Pengertian Customer Relationship dan Cara Membangunnya

komerce.id – Salah satu kewajiban yang harus dilakukan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan ini dijaga melalui customer relationship yang baik. Peran customer relationship akan menjamin keberhasilan suatu bisnis.

Customer atau pelanggan memiliki peran yang penting, maka pelaku bisnis harus selalu menjaga hubungan dengan para pelanggannya. Cara yang dapat dipilih adalah dengan menciptakan komunikasi, dengan begitu hubungan antara pelaku bisnis dan pelanggan akan terjalin dengan baik.

Membangun customer relationship bukanlah hal yang mudah, karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dalam artikel ini akan dibahas tentang pengertian dan bagaimana peran customer relationship dalam bisnis.

Baca juga: 18 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik

Apa itu Customer Relationship?

Apa itu Customer Relationship
Pengertian Customer Relationship, sumber gambar: ringcentral.com

Customer relationship adalah strategi yang dibuat oleh perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Hubungan yang baik dapat mempertahankan pelanggan dan membujuknya untuk melakukan pembelian ulang.

Customer relationship dapat membuat pelanggan jadi setia. Kesetiaan pelanggan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan jumlah penjualan. Selain itu, pelanggan yang setia juga tidak akan berpaling pada kompetitor.

Cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan dapat dilakukan melalui pengelolaan data yang optimal, data yang baik dapat mempermudah bisnis untuk menyediakan informasi sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan saluran komunikasi untuk membagikan informasi tersebut.

Melalui saluran komunikasi, pelaku bisnis juga bisa mengumpulkan keluhan, pertanyaan, dan saran dari pelanggan. Dengan begitu feedback yang berhasil terkumpul dapat menjadi referensi untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas dalam bisnis.

Baca juga: 10 Cara Membangun Hubungan yang Baik Dengan Pelanggan

Bagaimana Cara Membangun Customer Relationship yang Baik?

Cara Membangun Customer Relationship
Cara Membangun Customer Relationship

Peran customer relationship merupakan kunci dari terjalinnya hubungan yang baik antara pelaku bisnis dan pelanggan. Ada berbagai strategi yang bisa kamu coba untuk membangun customer relationship. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Berikan Pelayanan (Service) Terbaik

Salah satu strategi paling penting yang bisa dilakukan untuk membangun customer relationship adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Sehingga pelanggan akan merasa lebih puas dengan layanan yang disediakan.

Caranya adalah dengan membalas pesan dengan tepat dan cepat. Selain itu kamu juga bisa membangun hubungan dengan memberikan solusi untuk setiap pertanyaan dan permasalahan pelanggan. Maka customer relationship dapat terbangun dengan baik.

Apakah kamu masih mencari cara bagaimana cara membalas pesan yang tepat dan cepat? Namun kamu masih kewalahan karena banyaknya chat yang datang dan disaat yang sama harus mengurus bisnis?

Customer service dari Komtim adalah jawaban atas kegundahan kamu dalam menyediakan layanan pelanggan dengan komunikasi chat yang tepat dan cepat. Didukung oleh pelatihan kurikulum dan pengalaman talent dalam menghandle berbagai produk, Customer service Komtim menjadi partner terbaik kamu dalam urusan layanan pelanggan.

2. Tingkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Meningkatkan kualitas komunikasi dengan pelanggan merupakan hal yang penting untuk membangun customer relationship. Pelaku bisnis dapat berkomunikasi dengan pelanggan melalui sistem komunikasi yang mudah untuk digunakan.

Sistem untuk membangun customer relationship adalah sistem CRM Omnichannel. Sistem ini dapat menghubungkan semua saluran komunikasi menjadi satu. Lalu sistem akan mengintegrasikannya dengan CRM. Sehingga pelanggan dapat terhubung dan menemukan bisnis dengan mudah.

3. Minta Umpan Balik secara Teratur

Umumnya pelanggan akan lebih menyukai bisnis yang memperhatikan dan mendengarkan keluhan serta saran yang mereka berikan. Selain itu dengan respon yang baik, pelanggan akan semakin setia dengan suatu bisnis.

Maka cara berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan meminta feedback kepada pelanggan secara rutin. Sehingga pelaku bisnis akan mengetahui kekurangan dari produk dan kebutuhan pelanggan. Dengan terkumpulnya feedback kamu bisa meningkatkan pelayanan dan kualitas bisnismu.

4. Berikan Hadiah Kepada Pelanggan Setia

Peran customer relationship dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. Jika pelanggan setia, maka mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang pada produk. Bahkan pelanggan tidak akan berpaling dan mengabaikan penawaran dari kompetitor.

Untuk menjaga kesetiaan pelanggan, kamu bisa memberikan hadiah. Pemberian hadiah ini dapat berupa free gift, diskon, bonus, voucher, atau layanan tambahan. Sehingga pelanggan akan semakin puas dan melakukan pembelian lebih banyak.

5. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Peran penting customer relationship adalah mampu merawat hubungan antara pelanggan dengan pelaku bisnis. Hubungan ini harus terus dijaga dan dirawat dengan komunikasi yang baik. Sehingga pelanggan dan bisnis akan saling mendapatkan keuntungan.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba agar hubungan dengan pelanggan selalu terjaga. Kamu bisa mengirimkan kartu ucapan setiap pelanggan ulang tahun melalui pesan singkat atau email. Selain itu mengirimkan bingkisan di hari raya juga bisa meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Baca juga: 5 Cara Memahami Perilaku Konsumen untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Membangun Customer Relationship dengan Sistem CRM

Cara Membangun Customer Relationship dengan Sistem CRM
Sumber gambar: lapaas.com

Customer Relationship Management atau yang biasa disingkat CRM merupakan kegiatan manajemen untuk menjaga dan membangun hubungan baik dengan pelanggan agar bisnis dapat berjalan berkelanjutan.

Melakukan manajemen hubungan pelanggan merupakan hal yang sulit dilakukan. Sehingga dibutuhkan sistem untuk membantu kegiatan manajemen hubungan pelanggan. Sistem yang dimaksud adalah sistem CRM. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui dari sistem CRM.

1. Pengertian Sistem CRM

Sistem CRM merupakan sistem yang integrasi untuk merencanakan, mengatur, dan mengendalikan kegiatan sebelum penjualan dan sesudah penjualan yang terjadi dalam suatu bisnis. Sehingga semua aktivitas dalam bisnis akan lebih terstruktur dengan rapi.

Selain itu, menggunakan sistem CRM akan membantu dan memudahkan kegiatan manajemen dalam bisnis. Sistem ini juga dapat memantau berbagai aktivitas penjualan dari awal terjadinya leads hingga pelanggan melakukan deals.

Dalam sistem CRM terdapat peran customer relationship yang berfungsi untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan. Sehingga dengan sistem ini, hubungan dan komunikasi dengan pelanggan akan terjaga.

2. Fungsi dan Tujuan Sistem CRM

Fungsi utama dari CRM adalah membantu dan memudahkan manajemen bisnis untuk memantau aktivitas penjualan. Selain itu sistem CRM juga bisa membantu untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku pelanggan.

Sedangkan tujuan dari sistem CRM adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Caranya dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan. Sehingga perusahaan dapat meningkat pelayanannya.

3. Manfaat Penggunaan Sistem CRM bagi Perusahaan

Penggunaan sistem CRM pada perusahaan dapat menjadi salah satu strategi untuk menjalankan peran customer relationship dalam membangun komunikasi bersama pelanggan. Dengan sistem ini perusahaan bisa memelihara hubungan baik dengan pelanggan.

Selain itu masih banyak manfaat lain jika kamu menggunakan sistem CRM untuk menjalankan customer relationship. Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan sistem CRM yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Menghemat biaya operasional perusahaan yang digunakan untuk pemasaran ulang (remarketing).
  • Strategi pemasaran lebih tepat sasaran.
  • Kepuasan dan kesetiaan pelanggan meningkat.
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan.
  • Meningkatkan time to market.
  • Mendorong perusahaan untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk.
  • Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan semakin berkualitas.
  • Jumlah penjualan akan meningkat.

Kepuasan pelanggan dengan layanan dan produk merupakan hal penting untuk mengukur keberhasilan suatu bisnis. Sehingga dibutuhkan strategi yang tepat. Peran customer relationship dapat menjadi strategi yang bisa digunakan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Customer relationship berperan untuk membantu membangun hubungan yang baik antara pelaku bisnis dengan pelanggan. Dengan hubungan yang baik, perusahaan akan mengetahui informasi tentang kebutuhan pelanggan terhadap suatu produk.

Untuk menjalankan customer relationship kamu bisa menggunakan sistem CRM. Sistem ini terbukti dapat membantu perusahaan untuk menjalankan strategi customer relationship. Sehingga perusahaan akan memiliki pelanggan setia dan senantiasa melakukan pembelian ulang.

customer service komtim
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar