Istilah-istilah dalam Instagram Insight: Arti Beserta Penjelasannya

komerce.id – Mau punya ribuan pengikut pada Instagram bisnis dalam hitungan bulan saja? Yang pasti tanpa aplikasi atau layanan pihak ketiga ilegal dan anti-shadowban. Triknya menggunakan instagram insight, tetapi kamu harus kenalan dulu dengan istilah-istilah dalam Instagram insight.

Instagram dilengkapi dengan fitur bisnis bernama Instagram insight yang fungsinya menyediakan data terkait performa Instagram kamu. Insight menampilkan jumlah pengguna yang mengikuti dan berhenti mengikuti, waktu terbaik untuk mengunggah, jumlah akun yang bisa dicapai dan masih banyak lagi.

Menarik sekali, bukan? Mau tau lebih lanjut soal fitur canggih Instagram satu ini? Kalau begitu wajib hukumnya untuk membaca artikel ini sampai selesai. Mari kenalan dengan macam-macam istilah dalam insight di Instagram!

Apa itu Instagram Insight?

apa itu instagram insight
Pengertian instagram insight, sumber gambar: pexels.com

Instagram sukses berkembang dari platform berbagi foto dan video menjadi platform yang memungkinkan pebisnis untuk jual beli, buktinya dengan kehadiran fitur Instagram insight. Instagram insight adalah alat analisis tentang interaksi dan demografi pengikut, hingga konten yang diunggah.

Kamu bisa mengolah data yang ditampilkan untuk mengukur perkembangan akun Instagram kamu, mulai dari volume interaksi konten, membandingkan reach masing-masing konten, mengukur kampanye, mengetahui konten paling populer dan lain sebagainya. Sayangnya fitur ini eksklusif tersedia di akun Instagram bisnis, kamu perlu mengubah akun kamu dari akun persoalan ke Instagram bisnis.

Usai beralih menjadi akun bisnis, hal paling pertama yang kamu sadari pasti adanya perbedaan pada laman profil kamu. Di samping ikon roda gigi akan muncul ikon grafik batang. Nah itu adalah menu insight yang bakalan menjadi tempat bermain kamu.

Mengenal Istilah Instagram Insight

daftar istilah instagram insight
Daftar istilah dalam instagram insight, sumber gambar: pexels.com

Instagram insight berisi kumpulan data statistik, meliputi angka-angka dan grafik yang disebut sebagai matriks. Matriks berfungsi untuk menampilkan datanya. Total ada sebanyak 3 menu yang digunakan sebagai alat navigasi, di antaranya:

1. Activity

Activity dikelompokkan lagi menjadi dua matriks, yaitu Interactions dan Discovery. Lebih lengkapnya di bawah ini:

Interactions

interactions instagram insight

Dalam bahasa Indonesia, Interactions berarti interaksi. Sesuai dengan namanya, bagian ini berisikan data terkait jumlah interaksi pengguna dan pengikut dalam jangka waktu satu minggu. Data disajikan berdasarkan kategori yang sudah ditentukan, seperti:

IstilahArti
CommentsJumlah komentar yang ditinggalkan oleh pengikut dan pengguna di unggahan keseluruhan
LikesJumlah likes atau suka pada unggahan keseluruhan
SavesJumlah Post yang di simpan pengguna Instagram
SharesJumlah konten dibagikan oleh pengguna Instagram
Profile VisitsJumlah kunjungan pengikut dan pengguna ke profil Instagram bisnis kamu
CallJumlah pengikut dan pengguna yang mengetuk tombol call yang kamu pasang di profil
EmailJumlah pengikut dan pengguna yang memencet tombol email di laman profil
Website ClicksJumlah klik pada tautan yang terdapat pada profil kamu

Setelah mengenal beberapa istilah dalam Instagram insight, kamu mungkin berpikir apa fungsi dari matriks-matriks di atas?

Data yang ditampilkan berasal dari rentang waktu tujuh hari. Nah, cobalah lihat data-data tersebut sebagai satu kesatuan. Kapan hari yang engagement-nya paling tinggi? Mengapa demikian? Kapan hari terbaik untuk unggah konten? Dan masih banyak lagi.

Discovery

discovery instagram insight

Discovery menampilkan data yang berhubungan dengan marketing, seperti Reach dan Impression.

Pada bagian ini kamu bisa menganalisis perbandingan antara jumlah pengunjung akun dengan jumlah impresi dalam bentuk rasio. Lalu, apa bedanya Reach dan Impression?

Reach

Reach merupakan istilah dalam Instagram insight yang berisi data mengenai berapa banyak akun Instagram yang melihat kontenmu. Meskipun pengguna membuka dan menutup foto berulang kali, hitungannya tetap saja satu.

Impression

Data yang dirangkum impression dihitung dari berapa kali kontenmu dilihat oleh pengguna. Misalnya ada 10 ribu pengguna yang melihat kontenmu, maka data yang ditampilkan juga 10 ribu.

Untuk mendapatkan impression yang tinggi tentu dengan membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target pasar. Kalau jumlah impression menurun, bisa jadi kontenmu kurang menarik atau salah sasaran.

Dari kedua data tersebut buatlah rencana bagaimana bisa mendapatkan impression yang lebih tinggi. Sebagai informasi tambahan, Interactions dan Discovery bisa diakses melalui unggahan secara individual atau pada tab Insight umum.

Kalau mau akses cepat, cukup klik salah satu konten yang diinginkan, lalu pilih View Insight. Selain itu, cara meningkatkan strategi untuk mendapatkan reach yang tinggi lainnya dengan riset jenis tagar dengan performa paling tinggi dan menjanjikan.

2. Content

Beralih dari menu pertama, istilah dalam Instagram insight berikutnya bernama Content. Menu ini lebih menekankan pada analisis konten yang kamu unggah dalam rentang waktu yang sama, yaitu satu pekan.

Kamu dapat melihat perbandingan dengan jumlah unggah pada minggu sebelumnya. Menu Content dikelompokkan lagi ke dalam beberapa sub-menu dengan tampilan data yang lebih rinci dan akurat, yaitu:

IstilahArti
Feed PostsJumlah konten (foto dan video) yang diunggah ke akun kamu
StoriesBerapa banyak Instagram Stories yang kamu bagikan kepada publik
PromotionsJumlah konten berbayar yang pernah kamu jalankan

Feed Posts

Istilah dalam Instagram insight ini menyajikan data terkait konten yang pernah kamu unggah ke akun kamu, namun data hanya tersedia pada konten yang diunggah setelah kamu beralih ke akun bisnis.

Itu artinya konten lama yang diunggah saat akun kamu masih personal tidak akan menampilkan data apa-apa. Data yang ditampilkan didapat dari jangka waktu dua tahun.

Format tampilan insight disusun berdasarkan performa konten. Contohnya konten dengan performa paling baik akan berada di atas, sebaliknya untuk konten paling buruk. Dengan begitu kamu dapat mengetahui lebih cepat mana konten terbaik pada akunmu.

Bukan itu yang kamu cari? Tenang, kamu bisa melakukan sortir berdasarkan kategori tertentu, seperti berdasarkan seluruh unggahan, foto, video, atau karosel. Tidak sampai disitu, pada sub-menu Feed Posts data disuguhkan secara detail, yaitu:

IstilahArti
CallsBerapa banyak pengguna dan pengikut yang mengklik tombol telepon di profil (jika ada)
CommentsBerapa banyak komentar yang didapatkan
EmailsBerapa banyak pengikut dan pengguna yang memencet tombol email pada halaman profil
EngagementBerapa banyak pengguna dan pengikut yang menyukai, berkomentar, dan menyimpan konten
FollowsBerapa banyak akun Instagram yang mengikuti akunmu setelah melihat konten kamu
Get directionsBerapa banyak akun yang menekan tombol Get Directions pada profil kamu
Impressions dan ViewsJumlah keseluruhan penayangan konten
LikesJumlah suka yang diraih satu unggahan
Profile visitsJumlah kunjungan yang didapatkan profilmu setelah pengikut dan pengguna melihat konten
ReachBerapa kali kontenmu dilihat oleh orang lain
SavedBerapa kali orang lain menyimpan konten kamu setelah melihatnya
TextsBanyaknya pengguna dan pengikut yang mengirim SMS
Website clicksBerapa banyak klik pada tautan tertera pada laman profilmu

Itu dia beberapa matriks pada sub-menu Feed Posts. Kamu pasti menyadari beberapa di antaranya bisa diakses pada menu Insight juga.

Stories

Menu navigasi berikutnya fokus pada Story yang kamu bagikan. Lebih baiknya lagi, kamu bisa mengatur data yang ditampilkan berdasarkan waktu, seperti 24 jam, 7 hari atau 14 hari.

Menu Insight Stories berisi istilah dalam Instagram insight yang perlu kamu pahami, di antaranya:

IstilahArti
BackJumlah akun orang lain yang memencet layar untuk melihat kembali konten sebelumnya yang kamu unggah di Stories
CallsBerapa banyak orang lain yang mengetuk tombol call di profil kamu setelah menonton Stories
EmailsJumlah pengikut dan pengguna yang memencet tombol email di profil setelah melihat Stories
ExitedBanyaknya orang lain yang meninggalkan Stories kamu setelah menontonnya
FollowsBerapa kali pengguna yang menjadi pengikut setelah menonton Stories
ForwardsJumlah klik pada layar untuk melihat Stories yang kamu unggah berikutnya
Get DirectionsJumlah pengikut dan pengguna yang mengetuk tombol Get Directions di profil setelah menonton Stories
ImpressionsBerapa jumlah tayangan Stories secara keseluruhan
Link OpensTotal jumlah berapa kali tautan yang terdapat pada profil dibuka
Next StoryBerapa banyak orang yang memencet layar untuk loncat (skip) ke Stories akun lain
Profile VisitsTotal kunjungan yang didapat setelah pengguna menonton Stories
ReachBerapa banyak pengguna dan pengikut yang melihat Stories
RepliesJumlah balasan yang dituai dari Stories
TextsBerapa kali akun yang langsung mengirim SMS sehabis melihat Stories
Website clicksTotal pengunjung yang mengklik tautan web usai menonton Stories.

Idealnya jika Emails/Calls/Text, Back, Replies, dan Link Opens menampilkan angka yang tinggi, artinya konten yang kamu buat berhasil memikat ketertarikan masyarakat.

Sedangkan jika Next Story, Exited dan Forwards menunjukkan persentase yang tinggi, bisa jadi akun kamu kurang menarik bagi penonton. Jadi, tekanlah angka ketiga menu tersebut serendah mungkin.

Promotions

Promotions berada pada posisi paling akhir di tab Content. Sub-menu didalamnya mencakup:

IstilahArti
Audience demographicsBerisi jenis kelamin, usia, dan lokasi audiens kamu
EngagementTotal suka, komentar, dan unggahan yang disimpan oleh pengguna dan pengikut
ImpressionsBerapa kali unggahan dilihat orang lain
Profile visitsJumlah pengguna yang mengklik profil
ReachJumlah akun yang melihat unggahan kamu

3. Audience

audience lokasi instagram insight

Istilah dalam Instagram insight terakhir adalah Audience. Menu ini menginformasikan tentang karakter dan latar belakang audiens kamu agar kamu lebih mudah memahaminya.

Audience mencakup informasi mengenai kota atau negara saat pengguna mengakses konten kamu. Ada juga matriks yang menampilkan jenis kelamin, rentang usia pengguna maupun kedua hal tersebut.

audience gender dan usia instagram insight

Bahkan kamu bisa melihat kapan waktu di mana audiens kamu lebih aktif di Instagram. Menariknya lagi, data bisa ditampilkan dalam bentuk grafik. Dengan demikian konten yang dibuat bisa disesuaikan berdasarkan demografi audiens.

Misalnya, mengganti gaya bahasa yang digunakan, atau mengaitkan topik konten dengan isu yang sedang tren di kalangan atau lokasi audiens Atau menemukan waktu terbaik untuk unggah konten berdasarkan lokasi audiens.


Mau menjangkau lebih banyak audiens? Langsung saja hubungkan Instagram dengan akun bisnis Facebook kamu atau opsi lainnya menggunakan layanan Instagram Ads sebagai media marketing campaign, iklan Instagram terbukti meningkatkan engagement serta menarik pengikut potensial baru.

Berbekal data-data yang dikumpulkan oleh Instagram untukmu, kamu bisa membaca dan menganalisis perkembangan akun ke arah lebih baik. Yang paling mendasar tentu pahami istilah-istilah dalam Instagram insight terlebih dulu.

Tetapi balik lagi pada kualitas konten yang kamu tawarkan. Sebagai akun bisnis, buatlah konten yang bervariasi. Tidak hanya selalu posting konten jualan, selipkan juga konten informatif tentang layanan atau produk yang kamu tawarkan. Pengikut pun juga mendapatkan manfaat lain jika mengikuti akun kamu.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar