7 Manfaat Kardus Bekas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Kardus Bekas – Apa yang kamu lakukan ketika memiliki kardus bekas? Apakah membuangnya begitu saja? Atau hanya tergeletak di sudut ruangan? Nyatanya, kardus bekas sebenarnya memiliki beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kamu nggak salah baca, kardus bekas memang memiliki beragam manfaat. 

Kamu bisa menggunakan kardus bekas untuk berbagai hal, bahkan dapat menambah nilai dari kardus tersebut. Dengan memanfaatkan secara baik, kardus bekas tidak hanya akan berakhir sebagai barang tidak terpakai atau bahkan menjadi sampah. Sayang sekali jika hal itu terjadi, padahal kamu bisa menggunakannya kembali.

Namun sebelum memanfaatkan kardus bekas, kamu harus memastikan terlebih dahulu untuk menyimpannya di tempat yang aman dan tidak lembab. Hal ini untuk menjaga bentuk kardus karena kardus merupakan barang yang mudah rusak. Lalu, apa saja manfaat kardus?

Baca juga: 23 Simbol Pada Kardus/Packing Beserta Arti Dan Penjelasannya

Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari

ilustrasi kardus bekas yagn ada di rumah
Sumber gambar: thepackagingcompany.us

Ada banyak manfaat kardus bekas yang bisa kamu gunakan dengan maupun tanpa daur ulang. Kardus sendiri sangat mudah ditemui di rumah-rumah. Berikut ini merupakan manfaat kardus yang harus kamu ketahui:

1. Mengemas Barang

Tujuan awal kardus dibuat adalah sebagai tempat untuk mengemas barang dalam jumlah banyak, meskipun saat ini kamu dapat menjumpai kemasan kardus untuk barang satuan. Hal ini menjadi manfaat utama dari kardus itu sendiri. Bahkan saat ini semakin banyak inovasi kardus yang semakin memudahkan penggunanya dalam membawa barang.

Untuk kemasan produk, dekorasikan produk dengan identitas tokomu agar lebih menambah nilai jual dan memperkenalkan produkmu ke konsumen yang lebih luas. Kamu juga bisa memilih kardus dengan model tertentu untuk semakin menambah nilai produk kamu.

2. Menyimpan Barang yang Tidak Terpakai

Selain mengemas barang untuk dipindahkan, kardus juga dapat dimanfaatkan untuk mengemas barang-barang yang tidak terpakai namun masih enggan untuk dibuang. Kadang kamu memiliki barang-barang yang masih bagus namun tidak banyak digunakan, sayang sekali jika kamu harus membuang atau menjual barang tersebut dengan berbagai alasan.

Kamu tinggal mengumpulkan saja di kardus yang lebih besar dan menyimpannya di tempat yang aman dan tidak lembab. Karena sifatnya yang ramah lingkungan, kardus lebih mudah rusak dibandingkan penyimpanan plastik. Maka dari itu penting untuk memperhatikan tempat penyimpanan dari kardus itu sendiri.

3. Dijadikan Karya Seni

Manfaat kardus bekas selanjutnya adalah dijadikan karya seni. Selain digunakan untuk mengemas barang, kardus juga dapat digunakan sebagai karya seni. Dalam hal ini kamu membutuhkan lebih banyak usaha dan keterampilan untuk membuat lembaran kardus menjadi karya seni. Kadangkala, kamu juga membutuhkan berbagai tambahan barang lain seperti lem, pita, manik-manik, kain, kertas warna dan yang lainnya.

Karya seni yang terbuat dari kardus ada bermacam-macam. Ada figura foto, rak, kotak penyimpanan, kotak kado, dan lain-lain. Jika kamu memiliki kreativitas dan jiwa seni yang tinggi, kamu bisa menjual kembali hasil karya senimu itu dengan harga yang lebih tinggi.

4. Menghemat Ruangan

Jika kamu merasa ruanganmu terlalu banyak barang, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas untuk mengorganisir barang-barang yang berceceran. Kamu bisa memanfaatkan kardus untuk menyimpan barang-barang tersebut dan membukanya ketika kamu akan menggunakannya lagi.

Selain menjadikannya lebih rapi, dengan memasukkannya ke kardus kamu akan lebih mudah dalam menata ruangan karena bentuknya yang mudah ditata dan dibentuk. Kamu tak perlu lagi takut barang-barangmu tercecer, selain itu menyimpan barangmu ke kardus dapat mengurangi resiko kerusakan barang karena penyimpanan yang kurang rapi.

5. Bisa Diuangkan Lagi

Jika kamu memiliki banyak stok kardus bekas dan bingung cara memanfaatkanya, kamu bisa menguangkan lagi. Kamu bisa menjual kardus bekasmu di tempat pengepul barang bekas atau pada pengrajin yang membutuhkan bahan baku kardus.

Selain merapikan ruanganmu yang penuh dengan kardus, kamu juga membantu orang-orang yang memiliki usaha dengan menyuplai bahan baku tanpa mereka harus repot mencari. Meskipun harganya tidak semahal jika sudah menjadi karya seni, kamu tetap akan merasakan manfaat lainnya.

Baca juga: Product Bundling: Pengertian, Jenis, Keuntungan Dan Tantangan

6. Dipakai Untuk Mengirim Barang

Siapa di sini yang gemar berkirim barang dengan menggunakan jasa ekspedisi? Untuk semakin memberikan rasa aman sebaiknya kamu mengemas barangmu dengan kardus. Mengirim barang dengan menggunakan kardus akan mengurangi resiko kerusakan barang karena benturan dengan paket barang yang lainnya.

Kamu bisa menggunakan kardus bekas yang ukurannya disesuaikan dengan besar barangmu. Kamu bisa menambahkan bubble wrap untuk semakin meningkatkan keamanan produk kamu. Jangan lupa untuk memberikan label petunjuk posisi barang untuk mengurangi resiko kerusakan karena salah dalam penempatan.

7. Bingkai foto

Manfaat kardus terakhir adalah dapat dijadikan bingkai foto. Salah satu hasil kesenian yang dapat dibuat dengan kardus bekas adalah bingkai foto. Bingkai foto cenderung lebih mudah dibuat karena bentuknya yang simple. Jika kamu ingin membuat bingkai foto dari kardus bekas, kamu harus menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Alat dan bahan:

  • 1 lembar kardus bekas (sesuaikan dengan ukuran yang akan dibuat)
  • Penggaris
  • Pulpen
  • Cutter atau gunting
  • Lem kertas
  • Kertas berwarna 
  • Aksesoris tambahan (manik-manik, renda, bunga kering, dan sebagainya)
  • Tali 

Cara Menjadikan kardus menjadi bingkai foto:

  • Gambar persegi panjang di kardus menggunakan pulpen dan penggaris.
  • Potong kardus mengikuti garis yang sudah dibuat.
  • Ulangi langkah sebelumnya, hingga membuat 2 kotak.
  • Ambil satu foto dan ukur di tengah salah satu potongan kardus.
  • Potong hingga membentuk bingkai.
  • Lapisi menggunakan kertas berwarna atau hias menggunakan aksesoris .
  • Rekatkan kedua kardus ujungnya saja, dan untuk bagian atas tidak direkatkan sebagai tempat memasukkan foto.
  • Tambahkan tali untuk menggantung bingkai.
  • Jadilah bingkai foto yang mudah dan praktis. Kamu juga bebas untuk berkreasi dengan membentuk bingkai sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga: Fulfillment Adalah: Pengertian, Proses dan Bedanya dengan Warehouse


Itulah tujuh manfaat kardus bekas dalam kehidupan sehari-hari. Jika selama ini kamu memiliki kardus bekas yang hanya menumpuk di sudut ruangan, kali ini kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan atau bahkan mendatangkan uang tambahan.

Kamu juga dapat membantu untuk menjaga lingkungan dengan memanfaatkan kardus bekas Kardus yang dapat hancur lebih ramah lingkungan dibandingkan kemasan plastik maupun styrofoam yang tidak dapat hancur dan menjadi sampah.

Apakah kamu sudah mendapatkan ide dalam memanfaatkan kardus bekas di rumah? Jika belum, kamu bisa mengikuti ide-ide diatas untuk memanfaatkan kardus bekas di rumahmu. Jika kamu setuju, kamu bisa membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang terinspirasi dalam memanfaatkan kardus bekas.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.