4 Cara Riset Hashtag di Instagram Agar Konten Dilihat Banyak Orang

Cara Riset Hashtag di Instagram – Apakah kamu ingin post instagrammu dilihat oleh banyak orang? Tahukah kamu? selain iklan, kamu juga bisa menggunakan cara organik loh. Namun, kamu harus mengetahui strateginya.

Instagram merupakan salah satu platform yang menjadi ladang subur bagi brand dan pebisnis online. Instagram dengan pengguna lebih dari 88,22 juta pengguna di Indonesia menjadi tempat bertemunya brand, konsumen, influencer, dan banyak lagi.

Alasan Menggunakan Hashtag Potensial

Dengan banyaknya pengguna dari berbagai latar belakang, kamu pasti bisa membayangkan berapa banyak foto dan video yang diunggah setiap harinya. Dari sekian banyaknya konten terunggah, bisakah konten kamu ditemukan oleh pengguna selain pengikutmu?

Itulah mengapa kita harus menggunakan hashtag. Hashtag adalah simbol tagar (#) yang diikuti oleh kata-kata yang relevan dengan satu topik atau brand. Hashtag pertama kali digunakan oleh Chris Messina, web marketing specialist Twitter untuk penanda bagi tweets yang berhubungan pada satu topik.

Hashtag tidak hanya mengkategorikan konten, hashtag juga dapat menjangkau lebih banyak orang dengan kesamaan ketertarikan. Sayangnya, banyak pengguna instagram yang kurang memaksimalkan fitur ini untuk optimasi bisnis mereka. Padahal, dengan hashtag ini pengguna dapat mengenal brand, mengikuti, dan berpotensi untuk membeli.

Baca juga: 15 Strategi Instagram Marketing Yang Wajib Anda Coba Di 2022

Cara Mengetahui Hastag Populer di Instagram

cara mengetahui hastag populer
sumber gambar: ussfeed.com

Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara melakukan riset di Instagram yang baik dan benar agar konten kita bisa dilihat banyak orang dan mendatangkan follower baru.

1. Riset Pencarian Instagram

Kamu bisa memanfaatkan instagram untuk mencari hashtag yang sedang naik daun atau populer. Kamu bisa memasukkan kata kunci di kolom pencarian tag dan hashtag akan muncul beserta dengan angka penggunanya.

Catatlah hashtag-hashtag yang menarik perhatian kamu. Setelah itu kamu bisa mengeksplorasi hashtag-hashtag tersebut dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

2. Riset Hashtag yang Digunakan oleh Post Terpopuler

Setelah mencari hashtag dengan keyword yang sudah kamu persiapkan, pilihlah hashtag-hashtag terpopuler dan mulailah eksplorasi. Kamu bisa klik satu hashtag tersebut dan lihatlah post terpopuler dalam menu Top.

Content dalam menu Top Post akan diprioritaskan penyebarannya ke follower hashtag yang digunakan di dalam post tersebut. Dengan kata lain, mereka akan memiliki privilege untuk dilihat oleh orang banyak. Catat hashtag apa saja yang mereka gunakan. Pilihlah hashtag yang relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

3. Riset Hashtag yang Diikuti oleh Selebgram

Selebgram adalah akun yang memiliki banyak follower. Karena akun mereka digunakan untuk berbisnis, mereka juga akan mencari hashtag-hashtag yang relevan atau penting bagi mereka, atau bisa jadi itu merupakan hashtag andalan mereka.

Jika kamu bisa optimasi content dalam hashtag tersebut, post kamu berkesempatan untuk di like oleh selebgram. Jika itu terjadi, maka post kamu juga akan masuk ke tab explore dari followersnya. Setali tiga uang!

4. Riset Menggunakan Tools

Tips selanjutnya adalah menggunakan tools yang berbeda. Jika kamu sudah memaksimalkan kemampuan kamu untuk riset menggunakan fitur-fitur di instagram, mungkin kamu harus mencoba menggunakan tools.

Banyak tools diciptakan untuk optimasi media sosial maupun pencarian. Berikut ini beberapa tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk riset hashtag. Apa saja tools itu?

Baca juga: 13 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis dan Usaha Anda

Cаrа Riset Hashtag Instagram dengan Tools Gratis

cara riset instagram dengan tools
sumber gambar: teknologi.id

Ada banyak tools riset hashtag instagram yang disediakan di internet. Tools yang tersedia pun sangat beragam, dari yang gratis hingga yang berbayar. Tentu saja ada perbedaan fitur antara keduanya.

Namun tools di bawah ini bisa kamu gunakan meskipun kamu tidak berlangganan. Kamu bisa memanfaatkan data yang mereka sediakan untuk optimasi instagram mu. Inilah tools riset hashtag instagram gratis yang bisa kamu manfaatkan:

1. Keywordtool.io

Tools ini dapat menyajikan berbagai data mulai dari rekomendasi hashtag hingga 750 hashtag, jumlah post dalam hashtag, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggunakan tools ini tanpa harus membuat akun.

Keywordtool.io menggunakan data dari Google Autocomplete yang merupakan fitur dari mesin pencari Google. Tools ini menawarkan dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Tentu saja, data yang ditampilkan pada versi berbayar akan lebih lengkap dan lebih banyak dibandingkan pada versi gratis.

2. Seekmetrics

Seekmetrics adalah tools yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Di sini kamu bisa melihat trend yang ada di instagram. Kamu cukup memasukkan keyword hashtag dan otomatis tools ini akan mengeluarkan beberapa rekomendasi hashtag.

Selain dapat digunakan untuk riset hashtag, tools ini juga dapat digunakan untuk riset keywords dalam mengoptimasi SEO. content marketing, dan yang lainnya. Itu dikarenakan seekmetrics dapat menampilkan ribuan kata kunci dalam waktu yang singkat.

3. Displaypurposes.com

Displaypurposes.com cara kerjanya sama dengan hashtag generator. Cara pakainya juga cukup mudah. Pengguna hanya tinggal memasukkan kata kunci di kotak yang tersedia. Secara otomatis akan keluar rekomendasi hashtag yang dituju.

Tak hanya mudah, tools ini juga gratis. Itulah sebabnya displaypurposes.com selalu direkomendasikan sebagai tools riset hashtag. Apakah kamu juga salah satu penggunaanya?

4. Webstagram

Webstagram tak hanya memungkinkan kamu untuk mencari hashtag yang sedang populer, namun juga memungkinkan untuk mencari hashtag yang digunakan oleh kompetitor. Kamu dapat menjumpai semua fitur yang ada di Instagram, mulai dari browsing foto, like, komen, edit, dan berbagi postingan kepada teman.

Webstagram merupakan salah satu tools yang banyak digunakan oleh pegiat media sosial. Ini dikarenakan fiturnya yang sangat beragam untuk melakukan riset keyword dan kata kunci.

5. Allhashtag

All Hashtag menawarkan fitur yang cukup lengkap mulai dari Hashtag Generator, Hashtag Creator, Hashtag Analisa dan Top Hashtag di Instagram. Fitur-fitur ini akan memungkinkan content instagram kamu untuk berada di 30 teratas berdasarkan hashtag.

Tak hanya menyediakan fitur-fitur di atas, Allhastag juga menyediakan 3 opsi filter yang bisa kamu gunakan, yaitu Top Hashtag (hashtag teratas), Random Hashtag (hashtag acak), Live Hashtag (hashtag langsung), dan Similar Hashtag (hashtag serupa). Keren kan?

6. Talkwalker

Talkwalker memungkinkan kamu untuk tracking hashtag dan mention dari sebuah brand di media sosial. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencari kata kunci populer di media sosial. Tools ini juga dapat membantu mengikuti hashtag yang kita buat di media sosial.

Talkwalker juga memungkinkan pengguna untuk mengatur pemberitahuan harian atau mingguan untuk mengikuti kata kunci dalam sebuah berita, blog atau media online lainnya. Wow!

Lebih lengkap tentang tools riset hastag instagram, baca artikel ini -> 19 Aplikasi Pencari Hashtag Instagram Paling Populer

Itulah cara riset hashtag Instagram agar post kamu banyak dilihat orang. Riset hashtag sangat penting dilakukan agar content kamu dijangkau oleh banyak orang meskipun kamu tidak melakukan iklan berbayar. Content yang banyak dilihat orang akan memungkinkan brand kamu dikenal oleh banyak orang juga.

Ketika banyak orang mengenali brandmu, maka besar kemungkinan brand kamu akan menduduki Top of Mind pasar. Jika sudah begitu, orang akan mencari brand kamu ketika mereka membutuhkan solusi yang kamu tawarkan atas permasalahan mereka. Ikuti dan update terus blog komerce untuk info dan tips seputar bisnis online, digital marketing, dan layanan pelanggan.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar