15 Aplikasi Pencari Hashtag Instagram Paling Populer 2022

Aplikasi Riset Hashtag Instagram – Setelah mengetahui pentingnya menggunakan hashtag untuk optimasi content instagram kamu, apakah kamu sudah mulai berpikir untuk menerapkannya? Apakah kamu masih bingung bagaimana untuk memulainya?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah riset. Ya, untuk memaksimalkan hashtag yang kamu gunakan, kamu harus tau hashtag apa yang akan digunakan. Riset hashtag instagram berguna untuk mengetahui hashtag apa yang sedang banyak digunakan oleh pengguna Instagram.

Dalam artikel ini, kita akan bersama-sama membahas cara riset hashtag untuk content instagram kamu melalui aplikasi-aplikasi pecari hashtag. Namun sebelum itu, mari kita sedikit membahas tentang pentingnya riset hashtag untuk memaksimalkan hashtag yang digunakan.

Apa Pentingnya Riset Hashtag?

Riset hashtag dapat membantu kamu menemukan hashtag yang tepat. Dari riset ini kamu bisa menemukan hashtag yang relate dengan topik yang kamu gunakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat frekuensi dari penggunaan setiap hashtag yang ada.

Data-data yang kamu dapatkan akan menjadi dasar dalam menentukan apakah hashtag itu tepat untuk kamu pasangkan dengan content yang telah dibuat. Bagaimana jika tidak melalui riset? Tentu saja hasilnya tidak akan maksimal sebagaimana kamu melakukan riset dan menggunakan data riset sebagai dasarnya.

Baca juga: 15 Tips Instagram Marketing Yang Wajib Anda Coba Tahun 2022

Aplikasi Riset Hashtag Instagram Paling Populer

tools riset hashtag viral di instagram
sumber gambar: bionluk.com

Ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan sebagai alat pencari hashtag. Aplikasi yang tersedia dapat berupa aplikasi gratis maupun berbayar. Tentu saja terdapat perbedaan fitur diantara keduanya.

Tapi tenang, buat kamu yang belum berencana untuk berlangganan, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi tanpa harus melakukan pembayaran, tentu saja dengan berbagai keterbatasan. Apa saja aplikasi pencari hashtag instagram paling populer? Ini dia listnya:

1. Hashtagify

aplikasi pencari hastag instagram - hashtagify

Hashtagify.me – hashtagify adalah alat pelacak hashtag twitter yang membantu kamu untuk menemukan tagar terbaik yang dipakai oleh influencer. Aplikasi ini dapat memberi saran khusus, dan membantu kamu menganalisis strategi influencer dan pesaing kamu.

Meskipun aplikasi ini spesialis dalam melacak hashtag twitter, namun aplikasi ini juga dapat melacak hashtag populer pada media sosial Instagram. Namun, untuk menikmati fitur ini kamu harus tergabung dalam keanggotaan premium atau berbayar.

2. HootSuite

tools riset hastag instagram - hootsuite

Hootsuite.com – Hootsuite adalah layanan manajemen media sosial yang memungkinkan penggunanya terhubung ke berbagai media sosial dalam satu waktu. Hootsuite juga merupakan klien resmi dari twitter. Hootsuite juga memiliki kemampuan untuk melacak hashtag.

Tak hanya hashtag, kamu juga bisa melacak topik yang sedang ramai dibicarakan di twitter hingga memeriksa kampanye yang sedang dijalankan oleh kompetitor kamu. Terdapat fitur laporan yang memungkinkan kamu untuk memeriksa seberapa baik kinerja hashtag yang kamu buat dan melihat aktivitas dari hashtag tersebut di berbagai media sosial.

3. TINT

aplikasi riset hastag instagram - tint

Tintup.com – Tidak hanya untuk mencari hashtag, TINT juga memiliki beberapa fitur menarik di dalamnya. yaitu kemampuan untuk memoderasi konten guna ditampilkan di situs yang lainnya. Tools ini juga memungkinkan pengguna untuk campaign di website, agar bisa dijangkau oleh banyak audiens.

Jika kita berbicara tentang hashtag, TINT memiliki layanan Free Instagram Analytic untuk membantumu menemukan influencer dan konten terkini berdasarkan hashtag. TINT adalah salah satu tools yang banyak direkomendasikan untuk pencarian hashtag.

4. Talkwalker

aplikasi riset hastag instagram - talkwalker

Talkwalker.com – Talkwalker adalah tools monitoring media sosial. Talkwalker dapat digunakan untuk tracking hashtag yang berguna untuk media sosial dan kampanye kamu. Talkwalker juga memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam pembicaran dengan hashtag yang kamu temukan.

Talkwalker juga menyediakan data yang telah dikelompokkan berdasarkan gender, letak geografis dan analisis sentimen pada hashtags yang kamu buat. Fitur Talkwalker dapat disesuaikan oleh penggunanya sehingga memperoleh hasil yang relevan dan efektif.

5. Keyhole

tools riset hastag instagram - keyhole

Keyhole.co – Keyhole merupakan software analitik hashtag media sosial. Keyhole memungkinkan pengguna untuk mendapatkan data analisis kampanye pemasaran, pemasaran melalui influencer, pemantauan brand, pemantauan event yang sedang terjadi, dan riset pasar. Keyhole juga menyediakan fitur analisis tagar.

Keyhole dapat membantu kamu dalam memprediksi seberapa sukses hashtag uang kamu buat. Keyhole membantu proses analisis media sosial menjadi lebih sederhana dengan berbagai fitur yang disediakan di dalamnya.

Baca juga: 4 Cara Riset Hashtag Di Instagram Agar Konten Dilihat Banyak Orang

6. Mention

aplikasi riset hastag instagram - mention

Mention.com – Mention hampir sama dengan Google Alerts. Mention dapat menyediakan beberapa analitik yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan mereknya dengan kompetitor untuk faktor-faktor seperti pangsa suara, sentimen, jangkauan, dan pengaruh.

Data-data dari analitik tersebut berguna untuk membangun reputasi brand kamu dengan mengetahui apa yang orang pikirkan tentang brand. Tools ini memiliki fitur menarik, yaitu update harian jika Anda ‘mention’ brand Anda secara online.

7. Hashtracking

tools riset hastag instagram - hashtracking

Hashtracking.com – Jika kamu mencari aplikasi yang memberikan data secara update, Hashtracking bisa menjadi pilihan kamu. Selain itu, hashtracking menyediakan data tagar selama dua puluh empat jam terakhir dan menunjukkan pengguna yang paling sering menggunakan label itu.

hashtracking dapat memberikan perbandingan hashtag dengan jangkauan paling banyak. Dengan data ini kamu bisa memaksimalkan jangkauan content kamu agar dilihat lebih banyak orang.

8. Focalmark

aplikasi pencari hastag instagram - focalmark

Focalmark.com – Bingung menentukan hashtag yang sesuai dengan foto kamu? kamu bisa menggunakan focalmark untuk membantumu menemukan hashtag yang sesuai dengan foto. Kamu tak perlu lagi mengira-ngira kata kunci yang tepat dengan fotomu.

Focalmark memberikan pilihan spesifikasi bahasa, lokasi, dan kamera untuk memaksimalkan tema. Kamu juga bisa mengatur jumlah hashtag untuk masing-masing spesifikasi. Cara pakainya cukup mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi kemudian memilih topik yang relevan dengan foto kamu. Focalmark akan memfilter hashtag dan mengurutkan sesuai dengan jangkauan.

9. Leetags

tools riset hastag instagram - leetags

Leetags.com – Leetags merupakan aplikasi generator hashtag untuk instagram. Leetags memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga akan sangat mudah dimengerti fiturnya bahkan oleh pengguna baru. Leetags dapat digunakan di Instagram, Tik Tok, Facebook dan Twitter dan juga merupakan generator hashtag pernikahan.

Leetags memiliki fitur unggulan untuk menyimpan hashtag favorit Anda, mencari beberapa hashtag sekaligus, melihat jumlah posting untuk setiap hashtag. Tak hanya itu, leetags memiliki ribuan kategori dan subkategori hashtag. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini memiliki database dengan jutaan tagar yang memungkinkan kamu untuk mencari secara offline.

10. AutoHash

aplikasi pencari hastag instagram - autohash

Autohash akan mengumpulkan hashtag untuk akunmu dengan mudah. Keunggulan aplikasi ini adalah ia dapat mendeteksi hashtag yang populer di lokasi setempat dengan menyalakan GPS. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki produk dengan target pasar lokal.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengandalkan algoritma untuk mengakui objek dalam foto kemudian merekomendasikan hashtags yang paling relevan. Ada juga beberapa fitur lain yang tak kalah menarik seperti Hashtags counter, Favorite hashtag, copy to clipboard, Share directly to Instagram.

Baca juga: 16 Cara Meningkatkan Penjualan Online Yang Harus Anda Ketahui

11. Top Tags

aplikasi riset hastag instagram - top tags

Top-hashtags.com – Aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Kamu dapat menemukan berbagai kategori hashtag dalam aplikasi ini. Kamu juga bisa membuat bank hashtag sendiri. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pecinta fotografi di Instagram.

Top Tags memiliki Fitur Tag Mixer yang dapat mencampur kategori yang berbeda. Dengan fitur ini kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan bervariasi. Aplikasi ini akan membantumu posting hashtag di Instagram dengan cara paling efektif dari keyboard handphone kamu.

12. Tagify

aplikasi riset hastag instagram - tagify

Tagify.io – Aplikasi selanjutnya adalah tagify. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di playstore atau App Store. Tagify akan menampilkan rekomendasi hashtag yang sesuai untuk foto atau video yang diposting di Instagram beserta jumlah pengguna hashtag tersebut.

Tagify akan memberikan hashtag secara acak namun masih relevan dengan foto atau video yang diupload. Dengan cara ini kamu bisa menjangkau lebih banyak pengguna yang memiliki ketertarikan yang sama dengan foto atau video yang kamu unggah.

13. Hashtag Inspector

aplikasi pencari hastag instagram - hashtag inspector

Hashtag inspector merupakan aplikasi pencipta hashtag. Dengan Hashtag Inspector kamu dapat dengan mudah menempatkan hashtag populer dan serupa di media sosial di content kamu. Kamu dapat mencantumkan penggunaan hashtag populer dari kata yang kamu cari seperti jumlah likes, komentar, dan pengikut.Kamu juga dapat mengakses penggunaan hashtag serupa.

Kamu akan lebih mudah dalam mengoptimasi media sosial dengan hashtag populer. Hashtag inspector dapat kamu unduh di Google Play Store atau App Store untuk pengguna iOS. Hashtag Inspector juga menawarkan dua jenis layanan aplikasi, yaitu gratis dan berbayar.

14. In Tags

tools riset hastag instagram - in tags

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi In Tags. Tampilan aplikasi ini sangat user friendly dan mudah digunakan oleh pengguna. In Tags tidak hanya menyediakan hashtag saja, tapi kamu juga dapat menyimpan Hashtag favoritmu dan memilih kategori yang sesuai dengan gambarmu.

Aplikasi ini memiliki tombol shortcut untuk akses ke berbagai media sosial yang terhubung. Kamu dapat membuat dan menambahkan hashtagmu sendiri dan mencampurnya dengan hashtag yang sudah ada. Keren kan?

15. Hashtags for Instagram

aplikasi pencari hastag instagram - hashtags for instagram

Meskipun namanya hashtag for Instagram, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk media sosial lain seperti twitter. Aplikasi ini menyediakan banyak kategori hashtag mulai dari terpopuler, olahraga, sosial, makanan, hiburan dan lainya hingga mencapai lebih dari 140 sub kategori lainnya.

Kamu cukup unduh aplikasi ini dari Google Play Store ataupun App Store. Install dan gunakan aplikasi ini dengan membuka dan memilih kategori hashtag yang relevan dengan postingan kamu.

Baca juga: Omni Channel Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat Dan Strategi

Itulah beberapa aplikasi atau tools yang dapat kamu gunakan untuk mencari hashtag terbaik. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan bisnis kamu dalam memilih aplikasi yang tepat. Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Mereka juga menyediakan pilihan aplikasi gratis maupun berbayar.

Hashtag sangat penting untuk memperluas jangkauan content kamu. Dengan hashtag yang tepat, maka akan lebih banyak orang yang melihat foto atau video yang kamu upload. Semakin banyak pengguna melihat postinganmu, maka akunmu akan semakin populer.

Apakah kamu pengguna dari salah satu aplikasi diatas? Mana aplikasi yang menurutmu paling tepat untukmu? Atau kamu punya rekomendasi aplikasi yang lain? Share yuk di kolom komentar kita. Jangan lupa untuk selalu update blog ini untuk info menarik dan insight lainnya seputar bisnis online, digital marketing, dan layanan pelanggan.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

2 pemikiran pada “15 Aplikasi Pencari Hashtag Instagram Paling Populer 2022”

Tinggalkan komentar