Apa Itu Cuci Gudang? Inilah Arti Dan 7 Tips Berbelanjanya

komerce.id – Cuci gudang tidak terdengar asing bagi pengusaha atau orang yang suka berbelanja, karena hal ini biasanya dilakukan pada event tertentu. Cuci gudang adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu pembeli karena bisa mendapatkan barang dengan harga murah.

Tujuan dari cuci gudang adalah untuk menghabiskan stok lama yang belum laku sehingga angka kerugian bisa ditekan karena barang bisa terjual semuanya. Selain itu, cuci gudang juga memberikan banyak keuntungan untuk pembeli.

Penasaran bukan apa yang dimaksud dengan cuci gudang dan bagaimana cara berbelanja sehingga mendapatkan barang bagus dan murah? Yuk, kamu bisa simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Inventory Control

Apa Itu Cuci Gudang?

Apa itu Cuci Gudang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cuci gudang adalah strategi pemasaran untuk menghabiskan stok yang masih ada. Bahkan bisa dianggap sebagai cara jitu dalam mempromosikan sebuah produk perusahaan.

Setiap toko pasti memiliki stok barang dalam jumlah tertentu untuk dijual kepada pembeli, namun tidak menutup kemungkinan bahwa stok barang tersebut belum habis dan menumpuk di gudang. Hal ini bisa terjadi, karena penjualan tidak sesuai dengan target karena berbagai faktor.

Hal ini pastinya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti minat konsumen berubah, trend susah berganti, dan masih banyak lagi. Jika sudah dalam keadaan seperti itu maka toko akan mengikuti permintaan pasar dengan mendatangkan sebuah produk baru.

Bagaimana dengan produk lama yang belum terjual? Di saat seperti itulah, cuci gudang adalah solusi terbaiknya. Jadi selain untuk menghabiskan stok barang, cuci gudang juga untuk meningkatkan pendapatan dan sebuah trik yang mampu menarik pembeli dalam jumlah besar.

Untuk barang-barang yang dijual ini bisa beraneka macam ragam dan paling banyak terjadi pada toko ritel. Produk-produk cuci gudang yang banyak diminati oleh pembeli seperti pakaian, sepatu, tas, sampai dengan peralatan elektronik yang kerap melakukan upgrade.

Baca juga: Pengertian, Metode, Fakta & Kelebihan Cycle Count Gudang

Tips Belanja Saat Cuci Gudang

Tips Cuci Gudang

Promo cuci gudang kerap membuat konsumen tertarik karena harga diskon besar-besaran yang dilakukan oleh penjual. Pastinya harga yang diberikan akan lebih murah dan banyak pembeli yang berebut. Ternyata ada tipsnya sendiri sehingga kamu bisa mendapatkan barang cuci gudang seperti di bawah ini:

1. Datang di Waktu yang Tepat

Tips pertama adalah datang tepat waktu, kamu bisa mengincar barang cuci gudang dengan mengetahui kapan dan mana saja pusat perbelanjaan yang akan melakukan cuci gudang.

Pastinya, banyak orang berbondong-bondong untuk mendapatkan produk cuci gudang ini. Datanglah di waktu pertama kali dan usahakan untuk tidak datang pada jam padat orang berbelanja seperti akhir pekan atau saat gajian.

Hal tersebut merupakan manajemen waktu yang tepat agar kamu bisa bebas memilih dan berbelanja. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari berdesak-desakan dengan pembeli lainnya.

2. Ajak Teman Terdekat

Berbelanja dengan teman sefrekuensi memang sangat menyenangkan. Namun, sayangnya cuci gudang tidak akan dilakukan setiap hari. Ajaklah teman terdekat kamu untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan pengalaman berbelanja menjadi sangat berharga.

Untuk bisa berbelanja dengan nyaman cobalah untuk tidak mengajak anak-anak terlebih dahulu, hal tersebut dikarenakan anak-anak cukup merepotkan pada saat berbelanja karena kamu harus ekstra mengawasi gerak-geriknya.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pada saat event cuci gudang ini akan ada banyak orang yang berada di toko, karena momen ini sangat banyak dicari dan ditunggu-tunggu oleh pecinta promo. Biasanya suasana cuci gudang berdesak-desakan, jadi usahakan pakai pakaian yang nyaman sehingga kamu bisa memilih barang dengan lebih leluasa.

Tips yang tepat adalah jangan menggunakan high heels saat berbelanja karena cukup menyita ruang gerak. Bahkan, kamu tidak akan bisa bergerak dengan leluasa karena takut kaki lecet, terjatuh, sampai terkilir.

Selain itu, gunakan tas yang bisa diletakkan di depan badan. Contohnya seperti tas ransel atau waist bag sehingga barang tetap bisa diawasi.

4. Buat Daftar Prioritas

Mengapa harus membuat daftar prioritas? Cuci gudang adalah waktu belanja yang tepat karena banyak penawaran menarik. Oleh sebab itu, agar tidak kalap berbelanja barang yang tidak penting maka kamu bisa menyusun prioritas mengenai barang apa yang ingin dibeli.

Biasanya barang-barang yang dijual saat cuci gudang sangat menarik sehingga kamu malah membeli barang yang kurang dibutuhkan atau kurang penting, sehingga cara mengatasi yang tepat adalah dengan membuat daftar prioritas.

5. Pilih Metode Pembayaran yang Praktis

Langkah yang tepat adalah dengan menyiapkan dana terlebih dahulu, buatlah budget atau anggaran belanja dan siapkan dalam bentuk yang paling efisien. Kamu bisa memilih membayar dengan e-wallet, kartu debit, maupun cash.

Jadi, tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan kamu untuk melakukan pembayaran. Hal tersebut dikarenakan beberapa toko yang melakukan cuci gudang hanya menyediakan pembayaran cash saja.

6. Siapkan Tenaga

Hal yang tidak kalah penting adalah kamu harus menyiapkan tenaga dan mental yang besar, karena pembeli yang mengincar event cuci gudang ini pasti sangat banyak. Jadi agar tidak kaget, kamu bisa menyiapkan tenaga terlebih dahulu.

Tidak menutup kemungkinan bahwa antri panjang, berdesak-desakan, rebutan, dan lainnya dilakukan dengan banyak orang.

7. Perhatikan Kualitas Barang

Selain tips-tips di atas, hal yang paling penting saat cuci gudang adalah memperhatikan kualitas barang yang ingin dibeli. Karena cuci gudang adalah event yang digunakan untuk menjual stok lama yang sudah tersimpan di gudang, maka perhatikan kualitas barangnya dengan detail.

Dengan memperhatikan kualitas barang, setelah melakukan pembelian barang kamu tidak akan kecewa.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Manajemen Pergudangan

Kesimpulannya, Cuci gudang adalah strategi pemasaran untuk menghabiskan stok yang masih ada di gudang. Selain itu, tujuan cuci gudang juga untuk meningkatkan pendapatan dan sebuah trik yang mampu menarik pembeli dalam jumlah besar.

Bagi para pebisnis yang memiliki ritel besar ada baiknya untuk menyiapkan gudang besar untuk penyimpanan stok-stok yang akan dijual. Jika tidak ada tempat untuk menyimpan, kamu bisa menggunakan jasa pergudangan seperti kompack.id.

Kompack.id menerapkan SOP untuk menyimpan dan menjamin keamanan barang, memantau jumlah barang lebih mudah dengan laporan yang selalu di update, dan kompack.id juga akan membantu mengemas dan mengirimkan barang melalui ekspedisi sesuai pilihanmu.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar