9 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula – Salah satu marketplace yang saat ini tengah naik daun dan digandrungi kalangan milenial adalah Shopee. Toko online berwarna oranye ini menawarkan banyak keuntungan, baik untuk penjual maupun pembeli. Bagaimana cara berjualan di Shopee agar cepat laku?

Jika Anda masih merintis toko online melalui shopee, pastinya banyak kesulitan dan kebingungan yang Anda hadapi. Misalnya saja cara mengikuti program gratis ongkir, beberapa program seller hingga mengikuti event tertentu yang bisa menarik konsumen.

Maka, beberapa permasalahan ini harus segera diatasi agar toko online Anda bisa muncul di halaman/ beranda. Tidak hanya memasang iklan saja, tetapi Anda harus mengetahui beberapa rahasia sukses berjualan di Shopee berikut ini!

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online

Cara Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku

Ketika Anda sudah mendaftarkan sebagai penjual di Shopee, Anda harus segera memahami bagaimana kinerja dari e-commerce tersebut. Sebagai perintis usaha, Anda diwajibkan untuk melakukan berbagai cara, di antaranya:

Langkah-Langkah Berjualan di Shopee

cara berjualan di shopee untuk pemula
sumber gambar shopee.co.id

1. Mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun Shopee

Sebelum memulai berjualan di Shopee, tentunya Anda harus memiliki akun. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi Shopee di smartphone atau menggunakan website resmi Shopee.

Pendaftaran akun baru bisa dilakukan dengan proses yang mudah dan cepat. Anda perlu menyiapkan nomor telepon yang masih aktif, email dan kata sandi untuk login. Setelah semua data lengkap, akun Shopee Anda sudah otomatis bisa digunakan.

Akun Shopee yang sudah terdaftar biasanya berupa akun pribadi. Selanjutnya bisa Anda teruskan menjadi akun penjual di menu bagian pojok kiri atas ‘toko saya/my store’.

2. Mulai Membuka Toko Online

Bagaimana cara membuka toko di Shopee? Jika Anda sudah meng-klik ‘toko saya’ di dalam menu Shopee, maka secara otomatis toko Anda sudah terbuka. Namun, diperlukan beberapa tambahan sebagai pelengkap, seperti:

  • Nama toko yang akan digunakan
  • Deskripsi singkat mengenai toko Anda
  • Penggantian foto profil toko
  • Verifikasi email
  • Metode pembayaran yang digunakan
  • Sinkronisasi nomor rekening

Pengaturan toko bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi Shopee di smartphone Anda. Setelah membuka toko, pastikan untuk meng-klik fitur Shopee Seller Centre dan isi semua informasi yang dibutuhkan.

Selanjutnya, pastikan Anda mengisi alamat toko dengan benar sesuai titik lokasi. Anda juga akan diarahkan untuk memilih jasa ekspedisi apa saja yang akan digunakan pada menu ‘Jasa Kirimku’. Patuhi semua syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Shopee.

3. Meng-upload produk

Toko Shopee Anda yang sudah siap digunakan, selanjutnya bisa digunakan untuk meng-upload semua produk yang Anda jual. Caranya adalah:

  • Cari dan klik gambar siluet bertuliskan ‘saya’ di bagian kanan bawah
  • Klik ‘toko saya’ di pojok kanan atas.
  • Klik ‘tambahakan produk baru’.
  • Masukkan foto produk beserta semua rinciannya (variasi, deskripsi, kategori, berat, stok, harga hingga ongkir).
  • Jika produk yang Anda jual tidak ready, maka aktifkan menu Pre-Order dengan estimasi pengemasan 7 – 15 hari.
  • Berikan tambahan hashtag pada produk Anda di bagian deskripsi.
  • Klik tanda centang untuk pengguna smartphone android atau tanda simpan untuk pengguna iOS.

Baca juga: Perbedaan Online Shop, E-Commerce, dan Marketplace

Strategi dan Tips Jitu untuk Berjualan di Shopee

tips jitu agar produk cepat laku di shopee
sumber gambar detik.com

Cara berjualan di Shopee bisa dikatakan mudah, tetapi dibutuhkan strategi yang tepat. Jika tidak, toko online Anda tidak akan terlihat oleh pengunjung. Beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan adalah:

1. Pemilihan produk yang sesuai

Cara menarik konsumen untuk datang ke lapak online Anda yakni menyediakan produk-produk yang paling banyak dicari konsumen dan menjadi kebutuhan mereka. Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui keinginan konsumen.

Selain itu, gunakan peluang yang sangat memungkinkan. Misalnya saja, Anda menjual produk yang dikhususkan bagi kaum adam. Jika Anda berpromosi dengan tepat, toko Anda bisa menjadi pilihan pertama bagi para pengunjung Shopee.

2. Pemanfaatan fitur live chat

Kekurangan dari cara berjualan online adalah tidak adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Maka, meskipun menggunakan komunikasi via chat saja, Anda harus tetap memberikan pelayanan terbaik.

Shopee sudah menyediakan fitur live chat yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan para calon pembeli. Gunakan bahasa yang sopan dan jangan pernah melewatkan sapaan, salam, terimakasih dan permohonan maaf.

3. Pemanfaatan fitur produk pilihan toko

Selain fitur live chat, Anda juga dapat memanfaatkan layanan produk pilihan toko. Fitur ini sudah dikembangkan pihak Shopee sejak 2018 silam. Fungsinya adalah para seller dapat membuat katalog yang diisi oleh 4 hingga 8 produk. Cara aktivasi fitur ini yaitu:

  • Masuk/ login ke menu Seller Center, klik ‘Promosiku’.
  • Pilihlah menu ‘Produk Pilihan Toko’, lalu klik ‘Tambah Koleksi’.
  • Isi nama koleksi yang Anda kehendaki dan klik tanda ‘+’ .
  • Anda bisa memasukkan 4 – 8 produk, pilih ‘Konfirmasi’.
  • Lakukan pemeriksaan ulang, selanjutkan pilih ‘Simpan’.
  • Pada bagian bawah muncul ‘Aktifkan Sekarang’ dan klik.

4. Pengaktifan layanan gratis ongkir

Salah satu daya tarik toko online di Shopee adalah adanya program gratis ongkir. Biasnaya pembeli akan sangat menyukai program ini karena bisa memesan produk dari mana saja tanpa dibebankan biaya kirim.

Setelah membuka toko, usahakan langsung mendaftarkan diri untuk layanan gratis ongkir. Langkah-langkah saat aktivasi menu gratis ongkir yakni:

  • Masuk ke toko saya
  • Pilihlah menu gratis ongkir dan gratis ongkir extra
  • Klik ‘daftar’ dan isi semua data diri yang diperlukan
  • Centang kolom bertuliskan ‘syarat dan ketentuan’ (sebagai bukti persetujuan)
  • Pilih ‘Kirimkan’

Tunggu beberapa waktu hingga pihak Shopee merespon permintaan Anda.

5. Mengejar Label Star Seller

Cara berjualan di Shopee agar cepat laku dan memberikan kepercayaan penuh kepada konsumen adalah logo star seller di toko Anda. Label ini tidak didapatkan begitu saja, tetapi perlu pembaharuan yang harus dilakukan. Caranya yaitu:

  • Isi data diri Anda secara lengkap dan melakukan verifikasi tanda pengenal (KTP).
  • Persentase chat yang dibalas mencapai 100%. Anda harus merespon live chat dengan cepat.
  • Rating toko yang dimiliki minimal bintang 4.5.
  • Jumlah penjualan per bulan mencapai 100 pesanan.
  • Telah melayani 25 pembeli berbeda dalam 1 bulan.

Tidak ada aktivitas mencurigakan dan tidak memiliki poin pinalti dari Shopee.

6. Pilihan Produk Banyak

Jika jumlah produk dalam toko Anda cukup banyak, maka pembeli akan lebih tertarik untuk berkunjung hingga melakukan transaksi di tempat Anda. Jangan hanya menawarkan 1 jenis produk saja, tetapi perbanyak variasi agar pembeli bisa memilih.

Agar semakin tertarik lagi, Anda bisa menawarkan variasi harga dalam produk yang sama. Misalnya saja, pembelian 1 pcs dijual seharga 10.000, sedangkan pembelian 10 pcs dijual seharga 5.000 saja per pcs nya.

7. Jumlah Pengikut Banyak

Salah satu hal yang memberikan dampak pada kesuksesan toko di Shopee adalah memiliki banyak followers. Ketika sudah banyak pengunjung Shopee yang mengikuti toko Anda, maka saat mempublikasikan produk, para pelanggan akan mendapat notifikasi.

8. Mengikuti Program Khusus dari Shopee

Shopee juga berusaha membantu setiap seller agar memiliki banyak pelanggan dan laris manis untuk berjualan. Beberapa program khusus telah disiapkan dan bisa Anda ikuti sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu program khusus yang paling banyak diminati seller adalah flash sale. Cara mengikutinya adalah Anda memilih produk yang paling best seller dengan mencantumkan harga paling murah di antara banyak kompetitor.

9. Tidak menjual barang yang dilarang pihak Shopee

Shopee juga memberlakukan aturan khusus tentang barang apa saja yang diperbolehkan maupun dilarang. Anda harus menjual produk yang kreatif dan inovatif, tetapi tidak menyalahi ketetapan aturan dari Shopee.

Baca juga: Tips Jitu Menjadi Reseller Online


Rahasia cara berjualan di Shopee sesuai keterangan di atas dapat Anda terapkan sesuai target penjualan yang ingin dicapai. Shopee juga selalu memperbaharui kebijakan dalam berjualan, sehingga Anda harus up to date.

Berjualan secara online memang diperlukan wawasan yang luas dan mau mengikuti perkembangan yang ada. Shopee sebagai marketplace jual beli online adalah platform yang sangat membantu penjual agar produknya laku keras di pasaran hanya bermodalkan kuota internet saja.

Itulah tips-tips untuk meningkatkan usaha kamu sebagai seller shopee. Gimana? Menurut Anda apakah tips ini mudah? Atau sulit dilakukan?

Sebenarnya, Anda tak perlu melakukan itu semua kalau Anda hire admin marketplace. Anda tahu kabar gembiranya? Sekarang Komerce sudah menyediakan talent admin marketplace yang berlokasi di Yogyakarta. Mau tau lebih lanjut tentang kami? Hubungi kami.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

2 pemikiran pada “9 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku”

  1. Terimakasih 🙏 sudah memberikan penjelasannya dengan sangat detail. mudah mudahan produk yang saya akan jual bisa berkembang dengan baik hingga menjadi bintang reseller

    Balas

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.