10 Kata-Kata Menarik Pelanggan yang Efektif untuk Media Promosi Anda

Pembeli adalah seorang raja, kalimat ini mungkin sudah sering Anda dengar. Jika dicermati, kesuksesan sebuah bisnis juga berasal dari pelayanan terbaik yang diberikan penjual kepada pembelinya. Salah satu caranya adalah memberikan kata-kata menarik sebagai media promosi.

Saat ini, ketika Anda melihat media sosial di akun toko jualan, pasti isi deskripsinya dipenuhi kata-kata yang menarik. Kekuatan dari kata-kata ini bertindak sebagai media promosi dan sangat ampuh untuk mempengaruhi Anda agar membeli produk yang ditawarkan.

Anda tentu saja lebih menyukai kata-kata yang sopan bukan? Maka, saat Anda di posisi penjual, sudah seharusnya menyiapkan kata-kata ampuh untuk menarik minat pembeli agar segera memiliki barang yang Anda jual dan menjadi customer yang loyal. Bukankah Anda setuju dengan pernyataan ini?

10 Kata-Kata Efektif yang Mampu Menarik Pelanggan dalam Bisnis

kata kata menarik pelanggan
sumber gaylewells.org

Media promosi di sosial media dan internet tidak hanya menyediakan tampilan visual yang nyaman dipandang mata, tetapi juga memuat informasi lengkap dan kata-kata promosi yang cukup ‘ciamik’. Beberapa referensi kata-kata untuk menarik konsumen yang dapat Anda gunakan adalah:

1. Gratis

Kata ‘gratis’ merupakan kata yang paling sering muncul untuk template promosi suatu produk. Kekuatan dari kata ini sangat mujarab untuk menarik minat pembeli, apalagi jika menjadi highlight didalam deskripsi. Contohnya:

  • Hai guys, besok Sabtu Kami akan mengadakan promo beli 1 gratis 1. Berlaku untuk 10 orang tercepat.
  • Jika Anda membeli produk kami hari ini senilai 200k, maka akan mendapatkan gratis 1 produk apa saja. Bebas pilih sesuai keinginan!

2. Baru

Selain kata ‘gratis’ ada pula kata ‘baru’ yang memberikan rasa penasaran kepada setiap orang yang membacanya. Kata ‘baru’ bisa diselipkan saat Anda ingin memperkenalkan produk baru atau pembaharuan produk lama. Contoh pemakaiannya seperti:

  • Selamat pagi, hari ini Kami akan menghadirkan produk baru yang dijamin lebih nyaman dan tetap stylish untuk penampilan Anda.
  • Jangan lupa, 3 hari lagi, Kami akan menghadirkan produk … dengan penampilan terbarunya. Nantikan dan catat tanggalnya!.

3. Eksklusif

Kata–kata menarik sebagai media promosi lainnya adalah ‘eksklusif’. Ketika seseorang mendengar kata ini, maka yang terlintas adalah produk yang bagus, edisi terbatas dan harus segera dibeli.

Kata ‘Eksklusif’ juga menimbuilkan persepsi sebuah barang yang berharga dan tidak bisa dimiliki oleh banyak orang. Contoh pemakaian kata eksklusif yakni:

  • Kalung eksklusif ini dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan didatangkan langsung dari…. Kami rasa produk ini sangat cocok dan sesuai dengan Anda.

4. Instan atau langsung

Beberapa orang yang mendengar atau membaca kata ‘instan’ pasti akan langsung tertarik dan penasaran. Hal ini tentu saja karena pola pikir masyarakat yang menyukai hal praktis dan cepat. Contoh penggunaan kata ‘instan atau langsung’ misalnya:

  • Body lotion ini bisa membuat kulit lebih putih secara instan dalam waktu 7 hari saja.
  • Sekali minum obat ini, Anda akan langsung merasakan khasiatnya.

5. Angka

Kekuatan lain yang bisa Anda rasakan dari sebuah ‘angka’ adalah banyaknya peminat produk yang sedang dtawarkan. Kemunculan angka dalam kalimat promosi akan menjadi fokus konsumen, sehingga bisa memperkuat keinginan. Contohnya:

  • Sabun ini tidak hanya membuat badan Anda bersih, tetapi juga memiliki 5 manfaat lain, yaitu….
  • Pengeroposan tulang dialami oleh 3 dari 5 orang di masyarakat. Kita. Sudah selayaknya jika Anda mengkonsumsi kalsium tambahan agar….

Baca juga: Cara Untuk Mendapatkan Feedback Dari Pelanggan

6. Investasi

Saat Anda membaca kata ‘investasi’, apa yang terlintas di benak pikiran? Sebagian besar orang pasti akan berpikir ‘sebuah keuntungan’. Kata ‘investasi’ inilah yang juga sering digunakan sebagai kata yang ampuh untuk media promosi.

Kata investasi akan menimbulkan persepsi bahwa pembelian produk juga diikuti dengan kegiatan menabung. Selanjutnya keuntungan bisa diraih untuk jangka panjang. Beberapa contoh yang dapat Anda pakai misalnya:

  • Kesehatan kulit adalah investasi yang tidak bisa dinilai cukup dengan angka. Maka, sudah selayaknya jika Kami menghadirkan rangkaian perawatan untuk usia matang agar tetap cantik, segar dan sehat.
  • Pembelian produk full size sudah termasuk investasi jariyah 2.5 % bagi orang-orang yang membutuhkan.

7. Bayangkan

Para penjual yang mahir dalam berpromosi biasanya juga menggunakan kata ‘bayangkan’. Hal ini merujuk pada konsumen agar memiliki harapan dan angan-angan yang indah terhadap suatu produk.

Ketika Anda menggiring pembeli untuk membayangkan produk yang ditawarkan, maka meraka akan seolah-olah telah memilikinya dan mendapatkan banyak manfaat dari produk tersebut. Setelah itu, keinginan untuk memiliki seutuhnya akan semakin kuat. Contohnya:

  • Kak, coba bayangkan jika kulit kakak menjadi lebih putih bersih, kenyal, sehat dan bercahaya. Pastinya kakak akan menjadi pusat perhatian bukan? Nah.. dengan produk kami…..

8. Karena

Kata ‘karena’ digunakan untuk mengungkap sebuah alasan. Hal ini juga sangat efektif untuk menarik minat konsumen. Pada umumnya, para konsumen akan lebih senang ketika mendapatkan alasan yang kuat sebelum mengambil keputusan. Misalnya:

  • Hai bunda, sepertinya Anda harus memiliki warna hijau yang ini karena sangat cocok untuk warna kulit Anda dan membuat penampilan lebih berkesan elegan.

Contoh di atas tanpa Anda sadari bisa mendorong keinginan konsumen untuk memiliki dan membeli produk yang sedang ditawarkan. Konsumen Anda akan membayangkan penampilannya dan merasa senang dengan alasan yang Anda berikan.

9. Garansi

Salah satu kata-kata menarik sebagai media promosi adalah ‘garansi’. Ketika mendengar kata ‘garansi’ biasanya para konsumen merasa lebih aman dan percaya karena diberikan sebuah jaminan.

Sudah banyak penjual yang menggunakan kata ini sebagainya pamungkasnya media promosi. Jika Anda ingin menerapkannya, berikut beberapa contoh yang bisa dipakai:

  • Semua produk kami dijamin memiliki kualitas yang baik dan kuat dalam kurun waktu 5 tahun. Jika ditemukan kerusakan, kami memberikan garansi uang kembali 100%.
  • Setiap pembelian produk elektronik sudah termasuk garansi selama 2 tahun.
  • Jika ditemukan kecacatan barang, garansi tukar barang berlaku selama 3 hari dengan menyertakan video unboxing.

10. Terbaik

Kata ‘terbaik’ sering diselipkan pada deskripsi produk untuk mempengaruhi psikologis konsumen agar membeli produk yang sedang ditawarkan. Keampuhan dari kata ini juga disebabkan oleh dasar pemikiran manusia yang selalu menginginkan hal-hal terbaik untuk kehidupannya.

Ketika ada kata ‘terbaik’ biasanya konsumen tidak akan ragu untuk membeli suatu produk dan berusaha agar bisa memilikinya. Penggunaan kata ‘terbaik’ sebagai media promosi contohnya adalah:

  • Kami memang bukan yang termurah, tetapi kami selalu memberikan yang terbaik.
  • Semua produk kami dibuat dari bahan-bahan organik terbaik dengan proses yang higienis.
  • Kami hanya menyediakan produk dengan kualitas terbaik, demi memberikan kenyamanan lebih kepada Anda.

Baca juga: Cara Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

35 Contoh Kata-Kata Promosi Simple, Efektif dan Menarik Konsumen

Berikut ini kumpulan kata-kata promosi yang bisa menarik konsumen dan pelanggan:

  1. “Apakah sista mencari produk kosmetik dengan harga terjangkau? Cek di sini promonya sis!”
  2. “Ayo beli produk kami karena yang lain belum tentu berkualitas.”
  3. “Like, follow, dan comment setiap postingan terbaru kami dan dapatkan all discount product untuk setiap pembelian di hari Minggu!”
  4. “Kami besar dengan kepercayaan pelanggan dan kami memiliki visi untuk mengembangan produk kami hingga ke luar negeri.”
  5. “Peringatan! Keripik ini dapat menyebabkan Anda kesulitan berhenti mengunyah.”
  6. “Kamu butuh catering dengan harga murah untuk acara kamu? Outlet kami solusinya!”
  7. “Bingung mau makan enak di mana? Hubungi 23449 dan dapatkan berbagai menu terbaru dari kami.”
  8. “Ayo dapatkan cashback Rp50 ribu untuk setiap follower yang membeli di akun IG kami.”
  9. “Halo agan dan sista silahkan datang ke warung. Kami menjual berbagai olahan sate kambing, sate ayam, sate sapi, sate bebek, dan gulai kambing.”
  10. “Bingung mau cari minuman hits kekinian yang super higienis? Bebas bahan pengawet dan praktis? Kami solusinya!”
  11. Kamu tahu apa yang menjadi kebanggaan kami? Yaitu kepuasan Anda!”
  12. “Salah satu kepastian yang membuat nyaman pelanggan, kami berani memberikan garansi 3 tahun, untuk produk elektronik yang kami jual!”
  13. “Ayo dapatkan diskon 55 persen untuk setiap pembelian produk kecantikan kamu.”
  14. “Beli produk kami sekarang. Dan dapatkan jaminan 3 tahun untuk kepastian Anda!”
  15. “Jangan lewatkan diskon spesial untuk produk ini pada tanggal 17 Agustus.”
  16. “Beli TV LED kami sekarang, dan dapatkan garansi 3 tahun untuk jaminan produk kami yang berkualitas!”
  17. “Sensasi pedas dari sambalnya siap membakar lidah Anda. Rasa terasinya? Jelas mantap.”
  18. “Jangan khawatir, dapatkan jaminan garansi 5 tahun untuk smartphone, khusus pembelian hari ini!”
  19. Dengan 100 persen gula alami, tanpa pengawet, dan pewarna buatan.”
  20. “Klaim garansimu sekarang dan dapatkan layanan service gratis untuk produk elektronik yang kamu beli di sini!”
  21. “Hanya di akun IG kami, dapatkan penawaran gratis hoodie khusus untuk pembelian produk seharga 300k!”
  22. “Please follow and kepoin terus akun kami ya kak! Akan ada penawaran menarik setiap harinya dari kami.”
  23. “Ketika kamu mengalami masalah, kami ada solusinya.”
  24. “Ingin beli kosmetik dengan harga murmer? Cek profil kita sis untuk mendapatkan info lebih lanjut!”
  25. Dapatkan potongan harga spesial (up to 50 persen) dengan belanja minimal Rp200 ribu setiap harinya!”
  26. “Kami hadir untuk penawaran yang lebih besar. Khusus hari ini, dapatkan promo cashback Rp50 ribu untuk setiap pembelian produk seharga minimal Rp300 ribu.”
  27. “Kami ada penawaran spesial, cukup dengan membeli produk kecantikan herbal apa pun tanpa minimal harga pembelian, buruan!”
  28. “Terima kasih sudah membeli. Dapatkan produk elektronik dengan garansi terpanjang 3 tahun.”
  29. “Ingin makan gratis? Post fotomu bersama menu favoritmu di warung kami.”
  30. “Kesempatan terbatas, cuma hari ini! Promo sampai 80 persen gila gilaan, hanya di toko kami.”
  31. “Cari minuman kekinian yang enak, tapi tidak menguras kantong? Yuk, datang ke cafe kece kami saja kaka!”
  32. “Gelas cantik edisi khusus ini bisa kamu dapatkan hanya dengan membeli menu paket besar senilai Rp150 ribu.”
  33. “Kami hanya menyediakan produk berkualitas dengan garansi 5 tahun untuk kepuasan pelanggan!”
  34. “Promo khusus untuk bulan ini, pembelian 1 box donat rasa apa saja, nikmati potongan biaya pengiriman hingga Rp20 ribu.”
  35. “Setelah memakai produk kami, jangan lupa untuk memberikan testimoni positif.”
  36. “Perut keroncongan di tanggal tua? Segera datang ke outlet kami!”

Kata-kata menarik sebagai media promosi di atas merupakan sebuah referensi yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam berjualan. Anda bisa menambahkan kata-kata lain untuk berkreasi hingga menciptakan slogan-slogan yang melekat di pikiran konsumen.

Kekuatan kata-kata tidak bisa disepelekan saat Anda mempromosikan suatu produk. Sebab, kata-kata inilah yang akan mempengaruhi psikologis konsumen hingga memutuskan jadi tidaknya membeli sebuah produk.

kolaborasi bersama komerce
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar