kampanye di Instagram. Tidak sedikit yang mengaku bahwa Instagram adalah salah satu platform yang paling efektif untuk memasarkan produk secara online, hampir setiap pengguna setidaknya mengikuti satu atau dua akun brand favorit mereka.

Memang apa yang membuat Instagram lebih spesial dibandingkan media sosial lainnya? bagaimana cara melakukan kampanye pemasaran yang sukses dan berhasil? Simak terus artikel di bawah ini untuk mendapatkan jawaban lengkapnya.

Baca juga: 15 Tips dan Strategi Instagram Marketing yang Wajib Kamu Coba

Apa itu Marketing Campaign?

apa itu marketing campaign
apa itu marketing campaign, sumber gambar: pexels.com

Secara sederhana, marketing campaign adalah upaya memasarkan produk untuk mencapai hasil tertentu. Kampanye bisa dilakukan secara offline maupun online.

Bila dilakukan secara online, kampanye dapat dilakukan di media sosial dengan bantuan media audio visual, misalnya video atau gambar.

Mengapa Pilih Instagram?

mengapa pilih instagram
mengapa pilih instagram, sumber gambar: pexels.com

Instagram menawarkan fitur dan alat yang lengkap untuk mendorong perkembangan bisnis, misalnya fitur Insight untuk melihat perkembangan engagement pada akun Instagram atau layanan Instagram Ads. Instagram memungkinkan kamu untuk melakukan manajemen bisnis.

Selain itu, Instagram merupakan media sosial yang besar dengan pengguna mencapai ratusan juta.

Baca juga: Istilah-istilah dalam Instagram Insight: Arti Beserta Penjelasannya

Jenis-jenis Marketing Campaign di Instagram

marketing campaign pada instagram
marketing campaign pada instagram, sumber gambar: pexels.com

Instagram adalah platform yang potensial dalam mengembangkan suatu bisnis, kamu bisa menjadikan Instagram sebagai media promosi online yang hasilnya menjanjikan. Penasaran bagaimana cara promosi di Instagram? Pertama-tama kenali dulu jenis-jenisnya:

1. Giveaway atau Kontes

Mengadakan giveaway atau kontes adalah upaya pertama yang terbilang sangat efektif untuk menjangkau pengikut baru dan meningkatkan engagement.

Buat syarat dan ketentuan giveaway yang bisa mendorong tercapainya tujuan kampanye, seperti jadikan produk kamu sebagai hadiah untuk mengenalkan produk, meminta membuat Story agar meningkatkan reach dan lain-lain.

Kamu bisa mencontoh kontes yang diadakan brand lain, misalnya kontes dari AXIS-Y (brand asal Korea Selatan yang menjual produk perawatan kulit) dengan judul ‘My Wish for You Giveaway!’.

contoh campaign di instagram
contoh campaign Axis-y di instagram

Mereka sukses mendapatkan kurang lebih 400 komentar dari peserta kontes. Pada campaign giveaway yang diadakan pada hari Valentine itu bertepatan pada hari launching produk bundling terbarunya, yaitu Mini Glow Set.

2. Brand Awareness Campaign

Marketing campaign di Instagram berikutnya berkaitan dengan branding perusahaan. Umumnya kampanye brand awareness dilakukan oleh brand yang masih baru, namun ada beberapa brand besar yang menggunakan kampanye ini.

Tujuannya untuk menjaga popularitas brand dan menjangkau konsumen potensial baru. Selain itu, kampanye dilakukan untuk menguatkan keunikan sebuah brand agar bisa dibedakan dari brand lainnya.

Baca juga: Perbedaan Brand dan Merek

3. Kampanye User Generated Content (UGC)

Melalui kampanye UGC, konsumen dan existing followers menjadi sasaran utama promosi. Mereka diminta untuk mendokumentasikan penggunaan produk kamu dan mengunggahnya dengan tagar yang ditentukan.

Keuntungannya bagi kamu, semakin banyak pesertanya, semakin banyak pula konten yang bisa digunakan pada akun Instagram kamu. Sederhananya, promosi dilakukan dengan memanfaatkan tagar sehingga berhasil menciptakan awareness suatu brand.

Marketing campaign pada Instagram ini juga menguntungkan peserta kampanye, konten yang mereka buat berkesempatan tampil pada akun resmi kamu atau di-repost. Jadi ada hubungan mutualisme antara pebisnis dan konsumen.

Kamu bisa melihat kampanye jenis UGC digunakan oleh Fit Gourmet ID, GoPro Indonesia, Gaudi Clothing dan masih banyak lagi.

go pro instagram campaign
go pro instagram campaign

4. Kampanye Peluncuran Produk

Banyak perusahaan kecil dan besar yang menggunakan kampanye jenis ini, pada dasarnya kampanye peluncuran produk dilakukan dengan cara menyebarkan awareness tentang suatu produk baru saat mendekati tanggal peluncuran.

Kamu bisa mengajak influencer atau KOL (key opinion leader) di Instagram untuk melakukan unboxing, review atau sneak peek. Minta mereka untuk menekankan keunggulan dan manfaat yang didapatkan dari produk kamu, kampanye ini akan membentuk crowd yang mana di dalamnya terdapat konsumen potensial.

5. Kampanye Promosi atau Penjualan

Konsep dari kampanye promosi atau penjualan adalah dengan memberikan kode diskon khusus sebagai bentuk apresiasi kepada followers dan konsumen potensial.

Tujuannya agar mereka tertarik untuk mengunjungi akun Instagram kamu dan menggunakan layanan atau membeli produk yang ditawarkan.

Instagram menyediakan fitur Shop Now atau Belanja Sekarang yang bisa meningkatkan keefektifan kampanye.

Baca juga: Apa itu Shadowban Instagram, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tahapan Membuat Marketing Campaign di Instagram

tahapan membuat marketing campaign di instagram
tahapan membuat marketing campaign di instagram, sumber gambar: pexels.com

Sebelum memutuskan jenis kampanye yang akan dilakukan, kamu wajib tahu tahapan sistematis persiapan mengadakan kampanye. Tujuannya untuk memaksimalkan hasil yang dicapai, adapun tahapan membuat kampanye di Instagram adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan Marketing Campaign

Tentukan hasil yang ingin dicapai saat dan setelah mengadakan kampanye. Apakah ingin menaikkan jumlah followers? Meningkatkan traffic, reach dan engagement? Meningkatkan visibilitas layanan, produk atau brand

Akan lebih baik jika tujuan kampanye berkaitan atau sejalan dengan tujuan marketing utama bisnis, namun tujuan spesifik saja kurang maksimal. Ada teknik khusus untuk mengoptimalkan tercapainya tujuan kampanye yang disebut sebagai SMART.

Kamu harus mengkonversi tujuan dalam bentuk SMART (specific, measurable, achievable, relevant, time). Artinya tujuan kampanye harus spesifik, bisa diukur, mungkin untuk dicapai, relevan dan berjangka waktu. SMART meningkatkan peluang tercapainya tujuan kampanye.

2. Menentukan Target Kampanye

Apa yang ingin disampaikan kepada sasaran mungkin tidak kena atau tidak bisa dipahami oleh target, inilah mengapa penting untuk menentukan target spesifik marketing campaign.

Lakukan riset mendalam untuk mendapatkan informasi penting tentang apa yang dibutuhkan target, bagaimana cara mereka berinteraksi, apa ketertarikan mereka, dan lain sebagainya. Kamu diharuskan mempunyai pengetahuan mendalam tentang target kampanye.

Untuk mengetahui karakter audiens marketing campaign bisnis kamu, dapat dilihat melalui Insight. Semakin memahami audiens kamu, semakin besar pula kemungkinan marketing campaign pada Instagram akan sukses.

3. Merancang Rencana Marketing Campaign

Ini tahapan yang paling penting, rencana akan menjadi pegangan kamu selama kampanye berlangsung. Buat rencana matang yang berisi proses kampanye, seperti tagar apa yang nanti dipilih, apakah konten yang digunakan berasal dari konten UGC atau buatan sendiri?

Berapa banyak konten yang akan dibuat? Berapa lama jangka waktu pelaksanaan kampanye? dan lain-lain. Dengan begitu kamu bisa melihat jelas bagaimana kampanye akan berlangsung nantinya.

4. Menggunakan Jasa Marketing Campaign (Opsional)

Berikutnya adalah langkah opsional. Bila kamu tidak mempunyai tim marketing, alternatifnya menggunakan jasa pembuat kampanye di Instagram untuk memudahkan tercapainya tujuan kampanye.

Mereka akan membantu membuat perencanaan matang, mencari target pasar yang tepat, serta mencapai tujuan kampanye. Kamu bisa berkonsultasi sepuasnya jika menggunakan jasa tersebut.

Baca juga: 15 Aplikasi Pencari Hashtag Instagram Paling Populer

Tadi adalah informasi tentang marketing campaign di Instagram yang wajib kamu ketahui selaku pebisnis di Instagram. Tidak usah bingung lagi menentukan jenis kampanye yang cocok dengan bisnis kamu, pilihlah jenis kampanye yang sejalan dengan tujuan marketing keseluruhan bisnis.

Jangan lupa terapkan tahapan di atas agar kampanye berlangsung sistematis, efektif dan maksimal. Kampanye marketing sudah terbukti mendorong terjadinya peningkatan pada reach, engagement dan tentunya penjualan. Maka tak heran banyak pelaku bisnis di Instagram yang menerapkan strategi marketing tersebut. Kira-kira mana jenis kampanye yang paling ingin kamu coba pada bisnismu?

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar