11 Tips dan Cara Merekrut Reseller Yang Berkualitas dan Efektif

Cara Merekrut Reseller – Bagi pemilik sebuah bisnis atau brand, memiliki reseller adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Tak hanya itu, dengan adanya reseller, pemilik brand dapat memperluas pasar mereka tanpa harus bekerja terlalu keras. Hasilnya, keuntungan pun akan bertambah berkali-kali lipat.

Memiliki reseller yang profesional dan berkualitas merupakan hal yang didambakan oleh pemilik brand atau bisnis. Pebisnis dapat mempercayakan brand mereka dipasarkan oleh reseller berkualitas. Yang pasti, banyak keuntungan lain apabila pebisnis dapat memiliki reseller yang berkualitas. Namun, bukan hal yang mudah untuk mendapatkannya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan reseller yang profesional dan berkualitas? Dalam artikel ini Komerce akan memberikan tips bagaimana mendapatkan reseller impian kamu. Apa saja tips itu? Selengkapnya simak artikel ini.

11 Cara Merekrut Reseller yang Baik dan Loyal

Mencari reseller yang baik itu gampang-gampang susah. Jika produkmu memiliki kualitas dan reputasi yang bagus, reseller akan datang dengan sendirinya. Namun, bagaimana jika produkmu merupakan produk baru yang belum banyak orang tahu?

Pebisnis bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi produknya. Semakin viral produkmu maka semakin banyak orang yang berminat untuk membeli. Dari situ akan semakin banyak reseller yang berminat. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menerima, kamu harus melakukan hal-hal berikut ini:

1. Mengenali reseller yang potensial

Cara pertama untuk merekrut reseller adalah dengan mengenali calon reseller yang potensial. Ketika tawaran reseller datang dari mana saja, kamu jangan sampai terlewat untuk mencari tahu latar belakangnya. Bisa dari identitas mereka, latar belakang, media sosial, atau dari pengalaman yang mereka miliki. Calon reseller dengan latar belakang pedagang atau pebisnis online akan lebih profesional karena ia mengerti alur bisnis kamu.

2. Pastikan produk Anda berkualitas

Jika marketing tujuannya untuk mendatangkan minat customer untuk membeli produk kamu, maka cara menjaga mereka agar tetap loyal salah satunya adalah dengan menjaga kualitas produk kamu.

Kamu pasti pernah melihat brand yang sangat gencar dalam berkampanye, namun mereka tak bertahan lama karena kualitas produk yang buruk. Bagaimana kualitas produk kamu akan mempengaruhi review dari masyarakat. Kamu tentu masih ingat bukan tentang strategi word of mouth?

3. Pastikan produk Anda memiliki market yang potensial

Kamu ingin memulai bisnis online dengan menjual sesuatu yang unik atau out of the box? Jika iya, kamu harus memastikan bahwa produk yang kamu jual memiliki market yang potensial. Mengapa kamu harus memastikan ini?

Tujuan berbisnis adalah mendapatkan keuntungan yang diperoleh dari penjualan. Semakin banyak penjualan produk kamu, maka semakin banyak laba yang kamu dapatkan. Sebaliknya, jika semakin sedikit penjualan maka akan semakin sedikit laba yang kamu dapatkan bahkan kadang dapat menyebabkan kerugian. Maka, pastikan produk kamu memiliki market yang potensial. Dengan begitu reseller pun akan datang dengan sendirinya.

4. Beri tahu benefit apa saja yang akan didapatkan

Untuk semakin menambah minat reseller, kamu harus “merayu” mereka dengan berbagai benefit yang akan mereka dapatkan dengan berjualan produk kamu. Semakin banyak benefit yang kamu tawarkan, semakin tinggi potensi reseller untuk bergabung dengan brandmu.
Sudah sewajarnya jika reseller memilih brand yang memberikan mereka lebih banyak benefit.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Modal Kecil

5. Menguasai Produk yang Dijual atau Product Knowledge

Cara mencari reseller yang ke 5 adalah mencari reseller yang menguasai produk Anda. Pengetahuan tentang produk (product knowledge) merupakan hal yang wajib dikuasai oleh pebisnis. Hal ini berhubungan dengan kemampuan kamu untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait produk kamu. Dengan menguasai produk kamu secara mendalam, kamu juga dapat menjelaskan keunggulan produk kamu.

6. Mempunyai Modal

Ini adalah hal wajib yang harus kamu ketahui, apakah mereka memiliki modal usaha atau tidak? Dengan memiliki modal usaha, kamu tidak perlu khawatir tentang hal-hal yang berhubungan dengan keuangan ketika berbisnis dengan mereka. Kamu juga tidak perlu ragu untuk menawarkan produk-produk unggulan kamu jika reseller memiliki modal usaha.

7. Ingin Mencari Ilmu dan Pengalaman

Tak hanya mencari keuntungan, reseller yang memiliki semangat belajar tinggi juga merupakan salah satu hal yang patut kamu pertimbangkan. Orang dengan semangat belajar yang tinggi akan selalu berusaha mencari tahu bagaimana memaksimalkan bisnisnya. Itu juga akan menguntungkan kamu selaku penyuplai produk.

8. Menguasai Media Sosial

Media sosial adalah hal yang sangat berpengaruh bagi pebisnis saat ini. Media sosial membuka akses untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu. Kamu juga bisa mendengarkan suara pelanggan baik suara positif maupun negatif. Jika reseller kamu dapat mengurus media sosial dengan baik dapat meningkatkan penjualan produk kamu loh.

Baca juga: 9 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula

9. Mengetahui Trend dan Pasar

Reseller yang selalu uptodate dengan produk-produk terbaru dapat memberikan kamu referensi tentang produk yang sedang trend di pasaran. Dengan mengikuti tren pasar, kamu dapat menjaring lebih banyak pelanggan.

10. Jadikan reseller sebagai partner berbisnis

Reseller sebenarnya adalah tim marketing brand kamu yang tidak digaji. Meskipun begitu, kamu tidak bisa menganggap diri kamu sebagai bos dari reseller kamu. Jelaskan pada mereka bahwa kalian adalah partner bisnis yang saling bekerja sama untuk satu tujuan.

Siapkan telinga kamu untuk mendengarkan segala kritik, saran, dan keluhan untuk kemajuan bersama. Jangan ragu untuk berdiskusi dan saling memberi masukan untuk kebaikan dan masa depan bisnis.

11. Ada Grup/ Support yang Bagus

Cara mencari reseller terakhir adalah dengan memberikan grup atau komunitas. Dalam bekerja sama antara kamu dan reseller dibutuhkan komunikasi tim yang bagus. Hal itu untuk mendukung keberlangsungan bisnis kalian dan menyamakan persepsi tentang tujuan bisnis kalian. Saling mendukung satu sama lain adalah salah satu hal yang wajib ada.

Baca juga: 10 Cara Efektif Jualan di Status WhatsApp Agar Makin Laris


Itulah hal-hal yang kamu butuhkan dalam merekrut reseller produk kamu. Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan bisnis kamu adalah dengan meningkatkan penjualan. Dengan adanya reseller, produk kamu akan dapat dijangkau lebih luas karena mereka memiliki pasarnya masing-masing.

Berhasil tidaknya kamu dalam meningkatkan penjualan itu tergantung bagaimana kamu mengatur sumber daya manusia, yang di sini merupakan reseller. Jika kamu memiliki reseller dengan kualitas yang baik maka kamu bisa optimasi bisnis kamu dengan baik.

Demikian pembahasan tentang cara merekrut reseller yang berkualitas dan efektif. Jika kamu ingin mendapatkan tips lain tentang bisnis online, kamu bisa mengikuti media sosial Komerce dan selalu uptodate blog ini.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar