10 Manfaat Segmentasi Pasar Untuk Bisnis Anda

Salah satu sarana efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan marketer seputar pengelompokkan konsumen adalah segmentasi pasar. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan upaya riset untuk memperoleh manfaat segmentasi pasar agar tujuan bisnis mudah tercapai.

Secara garis besar, segmentasi pasar adalah pembagian kelompok konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, hingga perilaku yang berbeda di pasar tertentu. Pengelompokkan ini disatukan menjadi pasar homogen agar pemasar mampu menentukan strategi secara fokus pada segmentasi.

Tujuan penting dari adanya segmentasi pasar adalah menciptakan proses pemasaran yang lebih terarah dan tepat sasaran. Salah satu bentuk nyata yang bisa dilakukan setelah merangkum segmentasi, yaitu menemukan model komunikasi produk atau jasa sesuai dengan kondisi pelanggan.

Baca juga: 9 Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk

10 Manfaat Segmentasi Pasar

fungsi segmentasi pasar

Selain memahami makna dan tujuan dari segmentasi pasar dengan baik, tentu Anda juga perlu mempelajari manfaat segmentasi pasar. Setidaknya, berikut hal-hal yang akan Anda temukan jika berhasil mengeksekusi segmentasi pasar secara fokus dan optimal:

1. Pencocokan Kebutuhan Pelanggan yang Lebih Baik

Jika Anda cermati dengan baik, kebutuhan satu pelanggan dengan pelanggan yang lain cenderung variatif serta berbeda-beda. Oleh sebab itu, muncul segmentasi pasar sebagai upaya untuk mengelompokkan banyak audiens menjadi homogen atau satu kesatuan.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda sebagai pebisnis dan pelaku pemasaran dalam memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih baik. Bahkan, Anda mampu mengkomunikasikan informasi yang relevan dengan keperluan pelanggan akan produk yang dijual atau ditawarkan.

Manfaat ini akan selalu Anda dapatkan, sehingga tidak perlu khawatir soal hasil rekap penjualan di akhir. Dengan mengutamakan fokus pada kebutuhan pelanggan, Anda bisa memperoleh gambaran dan statistik pasar berdasarkan kemampuan bisnis bagi kehidupan masyarakat.

2. Mengidentifikasi Kesenjangan Pasar

Ketika memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa, tentu konsumen mempertimbangkan biaya sesuai dengan kebutuhannya. Ketika Anda menjual sesuatu, tentu tidak semua orang menjadi pangsa pasar yang harus ditargetkan melalui kegiatan marketing.

Aktivitas pengelompokkan ini dapat menghasilkan satu dari manfaat segmentasi pasar, yakni keberhasilan dalam mengidentifikasi kesenjangan dan kemungkinan dari sebaran pasar. Berhasilnya identifikasi mampu berdampak pada peningkatan keuntungan dan eksploitasi maksimal.

Kesenjangan atau gap yang Anda peroleh juga mampu menelaah kekurangan untuk diatasi, terutama dalam hal data pelanggan serta kemampuan memenuhi sumber daya dalam aktivitas usaha. Dampaknya, perbaikan yang ada mampu menunjang kekosongan atau miskomunikasi menjadi lebih efektif.

3. Meningkatkan ROI

Return of Investment atau ROI merupakan perhitungan keuntungan atau laba yang bisa Anda peroleh ketika berinvestasi lewat pemanfaatan ketersediaan aset bisnis. ROI dapat diperoleh dari hasil penghitungan antara keuntungan, biaya yang digunakan, dengan hasilnya dalam bentuk persentase.

Kunci utama dari meningkatnya ROI bagi kelangsungan perusahaan adalah aktivitas penjualan berulang yang kian berkembang secara signifikan. Segmentasi pasar dapat mendukung upaya bisnis untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dalam aktivitas sepanjang waktu.

Manajemen keuangan perusahaan dapat melewati proses penghitungan dan pemantauan sedetail mungkin. Melalui pengaturan pengeluaran keuangan yang tepat, kebutuhan konsumen ikut terpenuhi tanpa harus mengurangi fitur utama dari produk serta jasa buatan bisnis Anda.

4. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Tingkat retensi pelanggan adalah persentase pelanggan yang mampu dipertahankan oleh suatu bisnis dalam periode waktu tertentu. Jika disederhanakan, retensi pelanggan menunjukkan persentase pelanggan setia dari bisnis Anda.

Adanya retensi pelanggan bertujuan untuk memantau kemampuan dan hasil kinerja bisnis dalam upayanya menarik perhatian sekaligus mempertahankan pelanggan. Di sini, pelanggan yang dimaksud adalah mereka yang memperbarui langganan dan yang mengulangi pembelian.

Melalui segmentasi pasar, pelanggan akan cenderung mempertahankan bisnis yang mampu memahami serta beraksi untuk memenuhi kebutuhannya. Semakin tinggi dan bagus kondisi retensi pelanggan perusahaan, maka semakin tinggi pula potensi pendapatan yang akan Anda terima.

5. Meningkatkan Pangsa Pasar

Kondisi ini dapat terjadi ketika Anda berhasil membangun keunggulan kompetitif lewat segmentasi pasar sekaligus penargetan komunikasi yang tepat sasaran. Market share atau pangsa pasar memegang pengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis Anda.

Sebagai satu dari fungsi segmentasi pasar, sebagian pemasar memakai pangsa pasar sebagai sarana memperhitungkan campaign suatu bisnis. Perbandingan pasar akan membawa keunggulan lebih signifikan jika dibandingkan dengan kompetitor.

Hal inilah yang menyebabkan kenaikan pangsa pasar menjadi kondisi strategis dan penanda meningkatnya keuntungan dari bisnis. Informasi pangsa pasar yang juga diperoleh dari upaya pengelompokkan konsumen harus dianalisis secara tepat sasaran untuk hasil lebih maksimal.

Baca juga: 9 Tujuan Segmentasi Pasar Untuk Bisnis Anda

6. Ide Pemasaran Perusahaan Lebih Terarah

Seperti yang sudah disebutkan, berbagai manfaat ada yang tetap mengarah menuju fokusnya pembentukan ide pemasaran perusahaan. Melalui profil segmentasi yang telah tersedia, Anda tahu cara menyusun strategi marketing yang fokus pada model pelanggan tersebut.

Hal ini sungguh menguntungkan, terutama saat ingin memasarkan produk atau jasa melalui iklan. Tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit sehingga Anda harus cerdas mengatur jangkauan niche pelanggan melalui bantuan segmentasi pasar.

Tidak hanya melulu soal hard selling, model edukasi juga cenderung lebih teratur dengan pemakaian konsep yang sesuai demografi dan keunikan konsumen.

7. Membantu Perusahaan Dalam Mengatur Produk

Pengaturan produk dapat Anda eksekusi pada area manajemen produk, di mana terjadi penataan proses untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan siap jual dan pakai. Segmentasi pasar ternyata dapat mendukung manajemen atau pengaturan produk agar berlangsung dengan lancar.

Tujuan utama dari manfaat ini adalah menghasilkan pelayanan sekaligus barang yang memenuhi kualitas serta kuantitas secara tepat waktu dan memanfaatkan biaya produksi secara tepat. Kualitas yang paling baik dapat Anda peroleh dari produk yang dominan memenuhi kebutuhan konsumen.

Sebagai salah satu dari manfaat segmentasi pasar, Anda berpotensi mengeluarkan biaya promosi yang tidak terlalu besar dan bisa diperhitungkan secara cermat. Di samping itu, proses produksi dan distribusi hanya akan menghasilkan objek penjualan yang benar-benar memenuhi tren di pasaran.

8. Memudahkan Perusahaan Dalam Mengatur Budget

Perusahaan tentu mempunyai banyak persiapan dan aktivitas yang harus dijalankan secara teratur untuk menghasilkan produk tertentu. Setiap kegiatan sudah pasti membutuhkan budget yang mencukupi berdasarkan target, kebutuhan, keinginan, sampai permintaan dari konsumen.

Masing-masing perusahaan tentu mempunyai patokan nilai budget masing-masing dalam rangka mewujudkan produk atau jasanya agar lebih terjangkau dinikmati masyarakat. Segmentasi pasar telah melakukan pemilahan supaya promosi, produksi, dan distribusi dapat diupayakan lebih efektif dan efisien.

Dalam hal budget, segmentasi pasar berpeluang memberikan kesempatan kepada Anda untuk menghasilkan proyeksi cash flow secara menyeluruh. Manajemen anggaran tergolong krusial, terutama dalam pemanfaatannya untuk memperluas value serta kinerja tim dalam jangka waktu tertentu.

9. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

Setelah membahas sebuah manfaat segmentasi pasar berupa aktivitas komunikasi dan pemasaran yang lebih tepat sasaran, kini saatnya melihat dampaknya dari sudut pandang konsumen. Jika Anda cermati, ternyata manfaat segmentasi pasar mampu mempengaruhi hal-hal yang prioritasnya lebih besar.

Hal ini dikarenakan daya tarik, minat, dan keputusan konsumen menjadi pelanggan setia dapat berdampak positif bagi kemajuan bisnis. Ketertarikan pelanggan adalah kondisi yang harus mampu dipertahankan kapan saja, tanpa mengenal tenggat waktu demi bisnis sustainable.

Segmentasi pasar telah menghasilkan aktivitas iklan yang berpusat pada demografi tertentu. Jika sudah sesuai demografi dan diterima oleh konsumen yang bersangkutan, potensi ketertarikan mereka sungguh besar untuk menghabiskan produk atau jasa dan menyukseskan kegiatan berbisnis yang ada.

10. Memperoleh posisi yang Menguntungkan

Dalam hal ini, perusahaan memperoleh posisi menguntungkan sebagai bagian dari manfaat segmentasi pasar yang diterapkan dengan optimal. Anda mampu membangun usaha yang mampu bersaing dan menjadi paling unggul di antara bisnis sejenisnya.

Jika dilihat dari posisi di hadapan pelanggan, sudah pasti aspek keuntungan diperoleh dari potensi pelanggan setia yang meningkat. Kondisi yang muncul setelah eksekusi dari hasil segmentasi juga mampu menjadi bahan evaluasi untuk melangkah lebih maju serta inovatif daripada sebelumnya.

Posisi yang baik ini juga memberikan peluang dan mengarahkan perusahaan agar mampu membandingkan harapan maupun kesempatan di dunia pemasaran. Timbal baliknya, Anda mampu mempelajari masing-masing segmen dengan baik sebagai acuan marketing di kesempatan berikutnya.

Baca juga: 7 Jenis Segmentasi Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Segmentasi pasar memang menjadi hal yang sudah wajar ditekuni dan diupayakan oleh para pebisnis maupun marketer. Melalui sarana atau alat bantu ini, setiap orang dapat merasakan manfaat baik untuk kemajuan serta perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.

Selain itu, manfaat yang sungguh besar akan memotivasi Anda agar tidak malas mengolah demografi serta segmentasi demi eksploitasi produk atau jasa besar-besaran. Tentu sangat disayangkan jika pengusaha tidak membiasakan aktivitas analisis segmentasi sebelum melakukan hal besar demi kelangsungan usaha.

Informasi mengenai manfaat segmentasi pasar di atas dapat menjadi acuan bagus bagi Anda yang ingin memulai pengolahan dan pengelompokkan calon konsumen. Komunikasi yang lebih terarah dan fokus dapat dibangun sedini mungkin untuk membangun minat, trust, hingga loyalitas masyarakat.

Alif Bagus

Digital marketing specialist di Komerce. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.