18 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik yang Bisa Ditiru

Sebuah perusahaan akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya. Mungkin ungkapan “konsumen adalah raja” menjadi slogan yang sangat kental di semua sektor perusahaan. Contoh yang paling mudah ditemukan adalah adanya customer service.

Apalah arti sebuah perusahaan apabila tidak ada konsumen atau customer yang menggunakan produknya. Fakta inilah yang memacu masing-masing perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanan. Semakin banyak konsumen yang percaya dengan perusahaan juga akan menaikkan nama dan marketnya.

Layanan customer ini akan membantu kebutuhan konsumen akan produk perusahaan. Selain memudahkan konsumen, layanan ini juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

18 Perusahaan Dengan Pelayanan Customer Service Terbaik

Anda pasti tidak asing dengan layanan customer service ini. Hampir semua pelaku usaha menyediakan layanan tersebut. Dimana sajakah biasa didapatkan contoh customer service terbaik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

1. JetBlue

JetBlue

Jetblue adalah sebuah maskapai penerbangan di New York. Perusahaan ini menempati peringkat pertama tentang kepuasan penumpang yang dikeluarkan oleh America Airline Satisfaction Study.

Bahkan JetBlue berhasil mempertahankan peringkat tersebut hingga bertahun-tahun. Dengan menggunakan layanan JetBlue maka perjalanan udara sangat terasa menyenangkan. Para penumpang mendapatkan kudapat seperti Dunkin’ Donuts serta free kopi.

Kelebihan dari maskapai ini juga dilihat dari fasilitas pesawatnya. Semua pesawat yang digunakan oleh JetBlue menyediakan ruang kaki yang ukurannya lebih luas. Tentu saja hal ini akan sangat menyenangkan bagi penumpang.

2. J.Crew

j crew

Sebelumnya J.Crew ini pernah mengalami masa yang kurang menyenangkan. Namun setelah berhasil melewatinya, para penjual justru berterima kasih kepada Millard “Mickey” Drexler selaku CEO yang terkenal sangat maniak dalam memperhatikan apa yang dibutuhkan konsumen.

Mickey selalu berusaha untuk memberikan jawaban atas keluhan-keluhan yang diajukan oleh para konsumen secara pribadi. Selain itu juga menyediakan fasilitas dengan tujuan untuk memudahkan dalam melakukan pembelian.

Baca juga: 10 Cara Merekrut Customer Service Yang Berkualitas

3. Crate&Barrel

crate and barrel

Bentuk customer service terbaik yang ditawarkan oleh Crate&Barrel ini adalah, janji pelayanan paripurna ke konsumen. Setiap pembelian yang dilakukan, maka perusahaan akan mengantarkan furniture dan merakitnya di ruangan yang dipilih.

Petugas juga akan membuka semua kemasan hingga terlihat rapi dan siap digunakan. Bentuk layanan lainnya adalah memberikan potongan harga jika melakukan pembelian produk untuk pernikahan Anda. Layanan pelanggan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari para konsumennya.

4. Amazon.com Divisi Zappos

zappos

Urutan selanjutnya adalah Amazon.com untuk divisi Zappos. Beberapa tahun yang lalu, ada salah satu pegawai Zappos yang melakukan pembicaraan via telepon dengan pelanggannya selama kurang lebih 10 jam tanpa mengeluh atau menggunakan intonasi yang terdengar malas dan mengecewakan.

Isi dari percakapan tersebut tentang bagaimana kehidupan di Las Vegas dan bagaimana rasanya tinggal di sana. Pegawai ini akhirnya mendapatkan penghargaan karena telah memberikan pelayanan ekstra tersebut dimana dengan telaten melayani kebutuhan pelanggan.

Kesabarannya untuk meladeni percakapan hingga 10 jam demi kepuasan pelanggan, dihadiahi dengan sepasang sepatu Ugg di Amazon.com. Apabila dinominalkan harganya menyentuh angka US$ 928 juta di tahun 2009.

5. Chick-fil-A

chick-fil-a

Chick-fil-A merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri makanan cepat saji. Perusahan ini mampu menyediakan layanan terbaik untuk para konsumennya. Para pegawai akan membersihkan sampah makanan hingga bersih.

