9 Cara Terbaik Untuk Mendapatkan Feedback dari Customer

Apabila Anda sering merasa bahwa kurang optimal dalam melakukan jual beli, maka perlu menerapkan cara mendapatkan feedback dari customer ketika sedang bertransaksi jual beli. Feedback yang dimaksud di sini adalah mengenai penilaian konsumen atau umpan balik terhadap produk Anda.

Customer yang memberikan testimoni baik berupa feedback positif maupun negatif, tentu saja hal itu akan membuat Anda lebih paham tentang produk sendiri dari mata seorang customer. Hal itu pada akhirnya membuat Anda perlu melakukan beberapa pilihan berupa mempertahankan keunggulan atau memperbaiki kualitas.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa segmentasi masyarakat termasuk tipe yang tidak mempedulikan pada hal semacam ini, karena mereka tidak memiliki aware. Sehingga customer sering meninggalkan kolom review. Jika Anda ingin feedback, maka sebaiknya lakukan beberapa strategi.

Manfaat Feedback dari Customer

manfaat feedback dari customer
sumber edesk.com

customer yang memberikan feedback kepada suatu produk mempunyai beberapa hal penting bagi Anda. Adapun hal penting tersebut adalah berupa manfaat yang diperoleh. Beberapa manfaat itu di yang akan Anda terima apabila customer memberikan umpan baliknya sebagai berikut:

1. Sebagai Bahan Untuk Mengembangkan Produk Selanjutnya

Apabila umpan balik yang diberikan customer ternyata kurang baik, maka Anda bisa menggunakan hal itu untuk dijadikan sebagai sarana memperbaiki kualitas produk atau jasa. Sehingga dengan begitu produk bisnis Anda akan lebih disukai oleh konsumen di masa mendatang.

2. Akan Senantiasa Mengetahui Perkembangan

Beberapa pemilik usaha terkadang sering ketinggalan informasi terbaru atau paling update, karena terlalu fokus pada produknya sendiri. Perlu diingat bahwa Anda bisa tahu tentang informasi sedang menjadi trending topik serta terkait produk bisnis yang dimiliki, karena dapat mencari tahu di sana.

3. Bisa Dijadikan Sebagai Gambaran pada Calon Konsumen Produk

Para calon konsumen biasanya tidak mengetahui produk yang Anda tawarkan secara persis. Umpan balik customer pun bisa dijadikan patokan atau gambaran konsumen ketika hendak membelinya.

Bahkan dari umpan balik mereka juga bisa tahu kualitas produk. Namun testimoni positif tentunya akan jauh lebih baik pada suatu produk.

Baca juga: Cara Memahami Perilaku Konsumen

9 Cara Mendapatkan Feedback dari Customer

cara mendapatkan feedback dari pelanggan
sumber commbox.io

Di dalam dunia bisnis, customer memegang kunci paling penting yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis. Semakin banyak customer yang puas, maka akan semakin mudah juga dalam mengembangkan bisnis.

Oleh karena itulah, feedback dari customer sangatlah penting. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa saja yang dipikiran customer. Nah, berikut ini adalah 9 cara efektif untuk mendapatkan feedback dari customer:

1. Melakukan Survey

Anda bisa mencoba untuk membuat daftar pertanyaan potensial yang sekiranya akan memicu para customer untuk memberikan umpan baliknya. Hal itu karena Anda tidak boleh memberikan sembarang pertanyaan kepada customer.

Cara ini pun terbilang cukup sering digunakan dan memberikan hasil memuaskan. Sehingga Anda harus dapat membuat serangkaian daftar pertanyaan yang bisa membuat customer supaya mau memberikan penilaian.

Anda dapat melakukan survey mengenai produk secara rutin, tapi selalu ingat bahwa survei dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan produk yang dibuat.

2. Menanyakan Kepada customer Secara Langsung

Meskipun sudah ada konsumen yang membeli produk Anda, tapi belum tentu mereka merasa puas terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda ragu untuk bertanya kepada para konsumen dan customer mengenai kualitas produknya.

Anda bisa mencoba mengarahkan konsumen untuk memberikan penilaian pada kolom / tempat yang sudah disediakan, namun dengan catatan tidak ada tindakan memaksa mereka. Pakai list pertanyaan berdasarkan pada survei sebelumnya.

Apabila mereka butuh penjelasan lebih rinci dan panjang, maka jangan ragu untuk menjelaskannya. Hal itu karena customer seperti ini biasanya mempunyai keinginan membeli produk, tapi masih punya keraguan.

3. Memberikan Penghargaan Kepada customer

Cara memperoleh feedback customer berikutnya yaitu dengan memberikan sebuah reward atau penghargaan, Anda bisa memberikan penghargaan karena sudah bersedia memberikan feedback atau umpan balik. Hal itu juga merupakan bentuk dari kepedulian pelaku bisnis kepada para customernya.

Sehingga customer akan merasa senang serta rajin untuk mengisi kolom ulasan. Adapun reward yang dapat diberikan misalnya seperti diskon untuk harga ongkos kirim atau potongan harga pada barang-barang tertentu.

Selain itu Anda juga bisa memberikan reward dalam bentuk sampel produk. Hal tersebut tentunya dapat membuat Anda lebih mengetahui produk yang hendak dikembangkan, yaitu dengan cara memberikan sampel.

4. Menjaga Hubungan yang Baik dengan customer

Anda mungkin sering menjumpai beberapa konsumen yang menyebalkan. Meskipun begitu, customer adalah raja bagi seorang penjual. Maka Anda perlu memperlakukan mereka sebaik mungkin, terutama pada saat berkomunikasi dengan penjual.

Jangan ragu untuk hanya sekedar mendengar keinginan mereka yang sebenarnya, keluhan, kritik dan saran. Meskipun mengatakan hal menyebalkan, mereka akan tetap memberikan umpan balik positif terhadap produk Anda meskipun dibuat kesal.

Baca juga: Cara Membangun hubungan baik dengan customer

5. Membuat Angket Untuk customer

Sesuatu yang diminta pelaku bisnis pasti akan jauh lebih mereka perhatikan daripada tidak, hal ini berlaku sama dengan umpan balik. Apabila selama ini atau sebelumnya Anda tidak bisa meminta review, maka bisa mencoba untuk membuat angket kemudian dibagikan kepada mereka.

Anda dapat memberikan beberapa pertanyaan kepada para customer maupun konsumen, serta mintalah mereka untuk mengisi angket yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk memberikan pendapat tentang produk best seller dan tidak disukai kebanyakan customer.

6. Membuat Google My Business

Cara selanjutnya adalah Anda dapat memanfaatkan beberapa layanan gratis yang sudah tersedia, untuk dijadikan customer sebagai tempat memberikan feedback kepada produk. Misalnya seperti memakai layanan dari Google bernama Google My Business.

Perlu diketahui juga bahwa Google sering memberikan saran beberapa tempat kepada partnernya, dalam hal ini, Google bertujuan untuk membantu memberikan penilaian terhadap suatu tempat / toko yang Anda lewati serta tempat baru dikunjungi.

Google My Business pun sangat ampuh untuk dipakai mendatangkan customer, selain dipakai untuk memberikan feedback. Hal itu karena bisnis Anda akan muncul pada hasil halaman penelusuran.

7. Memanfaatkan Sosial Media

Anda bisa melakukan cara mendapat feedback dari customer, yaitu salah satunya dilakukan dengan memberikan informasi tentang media sosial yang dipakai untuk jual beli secara online. Misalnya seperti media sosial bernama Instagram dan Facebook mempunyai pengguna paling banyak.

Sehingga cocok dijadikan sebagai media komunikasi Anda kepada para customer. Bahkan Anda juga bisa mengarahkan untuk mengikuti akun media sosial dan menanyakan mengenai pendapat pada produk-produk yang dijual.

Anda dapat memperoleh informasi dari media sosial tersebut, terutama berbicara tentang kepuasan customer terhadap produk Anda.

8. Membuat Grup Khusus Berisi customer

Anda akan merasakan banyak manfaat yang diperoleh dengan membuat suatu grup khusus customer. Anda bisa memakai grup tersebut sebagai cara untuk memperoleh feedback customer, selain memberikan informasi tentang produk terbaru.

Orang-orang pada umumnya bergabung ke dalam grup produk merupakan customer potensial dan royal. Sehingga tidak ada salahnya Anda memanfaat hal tersebut.

Baca juga: Cara Memahami Perilaku Konsumen

9. Membuat Saluran Khusus (Email/ Kotak Komentar)

Saluran khusus bisa Anda jadikan sebagai tempat menampung testimoni dan saran dari customer, salah satunya berupa email untuk kritik & saran.

Feedback sendiri memang sangat penting supaya produk yang dijual mempunyai nilai baik di mata calon konsumen. Selain itu umpan balik juga bisa dipakai sebagai inovasi produk supaya mempunyai kualitas lebih baik daripada sebelumnya.

Perlu diketahui juga bahwa Anda bisa menyediakan email, media sosial, atau semacamnya untuk sarana penyampaian keluhan maupun komplain dari customer. Sehingga jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, mereka dapat menghubungi saluran tersebut.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.