Inventory Turnover: Pengertian, Fungsi, dan Cara Hitung Rasio

komerce.id – Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan Inventory turnover? Sebuah metode yang bisa digunakan dalam pengukuran seberapa banyak penjualan dalam satu periode yang didasarkan pada stok barang yang ada dalam perusahaan.

Bukan hanya itu saja, karena bisa digunakan untuk menunjukkan seberapa efektif pengolahan sebuah persediaan barang yang ada.

Dengan hasil perhitungan yang sudah dilakukan, bisa digunakan sebagai indikator untuk memastikan nilai kualitas dari persediaan tersebut. Juga, bisa digunakan dalam menentukan manajemen persediaan dalam pembelian. Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Stock Opname

Apa Itu Inventory Turnover?

pengertian inventory turnover

Inventory Turnover adalah sebuah rasio yang berguna untuk menghitung sebuah efektivitas penjualan berdasarkan stok yang tersedia. Sehingga bisa dilihat bahwa rasio tersebut bisa digunakan untuk memahami frekuensi penjualan produk persediaan.

Selain itu, masih ada manfaat yang bisa didapatkan yaitu bisa berguna untuk membandingkan sebuah performa perusahaan. Perbandingan ini bisa didasarkan pada rata-rata industri yang ada.

Dalam penilaiannya, pada saat rasio turnover rendah maka penjualannya lemah namun untuk stok persediaan masih terlalu banyak. Berbeda dengan kondisi ideal dimana rasio menunjukkan angka tinggi sehingga bisa dikatakan bahwa performa penjualan cukup kuat.

Pentingnya Fungsi Inventory Turnover

Rasio turnover memiliki peran yang cukup penting dalam perusahaan, kamu bisa melihat pengaruhnya pada saat menentukan sebuah penjualan perusahaan apakah sudah memenuhi target performa sesuai key performance indicator atau tidak.

Peran penting lainnya seperti upaya dalam pemantauan untuk perputaran stok secara cermat. Dengan begitu, maka kamu dapat membuat sebuah gambaran mengenai inventaris yang lebih baik lagi.

Contohnya, rasio ini dapat membantu membuat keputusan yaitu barang apa yang harus dipesan atau barang apa yang perlu dipindahkan ke departemen lainnya.

Baca juga: Pengertian Kartu Stok Barang

Cara Menghitung Inventory Turnover

cara menghitung inventory turnover

Kalkulasi rasio sebenarnya bisa dibilang sebagai rasio perbandingan pada penjualan stok barang pada jangka waktu yang ditentukan. Untuk bisa melakukan perhitungan bisa menggunakan data utama yaitu HPP dan rata-rata persediaan pada periode yang sama.

Cara yang dapat digunakan cukup sederhana yaitu cukup membagi dua data dengan rumus turnover yang dapat ditulis, yaitu:

Harga pokok barang/ rata-rata persediaan di periode yang sama.

Agar bisa seimbang antara inventaris dan penjualan maka bisa menghitung rumus di atas. Untuk keseimbangan efektif maka bisa mengurangi biaya operasional gudang maupun SDM. Nah, inventaris tersebut akan memakan lebih banyak tempat dan bisa saja untuk barang tersebut rusak.

Berbeda halnya dengan penjualan yang terlalu banyak maka SDM pada perusahaan akan terburu-buru sehingga dapat memastikan untuk stok barang yang sesuai dengan permintaan. Kamu bisa membuat sebuah skala prioritas dalam laporan inventaris gudang di usaha kamu.

Batasan Inventory Turnover

Namun, angka yang tinggi pada rasio ini sebenarnya bukan selamanya hasilnya baik. Oleh sebab itu, kamu masih membutuhkan sebuah acuan lainnya seperti membandingan hasil rasio turnover ini dengan perusahaan lainnya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa perusahaan lainnya harus berasal dari sebuah bidang yang sama. Hal tersebut dikarenakan jika bidang yang dibandingkan berbeda maka hasilnya tidak akan bisa ditandingkan atau tidak ada gunanya.

Selain itu, barang yang dijual juga tidak sama sehingga bisa perbedaan pada tanggal kadaluarsa tersebut. Terdapat hal lain juga yang mempengaruhi perbandingan rasio tersebut seperti lokasi vendor, logistik pengiriman, lokasi ritel, dan lainnya.

Cara Mengatur Inventory Turnover

cara mengatur inventory turnover

Usaha yang harus dilakukan secara terus-menerus untuk mempertahankan sebuah kualitas adalah dengan menjaga efisiensi inventory turnover. Agar bisa mendapatkan sebuah hal yang tepat maka bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Meningkatkan Permintaan

Agar bisa meningkatkan stok persediaan yang lebih tinggi pada rasio ini dibandingkan penjualan yang akan dilakukan, maka harus bisa menaikkan sebuah permintaan barang oleh konsumen. Cobalah untuk lebih gencar memasarkan produk dan menargetkan pembeli lainnya.

2. Menyesuaikan Stok Barang untuk Disimpan

Sesuaikan penyimpanan stok barang yang akan dilakukan pada perusahaan. Dalam mayoritas bisnis memang banyak yang bergantung dari pembelian konsumen untuk pendapatan yang lebih tinggi. Selain itu, dengan banyaknya permintaan maka perusahaan tidak perlu menyimpan barang.

Artinya, stok di gudang tidak perlu terlalu banyak dan bisa disesuaikan dengan daya jual barang tersebut. Bahkan, untuk barang yang bisa dikatakan laku keras maka tetap bisa dikelola agar dapat memenuhi keinginan pembeli yang cukup tinggi.

3. Lakukan Forecasting

Forecasting atau yang disebut juga perkiraan merupakan sebuah cara yang efisien dalam mengontrol kestabilan dari rasio ini. Pasalnya, perkiraan ini bisa membantu dalam menyediakan sebuah barang apa yang akan di stok dalam waktu yang cukup lama sesuai dengan permintaan pelanggan.

Dengan begitu, maka efisiensi inventory bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan pastinya akan meminimalisir adanya overstocking barang di gudang.

4. Menawarkan Sistem Pre-Order

Penawaran sistem pre-order nyatanya bisa dilakukan agar sistem di perusahaan termasuk inventory turnover lebih efisien. Pesanan dengan sistem pre-order dapat digunakan untuk antisipasi mengenai barang apa yang akan diinginkan oleh pelanggan serta bisa memenuhi stok di gudang.

5. Mengulas Harga

Tinjaulah harga barang yang ditawarkan suatu produk kepada pembeli secara berkala. Hal ini bisa digunakan sebagai perbandingan harga di industri yang sama dan bisa mempromosikan produk sewaktu-waktu sehingga harga tetap bersaing di pasaran.

Baca juga: 19 Aplikasi Stok Barang Gratis di Android dan PC

Tips Meningkatkan Inventory Turnover

cara meningkatkan inventory turnover

Jika sudah membaca mengenai cara mengatur inventory turnover untuk perusahaan. Maka, kamu tidak boleh tertinggal untuk tips meningkatkannya. Pasalnya, sebuah perusahaan memiliki langkah sendiri, namun kamu juga bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

1. Mengubah Strategi untuk Menentukan Harga Produk

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan strategi penetapan harga barang, hal ini digunakan untuk meraih penjualan yang tinggi serta mempertahankan angka penjualan tersebut.

2. Meningkatkan Perputaran Inventaris Barang

Perputaran stok barang harus ditingkatkan sesuai dengan permintaan pelanggan. Caranya adalah mengetahui produk apa saja yang laku keras sehingga bisa disesuaikan dengan stok pada gudang tersebut.

3. Mengurangi Stok Usang dan Mendeteksi Usia Produk

Selanjutnya, cobalah untuk mengeliminasi stok lama dengan mengetahui usia dari produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk usang biasanya berpotensi merugikan perusahaan karena overstocking.

4. Mengatur Ulang Strategi

Strategi bisnis tidak ada habisnya. Oleh sebab itu, kamu bisa meningkatkan penjualan dan pemasaran menggunakan strategi lainnya. Pasalnya, dalam perusahaan setiap strategi akan berkesinambungan antara satu strategi dengan lainnya.

5. Merevisi Klasifikasi Barang

Lakukan perbaikan dalam kategori barang yang disimpan pada bisnis kamu. Selain itu, lakukan tata letak ulang baik itu di gudang maupun di toko online. Penjualan akan maksimal jika pembeli mudah mendapatkan barang yang dibutuhkannya.


Persediaan barang harus mendapatkan tempat yang tepat seperti gudang penyimpanan. Jika ingin menggunakan layanan gudang yang terpercaya dan meningkatkan rasio inventory turnover maka bisa menggunakan layanan dari kompack.id.

Pastinya, kamu akan diberikan sebuah tempat yang terintegrasi baik untuk kelancaran bisnis kamu. Contohnya saja untuk solusi penyimpanan dan pengiriman online bisa diselesaikan dengan cepat.

Dengan mengenal rasio ini maka kamu bisa memajukan bisnis dengan cepat dan berkembang pesat, hal tersebut dikarenakan proses bisnis bisa berjalan dengan lancar karena penyimpanan barang mendapatkan tempat yang tepat.

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk menyimpan barang kamu, percayakan pada Kompack. Kompack adalah layanan fulfillment dari Komerce yang menyediakan layanan pergudangan dari penyimpanan barang hingga pengemasan.

Produk kamu akan terjamin keamanannya dengan SOP yang telah diberlakukan dalam sistem pergudangan Kompack dan dihandle oleh karyawan gudang yang kompeten. Kapan lagi kamu bisa dapat semua benefit Kompack tanpa biaya sewa bulanan? Daftar sekarang di kompack.id.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar