9 Tips Cara Mencari dan Riset Produk yang Sedang Trend di Pasaran

komerce.id – Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis atau sedang berencana untuk terjun ke dunia bisnis (apapun itu dan berapa pun skala bisnismu), maka kamu wajib tahu tentang tips, trik dan cara mencari produk yang sedang trend di pasaran.

Jadi kamu tidak cuma membaca tips dan panduan memulai bisnis untuk pemula tapi juga perlu paham tentang cara mengecek produk apa yang paling tren di pasaran saat ini. Produk dalam hal ini tidak cuma barang ya, tapi juga bisa berupa jasa atau layanan seperti jasa laundry, jasa foto, jasa sablon kaos, dll.

Sebagai contoh, produk berupa barang seperti strap masker model manik-manik mungkin sedang sangat hype akhir-akhir ini, tapi dalam beberapa bulan atau bahkan hanya dalam beberapa minggu kedepan, model strap ini bisa langsung tidak diminati karena ada varian baru yang lebih populer.

Baca juga: 10+ Supplier Dropship Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Cara Mengetahui Produk yang Laris dan Laku Keras di Pasaran

ilustrasi produk kaos kaki
ilustrasi produk kaos kaki, sumber gambar: pexels.com

Contoh di atas bisa terjadi pada produkmu, apapun barang yang kamu jual atau jasa apapun yang kamu tawarkan. Agar bisnismu tidak cepat gulung tikar, cek tips, trik dan cara mencari produk yang sedang trend di pasaran berikut:

1. Identifikasi Usaha yang Sedang Trend

Poin ini lebih berguna untuk kamu yang baru akan memulai sebuah bisnis/usaha. Jadi sebelum memilih jenis usaha tertentu, kamu bisa cek dulu jenis usaha apa yang paling tren akhir-akhir ini.

Usaha yang sedang ngetren ini sudah pasti target pasarnya luas, jadi ibarat kolam ikan, jumlah ikan di dalam kolam tersebut pasti banyak.

Tren dari suatu jenis usaha berarti juga usaha tersebut sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya usaha laundry yang makin hari makin banyak karena dipicu oleh kebutuhan masyarakat akan jasa cuci pakaian yang gampang, murah, dan  tanpa harus dikerjakan sendiri.

2. Gunakan Google Trends

Nah, supaya kamu tahu jenis usaha yang sedang tren, kamu bisa gunakan Google Trends. Fitur gratis ini bisa memberikan kamu informasi mengenai kata kunci apa yang paling banyak dicari oleh pengguna internet di dalam suatu negara dan dalam waktu akhir-akhir ini.

Kamu bisa buka Google Trends dan masukkan kata kunci tertentu misalnya masker wajah Korea, nanti laman Google akan menunjukkan grafik tentang seberapa populer produk ini lengkap dengan daerah mana yang paling banyak membutuhkannya.

Jadi kalau misalnya warga di daerah kamu kurang minat dengan produk tersebut, kamu bisa coba riset produk lainnya.

3. Riset Keyword di Google

Misalnya kamu punya toko khusus pakaian, saat akan menambah stok, kamu perlu tahu pakaian jenis apa yang sedang tren akhir-akhir ini? Dengan begini, kamu akan terhindar dari rugi akibat barang kamu tidak laku.

Kamu bisa tahu tren ini dengan melakukan riset keyword di Google. Halaman Google akan menampilkan keyword lain yang relevan yang nanti bisa kamu tambahkan ke caption saat promosi online agar bisnismu muncul di hasil pencarian dan bisa diklik calon customer

4. Gunakan Kuesioner

Kamu bisa buat sederet pertanyaan terkait bisnismu dan bagikan hanya ke target pasarmu. Kalau dibanding beberapa cara sebelumnya, cara ini memang agak klasik tapi juga cukup ampuh untuk mengetahui apa yang sedang tren.

Kuesioner ini tidak harus dalam bentuk lembaran kertas fisik yang dibagikan, tapi bisa secara online menggunakan google form dan sejenisnya lalu bagikan di media sosial.

5. Cermati Iklan di Surat Kabar

Trik dan cara mencari produk yang sedang trend di pasaran yang satu ini juga termasuk klasik tapi tidak ada salahnya dicoba. Kamu bisa cek iklan apa yang sedang muncul di surat kabar akhir-akhir ini maka itulah produk yang paling ramai dibicarakan masyarakat.

Baca juga: 18 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia, Ingin Bergabung?

6. Cek Ulasan / Review Produk

Kalau kamu punya toko online di marketplace, maka rajinlah mengecek review pelangganmu untuk mengetahui produk yang paling laris. Jadi nantinya kamu tidak salah stok produk dan pemasukanmu pun bisa naik terus selama produk tersebut masih laku dan populer.

7. Gunakan Tool Riset Berbayar

Kalau kamu ingin dapat hasil riset yang jauh lebih valid atau akurat, maka kamu perlu keluar modal untuk menggunakan tools premium yang umumnya berbayar.

Tools jenis ini akan memberikanmu data yang detail dan lengkap mulai dari produk apa yang sedang tren, angka penjualan dari produk tersebut, dan berbagai data statistik lain terkait produk.

Informasi yang akurat ini pastinya akan membantu bisnismu untuk berkembang selangkah lebih cepat dan mudah dibanding bisnis lain sejenis yang tidak menggunakan tool riset berbayar.

8. Survei Produk di Marketplace

Kalau kamu belum ada dana lebih untuk menggunakan tool riset berbayar, maka kamu bisa terapkan tips cara mencari produk yang sedang trend di pasaran manual dengan memanfaatkan berbagai marketplace yang ada.

Pertama kamu cek dulu marketplace apa yang paling diminati masyarakat, lalu kamu bisa cek kategori produk terlaris yang biasanya sudah otomatis ada di halaman utama.

Bukan hanya tahu tentang produk terlaris, dengan cara ini kamu juga bisa mendapat informasi mengenai harga produk yang dibanderol oleh para kompetitormu, review produk dari customer kompetitor sehingga kamu bisa tahu layanan admin dari kompetitor, dll.

Nah, berbagai informasi mengenai kompetitor ini bisa kamu terapkan ke bisnismu tapi dengan versi yang lebih baik, sehingga calon customer akan lebih menyukai bisnismu.

9. Lihat Trend dari Sekitar dan Word of Mouth

Meskipun saat ini kamu bisa mencari apapun dan melakukan berbagai hal dengan internet, tapi melihat tren secara langsung di sekitarmu alias secara offline juga bisa kamu terapkan agar hasil risetmu lebih optimal.

Cara termudah adalah dengan pergi ke area publik seperti mall, alun-alun, taman kota, supermarket, dan sebagainya untuk melihat apa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

Tapi tergantung juga pada produk yang kamu jual. Jika produk kamu berupa pakaian, maka cara ini akan mudah untuk dicoba.

Selain memperhatikan apa yang digunakan orang-orang, kamu juga bisa riset melalui percakapan dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Apa yang paling sering dibicarakan akhir-akhir ini, karena itulah yang sedang tren.

Baca juga: 12 Alasan Mengapa Produk Jualan Tidak Ada yang Beli (Tidak Laku)

Secara umum, daftar trik dan tips cara mencari produk yang sedang trend di pasaran diatas memang lebih berguna untuk para pemilik usaha.

Tapi buat seorang pengiklan, sales, marketing, atau mungkin sekedar orang biasa yang ingin selalu update, kamu juga bisa gunakan trik-trik di atas.

Kalau untuk pebisnis, cara di atas akan membuat bisnis tetap eksis dari waktu ke waktu, untuk sales dan marketing bisa membuat pelanggan tidak gampang pindah ke lain hati, dan untuk kamu yang masyarakat biasa bisa menjadi selalu update dengan segala hal yang sedang tren saat ini.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Satu pemikiran pada “9 Tips Cara Mencari dan Riset Produk yang Sedang Trend di Pasaran”

Tinggalkan komentar