19 Aplikasi Stok Barang Gratis di Android dan PC

Aplikasi Stok Barang Gratis di Android – Bagi anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis, entah apapun itu bentuk usahanya, memiliki kemampuan untuk mengatur stok barang yang masuk dan keluar merupakan hal yang sangat dasar. Nah, untuk membantu pekerjaan anda agar semakin mudah, kini ada banyak sekali aplikasi stok barang yang bisa anda gunakan.

Selain berfungsi untuk mencatat stok barang, aplikasi yang akan disebutkan juga memiliki fungsi lainnya yang akan sangat berguna dan membuat bisnis anda semakin memiliki keuntungan yang lebih besar. Aplikasi stok barang bisa anda gunakan untuk melacak tingkat inventaris, pesanan, pengiriman, dan proses penjualan.

Selain itu, aplikasi seperti ini juga bisa digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan produksi, seperti pesanan kerja dan tagihan. Aplikasi seperti ini akan sangat cocok digunakan saat ini sebab menawarkan cara yang jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan spreadsheet atau kertas guna mengatur informasi inventaris.

Aplikasi Stok Barang Android yang Gratis dan Sederhana

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, aplikasi stok barang akan memudahkan anda untuk bisa mengelola dan melacak persediaan barang atau inventory secara lebih efektif dan efisien. Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh aplikasi stok barang seperti menyimpan dan melacak barang, membuat invoice atau faktur, memantau ketersediaan produk, manajemen promosi, dan masih banyak lainnya.

Bagi anda yang gemar bekerja secara mobile dan bisa melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun, berikut ini beberapa aplikasi stok barang yang bisa anda gunakan secara gratis di Android. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi repot untuk membawa laptop maupun buku catatan.

1. Inventory Management

inventory management

Bagi anda yang baru memulai bisnis atau pemula, aplikasi Inventory Management merupakan aplikasi yang paling disarankan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan penggunaannya yang sangat mudah untuk dipahami, bahkan untuk seorang yang belum pernah menggunakannya. Aplikasi ini akan berfungsi untuk merekam informasi terkait dengan kegiatan inventaris yang anda lakukan.

Inventory Management menawarkan fitur utama yaitu mencatat stok barang dari kebutuhan bisnis anda. Keuntungan lain dari aplikasi ini adalah anda bisa melihat riwayat transaksi yang pernah dilakukan secara keseluruhan. Fitur ini sangat berfungsi untuk meminimalisir kesalahan ketika terjadi selisih stok dari barang yang keluar dan masuk.

2. Barang dan Persediaan Sederhana

barang dan persediaan sederhana

Jika anda mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk menginput data barang dengan mudah, aplikasi Stock and Inventory Simple merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi yang termasuk dalam salah satu aplikasi stok barang gratis yang paling populer ini telah memiliki jumlah pengunduh lebih dari 500 ribu.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa anda gunakan untuk mengatur stok barang dengan simple, efektif, dan efisien. Serta membantu untuk meminimalisir kesalahan agar menghindari kerugian dengan cara yang tepat.

NB: Aplikasi Stock and Inventory Simple berubah nama menjadi Barang Dan Persediaan Sederhana

3. EStock : Stock Manager, Inventory Manager

estock

Meskipun termasuk dalam aplikasi stok barang android yang baru dirilis pada bulan Mei 2019 lalu, aplikasi eStock : Stock Manager, Inventory Manager ini sudah memiliki jumlah pengunduh sebanyak lebih dari 50 ribu. Adanya aplikasi ini membuat urusan bisnis anda akan sangat terbantu sehingga anda bisa meninggalkan sistem laporan secara manual seperti menggunakan buku atau menginput secara manual di laptop maupun PC.

Karena baru dirilis, aplikasi ini memiliki tampilan dan fitur yang lebih kekinian dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini mampu mengatur stok barang secara efisien berkat beberapa fitur seperti bisa menambahkan detail barang, dan fitur QR atau Barcode yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kode barang dengan lebih cepat.

4. Smart Inventory System

smart inventory system

Jika anda membutuhkan aplikasi stok barang yang sudah didukung dengan teknologi canggih lainnya, Smart Inventory System menawarkan keunggulannya. Aplikasi ini memiliki fitur berbasis sistem barcode. Dengan fitur ini anda bisa membuat item atau mencetak tag harga barang untuk bisa dijadikan barcode.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan perubahan jumlah barang atau memeriksa stok barang dengan sangat cepat. Efektifitas dan efisiensi dari penggunaan aplikasi ini sudah tidak bisa diragukan lagi.

5. Stock Count

stock count

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan berfungsi untuk menghitung dan memeriksa stok barang secara cepat, mudah, dan akurat. Aplikasi ini juga bisa digunakan dimanapun dan kapanpun berkat adanya fitur barcode scanner yang sudah tersambung dengan kamera perangkat yang anda gunakan.

Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir dengan data-data yang kapan saja bisa hilang sebab aplikasi ini sudah bisa tersambung pada layanan email. Dengan layanan ini, anda bisa melakukan manajemen ketersediaan stok barang dengan sangat mudah.

Baca juga: 12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik dan Gratis

6. Inventory Management App – Zoho Inventory

inventory management app – zoho inventory

Inventory Management App – Zoho Inventory merupakan salah satu jenis aplikasi stok barang android yang bisa anda gunakan secara mudah dan gratis.

Selain bisa digunakan untuk mencatat stok barang, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat pesanan penjualan secara offline maupun online, melihat transaksi penjualan, serta menerima pembayaran melalui sistem online. Semua aktivitas ini bisa anda lakukan dengan cukup menggunakan satu aplikasi saja lho!

7. Mobile Inventory

mobile inventory

Mobile Inventory merupakan aplikasi stok barang yang bisa digunakan baik untuk pelaku usaha kecil hingga menengah. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini tergolong lengkap dan memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga bisa digunakan dengan mudah.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan seperti manajemen saham, manajemen bursa, mengambil persediaan, filter item berdasarkan kategori, dan masih ada banyak fitur lain yang bisa diakses secara gratis.

8. Inventory Management for Small Business or Stores

inventory management for small business

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan stok barang saja. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk memanajemen stok barang hingga melakukan pemesanan dan penjualan.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah manajemen persediaan, purchase order, sales order, hingga barcode yang sudah terintegrasi. Fitur-fitur canggih yang ditawarkan dalam aplikasi ini akan membantu anda untuk menghindari kesalahan dalam melakukan perhitungan stok barang.

NB: Sudah berganti nama menjadi “Inventory management for small business or stores

9. Easy Catalouge

easy catalogue

Jika anda mencari aplikasi yang bisa digunakan secara offline, maka Easy Catalouge pantas menjadi pilihan anda. Aplikasi ini tidak perlu dikoneksikan ke internet namun anda tetap bisa mengakses semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini kapanpun dan dimanapun.

Aplikasi ini juga mendukung anda untuk bisa menambahkan beberapa detail atau deskripsi pada barang yang sudah anda input.

10. Inventory Keeper

inventory

Selain bisa digunakan untuk menjaga persediaan stok barang, aplikasi Inventory Keeper bisa juga digunakan untuk menambahkan, mengurangi, hingga mencari stok barang. Aplikasi ini akan membantu anda untuk bisa melakukan persediaan stok barang secara lebih terorganisir.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Foto Produk

11. Stock Controller – Inventories

stock controller - inventories

Jika anda memilih aplikasi ini untuk membantu anda dalam mengelola stok barang, beberapa fitur unggulan yang ditawarkan yaitu embuat gudang sesuai dengan jenis barang, mengelola persediaan barang, menginput foto ke dalam data, dan masih banyak lainnya.

Aplikasi ini juga mendukung untuk bisa digunakan beberapa user dalam satu aplikasi.

12. Simple Stock Manager

simple stock manager

Bagi anda yang sangat menyukai tampilan aplikasi yang sederhana dan user friendly, Simple Stock Manager pantas untuk dicoba. Meskipun tampak sederhana, namun aplikasi ini menawarkan fitur yang lengkap dan juga menarik seperti stok dan inventaris, barcode, dan notifikasi saat stok barang dalam kondisi yang rendah.

Nah, itu dia daftar aplikasi stok barang gratis di android yang bisa anda dapatkan dengan mengunduhnya melalui Play Store pada perangkat yang anda gunakan. Dengan adanya aplikasi stok barang, bisnis yang anda jalankan akan bisa dikelola dengan baik dan bisa membantu untuk meningkatkan pendapatan usaha. Selamat mencoba!

Aplikasi Stok Barang Gratis di PC

Pentingnya aplikasi stok barang bukan hanya wajib dimiliki oleh pebisnis online maupun offline dengan jumlah barang dan omset yang banyak. Aplikasi stok ini juga sangat bermanfaat untuk anda miliki agar bisa belajar menjalankan suatu bisnis dengan lebih terorganisir. Nah, jika anda termasuk orang yang menyukai bekerja menggunakan laptop, berikut ini rekomendasi aplikasi stok barang gratis di Laptop yang bisa anda gunakan.

1. Household Register

household register

Household Register merupakan aplikasi stok barang yang bisa anda install atau unduh di Laptop yang pertama. Aplikasi ini memiliki kelebihan berupa fitur kategori yang sangat lengkap sehingga anda bisa menggabungkan berbagai macam jenis produk yang sesuai dengan jenisnya. Selain itu, setiap barang yang dijual bisa anda beri label dan menyimpannya agar lebih terorganisir.

2. Fakturama

fakturama

Sesuai dengan namanya, salah satu kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi stok barang Fakturama adalah adanya kwitansi dan faktur. Kedua fitur ini akan sangat berfungsi untuk digunakan sebagai barang bukti suatu transaksi yang dilakukan sekaligus sebagai laporan data pembukuan untuk validasi kedepannya.

3. Stock Inventory

stock inventory

Stock Inventory merupakan salah satu aplikasi stok barang yang akan memungkinkan anda untuk bisa mengontrol keseluruhan data hanya cukup dengan menggunakan satu aplikasi saja. Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini ternyata sangat lengkap dan detail seperti persediaan stok, keberadaan barang, hingga informasi penjualan.

Baca juga: 13 Software Omni Channel Terbaik

4. Fishbowl Warehouse

fishbowl warehouse

Melihat namanya, mungkin anda akan heran apakah ini termasuk aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola stok barang bukan? Jangan khawatir, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mencatat persediaan barang pada suatu restoran atau tempat makan. Aplikasi ini dibekali dengan fitur unggulan yaitu riset produk yang selama ini paling disukai oleh konsumen maupun yang memiliki jumlah peminat sedikit.

5. Bhansali Inventory

bhansali inventory

Aplikasi yang satu ini telah berhasil dikemas secara apik dan dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang akan memudahkan urusan bisnis anda. Disini anda bisa menggunakannya untuk membuat laporan secara rinci hingga urusan pajak dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk melakukan pengolahan stok barang yang hendak dijual.

6. Inflow Inventory

inflow inventory

Untuk anda yang menyukai pekerjaan simple, mudah, dan ringkas sehingga tidak memerlukan waktu lama, aplikasi ini akan sangat cocok untuk anda. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, anda sudah bisa melakukan segala jenis urusan bisnis seperti melacak biaya, mengatur pesanan, hingga mengontrol keseluruhan stok barang yang tersedia.

7. Vladovsoft Sklad

vladovsoft sklad

Aplikasi stok barang terakhir yang bisa digunakan di laptop dengan mudah adalah Vladovsoft Sklad. Aplikasi ini bisa membantu anda untuk mengecek persediaan barang, mengelola toko dan memberikan tabel dengan mudah. Selain itu, Aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk membuat catatan penjualan dengan baik dan rinci lho!

Baca juga: Apa itu White Label


Daftar rekomendasi aplikasi stok barang yang sudah disebutkan diatas merupakan aplikasi terbaik diantara banyaknya aplikasi yang tersedia. Selain terbaik, aplikasi-aplikasi diatas bisa anda dapatkan dan gunakan secara gratis. Selain bisa mempermudah urusan bisnis anda, aplikasi ini juga akan membawa keuntungan dari berbagai aspek
baik itu waktu dan biaya.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi stok barang terbaik kali ini, pilihlah satu aplikasi yang akan menemani anda untuk membangun bisnis dan meraih keuntungan yang berlipat. Dengan begitu, anda bisa melakukan berbagai jenis aktivitas bisnis seperti pembukuan, ketersediaan produk masuk dan keluar, dan hal lain dengan lebih mudah. Semoga bermanfaat yaaa!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

6 pemikiran pada “19 Aplikasi Stok Barang Gratis di Android dan PC”

  1. Terima kasih infonya, sangat berguna untuk pemilik bisnis kecil yang masih berkembang, dan sangat butuh aplikasi stok barang. Semoga para pemilik bisnis kecil dapat memahami kalau aplikasi stok barang seperti ini penting untuk meminimalisir human error, meminimalkan biaya operasional dan meningkatkan keuntungan, dan pastinya memajukan bisnis mereka.

    Balas

Tinggalkan komentar