6 Strategi Mengalahkan Kompetitor dalam Beriklan di Facebook Ads

komerce.id – Pernahkah kita menjumpai iklan yang mendapatkan banyak interaksi? Atau sering bertanya-tanya bagaimana cara mereka mendapatkan leads atau penjualan yang begitu banyak ketika beriklan?

Tahukah kamu bahwa terdapat perbedaan beriklan antara dahulu dan sekarang? Perbedaan bisa dilihat dari Cost Per Leads (CPL). Jika dahulu biaya iklan masih terjangkau dan hasil penjualan menggiurkan, sekarang beriklan di FB Ads terasa lebih mahal, hal ini tak lepas dari dampak diterapkannya pajak pertambahan nilai (PPN) dan juga ketatnya peraturan beriklan di facebook, dll.

Untuk menghadapi itu semua dibutuhkan strategi dalam beriklan. Hal ini sangatlah penting, agar produk yang kita tawarkan benar-benar tepat sasaran pada audience yang berpotensi penjualan dan juga tidak kalah saing dengan kompetitor.

Pada artikel kali ini kita membahas mengenai beberapa strategi yang dibutuhkan untuk memenangkan persaingan dalam beriklan yaitu dengan menggunakan 6 strategi. Strategi kali ini bersumber dari Neil Patel, seorang pakar digital marketing yang namanya sudah terkenal di dunia, khususnya dunia digital marketing.

Neil patel menjelaskan pada video diatas, kita bisa mengalahkan kompetitor saat beriklan di facebook ads dengan menggunakan 6 strategi yang dapat kita terapkan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lengkap dalam artikel ini.

Baca juga: Apa Itu AME Facebook? Penyebab dan Cara Mengatasi AME

6 Strategi Untuk Kalahkan Kompetitor dalam Beriklan di Facebook Ads

Berikut 6 strategi yang dapat kita gunakan untuk mengalahkan kompetitor:

1. Amati Iklan Kompetitor

Kita pasti pernah atau sering melihat iklan facebook yang memiliki banyak interaksi like dan komentar pada postingan iklan, nah dari situ kita bisa pakai metode ATM yaitu Amati Tiru Modifikasi pada copywriting, headline, konten dan isi landing pagenya.

Amati juga promo yang ada pada kompetitor barangkali ada celah kekurangan untuk kita bisa lengkapi dan cari tahu apa yang membuat iklan tersebut menarik. Pelajari disetiap copywriting dan kontennya.

2. Gunakan Konten Iklan yang Susah ditiru

Konten gambar dan copywriting merupakan yang paling mudah ditiru. Jangan terlalu mengandalkan konten tersebut, cobalah mulai dengan konten video yang unik.

Untuk menarik calon pembeli, buatlah video iklan yang menarik dengan kreatifitas yang kamu miliki, singkat, padat dan jelas. serta jangan lupa memberikan watermark dengan nama brand kamu agar tidak mudah ditiru.

3. Mengecek Iklan Kompetitor dengan Bigspy.com

tampilan website bigspy
tampilan website bigspy

Jika ingin mencari referensi iklan kompetitor yang mirip dengan produk yang kita jual, kita bisa mengeceknya di situs web bigspy.com secara gratis. Situs ini sangatlah cocok bagi kamu untuk meriset produk yang akan diiklankan.

Cukup dengan memasukan beberapa ide kata kunci iklan yang akan dicari, kita bisa melihat berbagai iklan yang mirip sesuai dengan kata kunci. Sebagai contoh ketik dengan kata kunci “jaket pria”.

contoh iklan fb ads dengan kata kunci jaket pria

Pilihlah konten iklan mana yang paling menarik dan paling banyak interaksinya. Pelajari dan amati copywriting, konten gambar/video, jika perlu masuk ke landing pagenya dan fanpagenya.

Fitur pada website ini sangatlah bermanfaat untuk kita gunakan saat riset, konten iklan seperti apa saja yang menarik dan laris dipasaran.

4. Facebook Audience Insight

tampilan facebook insight
tampilan facebook insight

Bagi yang pernah atau beriklan di facebook ads pasti sudah familiar dengan tools ini. Facebook Audience Insight menyediakan banyak data yang dibutuhkan untuk para advertiser. sebagai contoh interest, behavior, demografi, dll.

Menurut Albert Leonardo salah satu pakar facebook ads, hal yang paling lama dalam beriklan adalah meriset audiens yaitu untuk mencari interest yang cocok dan optimal, menargetkan usia, lokasi dll.

Baca juga: Tools Rotator Untuk Pembagian Leads Anda

5. Tools Connectio.io

tampilan website connectio
tampilan website connectio

Tools ini berbayar namun sesuai dengan manfaat yang kita dapatkan untuk mempermudah kita yang ingin memperluas jangkauan audiens dari sisi interest dan lainnya secara optimal.

Secara umum tools ini memiliki 5 fungsi diantaranya :

  • Connectaudience berfungsi untuk mempermudah dalam mensinkronkan penjawab autoresponder ke custom audience facebook anda.
  • Connectleads berfungsi untuk menghubungkan iklan prospek facebook anda ke CRM/autoresponder.
  • Connectretarget berfungsi untuk menjalankan campaign penargetan ulang berdasarkan perilaku orang di situs web anda.
  • Connectexplore berfungsi untuk menemukan interest dan dugaan penargetan interest.
  • Connectautomate ubah postingan facebook anda yang kinerja terbaik menjadi iklan dengan autopilot.

6. Remarketing dan Retargeting Audience

Menargetkan kembali audience yang pernah berkunjung ke website toko kita atau yang pernah membeli produk kita merupakan target yang wajib untuk dilakukan. Upaya ini dilakukan dengan mudah bagi para advertiser hanya saja perlu kemauan.

Jika pernah beriklan pasti sudah ada database customer sebelumnya, nah disitu ada potensi untuk melakukan rebranding dan reedukasi produk atau hal-hal yang berkaitan dengan produk kita. Misal jika kita menjual produk herbal maka berikan edukasi tentang pantangan makanan dan khasiat dari produk herbal tersebut.

Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan audience melalui konten yang mereka berikan, saat kepercayaan mulai terbangun maka ada potensi besar pada penjualan dan memperkuat brand awareness produk.

Mencoba strategi ini merupakan langkah yang tepat atau usaha dalam upaya untuk kita mendapatkan winning campaign. Sehingga budget yang dikeluarkan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Baca juga: 7 Strategi Marketing untuk Anak Muda


Demikian pembahasan artikel ini mengenai strategi untuk mengalahkan kompetitor di facebook ads dari Neil Patel semoga bermanfaat dan dapat dijadikan masukan dalam memaksimalkan atau mengoptimalkan iklan.

komerce

Tinggalkan komentar