Dalam layanannya, juga diberikan tawaran isi ulang soda secara gratis bagi konsumen. Perusahaan merasa bahagia dengan bisa melayani pelanggan dengan sangat baik. Tidak heran jika Chick-fil-A mendapat nilai 82% di Temkin Experience dan tertinggi untuk restoran cepat saji.

6. Hallmark

hallmark

Perusahaan ini cukup unik dalam memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya. Sebagai perusahaan amplop raksasa, Hallmark mengembangkan lem yang memiliki rasa manis. Pengembangan formula ini dimulai pada tahun 2000 untuk semua amplop yang diproduksi di Kansas.

7. TD Bank

TD Bank

Bank asal Kanada ini terkenal sangat unggul dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Setiap detail kebutuhan pelanggan senantiasa diperhatikan. Hebatnya lagi setiap cabang akan diawasi oleh anjing-anjing penjaga demi menjaga keamanan nasabah.

TD Bank juga menyediakan pulpen khusus dimana telah disesuaikan dengan tipe pulpen yang digemari oleh wanita. Para nasabah akan diberikan kartu hadiah serat fasilitas penggantian buku tabungan secara gratis.

Baca juga: 12 Tips Menjadi Customer Service Yang Baik & Handal

8. Neiman Marcus

Neiman Marcus

Perusahaan ini adalah pemilik toko Dallas yang populer dikalangan konglomerat. Banyak produk-produk yang sangat eksklusif dengan harga yang fantastis. Toko Dallas menjadi tempat favorit para konglomerat untuk mencari hadiah spesial.

Standar pelayanan untuk para konsumennya memang sangat tinggi. Detail dan kebutuhan pelanggan sangat diperhatikan. Termasuk dalam pengadaan produk dengan teknologi dan desain yang tidak dimiliki toko lainnya.

Persembahan terbaru dari perusahaan ini adalah Bulleit Frontier Whiskey Woody-Tailgate Trailer. Produk ini dilengkapi dengan lemari dan TV layar datar. Untuk harganya sekitar US$ 150 ribu.

9. Morton’s The Steakhouse

Morton’s The Steakhouse

Peter Shankman, seorang konsultan dari Amerika, merasa terkejut dengan pelayanan yang diterima dari sebuah restoran steak. Morton’s The Steakhouse ini menerapkan kepada semua pegawainya untuk mengenakan tuxedo.

Hal yang membuatnya kagum adalah, pelayan tersebut berdiri menunggunya setelah lebih dari 2 jam sebelumnya telah memesan beberapa makanan. Pelayan tersebut berdiri dengan steak, kentang, udang, dan roti di tangannya.

10. Apple

Apple

Produk Apple mungkin menjadi produk yang sangat familiar untuk Anda. Pernahkah Anda datang ke counter resmi Apple? Jika produk Apple mengalami kerusakan, akan lebih baik jika dibawa langsung ke counter resmi.

Di counter Apple ini, produk yang rusak tersebut akan digantikan tanpa biaya apapun. Pihak Apple juga memberikan garansi apabila produk tersebut mengalami kerusakan kembali. Semua biaya perbaikan benar-benar diberikan gratis.

11. The Ritz-Carlton

The Ritz-Carlton

Sebagian besar hotel memang memiliki layanan customer service yang cukup baik. Namun hotel dengan tingkat pelayanan terbaik dipegang oleh The Ritz-Carlton. Hotel mewah ini sebelumnya melakukan pengamatan sebelum menentukan jenis layanannya.

PIhak hotel akan termasuk para karyawan akan sangat memperhatikan hal-hal yang digemari oleh konsumen. Semua karyawan juga memastikan semua layanan yang diberikan akan tepat waktu. The Ritz-Carlton memenangkan penghargaan J.D. Power dalam kategori hotel termewah.

12. Wegmans

Wegmans

Wegmans termasuk dalam jajaran perusahaan yang sangat mengutamakan pelayanan pelanggan dan karyawan dengan sangat baik. Toko ini memiliki ukuran 2 kali lebih besar dari ukuran supermarket tradisional.

Untuk produk yang dijual, Wegmans menjual produk dua kali lebih banyak dibandingkan di supermarket. Setiap harinya perusahaan ini mampu meraih volume penjualan tertinggi. Tercukupinya kebutuhan konsumen menjadi kepuasan tersendiri sehingga konsumen terus meningkat.

Baca juga: Gaji Customer Service Di Indonesia

13. Solar City

Solar City

Sesuai dengan namanya, perusahaan ini bergerak di bidang instalasi tenaga surya. Solar City menyediakan tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan baik pribadi maupun perusahaan. Seluruh prosesnya dibuat sesederhana mungkin agar lebih memudahkan konsumen.

Layanan terbaik yang diberikan adalah, pemberian izin serta pemasangan instalasi secara gratis. Imbal balik yang didapatkan adalah, konsumen diminta untuk berkomitmen dengan melakukan sewa instalasi selam 20 tahun. Solar City akan memberikan potongan harga juga setelah pembayaran.

14. Publix

Publix

Rantai penjualan dari Publix ini mampu menduduki posisi pertama antara supermarket ASCI sejak tahun 1995. Untuk peringkat yang dikeluarkan dari Temkin dan J.D. Power, Publix juga mendapatkan nilai yang baik.

Apa rahasia kesuksesan dari Publix? Jawabannya cukup sederhana, dari hasil pengamatan dan penilaian konsumen terdapat beberapa kelebihan dari Publix. Berikut adalah beberapa contohnya.

  • Kebersihan toko sangat terjaga.
  • Semua pegawai memberikan pelayanan dengan sangat ramah.
  • Produk yang ditawarkan sangat beragam dan harganya cukup terjangkau.

15. Ace Hardware

Ace Hardware

Pada sektor perangkat keras, jawara pelayanan kepada pelanggan jatuh pada Ace Hardware. Perusahaan ini menduduki puncak penghargaan J.D. Power atas layanan customer servicenya. Posisi ini bertahan selama tujuh tahun belakangan ini.

Kenyataan yang sangat mengesankan dari perusahaan ini adalah, nilai yang dimiliki Ace Hardware ini mencapai 803 pada skala 1000. Sungguh nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan penjual dan perusahaan manapun.

Rantai penjualan yang sangat baik menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Selain itu, karyawan serta pelayanan terbaik, juga meningkatkan kepuasan pelanggan. Toko ini bahkan terbaik dalam kategori fasilitas penyimpanan produk.

Baca juga: Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service

Perusahaan Indonesia dengan Customer Service Terbaik

1. Blibli.com

blibli

Blibli.com adalah situs dan aplikasi e-commerce asal Indonesia. Blibli.com menerapkan strategi ‘Customer Satisfaction First’ dimana mereka memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sejak pelanggan belum bertransaksi hingga purna jual.

Pada tahun lalu Blibli.com menerima 8 penghargaan terkait Customer Service di Indonesia Contact Center Awards 2019.

2. Bukalapak.com

bukalapak

Situs dan aplikasi e-commerce buatan anak negeri ini baru saja menerima penghargaan di pertengahan tahun ini sebagai Excellent Service Experience Award (ESEA) 2020 dan Digital Touch Points Customer Engagement Award (DTPCEA) 2020 dari Majalah Service Excellence dan Majalah Marketing, bekerjasama dengan CARRE – CCSL sebagai lembaga pemantau kualitas.  ESEA merupakan penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

Penghargaan tersebut menambah daftar penghargaan customer service yang didapat oleh Bukalapak. Sebelumnya Bukalapak juga memperoleh gelar The Best Contact Center dari Indonesia Contact Center Association (ICCA) pada 2019 dan 2018.

3. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

bca

Bank Central Asia (BCA) menerima 15 pada Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2019. Penilaian CCSEA berdasarkan pada hasil riset yang menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan yang melakukan panggilan contact center di Indonesia.

Penghargaan yang merupakan hasil kerja sama Carre – Center for Customer Satisfaction and Loyality (Carre – CCSL) dan Majalah Service Excellence.


Layanan pelanggan atau sering disebut dengan customer service, menjadi salah satu faktor penilaian konsumen. Dengan pelayanan yang baik, tentunya akan membuat konsumen nyaman dan puas akan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebuah perusahaan akan sangat membutuhkan customer service terbaik untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Pemberian bonus, garansi, serta jenis layanan lainnya akan sangat berarti pada penilaian konsumen.

kolaborasi bersama komerce
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar