13 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis dan Usaha Anda

Manfaat digital marketing bagi bisnis dan usaha Anda wajib untuk diketahui, hal ini agar memberi pandangan dan strategi ke depan terhadap bidang yang dikerjakan. Digital marketing sendiri memang tak terelakkan di era modern seperti sekarang jika ingin mengejar dan mencapai target seluas-luasnya.

Seiring berjalan waktu, perkembangan dan persaingan bisnis kian pesat dan memadat. Meski demikian selalu ada peluang menjanjikan bagi orang-orang yang siap bertempur dengan persiapan teknik jitu. Salah satunya dengan mengoptimalkan sektor digital sebagai sarana marketing.

Digital marketing sendiri merupakan metode pemasaran menggunakan media digital. Diantaranya seperti memanfaatkan platform, e-commerce, sosial media dan lain sebagai. Bahkan hal tersebut sudah masuk dalam ranah wajib bagi segala jenis usaha agar bisnis yang berjalan pada grafik naik.

Baca juga: 23 Strategi Digital Marketing Untuk UMKM dan Start Up

Kelebihan dan Manfaat Digital Marketing

keuntungan digital marketing
sumber gambar: dev.to

Manfaat menggunakan digital marketing sebagai sarana untuk memasarkan suatu produk dan jasa memiliki banyak kelebihan. Teknologi digital sendiri Memang terbilang sangat multifungsi, bahkan diciptakan untuk memudahkan berbagai kegiatan manusia. Salah satunya pada sektor perdagangan.

Dalam perkembangannya sendiri digital terus mengalami kemajuan dan peningkatan yang diwujudkan dengan berbagai perangkat canggih. Selain itu pemanfaatan marketing melalui digital sangat efektif dan berpengaruh. Berikut ini adalah kelebihan dan manfaat digital marketing untuk bisnis dan usaha:

1. Lebih Mudah

Metode marketing masa kini dan masa lalu tentu berbeda jauh. Pemasaran dalam tempo dulu membutuhkan biaya yang lebih besar dan cara yang lebih rumit terlebih karena hanya memanfaatkan situasi offline. Namun semua kian lebih mudah dengan adanya kecanggihan internet dan fasilitas digital.

Digital marketing tentu jauh lebih mudah dalam hal mengenalkan atau memasarkan produk. Sarana ini juga memungkinkan jangkauan yang lebih luas sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan promosi tertentu ke suatu kota secara khusus.

2. Menghemat Biaya

Memanfaatkan sarana satu ini tentu menghadirkan keuntungan berupa penghematan biaya. Meski dapat dikatakan sebagai teknologi modern namun hal tersebut justru lebih rendah pengeluaran. Hal ini karena banyaknya media yang terbuka secara gratis untuk melakukan pemasaran.

Selain itu Anda juga dapat meningkatkan iklan dan promosi melalui paket yang relatif murah. Di antara sarana pengiklanan seperti Instagram, Facebook atau WhatsApp Business. Selain itu masih ada pilihan lainnya seperti website atau blog.

3. Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Salah satu hal yang sangat menyenangkan yakni penjual dapat memilih berbagai spesifikasi jalur pemasaran dalam digital. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, budget dan sasaran yang diharapkan. Keuntungan ini memungkinkan siapa saja untuk melakukan pemasaran digital.

Baik kepada para pebisnis pemula, untuk mulai mengembangkan dan meningkatkan penjualan hingga sebuah usaha berskla makro. Selain itu dengan memulai melalui pada pilihan yang rendah maka Anda tetap kesempatan untuk meningkatkan paket pemasaran.

4. Lebih Tepat Sasaran dan Lebih Terukur

Menjual suatu produk dan memasarkannya pada sasaran yang tepat tentu menjadi harapan semua penjual. Hal tersebut yang dimiliki oleh kecanggihan teknologi digital dalam melakukan marketing, yakni bisa menjangkau konsumen yang membutuhkan barang Anda.

Dengan adanya sistem khusus yang berlaku pada suatu media pemasaran. Maka anda akan lebih mudah menjangkau customer yang memiliki potensi lebih besar untuk membeli produk. Hal ini juga mendukung adanya strategi dan pertimbangan penjualan yang terukur.

5. Melihat Hasil Secara Real Time

Manfaat digital marketing berikutnya yakni berupa hasil penjualan dan pemasaran yang ditunjukkan secara lebih Real Time. Hal ini berarti seluruh keuntungan pemasukan dan grafik kenaikan penjualan selalu menunjukkan pada angka terkini.

Dengan demikian mengejar persaingan yang ketat pun bisa dilakukan dengan maksimal. Di samping itu hal ini selaras dengan adanya kebutuhan konsumen yang mengharapkan produk secara cepat dan tepat. Selain itu hasil pilkada juga akan membantu mengatur laporan keuangan lebih akurat.

6. Bisa Segera Melakukan Perubahan

Kecanggihan digital juga berpengaruh terhadap proses yang jauh lebih cepat dan efisien. Termasuk dalam melakukan perubahan yang dapat dilakukan dalam hitungan detik. Misalnya perubahan penawaran, waktu promo, penambahan item baru dan informasi lainnya.

Data yang diubah pun akan dengan cepat masuk dan dapat diakses oleh seluruh pelanggan. Hal tersebut akan berbeda jauh jika seseorang tidak menggunakan sarana marketing yang luar biasa ini. Alih-alih menjadi cepat, namun justru akan sulit menyebarkan informasi dari pihak penjual.

Baca juga: 8 Jenis Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis

7. Penjualan Terjadi dengan Cepat

Bertemu lagi dengan keuntungan kecepatan yang memang pada hakikatnya akan merembet pada berbagai unsur dalam bisnis. Utamanya pada proses penjualan yang dapat terjadi secara cepat. Kecepatan proses penjualan juga berkaitan dengan adanya pembelian atau pemesanan kembali.

Dengan demikian hanya membutuhkan beberapa waktu yang relatif cukup singkat untuk berhasil mengejar target penjualan yang besar. Namun hal ini juga perlu dipersiapkan dengan beberapa strategi dan cara penjualan yang tepat.

8. Meningkatkan Keuntungan

Di era modern seperti sekarang jika belum terjun ke dunia bisnis rasanya akan tertinggal jauh. Pasalnya berjualan tak lagi hanya diperuntukkan kepada orang biasa. Namun telah menjadi suatu usaha bergengsi yang dapat membuat keuntungan berlipat-lipat.

Apalagi jika anda menggunakan metode pemasaran secara digital yang tentu akan lebih cepat meningkatkan keuntungan secara maksimal. Hal ini karena adanya waktu yang lebih hemat, cara mendapatkan barang yang lebih mudah dan kecepatan transaksi yang juga melalui sistem digital.

9. Memudahkan Pengelolaan Bisnis

Di masa lalu seseorang melakukan bisnis dengan mengandalkan beberapa dokumen fisik yang tentu terkesan lebih rumit dan rentan terhadap kehilangan maupun kekeliruan. Namun hal tersebut tidak berlaku lagi jika memanfaatkan teknologi yang kian berkembang.

Digital marketing terbukti dapat memudahkan pengelolaan bisnis secara teratur, terperinci dan akurat. Hal ini juga meminimalisir kekeliruan baik dalam input data maupun laporan penjualan. Dengan demikian Anda dapat mengalokasikan waktu lebih banyak untuk kepentingan lainnya.

10. Membantu Riset Pasar

Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah memudahkan Anda untuk melakukan riset pasar. Kecanggihan yang ada pun dapat digunakan untuk riset pasar tanpa harus terjun langsung ke lapangan. Riset pasar sendiri sangat berguna untuk melakukan pengembangan produk dan pemenuhan kebutuhan sesuai dengan minat masyarakat.

Dengan melakukan riset pasar penjual juga dapat menentukan metode dan cara penjualan yang efektif serta menguntungkan. Adapun melalui sarana digital kegiatan riset dapat dijangkau melalui pemantauan secara online serta meninjau perkembangan yang terjadi di luar.

11. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Sistem offline sangat membatasi masuknya jumlah pelanggan ke toko Anda. Selain itu sasarannya pun dapat diperkirakan meliputi beberapa konsumen sekitar. Namun jika Anda menggunakan metode Digital marketing maka konsumen pun akan berdatangan bahkan dari wilayah yang tidak diduga.

Luar biasanya lagi hal tersebut datang tanpa Anda melakukan penjualan langsung di kota-kota bersangkutan. Bahkan Anda dapat membangun mitra kerja ja secara jarak jauh dengan berbagai pihak yang dapat mendukung penjualan dan bisnis. Misalnya menggunakan jasa agen dan lain sebagainya.

12. Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Media ini juga akan membantu penjual dalam melakukan marketing serta bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Contohnya dengan melakukan strategi yang serupa dan memberi pemawaran menarik. Hal ini tentu akan mempercepat pengembangan bisnis Anda.

Dengan demikian akan semakin terbuka peluang bagi perusahaan baru untuk mencapai kesuksesan bahkan setara dengan level perusahaan besar. Oleh sebab itu metode ini tidak boleh dikesampingkan atau diremehkan. Melainkan wajib terus didalami dan ditingkatkan semaksimal mungkin.

13. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Manfaat digital marketing terakhir yaitu dapat menjangkau pengguna smartphone, Setiap orang tentu memegang smartphone sebagai gadget sehari-hari sekaligus kebutuhan dalam komunikasi, namun tidak hanya bertugas menghubungkan satu pihak dengan pihak lainnya. Perangkat telepon juga dapat menjadi sarana berbelanja dan menemukan produk yang diinginkan.

Oleh sebab itu penjual dengan sarana digital bagi pemasaran akan lebih mudah menemukan konsumen yang tentu memanfaatkan ponsel dalam kesehariannya. Kemudian langkah tersebut akan berlanjut pada pengenalan produk tingkat transaksi akhir.

Baca juga: Cara Mengukur Keberhasilan Digital Marketing

Kerugian Bisnis Tanpa Digital Marketing

kerugian bisnis tanpa menggunakan digital marketing
sumber gambar: montdigital.com

Jika suatu bisnis dijalankan tanpa adanya digital marketing tentu akan sangat kerepotan bagi pelaku usaha tersebut. Selain itu akan banyak ketertinggalan yang menimpa sehingga sulit untuk mengejarnya kembali tanpa bantuan teknologi yang sudah disediakan.

Hanya mengandalkan tenaga, waktu dan modal saja seringkali tidak menghasilkan keuntungan maksimal. Kalaupun untung mungkin hanya dalam beberapa waktu sementara dan sulit untuk dipertahankan sebagai bisnis yang bertahan. Oleh sebab itu kehadiran digital marketing tidak boleh diabaikan.

Penjual akan sering mengalami keadaan terjebak yakni tidak bisa meningkatkan penjualan, namun menjadi dilema jika harus mengakhiri usahanya. Bahkan meski bisnis perlu modal berupa keberanian mengambil resiko. Akan tetapi penting juga mempertimbangkan strategi yang tepat agar terhindar dari resiko.


Berdasarkan ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa manfaat digital marketing untuk bisnis sangat banyak dan sangat berperan penting untuk perkembangan bisnis di masa sekarang dan yang akan datang.

Jika tidak memperhatikan atau memilih abai terhadap digital marketing maka kemungkinan besar usaha akan berjalan tertatih-tatih, merangkak dengan kesulitan atau bahkan diam ditempat. Hal ini karena satu-satunya cara untuk mempercepat penjualan yakni melalui pemasaran online yang ampuh dan efektif.

Selain itu dari segi resiko sendiri penjualan dengan sarana ini terbilang cukup minim resiko namun berbanding terbalik dengan keuntungan besar yang menunggu di hadapannya, oleh sebab itu sangat disayangkan jika seseorang berbisnis tanpa menggunakan fasilitas teknologi yang ada.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana caranya agar memulai bisnis dengan digital marketing dapat berjalan, maka mulailah dengan pemahaman yang sederhana dan metode yang paling mudah diakses. Selain itu penting untuk membuat perencanaan dan mengetahui jenis usaha yang dibuka.

Gunakan media yang paling umum seperti jejaring sosial, kemudian buatlah akun bisnis sederhana seperti akun bisnis pada WhatsApp. Melakukan penjualan dengan beberapa stok produk, selain itu penting untuk update dan menampilkan informasi produk setiap hari.

Kemudian Anda juga dapat memperbanyak kontak telepon atau pertemanan pada media sosial guna menjaring lebih banyak konsumen, ikuti pula komunitas jual beli jika diperlukan dan jika anda dapat menyempatkan waktu dan biaya maka ikutilah seminar tentang kegiatan marketing.

Demikian informasi tentang 13 manfaat digital marketing dan kelebihan digital marketing bagi bisnis dan usaha Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar