7 Cara Penyusunan Barang di Gudang Agar Lebih Praktis

komerce.id – Dalam manajemen gudang, proses penyusunan gudang menjadi dasar yang harus dipahami dan diterapkan dengan baik. Dalam cara penyusunan barang di gudang harus dilakukan dengan efisien dan praktis agar bisnis cepat berkembang.

Apakah cukup dengan menata dengan rapi? Atau cukup mengelompokkan barang sesuai kriteria saja? Ternyata tidak hanya itu, karena masih ada banyak cara menata gudang agar menjadi rapi sehingga bisa meningkatkan pendapatan perusahaan.

Dengan ilmu pergudangan yang sederhana, kamu bisa meningkatkan keuntungan dengan maksimal. Apakah sudah penasaran bagaimana strategi penyusunan dan penataan barang di gudang dengan tepat? Jika iya, maka bisa menyimak informasi penting di bawah ini.

Baca juga: 14 Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

7 Tips dan Cara Penyusunan Barang di Gudang

Tips dan Cara Menata Barang di Gudang
Sumber gambar: pexels.com

Jika dipahami dengan baik maka penataan barang di gudang bukanlah hal yang rumit, rutinitas ini bahkan bisa membangun profesionalisme pada saat bekerja oleh para pebisnis. Nah, gudang yang rapi juga akan terasa menyenangkan dan meningkatkan produktivitas bisnis, yuk lihat strateginya:

1. Buat Forecast Persediaan

Cara menyusun barang di gudang yang pertama adalah membuat sebuah prediksi jumlah stok barang yang akan disimpan di gudang dalam waktu mendatang, karena jika mengetahui perkiraan jumlah maka bisa ditata dengan baik.

Kamu dapat mengakali forecasting dengan mengestimasikan jumlah barang yang ada pada bulan lalu, biasanya jumlah barang yang disimpan tidak akan berbeda dengan bulan sebelumnya, kecuali menjelang liburan, promo, akhir tahun, dan event-event tertentu.

2. Pastikan Penyimpanan Inventaris Rapi

Dalam sebuah perusahaan koordinasi yang baik sangat dibutuhkan untuk mengelola pergudangan, salah satunya adalah menjaga kerapihan penyimpanan inventaris.

Kamu bisa mencoba untuk memisahkan produk sesuai jenis dan kategorinya dan melabeli rak-raknya, agar akses lebih mudah, kamu bisa meletakkan produk paling laku di rak berbeda dan meletakkannya pada tempat yang mudah terjangkau.

Bukan hanya rapi saja, penyimpanan inventaris yang bersih merupakan bentuk dari kepedulian pada karyawan yang ada di gudang. gudang yang tertata akan meningkatkan sebuah efisiensi karyawan dalam menjangkau barang-barang pesanan.

Bahkan, jika kerapian dan kebersihan dari gudang diperhatikan dengan baik maka resiko kerusakan pada barang akan berkurang sehingga kualitas barang itu akan terjaga dengan baik.

3. Periksalah Stok Gudang Secara Berkala

Hal yang penting lagi dalam cara penyusunan barang di gudang adalah dengan rutin memeriksa stok yang ada di gudang. Melakukan hal ini sangat penting untuk produk yang baru akan masuk gudang sehingga bisa membantu mengidentifikasi barang.

Biasanya identifikasi tersebut bisa digunakan untuk barang-barang hilang, menyortir produk yang cacat atau salah produksi agar dapat mengikuti proses pengembalian. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum pemasangan kode, sebab pemberian label mengindikasikan produk layak untuk dijual.

Pemeriksaan produk secara berkala di gudang bisa juga digunakan untuk menyortir produk-produk yang masih dalam kondisi baik dan layak dijual atau barang yang sudah tidak layak jual.

4. Terapkan Analisis ABC

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan teknik analisis ABC. Teknik ini dapat membantu untuk mengkategorikan barang berdasarkan prioritas. Dalam analisis ABC ini nantinya bisa diambil sebuah keputusan seperti penambahan stok, pengurangan, atau tidak disimpan lagi di gudang.

Jika ingin mengenal teknik analisis ABC, bisa melihat pada informasi di bawah:

  • Kategori A, berarti barang bernilai tinggi namun daya jual rendah.
  • Kategori B, berarti barang nilai tengah-tengah namun tingkat jualnya tinggi.
  • Kategori C, berarti barang yang dijual murah dan tingkat jual tinggi.

Bagaimana dengan kategori di atas? Cukup mudah dipahami dan bisa menjadi masukan yang tepat untuk penyusunan barang bukan?

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Manajemen Pergudangan

5. Kategorikan Barang Sesuai Jenisnya

Kategorikan Barang Sesuai Jenisnya
Sumber gambar: pexels.com

Cara menyusun barang di gudang selanjutnya adalah dengan mengkategorikan barang berdasarkan jenisnya. Dalam gudang biasanya, ada beberapa jenis barang jadi harus dikategorikan dengan baik

Contoh yang bisa digunakan seperti meletakkan pada rak yang sama untuk alat-alat kebersihan. Sedangkan, untuk rak lainnya digunakan untuk cairan kebersihan, dan lainnya.

6. Memberi Label / Kode pada Setiap Barang

Salah satu cara efektif untuk menyusun barang di gudang adalah dengan memberikan label atau kode yang ada pada setiap barang. Sebelum memberikan label ada baiknya untuk memeriksa kualitas pada barang yang datang dan memberikan kode pada barang yang kondisinya baik atau tidak ada cacat.

Pemberian kode sebenarnya juga membantu karyawan gudang untuk membedakan sebuah barang produksi. Contohnya saja untuk membedakan warna meskipun pada jenis barang yang sama.

Seperti yang dijelaskan, dengan adanya label maka proses pencarian barang ini akan lebih mudah dan sangat menghemat waktu. Proses ini akan lebih efisien jika perusahaan yang sudah memiliki teknologi cukup canggih seperti teknologi bar scanner.

7. Pisahkan Barang Lama dan Baru

Bukan sebuah rahasia lagi jika barang-barang yang ada di perusahaan bukanlah seluruhnya barang baru. Oleh sebab itu, untuk cara penyusunan barang di gudang bisa memisahkan barang lama dan barang baru.

Jangan pernah mencampurkan kondisi barang karena akan menyusahkan kegiatan memprediksi inventaris gudang. Selain itu, cobalah untuk memeriksa barang yang ada di gudang apakah dalam masa kadaluarsa atau tidak.

Sebagai karyawan gudang ada baiknya untuk mengawasi kapan barang tersebut perlu dibuang atau digunakan lebih dulu. Proses ini ternyata juga bisa membantu dalam menganalisa produk yang tidak laku terjual dan dapat meminimalisir kerugian pada masa mendatang.

Baca juga: Apa itu Inventory Control

Cara penyusunan barang di gudang harus dilakukan dengan rapi dan bersih. Barang-barang di gudang harus ditata dengan baik dan tersimpan di tempat yang bersih dan sejuk sehingga kualitasnya akan tetap terjaga.

Dalam hal ini, jika kamu membutuhkan sebuah ruang penyimpanan yang baik untuk barang, packing, maupun pick up maka bisa menggunakan layanan dari kompack.id.

Kompack adalah solusi bagi kamu yang membutuhkan jasa fulfillment mulai dari penyimpanan gudang sampai dengan pengemasan dan pengiriman. Untuk menikmati jasa fulfillment dari Kompack, kamu tak perlu membayar banyak untuk sewa bulanan, cukup bayar biaya packing mulai dari Rp 2.500 per paketnya.

Cukup daftar di kompack.id dan isikan data dengan benar. Tim kami akan menghubungi kamu untuk memproses lebih lanjut. Mudah bukan?

Pastinya keperluan usaha kamu bisa terpenuhi dengan sangat baik dan tepat, silahkan hubungi kontak resmi tim Kompack melalui websitenya.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar