10 Contoh Iklan Media Cetak beserta Gambar dan Pengertiannya

Komerce.id – Apakah kamu adalah pemilik UMKM atau bisnis kecil yang baru dirintis? Kalau jawabannya adalah iya, maka kamu perlu tahu soal pengertian, ciri-ciri, dan contoh iklan media cetak. Kenapa? Karena iklan di media cetak menjadi salah satu jenis promosi yang low budget alias minim modal.

Sebagian orang mungkin menganggap kalau teknik pemasaran yang satu ini sudah agak ketinggalan zaman, tidak heran kalau ada yang berpikir seperti ini mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih dan sudah sangat menyebar yang salah satunya menawarkan iklan digital.

Tapi sebagai seorang pebisnis, setiap peluang perlu dicoba, kan? Nah, tak terkecuali dalam hal pemasaran via media cetak. Jangan salah, metode ini masih termasuk worth it kok untuk diterapkan. Jadi nantinya, kamu bisa kombinasikan pemasaran digital dengan pemasaran offline untuk menarik lebih banyak audiens.

Baca juga: 10 Kata-Kata Menarik Pelanggan yang Efektif untuk Media Promosi

Apa Itu Iklan Media Cetak?

apa yang dimaksud dengan iklan media cetak
Sumber gambar: soocadesign.com

Pada pembahasan iklan media cetak, mari bahas lebih dulu mengenai definisi dari iklan itu sendiri, supaya nanti kamu lebih gampang untuk memahami tentang apa yang dimaksud dengan iklan media cetak dan apa saja contohnya.

Secara sederhana, iklan adalah informasi yang dibuat oleh pemilik bisnis untuk menarik pelanggan potensial agar penasaran atau tertarik pada apa yang diiklankan dan pada akhirnya melakukan tindakan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ada di dalam iklan tersebut.

Lalu untuk arti iklan media cetak, sesuai dengan namanya, iklan media cetak adalah semua bentuk iklan yang dibuat dan disebar atau dipublikasikan menggunakan media cetak fisik untuk menjangkau konsumen yang menjadi target pasar.

Iklan jenis ini menjadi salah satu yang tertua karena pertama kali ditemukan di negara Eropa pada tahun 1455 oleh seseorang bernama Johannes Gutenberg.

Saat awal ditemukan, iklan media cetak ini menggunakan daun atau tanah liat sebagai medianya, karena saat itu teknologi cetak belum secanggih sekarang. Nah, seiring perkembangan zaman dan munculnya berbagai teknologi, iklan media cetak sudah menggunakan media yang lebih beragam seperti aneka jenis kertas.

Baca juga: 4 Perbedaan Paid Promote dan Endorse dalam Bisnis Online

Ciri-Ciri Iklan Media Cetak

ciri-ciri iklan media cetak
Sumber gambar: soocadesign.com

Bagian selanjutnya dari pembahasan pengertian, ciri-ciri, dan contoh iklan media cetak adalah ciri-ciri iklan media cetak. Berikut ini akan disebutkan sebutkan ciri-ciri iklan media cetak paling umum dari iklan jenis ini adalah:

  • Jenis iklan ini hanya bisa dinikmati dengan indera penglihatan.
  • Kebanyakan iklan media cetak berisi tulisan daripada gambar atau angka.
  • Pada zaman dulu, iklan media cetak lebih umum menggunakan gaya bahasa formal, tapi seiring waktu gaya bahasa mulai fleksibel menjadi non formal dan bahkan saat ini ada yang menerapkan bahasa gaul atau bahkan bercampur dengan bahasa asing.
  • Kalimat di dalam iklan media cetak cenderung panjang dan detail agar konsumen bisa mendapat informasi yang lengkap mengenai produk yang diiklankan.
  • Iklan media cetak bukan hanya mempromosikan produk tapi bisa juga berupa layanan / jasa dan bahkan lowongan kerja.
Baca juga: Storytelling: Pengertian, Proses, Teknik & Perannya dalam Marketing

Contoh Iklan Media Cetak

Supaya pemahaman kamu mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh iklan media cetak lebih lengkap, kamu perlu cek beberapa contoh iklan media cetak di bawah ini, yang mungkin saja salah satu atau beberapa bisa menjadi inspirasi untuk promosi bisnis kamu:

1. Contoh Iklan Kolom

Sebagian orang mungkin melihat iklan kolom sama dengan iklan baris, tapi keduanya agak berbeda kok. Meskipun sama-sama dimuat di koran, tapi iklan kolom lebih besar dan bisa juga memuat gambar. Sedangkan iklan baris tadi lebih kecil dan umumnya tanpa gambar.

Contoh gambar iklan media cetak

contoh iklan kolom
Sumber gambar: celotehdinihari.com

2. Iklan di Brosur

Iklan brosur umumnya lebih colorful dan ukurannya bisa custom sesuai kebutuhan. Gambarnya juga termasuk lebih banyak kalau dibanding iklan di koran. Iklan jenis ini biasanya akan disebar di beberapa area publik (taman, tempat wisata, alun-alun, pusat perbelanjaan, dsb.) atau juga daerah pemukiman.

Contoh gambar iklan media cetak

iklan di brosur
Sumber gambar: celotehdinihari.com

3. Iklan di Majalah

Nah, iklan cetak yang satu ini pernah hits banget di tahun 90-an dan era awal 2000 an. Biasanya, iklan di majalah akan ditempatkan di satu halaman full dan cenderung berwarna mencolok agar lebih menarik perhatian. Iklan di majalah juga banyak gambarnya dan dengan keterangan yang super lengkap.

Contoh iklan media cetak

iklan majalah
Sumber gambar: celotehdinihari.com

4. Iklan Banner Media Cetak

Kalau dibanding dengan iklan di majalah dan brosur, iklan banner biasanya lebih singkat tapi padat. Umumnya, banner hanya menampilkan informasi utama dari produk atau layanan yang ditawarkan lewat gambar yang tidak berlebihan dan dengan kalimat-kalimat singkat.

Tapi sesingkat-singkatnya iklan di banner, informasi kontak sudah pasti dituliskan seperti pada contoh banner camilan di atas.

Banner sendiri paling umum ditemukan di depan toko, cafe/ tempat makan lain, dan stan di bazar atau event. Ada tiga jenis banner paling umum, yaitu Y-banner, X-banner, dan roll up banner.

Contoh gambar iklan media cetak

contoh iklan media cetak makanan banner
Sumber gambar: tokopedia.com

5. Iklan Cetak Flyer

Banyak orang yang salah membedakan flyer dan brosur karena sekilas tampak sama. Keduanya sama-sama bergambar dan berwarna, tapi kalau flyer hanya satu lembar sedangkan brosur bisa lebih. Jadi, flyer cenderung lebih ringkas dari brosur. Tapi cara membagikannya sama dengan brosur.

Contoh gambar iklan media cetak

contoh iklan media cetak yaitu flyer
Sumber gambar: celotehdinihari.com

6. Iklan Media Cetak Spanduk

Iklan cetak yang satu ini paling gampang dibedakan dari iklan cetak lain karena ukurannya yang cenderung besar dengan bentuk memanjang dan dibentangkan di pinggir-pinggir jalan, di antara dua tiang/pohon, di atas jalan, dan tempat-tempat sejenis.

Contoh iklan media cetak

buatlah contoh iklan media cetak berbentuk spanduk
Sumber gambar: celotehdinihari.com

7. Iklan Baris

Banyak yang beranggapan kalau iklan baris sama dengan iklan koran. Bisa dibilang hal ini benar tapi juga tidak sepenuhnya benar. Iklan baris memang ada di koran, tapi dengan ukuran yang lebih kecil karena hanya terdiri dari 3-5 baris kalimat, makanya disebut iklan baris.

Sedangkan iklan koran tadi bisa saja setengah halaman atau bahkan full satu lembar koran. Dibanding menawarkan produk, iklan baris paling banyak untuk menjual kendaraan, rumah, atau lowongan kerja.

Contoh gambar iklan media cetak

contoh iklan cetak iklan baris
Sumber gambar: celotehdinihari.com

8. Iklan Cetak pada Produk

Iklan ini mengutamakan slogan, tagline, dan magic word untuk mempromosikan suatu barang atau jasa kepada audiens. Ikan ini cenderung tidak muluk-muluk tapi singkat padat.

Contoh iklan media cetak

iklan cetak pada produk
Sumber gambar: celotehdinihari.com

9. Iklan Cetak Dalam Majalah

Iklan cetak dalam majalah biasanya adalah gabungan beberapa produk dan/atau layanan di dalam satu atau dua halaman yang sama. Jadi di lembar yang sama bisa ada iklan makanan, iklan jasa laundry, iklan produk sepatu, dan lainnya.

Contoh gambar iklan media cetak

iklan majalah
Sumber gambar: celotehdinihari.com

10. Iklan di Koran

iklan di koran
Sumber gambar: kirim.email

Iklan koran atau surat kabar adalah contoh iklan media cetak paling tua di era yang lebih modern. Iklan ini umumnya berwarna hitam putih dan bisa dengan atau tanpa gambar tergantung produk yang diiklankan.

Sebagai contoh adalah iklan mobil di atas, ada gambar mobil dengan tipe dan merk yang sama dengan yang diiklankan dan lengkap dengan informasi harga, kondisi, uang muka untuk yang ingin kredit, bonus pembelian cash, dan alamat show room.

Contoh iklan media cetak yang pertama adalah iklan kolom surat kabar.


Pelajari dan pahami pengertian, ciri-ciri, dan contoh iklan media cetak supaya bisa kamu gunakan bersama dengan iklan online untuk mendorong angka penjualan yang lebih tinggi.

Karena jenis iklan media cetak yang banyak, kamu bisa sesuaikan sendiri jenis mana yang paling cocok untuk produk kamu, apakah di majalah, dalam bentuk brosur, banner, atau lainnya.

Pemilihan jenis iklan cetak ini juga bisa kamu sesuaikan dengan anggaran dan pertimbangkan juga siapa target pasar kamu, apakah pekerja kantor, ibu rumah tangga, pelajar/mahasiswa, atau lainnya.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Satu pemikiran pada “10 Contoh Iklan Media Cetak beserta Gambar dan Pengertiannya”

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.