13 Contoh Headline Iklan Yang Menarik dan Menjual

Contoh Headline Iklan yang Menarik – Pernahkah anda melihat sekitar saat sedang terjebak macet atau berhenti di lampu merah? Pada kondisi seperti ini, tak jarang akan ada beberapa penjual yang akan menawarkan beberapa produk kepada anda seperti koran, majalah, dan lain-lain untuk mengisi waktu anda bukan? Nah, jika anda amati aka nada judul yang dicetak dengan ukuran besar pada halaman depan sebuah koran atau majalah. Judul yang dicetak besar ini disebut juga dengan headline.

Tidak hanya bisa dijumpai pada koran ataupun majalah, headline juga bisa dijumpai di novel, berita, ataupun konten media digital seperti iklan. Headline akan berfungsi untuk menarik perhatian para pembaca agar penasaran dengan apa yang ada di dalam tulisan atau iklan yang disampaikan tersebut.

Untuk membuat seseorang penasaran dengan iklan, berita, dan lainnya memang tidak mudah. Dan inilah fungsi dari keberadaan headline. Untuk bisa membuat headline yang anti mainstream, ada beberapa cara yang harus diperhatikan dan tidak boleh dibuat secara sembarangan agar tepat sasaran. Penasaran? Yuk simak lebih lanjut.

13 Contoh Headline Iklan Yang Menarik

jenis headline iklan yang menjual
Sumber gambar: purohitfilms.com

Dalam dunia pemasaran, headline memiliki peran yang sangat penting. Headline merupakan kunci utama keberhasilan suatu konten, oleh sebab itu ada beragam faktor yang dibutuhkan dalam proses pembuatan headline. Headline harus dibuat sesuai dengan audiensi sasaran, kombinasi gambar, dan kata-kata menarik yang akan membuat penasaran.

Dengan perpaduan ketiga hal tersebut, ikan akan menjadi menarik dan sangat menjual. Agar lebih mudah memahami bagaimana cara membuat headline yang catchy, berikut beberapa contoh headline iklan menarik yang sudah dibedakan berdasarkan jenis dan tujuannya.

1. Benefit Headline

Iklan pasti bertujuan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya kan? Nah, konsumen pasti menginginkan keuntungan yang maksimal dengan pengeluaran yang minimal. Disinilah headline jenis ini akan bermanfaat. Headline ini akan menawarkan beragam keuntungan yang bisa didapatkan seperti berikut.

  • Buy One Get Two!
  • Diskon Up to 70%
  • Cashback Senilai Ratusan Ribu!
  • Hanya Hari Ini, Belanja Sepuasnya Hanya 50 RIBU!
  • GRATIS ONGKIR SELURUH INDONESIA

2. News Headline

Umumnya, news headline digunakan untuk launching produk baru, seminar, event, dan acara penting lainnya. Disini akan ada beberapa informasi yang bersifat berita atau pengumuman seperti dibawah ini.

  • Hadirilah, Seminar Membangun Bisnis Tanpa Modal Terviral Abad Ini!
  • Baru, Nikmati Paket Hemat Ayam Geprek Pedass Mampus Hanya 10 Ribuan.
  • Melayani Pengiriman Ke Seluruh Indonesia, Bahkan Ke Luar Angkasa Setiap Hari
  • Fakta Mencengangkan Tentang Konspirasi Virus Corona
  • Teknik Ampuh Get Ratusan Juta Berjualan Online

3. Selective Headline

Sesuai dengan namanya, jenis headline yang satu ini dikhususkan untuk beberapa kalangan atau target market tertentu. Jadi, tidak semua orang bisa penasaran dan tertarik dengan iklan yang menggunakan Selective headline karena target dibuat secara lebih spesifik. Berikut contohnya.

  • Penikmat Pedas? Rasakan Sensasi Bakso Mercon Beranak
  • Khusus Untuk Pemegang Kartu Prabayar
  • Berlaku Untuk Member, Tanpa Minimal Order Dapatkan Harga Grosir
  • Pelatihan Khusus Untuk Calon Advokat
  • Lulusan SMA? Bisa Kerja di Luar Negeri Lho!

4. Curiosity Headline

Contoh headline iklan selanjutnya adalah curiosity headline. Headline yang satu ini akan sangat cocok digunakan dalam headline email, tautan link affiliate, dan lain-lain. Sangat cocok untuk digunakan saat menawarkan produk. Saat email muncul di notifikasi handphone anda, pasti anda langsung membukanya. Berikut contoh curiosity headline.

  • Butuh Uang Pinjaman Yang Terpercaya? Klik Tautan Berikut
  • Bisnis Tanpa Modal, Cukup Scroll Smartphone
  • Rahasia Bisnis Online Yang Tidak Diketahui Orang Banyak
  • SELAMAT! Kamu Terpilih Menjadi Salah Satu Calon Pengusaha Sukses
  • Modal Rp 0 Untung Ratusan Juta!!

5. Gimmic Headline

Sudah paham kan dengan istilah gimmic? Nah, istilah ini juga bisa digunakan untuk membuat headline iklan yang menarik lho! Anda bisa menggunakan permainan kata yang bersifat mengulangi bunyi, membuat orang terkejut, tipuan, maupun judul yang terkesan berlebihan. Semakin unik headline yang digunakan, makan akan semakin menarik. Berikut contohnya.

  • SUPER NYESEL! Barang Online Yang Dipesan Ternyata Bagus Banget
  • SELAMAT KAMU BERUNTUNG!!!
  • SEPERTI MENANG LOTRE!
  • Ongkir Gratis, Barang Bombastis
  • Bikin Kaget dan Nyesel!

6. Fear Headline

Selain gimmic headline, fear headline juga termasuk dalam jenis headline yang akan membuat anda penasaran. Headline ini digunakan untuk menakut-nakuti pembaca yang akan membuat pembaca menerima tawaran anda. Jadi hampir mirip seperti ancaman tapi dikemas dengan lebih menarik. Berikut contohnya!

  • Bahaya Akan Mengancam Jika Anda Tidak Berasuransi
  • Kesempatan Langka!
  • Hati-hati! Siapkan Hal Berikut Agar Tidak Menyesal
  • Diskon Besar-besaran Hari Ini!
  • Hindari Hal Berikut!

7. Question Headline

Sesuai dengan namanya, headline jenis ini dibuat dengan menggunakan pertanyaan yang membuat siapapun yang membacanya akan menjawab meskipun dalam hati. Umumnya, question headline ini akan membangun awareness, brand, dan kedekatan dengan pembaca. Berikut contohnya!

  • Apakah Amalan Dunia Anda Sudah Cukup?
  • Sudahkah Anda Mencoba Tips Jitu Ini?
  • Bagaimana Cara Sukses Tanpa Modal?
  • Sudahkah Anda Minum Air Putih Hari Ini?
  • Siapa Yang Akan Bertanggung Jawab Atas Pasien Positif Corona?

8. Quotation Headline

Headline jenis ini akan bisa dibuat dengan mudah dan tanpa perlu adanya gimmic atau taktik khusus. Anda bisa menggunakan kata-kata dari orang lain, testimoni pelanggan, kutipan buku populer, hadist atau potongan ayat, dan lain-lain. Saat orang yang membaca sedang berada di kondisi dan situasi yang sama, maka mereka pasti akan membacanya lebih lanjut. Berikut contohnya!

  • Seminar Ini Sangat Bermanfaat Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir
  • Sesungguhnya Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan
  • Produknya Terbuat Dari Bahan Berkualitas, Super Lembut
  • Buku Yang Sangat Menginspirasi Untuk Setiap Orang Yang Sedang Kehilangan Arah
  • Produk Andalan Selebgram, Super Bagus!

9. Command Headline

Command Headline umunya digunakan untuk memerintahkan pembacanya untuk melakukan sesuatu, baik itu ajakan maupun larangan. Biasanya headline jenis ini akan sangat berguna untuk acara kesehatan dan edukasi.

  • Jauhi Narkoba Demi Masa Depan Gemilang
  • Yuk Ikuti Seminar Menyusun Tugas Akhir Yang Sempurna
  • Rokok Bisa Membunuhmu
  • Taati Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Penyebaran Virus
  • Dilarang Mudik Hingga Corona Hilang

10. Claim Headline

Agar mencuri perhatian konsumen, mengakui produk yang ditawarkan memiliki kualitas terbaik tidak ada salahnya lho! Headline jenis ini biasanya menggunakan kata paling terbaik, termurah, terkenal, terfavorit, terpopuler, terviral, dan lain-lain. Berikut contohnya.

  • Destinasi Wisata Terviral Di Media Sosial
  • Film Terbaik Sepanjang Masa
  • Diskon Barang Import Paling Murah Se-Indonesia
  • Termewah! Pemandangan Yang Disajikan Hotel Ini Bukan Main
  • Terlengkap dan Termurah, Kunjungi Toko Busana A
Baca juga: Marketing Kit Adalah: Definisi, Komponen Wajib & Cara Membuat Marketing Kit

11. You & I Headline

Aku dan kamu headline? Apa maksudnya? Headline ini akan membuat pembaca seolah sedang berbicara langsung dengan pengiklan. Dengan jenis headline ini, anda bisa membangun kedekatan dengan pembaca. Berikut contohnya.

  • Mari Saya Tunjukkan Memulai Bisnis Online Dengan Mudah.
  • Berikut Akan Saya Tunjukkan Tips Jitu Membangun Bisnis, Ikuti Seminar Kali Ini Yuk!
  • Tips Sukses Saya Yang Akan Saya Bagikan Dengan Cuma-Cuma Khusus Untuk Anda, Mau?
  • Mari Berkeliling Melihat Indahnya Indonesia Bagian Timur Bersama Dengan Saya
  • Percayakan Rencana Masa Depan Anda Kepada Saya, Gunakan Tips Berikut

12. Teaser Headline

Teaser Headline bertujuan untuk menantang para pembacauntuk membuktikan kebenaran atas iklan yang ditampilkan. Selain itu, headline ini juga menantang kemampuan dari para pembaca seperti sedang meremehkan seseorang dengan mengajaknya untuk berbuat sesuatu. Berikut contohnya.

  • Yakin Mampu Menghabiskan Porsi Bakso Beranak Sendirian? Ada Hadiah Yang Menantimu
  • Penawaran Spektakular! Dijamin Membuat Anda Tidak Tahan
  • Lampaui Dirimu, Buktikan Jika Kamu Mampu!
  • Dijamin Kalah, Coba Permainan Tingkat Dewa Berikut!
  • Sanggupkah Anda Melawan Rasa Malas Dalam Diri?

13. Merk Headline

Contoh headline iklan terakhir adalah merk headline. Headline jenis ini akan menampilkan nama atau logo perusahaan anda. Headline jenis ini akan sangat cocok digunakan untuk merk yang sudah terkenal. Dengan begitu secara mudah orang-orang akan mengenali produk atau jasa yang ditampilkan pada iklan merupakan besutan dari perusahaan apa.

Namun, headline ini juga cocok digunakan untuk merek yang belum terkenal juga lho! Tentunya harus dibuat semenarik mungkin agar orang menjadi penasaran. Berikut contohnya.

  • Ice Cream Magnum Siap Untuk Memberikan Kelezatan Yang Mewah
  • Nantikan Mobil Sporty Terbaru Dari Honda
  • Super Keren! Ini Dia Koleksi Terbaru Dari Brand Local
  • Dijamin Ngiler, Kenikmatan Brownies Amanda Akan Memanjakan Lidahmu
  • Tampil Keren Dengan Motor Terbaru Yamaha N-MAX
Baca juga: 11 Perbedaan Pemasaran Online Dan Offline

Nah, itu dia beberapa jenis dan contoh headline iklan. Menarik sekali kan? Untuk anda yang ingin mempelajari cara membuat headline yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membuat headline yang menarik adalah ketahui audiensi yang dituju, produk yang ditawarkan, dan lokasi tempat anda membuat iklan.

Audiensi yang dituju harus sesuai agar pesan dalam headline bisa tersampaikan. Misalnya saja audiensi yang dituju adalah untuk orang dewasa, maka gunakan kata-kata yang hanya bisa dipahami untuk orang dewasa saja. Sebab tidak semua iklan akan bersahabat untuk anak-anak dibawah umur. Jadi, bijaklah dalam memiliih kata untuk iklan ya! Sebaliknya jika audisensi adalah anak-anak maka gunakan kata-kata yang baik dan bisa diterima oleh semua umur. Anda juga bisa menggunakan desain iklan yang menarik dengan perpaduan warna dan gambar yang disukai oleh anak-anak.

Selanjutnya adalah produk yang ditawarkan dan lokasi tempat membuat iklan. Kedua hal ini harus sesuai agar bisa menarik perhatian pembaca. Misalnya saja produk yang anda tawarkan memiliki harga diatas rata-rata, maka pilihlah tempat atau lokasi untuk iklan di wilayah dengan penduduk dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Jika sebaliknya maka sudah bisa dipastikan bahwa iklan akan berujung sia-sia karena salah sasaran. Bagaimana? Gampang dan sederhana sekali kan jika sudah paham? Yuk mulai membuat headline menarik!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar