10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Segmentasi Pasar – Apakah kamu sering mendengar segmentasi pasar? di artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang pembagian segmentasi pasar. Lalu, apa sebenarnya segmentasi pasar itu sendiri?

Konsep Dasar Segmentasi Pasar

Sebelum kita berlanjut ke pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, terlebih dahulu kita ketahui konsep dasar segmentasi pasar. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menemukan gambaran dari segmentasi pasar itu sendiri.

Dalam sebuah bisnis, sudah lazimnya untuk diketahui bahwa pasar memiliki karakteristik yang sangat beragam. Dalam karakter yang beragam tersebut, konsumen memiliki kebutuhan, kebiasaan, budaya, dan ciri masing-masing.

Adanya perbedaan yang bercampur aduk itu kemudian dikelompokkan menurut karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda. Pengelompokan inilah yang kemudian disebut dengan segmentasi pasar.

Baca Juga: 7 Jenis Segmentasi Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Arti Segmentasi Pasar Adalah

Segmentasi pasar adalah pengelompokan konsumen dari karakteristik yang heterogen menjadi kelompok-kelompok yang homogen. Konsumen yang dibagi-bagi itu nantinya akan dikelompokkan berdasarkan pembagian tertentu. Pembagian ini merupakan langkah awal dari brand khususnya departemen marketing untuk memasarkan produknya.

Bagaimana segmentasi ini dimanfaatkan? Nantinya departemen marketing akan menentukan kelompok mana yang menjadi target dari pemasaran produknya. Dengan langkah ini kegiatan pemasaran akan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

pengertian segmentasi pasar menurut para ahli
Ilustrasi segmentasi pasar. Sumber gambar; diantranslation.com

Selain pengertian secara umum, inilah pengertian segmentasi pasar menurut para ahli. Ada banyak ahli ekonomi dan pemasaran yang berpendapat tentang ini. Kami akan merangkum 10 pendapat para ahli:

1. Swastha dan Handoko

Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko); segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix tertentu.

2. Pride dan Ferrel

Suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli

3. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli

4. McDonald dan Dunbar

Proses membagi pelanggan atau pelanggan potensial ke dalam kelompok- kelompok atau segmen-segmen yang berbeda, dengan tingkat kebutuhan yang sama atau sebanding dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan secara tepat

5. Kerin

Segmentasi pasar adalah pemecah atau penyusunan calon pembeli ke sejumlah kelompok. Setiap kelompok dikenal dengan istilah segmen pasar (market segment). Setiap segmen memiliki 12 ciri dan karakteristik yang sejenis jika dikaitkan dengan perilaku pembelian pemasaran

Baca juga: 10 Manfaat Segmentasi Pasar Untuk Bisnis

6. Gitosudarmo

Menurut Indriyo Gitosudarmo (2014); segmentasi pasar adalah Usaha untuk mengelompok-kelompokkan pasar, dari pasar yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat homogen.

7. Eric Berkowitz

Segmentasi pasar artinya membagi suatu pasar kedalam kelompok-kelompok yang jelas yang (1) memiliki kebutuhan yang sama, (2) memberikan respons yang sama terhadap suatu tindakan pemasaran.

8. Morrison

Segmentasi pasar (market segmentation) merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.

9. Kasali

Segmentasi adalah kegiatan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang menjadi konsumen potensial serta memiliki kesamaan perihal yang dibutuhkan atau kesamaan karakteristik juga respon yang sama dalam penggunaan uangnya

10. Saladin

Suatu metode yang menggolongkan pasar kedalam beberapa golongan pembeli yang mungkin sama dengan kebutuhan pasar dan juga karakteristik yang sering memperlihatkan hubungan yang sama.

Baca juga: Tujuan Segmentasi Pasar

Itulah pengertian segmentasi pasar menurut para ahli dan secara umum. Berdasarkan para ahli, segmentasi pasar pada intinya adalah membagi konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik yang sama.

Ada berbagai macam kategori dari segmentasi pasar yang bisa dibagi sesuai dengan kebutuhan. Yang jelas, segmentasi pasar sangat berguna untuk menunjang kegiatan pemasaran. Brand yang ingin pemasarannya berhasil harus tahu segmentasi pelanggannya.

Jika sebuah brand langsung memasarkan produknya tanpa membagi terlebih dahulu mengelompokkan konsumennya, kegiatan pemasaran akan tidak optimal. Hal ini dikarenakan kegiatan pemasaran tidak menjangkau target yang tepat. Akibatnya, biaya pemasaran membengkak namun penjualan tidak maksimal.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.