15 Tips dan Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2021

Apakah Anda merasa sudah melakukan kegiatan marketing di Instagram namun hasilnya belum memuaskan? Jika hal tersebut terjadi pada Anda, pastikan bahwa Anda telah melakukan strategi Instagram marketing secara menyeluruh dengan usaha yang maksimal.

Jika dimanfaatkan dengan baik, strategi marketing menggunakan Instagram ini bisa memberikan hasil yang bagus. Karena, saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang sedang digunakan oleh banyak orang di Indonesia bahkan dunia.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa konten yang terdapat dalam Instagram berkualitas dan bisa menarik perhatian banyak orang. Apabila orang merasa tertarik dan merasakan manfaat dari akun Instagram Anda maka orang tersebut bisa berubah menjadi konsumen.

Instagram Sebagai Media Pemasaran

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk menciptakan,  menyampaikan, dan menawarkan sesuatu kepada pelanggan, klien, relasi, dan masyarakat luas. Instagram telah menjadi sarana marketing dimana pelaku bisnis dapat menyapa dan berkomunikasi dengan pelanggannya.

Instagram merupakan media sosial yang berbeda dengan media sosial lain, dimana Instagram merupakan tempat dimana brand dapat dapat melakukan pemasaran dengan mengaplikasikan strategi visual based, dimana satu foto dapat memberikan informasi lebih banyak melalui kata-kata.

Meskipun sosial media lain seperti facebook dan twitter menyediakan album foto, namun Instagram dapat dikatakan lebih efektif dalam strategi ini. Hal ini berkat karakter Instagram yang memang berfokus pada foto sehingga mereka menyediakan fitur yang lebih baik dari media sosial lain.

15 Strategi Instagram Marketing 2021

strategi instagram marketing yang efektif

Tidak hanya membuat feed Instagram yang menarik, ada cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai strategi marketing. Berikut beberapa strategi instagram marketing yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Memakai akun instagram bisnis

Akun bisnis di Instagram akan lebih memudahkan calon konsumen untuk melihat akun Anda. Selain itu, akun bisnis juga akan terlihat lebih profesional. Cara mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis yaitu masuk ke menu Pengaturan, pilih Akun, dan pilih Beralih ke Akun Profesional.

Jika sebelumnya akun di-private maka lebih baik ubah menjadi publik. Karena orang-orang akan merasa lebih mudah jika ingin melihat postingan di akun tanpa ada hambatan.

2. Mengoptimasi profil bisnis

Setelah beralih ke akun bisnis, Anda juga harus bisa mengoptimasi akun tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah memilih username yang mudah dikenali, memakai foto profil brand, dan mencantumkan bio yang informatif serta menarik.

Ketika Anda menggunakan username yang mudah dikenali, orang tidak akan sulit untuk mengingat nama tersebut. Di akhir bio, Anda juga dapat menambahkan CTA atau Call to Action, misalnya tulisan “Klik untuk menikmati penawaran!”.

Tidak lupa untuk menyertakan link di bawah CTA tersebut yang berhubungan dengan tulisan CTA.

3. Mengoptimasi feed Instagram

Salah satu strategi marketing yang sangat penting adalah strategi konten Instagram dengan mengoptimasi konten dalam feed Instagram. Anda bisa mengisi konten foto maupun video yang menarik.

Beberapa konten yang bisa Anda unggah di feed yaitu gambar edukasi, behind the scene, gambar hari peringatan, foto dari follower, video yang menghibur, video testimoni, dan konten menarik lainnya.

Anda juga bisa membuat tema untuk feed Instagram supaya terlebih unik dan berbeda dari akun dengan bisnis serupa.

4. Mengetahui jenis postingan

Jenis postingan di Instagram saat ini ada empat, yaitu feed, Instagram Story, Instagram TV, dan Instagram Live. Feed adalah keseluruhan foto atau video yang di posting di akun Instagram.

Sedangkan Instagram Stories adalah konten yang hanya bisa bertahan 24 jam saja yang ditempatkan di atas feed. Instagram TV atau yang dikenal IGTV merupakan fitur paling baru Instagram di mana follower bisa menikmati video dalam durasi cukup lama.

Instagram Live adalah konten siaran langsung dari Instagram yang bisa ditonton follower.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Penjualan dengan TikTok

5. Memanfaatkan instagram stories

Selain feed Instagram, Anda juga perlu membuat konten di Instagram Stories. Kelebihan dari Instagram Stories adalah posisinya berada di paling atas sehingga mudah untuk dilihat, stories bisa disimpan dan digunakan untuk lain waktu, dan sebagainya.

Selain itu, Instagram Stories ini menjadi berita harian yang ingin Anda bagikan dengan follower akun.

6. Mencoba Instagram live

Supaya engagement meningkat, Anda bisa mencoba fitur Instagram Live. Sebelum memulai live, pastikan untuk memberi pengumuman kepada follower terlebih dahulu. Semakin banyak orang yang menonton Instagram Live maka kesempatan ditampilkan di Top Live juga semakin tinggi.

Anda bisa memakai Instagram Live untuk melakukan sesi tanya jawab, merekam event, dan sebagainya.

7. Memakai Instagram TV

Berbeda dengan video yang diposting di feed, Instagram TV memungkin Anda membagikan video dengan durasi yang lebih panjang. Untuk bisa memakai fitur IGTV, Anda harus mendownload aplikasi IGTV terlebih dahulu dan login memakai akun Instagram.

Supaya video IGTV lebih menarik, Anda harus merencanakan video tersebut sebaik mungkin. Video berkualitas di IGTV bisa menjadi konten marketing Instagram yang disukai karena follower bisa menonton video secara berulang.

8. Memposting ulang foto atau stories follower

Jika ada follower yang memposting foto atau stories dengan memberi tag akun Anda maka Anda juga bisa memanfaatkan. Ini juga bisa menjadi keuntungan untuk Anda dan orang yang memposting konten.

Memposting ulang membuat konten yang ditampilkan terlihat apa adanya dan tidak dibuat-buat.

9. Menggunakan caption yang menarik

Bagi sebagian orang menulis caption adalah proses yang cukup sulit. Caption yang menarik adalah capiton yang bisa membuat orang lain atau follower membacanya sampai tuntas.

Beberapa tips yang bisa Anda coba, yaitu membuat beberapa draft terlebih dahulu, menaruh hal penting di bagian awal, memasukkan CTA, bertanya kepada konsumen, menggunakan maksimal empat hashtag, dan membuat gaya tulisan unik.

10. Memakai hastag unik

Saat membuat postingan di Instagram memang disarankan menggunakan hashtag, namun jangan selalu menggunakan hashtag yang umum. Anda juga bisa membuat hashtag sendiri yang berhubungan dengan brand tersebut.

Kegunaan dari hashtag unik adalah memudahkan orang mencari postingan mengenai brand Anda.

11. Posting di waktu yang pas

Waktu yang pas berdasarkan CoSchedule untuk memposting adalah pukul 08.00-09.00. Anda juga jangan memposting terlalu banyak konten sampai membuat follower merasa bosan. Anda bisa posting satu sampai dua kali sehari secara rutin agar brand selalu diingat oleh follower.

12. Meningkatkan engagement

Engagement adalah hal yang paling penting di Instagram bisnis. Untuk meningkatkan engagement, Anda harus terbuka tentang bisnis yang dilakukan, berbagi data yang dimiliki, dan membuat konten yang dapat disimpan.

13. Memanfaatkan fitur instagram bisnis

Ada banyak fitur Instagram bisnis canggih yang dapat dimanfaatkan sebagai strategi marketing, yaitu Insight, tombol kontak, quick reply, Instagram ads dan swipe up untuk stories. Insight adalah fitur yang dapat memberikan analisis performa akun bisnis Instagram.

Fitur ini adalah fitur yang paling bagus dan bermanfaat untuk mengembangkan akun Instagram Anda.

14. Menggunakan Instagram ads

Jika Anda ingin memasang iklan di Instagram, Anda bisa mencoba Instagram Ads. Memasang iklan di Instagram bisa melalui Instagram langsung maupun Facebook Ads Manager. 
Pemasangan iklan ini bertujuan untuk mengenalkan bisnis Anda secara luas kepada orang-orang yang belum menjadi follower supaya bisa mengetahui bisnis tersebut.

15. Kerjasama dengan influencer

Jika sudah berusaha untuk mengoptimasi strategi marketing Instagram sendiri, Anda juga bisa mencoba menjalin kerjasama dengan Influencer. Saat ini influencer memiliki pengaruh yang tidak bisa diremehkan lagi.

Pilih influencer yang sudah dipercaya oleh banyak orang dan memiliki banyak follower supaya Anda bisa memperoleh banyak konsumen dari konten yang dibuat oleh influencer tersebut.

Baca juga: 13 Tips YouTube Marketing yang Wajib Anda Coba

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Ada lima hal yang dapat diperhatikan ketika mengunggah foto di Instagram untuk menaikan engagement:

  1. Foto yang berpusat pada Pelanggan. Maksudnya adalah, ketika mengunggah foto di Instagram Anda harus mempertimbangkan apakah foto itu bermanfaat bagi kehidupan pelanggan? Bagaimana manfaat itu dikaitkan dengan foto yang akan diunggah, yang tentu saja manfaat itu harus berhubungan dengan produk yang ingin dipasarkan? Foto yang baik akan membawa audience untuk mencari lebih banyak informasi tentang produk yang dipasarkan.
  2. Foto yang berpusat pada karyawan. Media sosial menampilkan produk dan kepribadian dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang memperlakukan karyawan dengan baik akan lebih menarik bagi pelanggannya. Beberapa brand terutama fashion mewajibkan karyawannya menggunakan produk mereka dengan baik ketika bekerja. Karena itu akan meningkatkan kredibilitas brand itu sendiri.
  3. Foto Kontes. Kemballi lagi ke karakteristik indtagram sebagai media sosial berbasis fotografi. Akan menarik ketika melangsungkan kontes foto isntagram karena peminatnya akan terus ada dan mereka akan mengikuti perkembangan kontes tersebut.
  4. Foto dengan Blogger. Sebelum Instagram focus dengan pelaggan dan karyawan sebagai “bintang”nya untuk menampilkan kepribadian dari brand itu sendiri, fokuskan pada siapa yang akan menjadi model dari brand itu sendiri. Pemilihan model dapat menentukan kredibilitas merk.
  5. Waktu Terbaik untuk mengunggah. Masing masing produk memiliki waktu terbaik untuk menggunggah foto berdasarkan karakteristik target marketing itu sendiri. Sebagai contoh, ketika mengiklankan produk dengan target pekerja, kita dapat mengiklankan produk pada jam makan siang karena kebanyakan pekerja akan membuka akun Instagram pada jam istirahat. Begitu juga ketika kita ingin mengiklankan produk dengan target ibu rumah tangga, pilihlah waktu ketika audience selesai melakukan pekerjaan rumah tangga.

Baca juga: Tips Jualan Online Laris Manis untuk Pemula

Bagaimana efektifitas beriklan melalui Instagram?

Sebuah iklan dikatakan efektif apabila tujuan dalam beriklan dapat tercapai. Yang perlu diketahui Anda sebelum beriklan di media apapun adalah bagaimana karakteristik pengguna produk itu sendiri.

Tentu saja, kita tidak bisa menyamakan media iklan antara obat penghilang bekas jerawat dengan obat herbal penyakit dalam. Sama-sama obat, namun sangat berbeda target pemasarannya. Atau kita tidak bisa menyamakan media iklan bumbu masak vegetarian dengan bumbu masak pada umumnya.

Kembali lagi kita harus melihat karakteristik yang dilihat dari factor demografi, psikografi, dan pengalaman konsumen. Efektifitas dari iklan dapat dilihat melalui konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

Instagram dapat menjadi media yang efektif apabila target marketing Anda sendiri termasuk pengguna Instagram, dengan memperhatikan kualitas gambar yang akan diunggah. Tak hanya itu, faktor lain seperti ketepatan waktu beriklan, isi konten, dan “bantuan” dari media sosial lain turut berpengaruh terhadap keberhasilan iklan.


Setelah dipelajari, ternyata ada banyak usaha strategi Instagram marketing yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Harapannya setelah Anda mencoba cara-cara tersebut, penjualan produk dan brand awareness bisa meningkat.

Anda juga bisa mencoba media lain untuk melakukan kegiatan marketing, namun pastikan bahwa Anda sudah memaksimalkan usaha di salah satu media, misalnya Instagram.

kolaborasi bersama komerce
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar