Pengertian Gudang, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya

komerce.id – Para pebisnis pasti sudah mengetahui apa itu gudang? Pasalnya, gudang adalah ruang penyimpanan yang wajib dimiliki oleh bisnis yang bergerak pada bidang produksi hingga industri. Fungsinya sendiri pasti akan membantu berjalannya bisnis dengan baik.

Keberadaan gudang ini tidak bisa terlepas dari adanya perdagangan dan bisa dikatakan sebagai tempat yang krusial. Meskipun keberadaannya sangat penting dan harus ada bukan berarti gudang yang dimiliki harus luas dan besar.

Untuk ukurannya tergantung pada kebutuhan perusahaan masing-masing. Sebelum membuat gudang untuk keberlangsungan usaha, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: 14 Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya

Apa Itu Gudang?

Pengertian Gudang
Pengertian Gudang, Sumber gambar: pexels.com

Jika dilihat dari perspektif sederhana, gudang adalah ruang yang dibangun dengan tujuan untuk penyimpanan berbagai macam barang. Sedangkan, jika dalam perspektif ekonomi pengertiannya cukup luas dan tidak hanya untuk tempat penyimpanan saja.

Dalam sisi bisnis, pengertian gudang adalah sebuah ruang penyimpanan barang dagang sebelum didistribusikan kepada konsumen maupun distributor lainnya.

Jadi dalam kepentingan bisnis, gudang berguna untuk memfasilitasi lokasi penyaluran barang. Bisa juga membawa barang mentah hingga barang jadi yang nantinya akan sampai ke tangan pengguna.

Tujuan Gudang

Tujuan Gudang
Tujuan Gudang, Sumber gambar: pexels.com

Gudang sangat membantu dalam berjalannya operasional usaha. Selain itu, gudang juga mempunyai banyak tujuan. Beberapa tujuan yang bisa dipahami mengenai fasilitas penyimpanan barang ini, yaitu:

1. Kebutuhan Produksi

Salah satu dan tujuan utama gudang adalah untuk menunjang kebutuhan produksi agar kelancaran usaha bisa berlangsung. Biasanya dalam proses produksi membutuhkan aktivitas yang berbeda-beda sehingga menghasilkan produk dengan sifat yang bermacam-macam.

Dalam hal ini, gudang adalah tempat penyimpanan yang cocok untuk mengelompokkan sebuah barang. Barang bisa dikelompokkan berdasarkan sifatnya disimpan terlebih dahulu maupun dikonsumsi secara langsung oleh pengguna.

2. Pengurangan Biaya Transportasi dan Produksi

Tujuan utama gudang adalah sebagai tempat penyimpanan, namun apakah kamu sadar bahwa fasilitas gudang ini bisa menekan biaya? Biaya yang dimaksud adalah biaya transportasi dan produksi.

Gudang sendiri bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang persediaan produksi. Kamu bisa membeli bahan hanya dengan satu kali transportasi dan bisa berbelanja dalam skala besar sehingga biaya transportasi hanya satu kali saja.

3. Pengkoordinasian Antara Penawaran dan Permintaan

Seperti yang diketahui, permintaan pasar memang tidak bisa selalu dipastikan secara akurat. Di satu sisi, penawaran harus terus berjalan sehingga gudang akhirnya dibuat untuk mengkoordinasikan antara penawaran dengan permintaan.

Jadi gudang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang pada saat jumlah produksi naik atau ketika permintaan menurun, sehingga barang tidak akan terlantar dan masih bisa disimpan untuk dijual pada waktu yang akan datang.

4. Kebutuhan Pasar

Proses distribusi barang tidak boleh terganggu karena akan menunjang pendapatan sebuah usaha. Akan tetapi, untuk proses tersebut membutuhkan gudang sebagai tempat menampung persediaan produk. Hal ini berguna agar permintaan barang yang harus selalu ada oleh konsumen dapat terus dicukupi.

Baca juga: 7 Cara Penyusunan Barang di Gudang Agar Lebih Praktis

Fungsi Gudang

Fungsi Gudang
Fungsi Gudang, Sumber gambar: pexels.com

Fungsi utama gudang adalah sebagai tempat untuk memfasilitasi proses pengelolaan barang, tetapi masih terdapat fungsi lainnya. Untuk lebih mengenal fungsi gudang tersebut, kamu bisa melihat pada uraian di bawah ini:

1. Penerimaan

Penerimaan atau receiving adalah proses penerimaan material pesanan perusahaan yang dikirim oleh pihak supplier sekaligus mendistribusikannya ke lantai produksi dengan tetap mempertahankan kualitasnya.

2. Persediaan

Fungsi gudang selanjutnya adalah untuk tempat persediaan dan berguna dalam menjamin agar permintaan konsumen dapat terpenuhi. Barang yang ada di gudang harus bisa memenuhi permintaan pelanggan dengan kualitas barang yang sudah terjamin.

3. Penyisihan

Penyisihan sering juga disebut dengan put away adalah sebuah kegiatan untuk meletakkan barang-barang ke lokasi penyimpanan. Jadi, lokasi penyimpanan gudang bisa digunakan dalam penyisihan sebuah barang dagangan.

4. Penyimpanan

Gudang berfungsi untuk penyimpanan atau storage, dimana gudang adalah sebuah bentuk fisik dari produk-produk yang disimpan sebelum adanya permintaan dari konsumen.

5. Pengambilan Pesanan

Sesuai namanya, pengambilan pesanan atau order picking adalah proses pengambilan barang sesuai permintaan konsumen dari gudang.

6. Pengepakan

Gudang juga bisa difungsikan sebagai tempat pengepakan atau packing, yang mana bisa dilakukan sesuai dengan permintaan pelanggan.

7. Penyortiran

Di sini, fungsi gudang adalah sebuah proses pengambilan batch menjadi pesanan individu sekaligus mengakumulasi distribusi pengambilan barang. Penyortiran dapat terjadi akibat adanya variasi produk dalam jumlah yang sangat besar.

8. Pengepakan dan Pengiriman

Pengepakan dan pengiriman bisa dilakukan di gudang untuk memeriksa barang, mulai sejak berada dalam kontainer hingga terjadinya pengiriman.

Manfaat Gudang

Manfaat Gudang
Manfaat Gudang, Sumber gambar: pexels.com

Dalam menunjang sebuah kelancaran aktivitas usaha, gudang bisa difungsikan sehingga bisa membantu proses produksi. Berikut manfaat gudang untuk usaha:

1. Manufacturing Support

Manufacturing support atau pendukung proses produksi dapat diartikan bila keberadaan gudang berperan penting dalam mendorong kelancaran proses produksi yang dilakukan perusahaan.

Hal tersebut dapat digunakan untuk membantu dalam hal penyimpanan, transportasi, maupun sistem lain yang telah diatur untuk memastikan proses produksi yang sesuai dengan target.

2. Production Mixing

Perlu diketahui, gudang juga merupakan fasilitas yang digunakan sebagai lokasi penyortiran barang atau produk sebelum akhirnya didistribusikan ke pasar.

3. Sebagai Perlindungan Terhadap Barang

Bukan hanya untuk lokasi penyimpanan, gudang juga dirancang agar mampu menjamin keamanan seluruh barang di dalamnya. Jadi jika barang disimpan digudang, maka barang akan aman dari bahaya pencurian, banjir, kebakaran, dan berbagai masalah keamanan lainnya.

4. Pemisahan Produk dari Pencernaan

Perlu kamu ketahui, manfaat gudang selanjutnya adalah untuk memisahkan sebuah material bahaya dan material tidak berbahaya. Hal ini sangat penting, apalagi jika terdapat material yang berisiko membahayakan dan menimbulkan pencemaran, sehingga kamu dapat mengantisipasi terlebih dahulu sebelum akhirnya digabung atau bahkan dipasarkan ke konsumen.

5. Sebagai Persediaan

Para pelaku usaha pastinya akan kesulitan untuk memprediksikan sebuah permintaan produk dengan akurat. Di sinilah, gudang hadir sebagai solusi untuk menyimpan barang sekaligus menangani persediaan produk.


Kesimpulannya, gudang adalah pendukung aktivitas ekonomi yang sangat penting. Untuk bisa mengembangkan bisnis dengan baik, kamu bisa menggunakan jasa pergudangan terpercaya dari kompack.id.

Gudang yang disediakan dalam keadaan yang baik serta mampu digunakan untuk kepentingan penyimpanan barang. Kualitas barang akan dijaga dalam ruangan yang tepat dan tenaga ahli, jadi tidak perlu ragu menggunakan kompack.id.

Bisnis akan terbebas dari permasalahan operasional termasuk pada penyimpanan barang. Selain itu, kamu bisa merasakan keunggulan tersendiri mengenai kelancaran operasional perusahaan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Satu pemikiran pada “Pengertian Gudang, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya”

Tinggalkan komentar