23 Simbol pada Kardus/Packing Beserta Arti dan Penjelasannya

Simbol pada Kardus – Kamu tentu pernah membeli barang dengan dengan kemasan kardus? Jika iya, tahukah kamu bahwa kemasan kardus/packing tersebut memiliki simbol? Biasanya simbol terletak di bagian luar dan memiliki arti sesuai dengan simbol yang ada, artinya tidak semua kemasan kardus/ packing memiliki simbol yang sama. Lalu apa tujuannya? Apa akibatnya jika kita acuh terhadap simbol yang ada di dalam kemasan kardus/packing?

Adanya simbol pada kemasan kardus/ packing ditujukan agar produk yang ada di dalam kemasan tersebut tidak rusak selama disimpan di gudang/toko dan selama proses pendistribusian. Jika ditemukan kardus dengan kondisi yang tidak baik ataupun cacat, maka barang yang ada di dalamnya bisa dikatakan tidak layak untuk didistribusikan atau dikonsumsi.

Oleh sebab itu, dalam beberapa produk terdapat keterangan bahwa “Tidak layak dikonsumsi jika kemasan rusak”. Jadi, jika kamu menjumpai barang dengan kemasan yang sudah rusak, kamu berhak menukarkannya dengan barang yang baru.

Simbol Dalam Kardus/Packing dan Artinya

Simbol Yang sering kamu temui dalam Kardus/Packing
ilustrasi kardus di rumah, sumber gambar: blog.anteraja.id

Untuk bisa menjadi konsumen yang cerdas, kamu bisa memulainya dengan mengetahui dan memahami arti dari simbol-simbol yang ada di dalam kemasan kardus/packing. Ada berbagai simbol yang bisa kita jumpai dan setiap gambar dari simbol tersebut memiliki artinya tersendiri. Berikut ini daftar simbol dalam kardus/packing dan artinya.

1. Keep Dry / Simpan Di Tempat Sejuk

keep dry

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus harus disimpan di tempat yang kering atau di tempat yang sejuk. Simbol ini biasanya dijumpai pada produk makanan, minuman dan barang-barang yang mudah berjamur atau tidak bisa diletakkan di tempat yang lembab. Disarankan untuk menaruh barang pada suhu tidak lebih dari 30O.

Selain itu jangan biarkan barang terpapar sinar matahari secara langsung. Meskipun ruangan tempat menyimpan sudah kering, namun jika terpapar sinar matahari langsung akan menyebabkan barang rusak atau tidak layak dikonsumsi.

2. Fragile / Barang Mudah Pecah

fragile

Fragile merupakan salah satu simbol yang paling sering dijumpai di dalam kemasan. Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan termasuk barang yang rapuh, mudah pecah, atau terbuat dari kaca.

Simbol ini juga berfungsi sebagai tanda agar pihak pengiriman, distributor, atau ekspedisi selalu berhati-hati dalam membawa barang agar sampai di tempat tujuan dengan kondisi yang aman.

Simbol fragile biasanya ditandai dengan gambar gelas yang pecah. Kamu pasti akan sangat familiar dengan simbol yang satu ini, khususnya bagi kamu penggemar belanja online.

3. Handle With Care / Tangani Dengan Hati-hati

handle with care

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan harus dibawa dengan sangat hati-hati sehingga barang tidak jatuh dan rusak. Simbol yang satu ini memang memiliki arti yang sama dengan simbol fragile, biasanya simbol ini digunakan untuk barang yang terbuat dari kaca seperti botol, gelas, piring, dan lain-lain.

Ini juga bisa menjadi tanda untuk petugas yang membawa barang dengan simbol ini agar berhati-hati agar barang sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

4. Do Not Step On It / Jangan Diinjak

do not step on It

Simbol ini berarti bahwa kemasan atau kardus tidak diinjak agar barang yang ada di dalam kemasan tetap terjaga kondisinya. Simbol ini ditandai dengan gambar sepatu yang menginjak sebuah garis.

Jika kamu menjumpai simbol ini maka jangan pernah menginjak, menekan, atau menumpuknya dengan kardus atau kemasan yang lebih berat. Selain tidak boleh diinjak, disarankan untuk tidak menumpuknya dengan jumlah yang berlebihan karena akan meningkatkan risiko kerusakan.

5. This Side Up / Petunjuk Bagian Atas

this side up

Simbol ini digunakan untuk menentukan posisi atas dan bawah dari sebuah kemasan agar saat ditumpuk dengan kemasan lainnya tidak menyebabkan barang yang ada di dalamnya terbalik, biasanya simbol ini dijumpai pada kemasan minuman.

Jangan sampai posisi terbalik karena akan menyebabkan minuman tumpah. Simbol ini ditandai dengan gambar tanda panah menunjuk ke bagian atas.

Baca juga: 10 Cara Mengurangi Customer Hit And Run Pada Bisnis

6. Maximum Stack / Tumpukan Maximum

maksimum stack 8

Simbol ini berarti bahwa kardus/packing memiliki jumlah maximum untuk bisa ditumpuk. Simbol ini ditandai dengan tanda garis yang ditumpuk beserta dengan tulisan angka di bagian atas garis.

Misalnya angka menunjukkan angka 8, maka kardus atau kemasan bisa ditumpuk sebanyak 8 kali, tidak boleh lebih dari itu. Jika lebih dari jumlah yang ditentukan bisa menyebabkan barang yang ada di dalamnya rusak.

7. No Stack / Barang Tidak Boleh Ditumpuk

do not stack

Simbol ini memiliki arti yang sudah sangat jelas, menunjukkan barang tidak boleh ditumpuk. Meskipun itu hanya satu atau dua tetap bisa memungkinkan barang rusak.

Simbol ini ditandai dengan tanda kotak yang ditumpuk kemudian terdapat tanda silang. Biasanya simbol ini sering digunakan untuk makanan dan minuman dengan kemasan yang mudah rusak.

8. First In First Out (FIFO) / Terima Lebih Dulu Jual Lebih Dulu

first in first out

Salah satu simbol yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah simbol First In First Out atau yang biasa disingkat dengan FIFO. Simbol ini berarti bahwa barang yang pertama diterima/masuk di jual terlebih dahulu.

Jadi disarankan untuk menjual barang yang ada di dalam kardus yang diterima/masuk terlebih dahulu karena biasanya memiliki masa kadaluarsa terlebih dulu.

9. Recycle / Daur Ulang

recycle

Simbol ini berarti bahwa kardus/packing yang digunakan untuk mengemas barang bisa di daur ulang, dengan kemasan yang bisa didaur ulang akan membuat kita bisa berpartisipasi menyelamatkan bumi.

Jika kamu masih menggunakan plastik atau kresek saat berbelanja ke supermarket atau swalayan, maka mulai sekarang kamu bisa menggunakan kantong kain yang ramah lingkungan. Jadi kamu tidak perlu membuang-buang plastik yang susah untuk didaur ulang.

10. Avoid From Strong Smell / Hindari dan Jauhkan Barang Dari Benda Berbau Tajam

avoid from strong smell

Simbol ini berarti bahwa kamu harus menjauhkan barang yang berada di dalam kemasan kardus/packing dijauhkan dari benda-benda yang memiliki aroma tajam. Beberapa benda dengan aroma tajam yang dimaksud seperti deterjen, bensin, sabun, parfum, dan benda lainnya.

Simbol ini biasanya akan bisa dijumpai pada kemasan kardus/packing makanan. Oleh sebab itu, jika kamu sedang berbelanja di swalayan atau supermarket makanan akan dipisahkan dengan produk-produk berbahan kimia.

11. Explosive / Mudah Meledak

explosive

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus/packing merupakan bahan yang mudah meledak atau sensitive untuk meledak. Disarankan untuk membawa jenis barang seperti ini secara hati-hati dan jangan sampai dibanting.

Selain itu jangan letakkan barang yang ada di dalam kemasan kardus/packing berdekatan dengan bahan bakar atau bahan yang mudah terbakar lainnya. Simbol ini ditandai dengan tanda atau gambar yang menyerupai kipas dengan tulisan Radioactive dibawahnya.

12. Temperature Limitation / Batas Suhu

temperature limitations

Simbol ini berarti bahwa barang  yang ada di dalam kemasan kardus/packing harus disimpan pada tempat yang memiliki suhu sesuai dengan yang sudah ditentukan, biasanya suhu yang ditentukan terdapat tulisan Celcius atau Fahrenheit.

Jika barang diletakkan pada suhu diatas batas yang sudah ditentukan maka bisa saja meningkatkan risiko barang mengalami kerusakan. Misalnya saja pada simbol tertera suhu maksimal 40O , maka jangan sampai kamu menaruh barang tersebut diatas suhu yang sudah ditentukan.

13. Do Not Dispose / Barang Tidak Boleh Dibuang Langsung Ke Tempat Sampah

do not dispose

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus/packing mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti baterai dan barang elektronik.

Untuk itu dilarang membuangnya secara langsung ke tempat sampah umum., disarankan untuk memisahkannya untuk menghindari risiko yang berbahaya.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Foto Produk Anda

14. Keep Tidy / Jagalah Kebersihan

keep tidy

Simbol ini memiliki arti agar kita selalu menjaga kebersihan, sisa-sisa dari kemasan kardus/packing maupun barang yang ada di dalamnya harus dibuang di tempat sampah. Jangan membuangnya secara sembarangan ya! 

Sebagai konsumen yang cerdas, alangkah lebih baik kita lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi sesuatu. Jangan sampai setelah mendapatkan manfaat dari barang yang sudah dibeli kemudian acuh dengan keselamatan dan kelestarian lingkungan.

15. Center of Gravity / Pusat Gravitasi

center of gravity

Simbol ini berarti merupakan tanda bagi kita untuk selalu memberikan tanda pusat gravitasi pada kotak kemasan kardus/packing. Simbol ini bertujuan untuk petugas yang mengangkat barang dapat mengetahui dan memperkirakan posisi pengangkatan barang agar seimbang.

Simbol Ini juga akan sangat berguna untuk keselamatan pekerja, biasanya simbol ini dapat dijumpai pada barang dengan ukuran besar maupun berat seperti kayu dan lain-lain.

16. Do Not Use Forklift Here / Jangan Gunakan Forklift

don't use forklift here

Simbol ini berarti bahwa jangan menggunakan forklift untuk kemasan kardus/packing yang memiliki tanda ini, penggunaan forklift baru diperbolehkan pada bagian yang tidak terdapat tanda atau simbol ini. 

Misalnya saja simbol terdapat pada bagian kanan, maka penggunaan forklift boleh digunakan pada bagian kiri.

17. Avoid Sun Beam / Jauhkan Dari Sinar Matahari

avoid from sun beam

Simbol ini berarti bahwa kemasan kardus/packing agar dihindarkan dari cahaya sinar matahari secara langsung dan sumber panas lainnya.

Simbol ini bertujuan agar kualitas dari barang yang ada di dalam kemasan tetap terjaga, hal ini dikarenakan barang yang biasanya menggunakan simbol ini adalah makanan yang mudah meleleh seperti mentega dan coklat.

18. Contain Poison / Awas Beracun

contain poison

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus/packing mengandung unsur racun yang berbahaya.

Beberapa barang yang menggunakan simbol ini seperti obat nyamuk dan bahan kimia berbahaya lain seperti racun tikus atau pestisida, simbol ini ditandai dengan gambar tengkorak dan tanda silang.

19. European Standard

european standard

Simbol ini berarti bahwa barang yang terdapat di dalam kemasan kardus/packing sudah terbukti atau lolos uji dan memenuhi syarat keamanan Negara.

Jika simbol bertuliskan tanda European Standard maka sudah memenuhi syarat keamanan Negara Eropa, ini juga berarti bahwa barang bisa digunakan atau dikonsumsi dengan aman.

20. Use no hooks / Jangan Digancu

use no hooks

Simbol ini berarti bahwa dilarang keras untuk menggunakan gancu untuk mengangkat/membuka kemasan kardus/packing, hal ini bertujuan agar kemasan dan barang yang ada di dalamnya tidak rusak atau berlubang. 

Disarankan untuk membukanya secara perlahan menggunakan alat yang lebih aman untuk digunakan seperti gunting ataupun pisau.

Baca juga: Marketing Kit Adalah: Definisi, Komponen Wajib & Cara Membuat Marketing Kit

21. Flammable / Mudah Terbakar

flammable

Simbol ini berarti bahwa barang yang ada di dalam kemasan kardus/packing merupakan barang yang mudah terbakar, bisa saja barang terbuat dari bahan kimia ataupun barang lain yang bersifat tidak tahan panas.

Oleh sebab itu disarankan untuk menyimpannya di tempat yang kering, jauh dari panas dan bahan berbakar lainnya, simbol ini ditandai dengan gambar api yang berkobar.

22. Environmentally Hazardous Product / Produk Yang Berbahaya Bagi Lingkungan

environmentally hazardous product

Simbol ini berarti bahwa produk yang ada di dalam kemasan kardus/packing berbahaya bagi lingkungan, oleh sebab itu disarankan untuk menggunakannya secara bijak.

Setelah digunakan jangan menaruh atau menyimpan secara sembarangan, terutama jauhkan dari jangkauan anak-anak.

23. No Cutter / Jangan Gunakan Cutter

no cutter

Simbol ini berarti bahwa saat akan membuka barang yang ada di dalam kemasan kardus/packing jangan menggunakan cutter. Gunakanlah barang aman lainnya atau benda tidak tajam, hal ini bertujuan agar menjaga kemasan dan barang yang ada di dalamnya tetap pada kondisi yang bagus.

Sebab jika barang ternyata rusak karena menggunakan cutter, maka akan sangat sulit untuk mengajukan pengembalian.


Beberapa simbol yang sudah disebutkan tentu memiliki peranan yang penting untuk beberapa orang, misalnya saja untuk umat muslim. Jika tidak ada simbol halal di dalam kemasan kardus/packing, maka tidak diperbolehkan untuk menggunakannya khususnya untuk hal makanan dan minuman.

Sebagian simbol juga menunjukkan apakah barang yang ada di dalam kemasan sudah layak untuk dikonsumsi atau belum. Jika dirasa belum, maka jangan membeli barang tersebut dan bisa membeli barang lainnya. Misalnya saja untuk helm sangat disarankan untuk menggunakan helm dengan standar SNI, jika tidak begitu maka akan ditilang. Daripada harus menanggung resiko maka pilihlah barang yang mampu menghindarkan dari kerugian-kerugian yang bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun.

Setelah mengetahui beberapa simbol dalam kemasan kardus/packing, kamu tentu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan barang tersebut. Selain itu disarankan jangan pernah mendekatkan barang dari jangkauan anak-anak, sebab anak-anak belum mengetahui secara pasti fungsi dan bahaya dari barang-barang tersebut. 

Pastikan untuk menaruh barang tersebut di tempat yang aman. Sekian penjelasan tentang simbol-simbol yang wajib untuk kamu tahu dan pahami, kedepannya diharapkan untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan kemasan dengan larangan yang sudah disebutkan diatas ya!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar