Pengertian Customer Loyalty dan 5 Cara Efektif Tingkatkan Customer Loyalty

Pengertian customer loyalty – Ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan dalam bidang usaha atau bisnis, salah satunya adalah customer loyalty atau loyalitas pelanggan.

Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis akan mendapatkan omset yang lebih banyak lagi dari sebelumnya. Hal ini harus dilakukan dengan cara meningkatkan customer loyalty melalui penetuan strategi yang tepat untuk mengoptimalkannya.

Tentu saja, upaya tersebut dilakukan tidak hanya sebatas untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, akan tetapi juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat yang membutuhkan produk atau jasa dari bisnis yang Anda kembangkan sekarang.

Lalu seperti apa customer loyalty itu? Komerce akan menjelaskannya lebih banyak untuk Anda.

Pengertian Customer Loyalty

customer loyalty adalah
sumber: itagroup.com

Pengertian customer loyalty adalah kesetiaan konsumen terhadap sebuah produk, satu konsumen bisa melakukan repeat buy atau membeli produk berulang kali atau usaha yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Pelayanan dan produk berkualitas dapat menumbuhkan customer loyalty ini.

Customer loyalty dapat menjadi landasan utama kesetiaan konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Kesetiaan para konsumen ini membawa banyak keuntungan bagi sebuah bisnis atau usaha. Menimbang banyaknya kompetitor bisnis saat ini, yang dibutuhkan pengusaha adalah menjaga dan merawat konsumennya.

Kemauan konsumen untuk melakukan pembelian beberapa kali di tempat yang sama tidak mudah untuk diraih. Apalagi, memperoleh kepercayaan banyak konsumen. Sehingga para pengusaha perlu memahaminya.

Alasan mengapa Customer Loyalty Penting

Customer loyalty merupakan bagian penting dalam menjaga eksistensi bisnis. Untuk menjaga kesetiaan para konsumen, butuh berbagai upaya. Upaya yang dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap konsumen. Customer loyalty juga dapat muncul karena berbagai faktor.

Bagi sebagian orang, mendirikan bisnis itu mudah. Hanya berbekal modal yang cukup saja, bisnis bisa berdiri dan cepat dikenal orang. Namun yang sulit adalah mempertahankan bisnis hingga terus berkembang dan besar. Kunci untuk mempertahankan bisnis ini terletak pada kepuasan konsumen.

Customer loyalty dapat muncul dari pengalaman konsumen. Kepuasan dan perasaan positif konsumen terhadap produk atau jasa itulah yang membuat mereka tak lagu untuk melakukan pembelian untuk yang kedua atau lebih. Bagi pengusaha, penting untuk memahami karakter dan kebiasaan konsumen agar tidak mengecewakan.

Selain kepuasan produk, nilai produk dan kualitas juga menjadi kunci penting menciptakan customer loyalty. Bahkan customer loyalty bisa dikatakan lebih penting daripada penawaran yang dilakukan sale atau staf pemasaran. Usaha keras staf pemasaran akan gagal jika produk yang dipasarkan terkenal bercitra buruk.

Mendapat kesetiaan konsumen sangat menguntungkan untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Semua brand produk di dunia bisa bertahan puluhan hingga ratusan tahun karena memiliki segmentasi konsumen yang terus mereka jaga.

Alasan Mengapa harus Meningkatkan Customer Loyalty

Alasan Mengapa harus Meningkatkan Customer Loyalty
sumber: 3ccontactservices.com

Berikut kelebihan mengapa harus meningkatkan customer loyalty.

1. Menjaga Lebih Mudah Daripada Menciptakan

Menjaga konsumen lama lebih mudah daripada menciptakan segmen konsumen baru. Kesalahan kebanyakan pelaku usaha biasanya terlalu fokus mencari ladang konsumen baru. Mereka terlalu memikirkan bagaimana cara mendapat konsumen baru dan mengesampingkan konsumen yang sudah ada.

Merawat konsumen yang sudah ada membutuhkan biaya lebih murah. Misalkan konsumen yang sudah loyal dengan sebuah produk, harus dimanjakan dengan berbagai diskon dan perlakuan istimewa. Sehingga tidak ada alasan bagi para konsumen yang sudah lama untuk berpaling ke produk lain.

2. Konsumen Setia Lebih Menjanjikan

Jika ada konsumen yang sudah percaya pada satu merk tertentu, mereka tak akan berpaling ke merk lain. Keuntungannya, mereka akan merekomendasikan produk yang dia suka kepada orang-orang terdekat. Seperti keluarga, sanak saudara, teman, dan anggota komunitas. Mereka bisa lebih setia daripada bagian pemasaran sebuah produk.

Konsumen yang setia juga dapat menjadi pendapatan pasti. Jika produk yang mereka beli sudah habis, mereka akan kembali membeli produk yang sama. Mereka akan lebih sering membeli produk Anda daripada konsumen baru yang masih pikir-pikir. Seperti inilah yang akan mendatangkan keuntungan lebih untuk sebuah usaha.

3. Konsumen Baru Cenderung Labil

Di tengah persaingan bisnis yang serba cepat, pemikiran konsumen untuk berpindah ke produk lain juga akan lebih cepat. Konsumen yang hanya coba-coba sering kali berpindah dari satu merk ke merk lain. Mereka inilah yang tidak bisa diharapkan sepenuhnya. Berbeda dengan customer loyal.

Loyalitas para konsumen terhadap perusahaan atau sebuah merk patut diapresiasi. Mereka inilah yang selama ini menjaga agar produk bisnis Anda tetap laku di pasaran. Tanpa ada loyalitas dari pelanggan, perusahaan akan minim pemasukan dan merugikan.

4. Konsumen Loyal Berpengaruh Terhadap Karyawan

Customer loyal dapat memberikan dampak positif kepada kinerja karyawan. Konsumen yang loyal biasanya akan berperilaku baik kepada karyawan usaha Anda. Mereka inilah yang menjadi penyemangat kerja semua karyawan. Sehingga dapat menjadi motivasi tersendiri untuk meningkatkan pelayanan usaha.

Selain konsumen, pengusaha juga harus memikirkan perasaan para karyawan. Tak sedikit karyawan yang mendapat sasaran amarah konsumen tanpa sebab yang jelas. Berbeda jika berhadapan dengan konsumen yang loyal, mereka cenderung lebih hormat kepada pelaku usaha.

5. Konsumen Loyal dapat Melejitkan Bisnis.

Konsumen yang loyal juga berperan penting untuk melejitkan bisnis seseorang. Kok bisa? Di era teknologi yang modern saat ini, cukup mudah untuk membuat suatu produk untuk menjadi viral. Berbekal media sosial dan opini dari sosok tertentu, sebuah produk akan lebih cepat dikenal luas masyarakat.

Biasanya, para konsumen yang loyal ini tak akan ragu mengunggah produk Anda ke media sosial mereka. Bahkan tanpa dibayar, produk Anda akan dikenal lebih luas ke kalangan orang terdekat si konsumen. Konsumen yang puas dengan produk atau layanan cenderung akan merekomendasikannya kepada orang di sekitar mereka.

Cara Efektif Meningkatkan Customer Loyalty

cara efektif meningkatkan customer loyalty
sumber: businessadministration.ir

Ada sejumlah faktor yang menciptakan customer loyalty, customer loyalty bisa dibentuk dengan berbagai upaya, salah satunya adalah dengan mengenali karakteristik konsumen dari suatu daerah. Nah, pengusaha atau tim marketing dapat melakukan beberapa cara efektif untuk mengingkatkan customer loyalty seperti di bawah ini:

1. Kenali Pelanggan Lebih Dekat

Pelanggan akan lebih setia jika mereka merasa dihargai dan dikenal langsung oleh pemiliknya. Maka dari itu, jalin hubungan yang lebih personal dengan para customer yang berpotensi jadi loyal. Biasanya, terlihat dari seberapa sering mereka datang ke tempat usaha Anda dalam sekali waktu.

2. Apresiasi Kesetiaan Konsumen

Jangan lupa beri apresiasi khusus untuk para pelanggan yang setia. Seperti memberikan diskon atau potongan harga sekali waktu. Bisa juga dengan memberikan gift atau hadiah untuk mereka yang berkontribusi memajukan bisnis Anda. Dengan demikian mereka akan semakin dekat dan rela ikut memajukan usaha Anda.

3. Minta Saran dari Mereka

Customer loyal akan lebih terbuka terhadap produk Anda. Mereka tidak akan segan memberi masukan yang bertujuan memajukan usaha Anda. Biasanya, mereka lebih jujur untuk memberi saran agar bisnis lebih disukai konsumen. Jangan marah apabila konsumen memberi masukan yang kurang enak.

4. Jangan Segan Mengeluarkan Biaya Promosi

Promosi adalah biaya wajib bagi pengusaha untuk melanggengkan bisnisnya. Dengan memiliki customer loyal, pengusaha akan banyak dibantu promosi dan mendatangkan pemasukan pasti. Tapi jangan lupa untuk memasukkan biaya hadiah atau apresiasi untuk mereka yang membantu promosi bisnis Anda.

5. Buka Layanan Kritik dan Saran

Layanan kritik dan saran sangat membantu pengusaha dalam mendapat masukan untuk memajukan bisnis. Jangan pernah anggap kritik dan saran hanya sebagai formalitas. Misal ada konsumen yang mengirim masukan untuk melakukan perbaikan fasilitas, maka harus segera dilakukan.

Jika suatu saat konsumen tersebut melihat masukan mereka dibaca dan didengar pemilik usaha, mereka akan memiliki rasa hormat terhadap usaha Anda. Apalagi jika ada reward untuk pemberi kritik dan saran tersebut. Tentu reward diberikan untuk kritik dan saran yang paling berharga untuk kemajuan usaha.


Setelah mengetahui pengertian customer loyalty dan cara meningkatkan customer loyalty secara efektif, jangan lupa untuk diterapkan. Tak hanya itu, sangat penting untuk selalu transparan dengan bisnismu agar pelanggan mengenal betul bisnismu. Jangan lupa untuk selalu aktif memasarkan usaha Anda melalui media massa atau media sosial.

Salah satu kunci penting lain untuk mempertahankan bisnis adalah dengan menjaga dan merawat konsumen. Namun yang sering dilupakan para pengusaha adalah mereka selalu mencari konsumen baru sebanyak mungkin, tapi melupakan konsumen yang selama ini sudah setia turut memajukan bisnis Anda melalui unggahan media sosial mereka.

kolaborasi bersama komerce
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar