AME Facebook: Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda adalah salah satu pebisnis atau digital marketer yang selalu menggunakan Facebook ads? Tentu Anda sudah mengenal AME Facebook karena mampu menghambat aktivitas iklan, sehingga berdampak pada penjualan produk maupun jasa Anda.

Ads Manager Error (AME) terbukti meresahkan para pengiklan dari seluruh dunia. Hal ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang bervariasi, mulai dari yang relatif singkat hingga bertahun-tahun. Selain itu, ada banyak spekulasi soal penyebab terjadi AME Facebook pada iklan yang Anda terbitkan.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir saat terkena AME Facebook secara tiba-tiba. Ketahui strategi untuk menganalisis penyebabnya sekaligus mengambil langkah agar masalah tersebut dapat teratasi dengan baik. Tentu Anda juga harus mengutamakan kecermatan dan ketelitian.

Apa Itu AME Facebook?

Ads Manager Error atau AME Facebook adalah sebuah sistem yang diterapkan oleh Facebook dalam rangka melakukan penyaringan pada setiap iklan masuk, agar sesuai dengan aturan atau ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Facebook. Sistem ini sungguh bermanfaat untuk menonaktifkan akun palsu maupun penipuan hingga hari ini.

Di samping itu, Ads Manager Error merupakan suatu kondisi pemblokiran atau banned pada suatu akun Facebook ads sehingga Anda tidak bisa memasang iklan lagi menggunakan akun tsb, keadaan ini umumnya ditandai dengan adanya Flag serta notifikasi dari Facebook jika akun terindikasi melakukan pelanggaran.

Agar mampu menjaga keamanan pada akun Facebook serta memastikan pengalaman positif bagi penggunanya maka pihak Facebook melakukan peninjauan pada akun iklan. Dimana akun iklan tidak boleh melanggar kebijakan serta ketentuan layanan yang sudah ada.

Langkah tersebut nantinya bisa menimbulkan penonaktifan akun iklan yang dirasa melanggar kebijakan serta ketentuan yang ada.

baca juga: 39 Istilah Dalam Facebook Ads Beserta Arti dan Penjelasannya

Penyebab Akun Facebook Ads Terkena AME

penyebab akun iklan facebook terkena ame facebook
Sumber gambar: digitalmarketingschool.id

Setelah memahami pengertian AME Facebook, tentu Anda semakin bertanya-tanya soal kemungkinan pemicu munculnya peringatan pada akun Facebook Ads. Sudah pasti Facebook tidak ingin mengambil risiko dan melakukan inspeksi secara ketat. Setidaknya, berikut ini beberapa penyebab Akun Facebook Ads Terkena AME yang bisa terjadi:

  • Jangan coba-coba untuk mengiklankan link affiliate secara langsung.
  • IP address bermasalah karena Anda banyak membagikan postingan spam, salah satu contoh yang jarang disadari adalah membagikan link aktif.
  • Membagikan kupon Facebook ketika masih terlalu awal pada pemasangan iklan.
  • PayPal dengan usia kurang dari satu bulan yang dimasukkan ke Facebook ads secara langsung.
  • Memakai sistem pembayaran PayPal dan kartu kredit, tetapi keduanya tidak mempunyai nama kepemilikan yang sama.
  • Memanfaatkan CC sebagai primary payment, namun tergesa-gesa dan langsung beriklan di Facebook.
  • Pemasangan iklan sebanyak tiga kali dalam waktu berdekatan sehingga berpeluang terdeteksi sebagai spam.
  • Nama akun Facebook tidak sama dengan CC dan PayPal.
  • Pergantian perangkat yang terlalu sering untuk mengakses Ads Manager.
  • Akun Facebook cenderung sangat pasif.
  • Memakai sistem pembayaran sama untuk dua akun yang jelas berbeda.
baca juga: 6 Strategi Mengalahkan Kompetitor Dalam Beriklan Di Facebook Ads

Tips Cara Mengatasi Ads Manager Error (AME) di Facebook Ads

Informasi seputar AME Facebook serta penyebabnya tentu membuat Anda untuk bertindak lebih teliti dan hati-hati. Berikut cara yang perlu diterapkan sebagai solusi dari permasalahan AME:

1. Buat Akun yang Baru

Cara yang satu ini dapat Anda gunakan ketika akun sudah benar-benar non-aktif. Tentu tidak mudah untuk memulai kembali, namun upayakan tips berikut untuk mencegah kesalahan untuk kali kedua pada akun yang baru:

  • Buat akun yang baru dengan mengisikan data diri menuju Facebook.
  • Tambahkan sebanyak 100 orang teman, bukan akun orang tidak dikenal agar Facebook tidak curiga dengan aktivitas ini.
  • Tunggu sampai usia akun mencapai dua hingga tiga minggu sebelum memasang iklan. Manfaatkan kesempatan menunggu untuk menambah jejaring, membuat postingan, merespon unggahan teman, dan sebagainya.
  • Pakai landing page untuk mempromosikan affiliate dan hindari meletakkan link secara langsung di Facebook.

2. Manfaatkan Landing Page

Apabila Anda memutuskan untuk memakai landing page dan tidak ingin terkena AME Facebook, buatlah konten secara maksimal supaya pelanggan mudah tertarik. Jika masih bingung, penuhi kriteria landing page berikut ini:

  • Pastikan landing page mampu load dalam kecepatan yang optimal.
  • Sesuaikan isi dengan landing page kemudian pastikan audiens mudah melakukan navigasinya.
  • Minimalisir iklan pop up yang mengganggu pengunjung.
  • Upayakan pemakaian template desain website yang clean, responsive, ringan, dan cepat loading.

3. Jaga Rutinitas Positif Pemasangan Iklan

Terkadang, iklan yang dijadwalkan terlalu sering berpotensi terlacak sebagai spam dan memicu terjadinya AME. Untuk menghindari sekaligus mengatasinya, perhatikan hal-hal yang penting dilakukan, yaitu:

  • Fokuskan akun pada satu atau dua produk dan minimalisir gonta-ganti.
  • Jangan lakukan editing saat iklan sedang tayang. Apabila memang sifatnya urgensi tinggi, matikan iklan terlebih dahulu untuk memperbaikinya.
  • Hentikan iklan yang sedang berlangsung ketika budget Anda sudah menipis.

4. Hubungi Pihak Facebook

Cara selanjutnya adalah menghubungi langsung pihak facebook untuk meminta menghilangkan hukuman terhadap akun tersebut jika pelanggarannya ringan.

Berikut cara menghubungi pihak facebook untuk banding akun iklan yang dinonaktifkan:

  1. Kunjungi Kualitas Akun Facebook.
  2. Di Bagian Hal yang Bisa Anda Lakukan, pilih Minta Peninjauan.
  3. Ikuti langkah-langkah untuk mengirimkan peninjauan.

Itulah beberapa penjelasan yang mendukung tentang pengertian AME Facebook, penyebab dan sekaligus cara untuk mengatasi AME Facebook. Apabila setiap komponen dapat diterapkan dengan baik, Anda tidak perlu merugi atau membuang waktu.

Di sisi lain, Facebook memang berupaya memberikan rasa aman bagi para pengguna ketika melakukan akses, terutama bagi tujuan bisnis. Oleh sebab itu, tidak heran jika aturan yang ketat harus Anda patuhi dengan baik.

Baca dengan teliti setiap aturan yang sudah diberikan oleh Facebook agar akun bisnis tidak terkena AME. Selain bermanfaat bagi kemajuan bisnis, nyatanya keamanan yang dijanjikan Facebook akan terus ditingkatkan.

Sumber: http://www.facebook.com/business/help/968402779873601

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Satu pemikiran pada “AME Facebook: Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya”

Tinggalkan komentar