15 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Bisnis Secara Efektif

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan – Dalam menjalankan sebuah bisnis, selain produk bisnis yang harus maksimal tentu kualitas pelayanan dalam bisnis juga perlu diperhitungkan. Alasannya, ketika pelanggan puas dengan pelayanan maka otomatis mereka akan nyaman untuk bertransaksi lagi.

Akan beda jadinya, ketika pelanggan dibuat kecewa dengan pelayanan. Otomatis secara tidak langsung akan membentuk opini negatif pada bisnis tersebut.

Makanya, sangat dibutuhkan sebuah pelayanan terbaik yang diberikan oleh pebisnis mulai dari karyawan yang berhadapan langsung dengan konsumen hingga pimpinan. Mau tahu seperti apa strategi agar kualitas pelayanan bisnis yang tepat?

15 Strategi Jitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

cara meningkatkan kualitas pelayanan
Sumber entrepreneurcamp.id

Buat Anda yang ingin mengembangkan bisnis, perlu tahu bahwa ada strategi yang bisa dipakai untuk meningkatkan pelayanan. Agar pelanggan puas dan keuntungan yang diharapkan bisa tercapai sesuai target bahkan bisa saja melebihi target.

Berikut adalah 15 cara efektif agar Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan bisnis dengan baik:

1. Pelatihan Karyawan

Sebelum berhubungan langsung dengan pelanggan, Anda perlu melatih diri sendiri dan karyawan bisnis. Bukan saja tentang apa tugas pokok dan kewajiban mereka, tapi lebih luas tentang bagaimana cara yang tepat menghadapi pelanggan.

Tentunya, disesuaikan dengan bisnis yang dijalankan. Misalnya untuk bisnis pengurusan dokumen visa, Anda perlu mengetahui apa kebutuhan pelanggan. Kemudian bagaimana memberikan informasi yang tepat, supaya mereka bisa mengurus visa dengan tepat dan dokumen yang lengkap.

2. Komunikasi Dua Arah yang Jelas dan Positif

Pastikan juga karyawan untuk mampu berkomunikasi dengan baik, terutama perihal produk bisnis yang dijual agar pelanggan bisa memahami dan cepat tanggap. Bahasa yang digunakan harus jelas dan tidak bertele-tele.

Selain itu, perlu juga strategi yang tepat dalam menyampaikan informasi dalam bahasa yang positif seperti halnya cara meningkatkan kualitas pelayanan jasa. Supaya pelanggan pada akhirnya mau membeli produk bisnis yang ditawarkan, melalui kalimat-kalimat santun yang digunakan.

3. Belajar Terus Tentang Bisnis

Jangan berhenti belajar tentang bagaimana memuaskan pelanggan, belajar dari berbagai pengalaman Anda menghadapi pelanggan. Termasuk belajar lebih paham tentang produk bisnis, sehingga dapat menjawab apapun yang ditanyakan pelanggan.

Contohnya, ketika pelanggan bertanya tentang plus minus produk. Jika Anda memahaminya dengan baik, maka mereka akan cepat paham dan termotivasi untuk membelinya.

Begitu juga ketika pelanggan mengajukan komplain, dengan wawasan yang luas tentang produk maka Anda bisa memberikan informasi yang tepat untuk dilakukan pelanggan.

4. Adaptasi Tinggi

Mampu beradaptasi dengan kondisi apapun tanpa rasa panik dan cemas. Ingat! Beda pelanggan akan beda pula karakternya, jadi ketika ada konsumen komplain Anda harus cepat beradaptasi untuk mendinginkan kemarahannya.

Begitu juga ketika Anda berhadapan dengan pelanggan yang selalu ingin tahu, tentunya cara beradaptasinya juga berbeda.

5. Sabar

Strategi yang juga harus diterapkan adalah, bagaimana Anda bisa sabar menghadapi pelanggan dengan karakternya masing-masing. Ada yang emosional hingga pelanggan yang terbiasa banyak bicara tanpa henti.

Dengan menghadapinya penuh sabar, Anda bisa mendengarkan mereka sampai selesai, kemudian membantu untuk mencarikan solusi dari apa yang mereka inginkan. Jika Anda tidak sabar, maka konflik bisa saja terjadi dan akhirnya berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan.

Baca juga: Cara Mengukur Kualitas Pelayanan

6. Menepati Janji

Kepercayaan merupakan salah satu yang dijunjung tinggi para pelanggan. Ketika Anda menjanjikan sesuatu terkait produk yang mereka beli, usahakan untuk bisa menepatinya dan bukan hanya sekedar janji di mulut saja.

Contohnya, ketika pelanggan service laptop mempercayakan perbaikan laptopnya pada Anda. Kemudian Anda menjanjikan waktu tiga hari untuk perbaikan, itu harus benar-benar diwujudkan.

Jika tidak, lagi-lagi akan berhubungan dengan menurunnya kepercayaan dan opini negatif terhadap bisnis.

7. Melayani dengan Cepat dan Tepat

Pastikan untuk menerapkan strategi pelayanan yang cepat kepada semua pelanggan, bila perlu berikat target satu pelanggan berapa menit pelayanannya. Kemudian pastikan juga Anda melayaninya sesuai apa yang diinginkan.

Ini akan menjadi poin positif bagi personal yang mampu melayani dengan cepat dan tepat, juga berdampak baik pada bisnis.

8. Sopan

Anda harus menjunjung kesopanan dalam melayani pelanggan, mulai dari kesopanan penampilan hingga tutur kata. Anda harus tahu bagaimana cara sopan menghadapi pelanggan yang lebih tua hingga yang lebih muda.

Sikap yang sopan juga akan sangat berdampak pada kepuasan pelanggan, bahkan pelanggan yang awalnya tak mau bertransaksi akan melakukan pembelian jika dilayani dengan sopan.

9. Mengaku Jika Salah

Mengakui kesalahan memang berat, tapi di dunia bisnis apalagi yang berhubungan langsung dengan pelayanan kepada pelanggan itu sangat penting.

Contohnya, ketika Anda memberikan barang yang rusak tanpa sengaja maka akui saja dan jangan mengelak.

Yakinlah, kejujuran itu akan berbuah manis. Orang yang emosi, ketika menghadapi pelayan yang mengakui kesalahan bisa meredam emosinya. Ini adalah bentuk pelayanan dari hati dan mampu memberikan efek baik pada bisnis untuk jangka panjang.

10. Mendengar Keluh Kesah Pelanggan

Jadilah pendengar dari tiap keluhan pelanggan, mereka adalah raja yang harus dipenuhi semua keinginannya. Dengan mendengarkan, Anda bisa paham apa yang mereka inginkan dan bisa memberikannya dengan cara yang tepat.

Mendengar keluhan juga menjadi upaya menghargai orang lain, apalagi pelanggan yang akan membeli produk bisnis.

Baca juga: Cara Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

11. Feedback Pelanggan

Selesai melayani pelanggan, jangan lupa untuk meminta feedback dari pelanggan. Dari situ, Anda akan lebih paham apakah semua yang dilakukan sudah tepat atau belum. Alhasil, pada pelayanan selanjutnya Anda bisa lebih tahu apa yang perlu dilakukan.

Anda bisa melakukannya langsung dengan meminta dalam bentuk komentar, salah satunya melalui boks yang disediakan.

12. Pastikan Anda Punya Call Center

Strategi ini juga sangat penting, supaya pelanggan yang kurang puas tidak harus membawa ketidakpuasannya pulang. Mereka bisa langsung menceritakannya kepada petugas call center.

Bisa juga berupa help desk, yang akan membantu pelanggan mendapat informasi apapun yang mereka butuhkan. Percaya atau tidak, call center sebagai salah satu strategi layanan usaha adalah sangat penting jadi jangan sampai diabaikan.

13. Memberikan Solusi Terbaik

Upayakan untuk selalu memberikan solusi terbaik, untuk setiap masalah yang dialami oleh pelanggan. Dengan begitu mereka akan lebih percaya untuk menggunakan jasa yang Anda sediakan, begitu juga dengan produk bisnis yang dijual.

Yang perlu diingat, beda masalah akan beda pula solusinya. Jadi, belajarlah untuk pahami masalah terlebih dahulu baru memberikan solusi dengan bijaksana dan tidak tergesa-gesa.

14. Fokus Pada Pelayanan

Fokuslah memberikan pelayanan terbaik untuk satu pelanggan sampai selesai, baru berpindah pada pelanggan berikutnya. Jika Anda setengah-setengah, tentu akan menimbulkan ketidakpuasan pada pelanggan.

Contohnya, ketika Anda berhadapan dengan pelanggan yang bertanya soal produk terbaru bisnis yang ditawarkan. Kemudian datang seorang pelanggan baru yang mau bertanya hal berbeda, maka usahakan selesaikan masalah pelanggan pertama terlebih dahulu.

Bila tidak memungkinkan untuk handle dua pelanggan sekaligus, jangan sungkan untuk meminta bantuan karyawan lain supaya tidak ada pelanggan yang merasa diabaikan.

15. Pandai Meyakinkan Hingga Membujuk

Strategi ini sangat berhubungan dengan promosi produk bisnis berbasis pelayanan. Anda harus bisa membuat pelanggan yakin tentang produk, kemudian membujuknya untuk membeli atau menggunakan.

Tentunya dengan cara yang tepat dan tidak terkesan memaksakan, sesuai dengan salah satu teori kualitas pelayanan yang sudah banyak digunakan pebisnis.

Untuk menerapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan dalam bisnis di atas, memang butuh waktu dan ketekunan karena butuh proses dalam melakukannya.

Selama Anda fokus dan benar-benar berorientasi untuk memuaskan pelanggan, maka semua strategi tersebut akan lebih mudah untuk diterapkan.

Baca juga: Tipe Konsumen Dan Cara Menghadapinya


Susah? Kolaborasi Aja dengan Customer Service Komerce

Menyediakan layanan pelanggan terbaik tak harus susah-susah melatih dari nol atau menyediakan segala tetek-bengek nya sendiri. Anda bisa bergabung dan berkolaborasi bersama Komerce. Kami sangat menghargai waktu dan pikiran anda yang seharusnya dapat digunakan untuk menemukan strategi bisnis selanjutnya, masalah membalas chat pelanggan serahkan kepada ahlinya, yaitu Komerce.

Kenapa? Anda dapat mendapatkan berbagai benefit jika berkolaborasi dengan kami. Selain dapat memberimu ruang dan waktu untuk memikirkan bisnis selanjutnya, Anda juga akan mendapatkan:

  1. Talent CS yang telah terdidik dan berpengalaman. Sudah bukan rahasia lagi jika talent Komerce akan mendapatkan pendidikan hingga lulus dan layak untuk bekerja sebelum dilibatkan dalam bisnis Anda.
  2. Waktu yang lebih tenang karena Anda bisa berfokus untuk hal-hal lain daripada harus tergesa-gesa membalas chat customer yang taka da habisnya.
  3. Kemudahan dalam memantau kinerja karena kami memiliki leader yang mengawasi performa secara langsung dan melaporkan kinerja melalui aplikasi. Ya, semua ada dalam genggaman Anda!
  4. Biaya yang lebih hemat karena system gaji dan bonus yang sangat terjangkau untuk pebisnis.
  5. Talent yang berdedikasi untuk Anda karena kami menerapkan system SATU CS untuk SATU USER. Enak kan jadi satu-satunya?

Jangan bayangkan jika hire customer service dari Komerce harus melalui proses yang rumit. Lupakan ketakutan anda harus jauh-jauh datang ke kantor kami yang jaraknya puluhan kilometer dari tempat duduk Anda saat ini. Cukup hubungi customer service Komerce dan tinggal melengkapi syarat-syarat yang mesti dipenuhi. Anda bahkan bisa melakukannya di tempat Anda menonton serial sebelum tidur loh.

Enak kan? Semua bisa serba praktis kalau Anda kolaborasi bersama Komerce. Jangan galau-galau lagi ya buat menghubungi kita. Kita orang-orangnya ramah kok. Beneran deh.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.