Marketing Kit Adalah: Definisi, Komponen Wajib & Cara Membuat Marketing Kit

Pengertian Marketing Kit – Berbicara mengenai bisnis, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya untung dan juga rugi. Semua pebisnis pasti pernah mengalami pasang surut. Dalam urusan seperti ini, sudah seharusnya mereka mulai belajar dan menerapkan strategi bisnis menggunakan Marketing Kit

Marketing kit ini memang salah satunya jalan untuk dapat menaikkan omzet dalam penjualan. Ada berbagai macam jenis marketing kit yang bisa Anda gunakan, mulai dari brosur, poster, dan leaflet. Tujuan penggunaan marketing ini, yaitu untuk memberikan informasi / menarik perhatian pembaca.

Itulah mengapa dalam menjalankan marketing kit, pebisnis memerlukan brosur. Marketing kit ini juga dapat meringankan tugas dari seorang pemasar. Namun, sekarang ini justru banyak yang mengandalkan ingatan semata. Hasilnya, justru mengecewakan klien. Jadi, marketing ini cukup penting.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian marketing kit, hal yang wajib ada dalam marketing kit, cara membuat marketing kit dan pentingnya marketing kit untuk bisnis dan perusahaan. Simak sampai habis ya!

Baca juga: 8 Contoh Marketing Kit Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Apa itu Marketing Kit?

Apa itu Marketing Kit? Media pemasaran atau Marketing kit adalah media promosi yang memiliki fungsi untuk mendukung peningkatan penjualan suatu produk yang berisikan berbagai macam informasi tentang produk tersebut. Pada umumnya, marketing satu ini penting.

Itu karena marketing kit ini sangat berguna untuk sales marketing, dikarenakan mereka tidak perlu repot dalam menjelaskan produk kepada para pembeli terkait produk yang diperjual belikan. Selain itu, para konsumen juga bisa mendapatkan informasi tentang produk dengan sangat detail dan lengkap.

Marketing kit ini sudah seharusnya dilengkapi dengan nama perusahaan, kontak, serta informasi terkait produk yang diperjual belikan dengan sangat jelas. Kemudian, pemilihan kata dari marketing ini juga harus mempertimbangkan nilai estetis. Agar konsumen bisa tertarik terhadap produk tersebut.

5 Hal yang Wajib ada dalam Marketing Kit

hal yang wajib ada dalam marketing kit
Sumber gambar: freemockupworld.com

Marketing kit ini termasuk ke dalam salah satu alat promosi terbaik untuk bisnis Anda. Dalam menjalankannya, pebisnis membutuhkan brosur, poster, leaflet dan masih banyak lagi lainnya. Namun, pebisnis masih harus mengetahui bagaimana cara melakukan marketingnya agar lancar. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib ada dalam marketing kit pada bisnis Anda:

1. Membuat / Menyertakan Nama Produk atau Jasa

Mengingat penerapan marketing kit ini bertujuan sebagai alat promosi. Jadi, Anda harus memberikan informasi produk / jasa dengan sangat jelas. Tujuannya, tidak lain tidak bukan agar nama atau brand mudah diingat oleh customer. Bahkan jika kalimat promosinya menarik, konsumen juga pasti tertarik.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat marketing kit, yaitu dengan menyertakan nama produk atau bahkan jasa. Hal tersebut memiliki tujuan untuk dapat memberikan informasi nama produknya kepada calon pembeli. Supaya mudah diingat, buatlah dengan font yang lebih besar.

2. Tuliskan fungsi dari Produk atau Jasa

Kemudian, jangan lupa untuk memberikan informasi terkait fungsi dari produk atau bahkan jasa yang Anda tawarkan. Jangan sampai pihak calon pembeli tidak mengetahui manfaat / fungsi sesungguhnya dari produk yang diperjual belikan. Tuliskan dalam bentuk cerita atau poin juga bisa.

Misalnya saja melakukan promosi dari produk kecantikan seperti cream pagi. Anda bisa menambahkan fungsi atau manfaat dari penggunaannya secara rutin. Misalnya dapat membantu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV serta mencegah timbulnya jerawat. Isikan dengan lengkap.

3. Menulis Keunggulan dari Produk atau Jasa

Langkah ketiga dalam menggunakan marketing kit, yaitu dengan menuliskan keunggulan dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Jikalau produk yang Anda tawarkan, sudah banyak sekali dijual di pasaran. Tulis saja apa yang menjadi keunikan dari produk pribadi dibandingkan dengan kompetitor.

Tujuannya, tidak lain tidak bukan adalah untuk dapat menarik perhatian customer. Dengan begitu, mereka akan mudah memilih produk atau jasa Anda. Misalnya saja pada promosi jasa penulisan artikel, coba tulislah keunggulan yang dimiliki dan berikan perbandingan dengan jasa yang lainnya.

4. Memasang Foto dari Produk atau Jasa

Dalam rangka mempromosikan produk atau bahkan jasa, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak menyertakan bukti fotonya juga. Foto tersebut memiliki manfaat, supaya calon konsumen tahu seperti apa wujud dari produk yang ditawarkan. Sedangkan untuk jasa juga sama, berikan bukti fotonya juga.

Usahakan foto yang Anda pasang itu menarik, supaya kesannya juga terlihat lebih menarik perhatian calon pembeli. Misalnya saja produk, potret produk dengan background yang bagus. Sedangkan untuk jasa, tampilkan hasil foto terkait jasa apa yang ditawarkan dan jangan lupa untuk memberikan editan yang kreatif dan menarik.

5. Memasang Nomor Kontak Perusahaan / Usaha

Hal paling terakhir yang perlu Anda perhatikan, yaitu dengan menambahkan nomor kontak usaha / perusahaan. Tujuannya adalah agar calon customer bisa dengan mudah menghubungi pihak customer service dari suatu usaha bisnis. Hal ini adalah faktor pendorong agar bisa lebih dekat dengan konsumen.

Anda bisa menambahkan / memasang informasi detail lain, mulai dari nama media sosial usaha bisnis, alamat kantornya, website resmi, nomor kontak / customer service dan masih banyak lagi lainnya. Dengan begitu, calon customer bisa mudah menghubungi pihak yang bersangkutan.

Baca juga: 7 Jenis E-commerce Berdasarkan Model Bisnisnya

Cara Membuat Marketing Kit yang Menarik

cara membuat marketing kit yang menarik untuk bisnis
Sumber gambar: goodmockups.com

Dalam rangka menaikkan omzet penjualan, tentu saja Anda harus berupaya keras untuk menjadikan produk laku keras. Salah satunya dengan menggunakan marketing kit. Untuk bisa menerapkan marketing ini, pebisnis masih harus mengetahui cara membuatnya terlebih dahulu seperti berikut:

1. Memberikan Edukasi Kepada Para Pembaca Terkait Pentingnya Produk / Jasa

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat marketing kit, yaitu memberikan edukasi kepada para pembaca betapa pentingnya produk atau jasa yang ditawarkan. Ada baiknya Anda menulis dalam bentuk seperti cerita / deskriptif / storytelling. Jadi, kesannya terlihat lebih menarik.

Misalnya saja promosi bisnis suplemen, Anda bisa menulis jika saat ini menjaga kesehatan itu sangatlah penting. Jadi, dalam menjaga tubuh agar tetap selalu fit dan bugar, mengkonsumsi vitamin atau suplemen adalah salah satu solusi terbaik. Intinya, beri suatu informasi yang bermanfaat juga.

2. Menonjolkan Hal Unik dari Produk atau Jasa

Selain itu, Anda juga harus menonjolkan hal unik apa yang terdapat pada produk / jasa pribadi dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Hal tersebut bisa menjadikan calon konsumen lebih yakin terhadap produk sendiri, bahwa memiliki kualitas yang baik dan mempunyai perbedaan dengan lainnya.

Seperti misalnya saja, produk Anda berupa makanan instan namun dibuat dari bahan yang berkualitas. Ceritakan saja, bahwa produk tersebut terbuat dari bahan yang aman dan juga tidak mengandung pengawet. Jadi, semuanya aman dan dapat dikonsumsi tanpa takut ada efek samping.

3. Memberikan Testimoni dari Pelanggan

Tidak ada salahnya, jika Anda menyertakan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Tujuannya, yaitu untuk dapat meyakinkan calon pembeli terhadap produk pribadi yang ditawarkan. Oleh karena itulah, jangan pernah merasa bosan untuk menyimpan hasil testimoni. Dikarenakan bermanfaat di kemudian hari.

Ada baiknya juga Anda melakukan penutupan data penting konsumen, tepat sebelum di publish. Seperti wajah / foto profil sosial media, nama lengkapnya, nomor teleponnya dan bila memungkinkan sebagian chatnya juga perlu ditutup. Itu pun jika tidak memiliki kaitan erat dengan testimoni produk.

4. Menampilkan Pencapaian / Prestasi yang Diraih Perusahaan

Poin satu ini pada umumnya tidaklah wajib, mengingat ruang iklannya sangat terbatas. Anda bisa menyertakan prestasi ini di poster atau bahkan di leaflet saja pada bagian belakang maupun bawah. Tujuan dari pemberian ini adalah hanya sebagai peneguhan, bahwa produk sudah banyak diakui.

Meskipun sifatnya tidak wajib, akan tetapi dengan penggunaan poin satu ini manfaatnya cukup berpengaruh terhadap keyakinan calon pembeli. Misalnya saja produk kecantikan yang Anda perjual belikan sudah banyak dikenal masyarakat. Tentu kepercayaan calon customer bisa meningkat pesat.

5. Memajang Logo dan Kontak Informasi Bisnis

Dalam rangka mempromosikan produk atau jasa, tentu saja Anda harus menyertakan informasi lengkap. Seperti dengan menyertakan logo usaha / perusahaan dan juga nomor kontak / customer service. Tujuannya, supaya calon customer lebih mudah dalam menghubungi pihak yang terkait.

Apalagi dengan menyertakan logo bisnis, menjadikan calon pembeli lebih mudah memahami dan mengetahui bahwa logo milik Anda adalah usaha yang bergerak dalam bidang tertentu. Bahkan akan lebih mudah untuk customer mengingat jenis produk / jasa tersebut. Jadi, sertakan dengan detail.

Baca juga: 8 Jenis Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis

Apakah Marketing Kit Penting Untuk Perusahaan?

pentingnya marketing kit untuk perusahaan dan bisnis
Sumber gambar: pinterest

Berbicara mengenai marketing kit yang memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa atau bahkan memperjualbelikan produk sekalipun, mereka seharusnya menggunakan strategi pemasaran yang jauh lebih akurat dan terbilang efektif dan juga efisien.

Salah satu alat promosi yang sampai saat ini masih banyak digunakan masyarakat / pebisnis, yaitu marketing kit. Marketing tersebut mengandalkan brosur, leaflet dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menerapkan strategi pemasaran ini, maka sistem penjualan pun akan mengalami peningkatan.

Dalam menggunakan marketing kit ini, Anda harus mengetahui strateginya juga. Jadi, tidak sembarangan menyebarkan informasi terkait promosi. Usahakan brosur yang hendak disebarkan memiliki kata – kata yang menarik, terdapat logo dan info usaha, testimoni pun juga sangat perlu.

Baca juga: 11 Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

Persiapan Sebelum Membuat Marketing Kit

Sebagai salah satu alat promosi paling baik, marketing kit juga harus dibuat dengan upaya keras. Pertama, Anda harus mengetahui target pasarnya terlebih dahulu. Dengan begitu, bisa lebih fokus dalam menentukan apa yang penting untuk mereka. Kedua, menentukan masalah yang terjadi.

Lebih tepatnya menentukan masalah yang terjadi pada layanan / alamat suatu produk. Uraikan 3 sampai dengan 5 masalah yang seringkali dialami oleh pelanggan potensial. Lalu sertakan informasi terkait bagaimana produk maupun layanan mampu menyelesaikan masalahnya. Agar lebih bagus.

Ketiga, buatlah konsep pernyataan terkait produk maupun layanan Anda agar digunakan di seluruh perangkat pemasaran. Cobalah menggunakan kata “Anda” lebih sering. Keempat, pastikan mempunyai dasar yang tercakup. Segera putuskan, apakah memerlukan buletin, selebaran, kartu nama, dan kop.


Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Marketing kit adalah media promosi yang berisi informasi mengenai produk atau jasa. Kini Anda telah mengetahui bahwa dalam dunia bisnis, marketing kit sangatlah penting. Terlebih lagi perusahaan yang selalu mengupayakan pelayanan terbaiknya untuk klien.

Penggunaan marketing kit ini dapat membantu dalam mempromosikan produk atau bahkan jasa. Dikarenakan sebelum menerapkannya, pebisnis harus benar-benar bisa membuatnya dengan sangat baik. Seperti harus memilih kata-kata promosi dengan baik, menyertakan informasi detail.

Seperti misalnya saja menyertakan informasi terkait kelebihan apa yang dimiliki oleh produk / jasa pribadi. Anda juga harus bisa membuat pernyataan mengenai hal apa yang menjadi perbedaan produk sendiri dengan milik perusahaan lain. Dengan begitu, customer bisa mempertimbangkan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

2 pemikiran pada “Marketing Kit Adalah: Definisi, Komponen Wajib & Cara Membuat Marketing Kit”

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.