9 Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk

Contoh Segmentasi Pasar – Salah satu langkah awal dalam memulai suatu bisnis adalah menentukan segmentasi pasar. Sayangnya, tak sedikit para pemula yang cenderung mengesampingkan langkah krusial ini dan cenderung hanya melakukan analisa secara asal.

Tanpa segmen pasar yang jelas, pemula cenderung beranggapan bahwa setiap produk adalah sama. Hasilnya, bisnis menjadi kurang fokus karena tidak memiliki target spesifik dan hanya ikut-ikutan tren jual produk saja.

Segmentasi pasar sendiri pada dasarnya adalah mengidentifikasi, menganalisa dan mengelompokkan calon pembeli dalam suatu pasar berdasar karakteristik, kebutuhan atau perilaku tertentu. Hasilnya berupa kelompok-kelompok konsumen untuk dijadikan sasaran penjualan. Dengan begitu, bisnis bisa mendapatkan produk yang lebih ideal untuk dipasarkan ke calon-calon konsumen yang juga sudah tertarget.

Dengan melakukan segmentasi terhadap pasar, maka suatu perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan calon konsumen. Sehingga hasil data dari proses analisanya, memungkinkan bisnis dalam mengembangkan produk dan layanan yang tepat sasaran dengan tetap efisien. Proses pemasaran dan penjualan pun jauh lebih efektif dibanding dengan cara menyediakan produk dalam kuantitas besar ke sembarang konsumen di pasar.

Baca juga: Tujuan segmentasi pasar

Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk

ilustrasi contoh segmentasi pasar
ilustrasi contoh segmentasi pasar, sumber gambar: craniumtap.com

Setiap produk memiliki segmentasi pasar yang berbeda, walaupun ada 2 perusahaan yang membuat produk sejenis (misal; produk air minum dalam kemasan), bisa saja memiliki segmentasi pasar yang berbeda. Untuk lebih mudah memahami segmentasi pasar, simak contoh segmentasi pasar berikut ini:

1. Segmentasi Pasar Produk Makanan

Salah satu produk yang memiliki pasar luas adalah produk makanan, ada berbagai macam makanan yang dapat dipasarkan dengan menyasar ke pasar yang spesifik.

Kali ini kita akan membahas segmentasi pasar produk makanan ringan atau camilan dalam kemasan, yaitu keripik kentang merk Lays.

  • Segmentasi demografis produk ini adalah dipasarkan ke semua orang yang berusia 7 tahun sampai 30 tahun dari semua kalangan tanpa memandang tingkat ekonomi maupun pendidikan.
  • Sementara segmentasi geografisnya menyasar ke konsumen di wilayah perkotaan maupun pedesaan, karena bahan dasar keripik kentang sangat disukai oleh seluruh masyarakat.
  • Lalu segmentasi psikografis menargetkan ke orang yang suka bersantai atau melakukan pekerjaan ringan sambil menikmati makanan ringan yang mudah didapatkan.

2. Segmentasi Pasar Produk Minuman

Selain contoh produk makanan di atas, minuman juga merupakan salah satu jenis produk dengan segmentasi pasar yang luas. Sebagai contoh, kita akan membahas segmentasi pasar pocari sweat

  • Segmentasi demografis minuman kemasan ini menyasar calon konsumen berusia 15 tahun sampai 35 tahun baik laki-laki maupun perempuan. sebagai salah satu minuman unik, produk ini harganya juga tetap terjangkau, hanya Rp. 6.200/botol ukuran 350ml.
  • Segmentasi geografis dari produk ini menyasar ke masyarakat yang hidup di wilayah perkotaan maupun pedesaan dengan minuman yang diklaim dapat membantu menjaga kecukupan cairan dan ion tubuh.
  • Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada mereka yang berusia produktif ataupun olahragawan yang memerlukan keseimbangan cairan dan ion dalam tubuh; seperti atlet, pelajar, pegawai, karyawan dan sebagainya. Karena orang-orang tersebut akan banyak mengeluarkan keringat dan minuman ini bisa memulihkan cairan dan ion yang diperlukan tubuh agar kembali segar.

3. Segmentasi Pasar Produk Pakaian

Jenis produk berikutnya yang juga semakin berkembang segmentasi pasarnya adalah pakaian. Berikut ini adalah contoh segmentasi produk pakaian bayi lokal:

  • Segmentasi demografis dari produk brand ini adalah orang tua ataupun kerabat yang memiliki anak usia 0 sampai 5 tahun, sehingga utamanya ditawarkan kepada wanita atau pria yang sudah menikah dan sudah memiliki bayi atau anak.
  • Segmentasi geografis produk ini menyasar kesemua konsumen yang membutuhkan, karena menggunakan pemasaran online untuk menjangkau konsumen di berbagai kalangan.
  • Segmentasi psikografis produk ini menyasar orang tua atau kerabat yang aktif di media sosial dan internet, pernah atau sering belanja online, dan mengikuti perkembangan trend fashion bayi dan anak.

4. Segmentasi Pasar Produk Sepatu

Alas kaki dan sepatu juga menjadi produk yang menjanjikan segmen pasar yang semakin berkembang. Di Indonesia sendiri, produk ini sudah semakin melekat sebagai penunjang penampilan dan gaya hidup, bahkan dijadikan sarana investasi.

kali ini, kita akan membahas segmentasi salah satu produk sepatu yang cukup populer yaitu sepatu Converse.

  • Segmentasi demografis dari produk sepatu ini menyasar kepada remaja yang memiliki kepedulian terhadap penampilan mereka.
  • Segmentasi geografis untuk produk sepatu ini lebih ditujukan pada konsumen remaja diberbagai lokasi (kota atau daerah).
  • Segmentasi psikografis menempatkan produk sepatu ini sebagai bagian dari gaya hidup, fashion atau penampilan agar terlihat lebih kekinian.

5. Segmentasi Pasar Produk Kosmetik

Produk lain yang juga terus menunjukkan persaingan ketat di tiap segmen adalah kosmetik. Tata rias kini sudah bukan lagi sekedar pemoles wajah saja, namun juga semakin berkembang menjadi gaya hidup. Berikut adalah segmentasi pasar kosmetik merk wardah:

  • Segmentasi demografis produk kosmetik ini menyasar calon konsumen wanita muslimah (remaja / dewasa, mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga) dari ekonomi kelas bawah hingga menengah.
  • Segmentasi geografis dari produk ini menyasar ke masyarakat yang hidup di lingkungan perkotaan maupun pedesaan dengan lini produk kecantikan yang diklaim halal dan terjangkau.
  • Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada wanita yang ingin tampil cantik dan percaya diri menggunakan kosmetik yang tidak melanggar aqidah Islam. Mereka tetap bisa tampil secara maksimal namun dengan harga yang tetap terjangkau.
Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

6. Segmentasi Pasar Produk Kopi

Kopi juga dikenal memiliki pasar yang menjanjikan, salah satu produk yang berhasil membaca peluang tersebut adalah Kopi Kenangan. Kopi kenangan merupakan salah satu brand lokal yang menawarkan beraneka kopi dan minuman lain secara unik dengan harga terjangkau. Berikut segmentasi pasar kopi kenangan:

  • Segmentasi demografis produk minuman ini menyasar calon konsumen seperti milenial dan generasi Z dari kelas ekonomi menengah.
  • Segmentasi geografis dari kopi kekinian ini menyasar ke masyarakat yang hidup di lingkungan perkotaan, utamanya di Ibukota dan kota besar lainnya.
  • Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada mereka yang aktif mengikuti perkembangan tren masa kini serta menggunakan smartphonenya untuk melakukan berbagai transaksi.

7. Segmentasi Pasar Produk Elektronik

Salah satu jenis produk elektronik yang cukup menarik perhatian belakangan ini adalah smartphone gaming merk Razer Phone. Berikut segmentasi pasarnya;

  • Segmentasi demografis dari produk ini cenderung menyasar kepada orang-orang yang berpenghasilan tinggi.
  • Segmentasi geografis smartphone ini cenderung dipasarkan di negara dengan penduduk kelas ekonomi menengah ke atas dan hanya di kota-kota besar.
  • Sedangkan segmentasi psikografis untuk produk ini cenderung pada orang-orang di kelas sosial tinggi yang memiliki gaya hidup mewah dan memiliki antusias terhadap smartphone yang luar biasa.
  • Segmentasi perilaku ponsel ini menyasar pada orang yang suka atau hobi bermain game dengan pengalaman yang memuaskan.

8. Segmentasi Pasar Produk Kerajinan

Tak jauh berbeda dengan beberapa jenis produk di atas, salah satu produk yang kini semakin menunjukkan daya saing yang semakin ketat ada di bidang produk kerajinan. Ya, jenis produk ini sudah tak lagi terlalu mengandalkan pada pariwisata untuk dapat terus berkembang.

Berikut ini adalah contoh segmentasi pasar produk kerajinan berupa aksesoris atau perhiasan.

  • Segmentasi demografis produk pelengkap penampilan berbahan resin, epoxy maupun kayu ini menyasar calon konsumen remaja maupun dewasa di usia 18-35 tahun dengan kelas ekonomi menengah yang aktif menggunakan smartphone.
  • Segmentasi geografis produk kerajinan aksesoris seperti kalung, cincin, gelang dan anting ini ada di masyarakat yang hidup di lingkungan perkotaan maupun pedesaan yang mudah dijangkau dengan bantuan pemasaran online.
  • Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada mereka yang menyukai barang-barang kerajinan dan mengikuti perkembangan tren, utamanya fashion.

9. Segmentasi pasar Honda Beat

Contoh mudah yang bisa Anda gunakan untuk memahami segmentasi pasar selanjutnya adalah produk kendaraan, salah satunya adalah Honda Beat. berikut contoh segmentasi pasar honda beat:

  • Segmentasi demografis produk otomotif ini cenderung menyasar para remaja dengan tingkat ekonomi menengah karena harga jual yang terjangkau serta irit bahan bakar.
  • Segmentasi geografis produk ini ada di masyarakat perkotaan maupun perdesaaan yang cenderung melintas di jalanan yang mudah, halus dan rata.
  • Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan pada pengguna kendaraan roda 2 yang mengutamakan efisiensi, praktis, nyaman dan tampilan yang trendy.
Baca juga: 7 Jenis Segmentasi Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Saat segmentasi pasar telah ditentukan dengan jelas, maka proses marketing pun akan menjadi lebih mudah karena produk ditawarkan pada calon konsumen yang jelas. Inilah alasannya mengapa riset segmentasi pasar menjadi salah satu hal penting agar bisnis dapat berjalan sesuai harapan.

Contoh skenario misalnya jika Anda adalah pengusaha pakaian bayi, Anda mungkin tidak akan berpikiran untuk menjualnya kepada seorang remaja laki-laki dan cenderung menawarkan kepada ibu-ibu.

Dengan segmentasi yang baik, Anda masih bisa menyasar ke hal yang lebih spesifik lagi, seperti; ibu yang sedang hamil atau ibu yang baru memiliki bayi. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat produk dan menyusun rencana marketing.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

2 pemikiran pada “9 Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk”

Tinggalkan komentar