15 Ide Jualan Makanan Online yang Laris untuk Pemula 2021

Ide Jualan Makanan – Bisnis kuliner merupakan bisnis yang banyak dilakukan orang-orang baik melalui offline maupun online. Bisnis online kuliner sekarang menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan, hal ini dikarenakan kebutuhan manusia akan makanan tidak akan ada habisnya. Tak sekedar untuk mengisi perut yang kosong, kini makanan juga menjadi salah satu tren yang banyak diikuti.

Dalam prakteknya, memulai bisnis online cukup mudah dilakukan. Bisnis ini bisa dimulai dengan skala kecil dari dapur rumah tangga. Namun, terkadang kemampuan memasak dan ketersediaan alat tak cukup jika kamu masih belum memiliki ide bisnis kuliner yang akan dijalankan.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa ide jualan makanan online kekinian yang laris, banyak diminati, modal kecil, dan menguntungkan.

Baca juga: 15 Cara Jualan Online di Facebook agar Laris dan Untung

Ide Jualan Makanan Online yang Laris

daftar ilustrasi makanan online yang laris dan laku
Sumber gambar: pixabay

Ada banyak ide jualan makanan unik dengan modal kecil yang bisa dicoba meskipun kamu adalah seorang pemula. Beberapa jualan makanan cenderung mudah dan tidak membutuhkan skill memasak yang ahli, sehingga kamu bisa segera memulai bisnis makanan dan tidak perlu menunggu banyak hal. Apa saja bisnis makanan itu?

1. Kue Kering

Kue kering menjadi incaran pembeli dan mengalami peningkatan penjualan yang sangat pesat di waktu-waktu tertentu seperti bulan puasa atau Idulfitri, Imlek, Hari Natal dan sebagainya. Umumnya, banyak orang mencari kue kering untuk menyambut tamu di hari-hari tersebut. Kamu bisa melihat hal itu di toko online maupun toko kue terdekat.

Memulai bisnis kue kering bisa dimulai dengan menawarkan pada orang-orang terdekat yang kamu kenal, seperti teman, rekan kerja, atau keluarga. Kamu juga bisa menawarkan di media sosial yang kamu miliki. Untuk awal kamu berjualan, kamu bisa menggunakan tester (orang terdekat atau keluarga) karena orang akan cenderung memilih produk yang rasanya enak dan berkualitas dibandingkan harganya yang terjangkau.

2. Frozen Food

Bisnis makanan yang bisa kamu coba selanjutnya adalah bisnis frozen food. Bisnis ini semakin menjamur karena frozen food memiliki banyak peminat di pasaran, hal ini karena frozen food mudah diolah menjadi berbagai masakan dan cepat. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki banyak kesibukan dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu memerlukan freezer untuk menjaga kualitas produk frozen food. Kamu juga memerlukan kontak seorang distributor sebagai tempat untuk membeli stok dagangan. Kamu bisa menyewa kios khusus atau menggabungkan usaha ini di rumahmu.

3. Keripik

Orang indonesia sangat menyukai cemilan yang renyah dan memiliki rasa kuat, itulah mengapa bisnis keripik tidak pernah surut di Indonesia. Dengan didukung banyaknya jenis sumber daya alam menjadikan kreasi keripik semakin menjamur, jika dulu kita hanya mengenal keripik singkong, kentang, dan pisang, saat ini sudah menjamur berbagai macam keripik mulai dari buah, sayur, hingga kreasi baru seperti keripik kaca.

Pembuatan keripik pun cukup mudah. Jika kamu tidak sempat membuatnya, kamu bisa membeli dalam jumlah besar di UMKM yang memproduksi keripik dalam jumlah besar. Kamu bisa menambahkan rasa atau mengemas ulang dengan kemasan yang lebih menarik dengan nama brandmu sendiri.

4. Dessert Box

Jika kamu cukup aktif di media sosial, kamu pasti pernah mendengar atau mungkin kamu adalah penggemar dari dessert box yang sedang hits. Dessert box menjadi makanan yang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan manis, proses pembuatnya pun cukup mudah karena kamu hanya butuh menata bahannya ke dalam box.

Pembeli dessert box umumnya tidak hanya mencari makanan untuk mengisi perutnya, namun juga untuk membayar rasa penasaran terhadap makanan yang sedang trending di media sosial. Kekurangan dari bisnis ini adalah umur produk yang tidak panjang, kamu harus menaruh produk ini di lemari pendingin untuk mempertahankan kualitasnya.

5. Sambal

Ide jualan makanan modal kecil selanjutnya adalah sambal. Hampir semua orang di Indonesia memiliki kebiasaan makan dengan sambal. Indonesia memang terkenal dengan kulinernya yang beragam dan memiliki rasa yang enak, salah satu kuliner di Indonesia yang banyak jenisnya adalah sambal. Perpaduan rasa pedas yang dipadukan dengan bumbu-bumbu lain menjadikan sambal menambah nafsu makan bagi banyak orang.

Dengan banyaknya jenis sambal yang ada, kamu bisa mulai mencoba berbisnis dengan memproduksi sambal khas daerahmu. Kamu juga bisa mengkreasikan dengan menambah bahan atau membuatnya memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. Saat ini, bisnis sambal juga banyak digeluti oleh pelaku wirausaha dan beberapa dari mereka bahkan menjualnya ke luar negeri.

Baca juga: 13 Cara Menentukan Harga Jual Produk atau Layanan yang Benar

6. Salad Buah

Cuaca negara tropis yang panas membuat banyak orang mencari makanan yang menyegarkan, salah satu makanan yang banyak digemari oleh konsumen adalah salad buah. Salad buah berisi potongan buah-buahan, jelly, dan bahan tambahan lainnya yang disiram dengan saus salad yang manis dan sedikit asam.

Salad buah banyak dijual secara rumahan, atau di toko-toko yang menyediakan buah. Karena sifatnya yang mudah busuk, salad buah harus disimpan di lemari es dan segera dihabiskan apabila konsumen sudah membuka kemasannya. Salad buah adalah makanan yang sehat dan cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

7. Dalgona Coffee

Dalgona coffee mulai booming di Indonesia ketika berlangsung PSBB pada tahun 2020. Dalgona coffe merupakan minuman susu dan kopi yang dikocok hingga berbentuk seperti foam yang lembut. Daripada lelah mengaduk, kamu bisa membuat ini dalam jumlah yang besar dan menjualnya sebagai minuman pelepas dahaga.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat dalgona coffe cukup mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Di samping itu, modal yang dikeluarkan untuk membuat satu cup dalgona coffee sangat murah, namun kamu bisa menjualnya dengan harga berkali-kali lipat. Bagaimana? Sudah tergiur untuk mencoba?

8. Nasi Mentai

Untuk beberapa orang, nasi mentai merupakan nama makanan yang terdengar asing. Nasi mentai merupakan hidangan khas Jepang yang ikut meramaikan tren makanan di Indonesia. Nasi mentai sendiri memiliki citarasa yang gurih dengan saus khas yang bertekstur lembut. Di Indonesia sendiri, nasi mentai banyak dimodifikasi menyesuaikan lidah orang Indonesia dan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Jika kamu memiliki peralatan pendukung, kamu bisa memulai bisnis ini di rumah. Pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan dengan pengolahan yang rumit, untuk pemasarannya kamu bisa menggunakan media sosial ataupun whatsApp untuk mempromosikannya. 

9. Katering Bento

Dengan mobilitas orang-orang yang begitu tinggi, kadang mereka tidak memiliki waktu untuk menyiapkan berbagai masakan untuk dimakan. Kamu bisa mengambil kesempatan itu untuk menjadikan tambahan penghasilan dengan menyediakan katering bento. 

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar dengan populasi karyawan atau mahasiswa yang banyak, cobalah untuk membagikan brosur dan menjadwalkan pengiriman di jam makan di mana mereka tidak memungkinkan untuk menyiapkan makanannya sendiri.

10. Camilan Sehat

Semakin hari, kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat semakin meningkat. Apalagi jika berhadapan dengan kondisi di mana kesehatan menjadi hal yang sangat berharga dan diutamakan. Banyak orang mulai mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat daripada sebelumnya, salah satunya dengan menyeleksi makanan yang mereka konsumsi.

Berbisnis cemilan sehat dapat menjadi peluang sekaligus mendukung masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat. Kamu bisa memulai ini sendiri atau bermitra dengan ahli gizi untuk semakin menambah pengetahuan tentang makanan sehat.

Baca juga: 11 Cara Merekrut Reseller Yang Berkualitas dan Efektif

11. Snack Pedas Berlevel

Salah satu rasa yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah rasa pedas dengan tingkat yang beragam. Untuk memanjakan lidah konsumen, kamu bisa membuat makanan pedas berlevel. Untuk takaran pedas tiap levelnya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan pasar.

Makanan pedas berlevel dapat berupa makanan basah atau makanan kering (snack atau cemilan). Makanan pedas berlevel sudah banyak diproduksi oleh pengusaha makanan di Indonesia, dan tidak ada salahnya untuk kamu ikut terjun ke dalam industri ini.

12. Lauk Olahan Kering

Selain frozen food, masyarakat juga suka mengkonsumsi lauk olahan kering untuk mempersingkat waktu dalam menyiapkan makanan. Tak jarang, lauk olahan kering juga digunakan sebagai oleh-oleh karena praktis dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Lauk olahan kering dapat berupa abon, serundeng, kremes ayam, dan lain sebagainya. Lauk olahan kering juga memungkinkan untuk dijual lebih luas di marketplace atau onlineshop. Kamu tak perlu khawatir produk makananmu akan cepat basi ketika pengiriman.

13. Aneka Permen dan Coklat

Coklat menjadi salah satu makanan yang banyak dicari, hal ini dibuktikan dengan banyaknya makanan berasa coklat yang beredar di pasaran. Coklat juga menjadi salah satu komoditi ekspor terbesar yang dimiliki Indonesia.

Dalam memulai bisnis coklat, kamu harus memberikan hal yang berbeda entah dari inovasi rasa atau kemasan yang menarik. Coklat juga akan mengalami peningkatan penjualan di momen-momen tertentu seperti hari valentine, Idul Fitri, Natal, dan sebagainya.

14. Puding

Berbisnis puding cukup menggiurkan, apalagi dalam pembuatannya cukup mudah dan juga sehat. Saat ini, kreasi puding sangat berkembang dan kreatif. Puding juga dapat dinikmati dengan cara hangat maupun dingin, puding juga dapat dibuat dengan aneka banyak rasa.

Untuk membuat beraneka ragam puding kamu bisa menyimak tutorial yang ada di YouTube. Kamu juga bisa membuat percobaan dan kreasi baru. Keuntungan yang didapatkan dalam menjual puding juga terbilang cukup tinggi, apalagi jika kamu dapat mengkreasikan produk kamu baik dari segi rasa maupun tampilan.

15. Baso Aci

Makanan yang saat ini sedang naik daun salah satunya adalah Bakso Aci, bisnis sederhana ini juga memiliki prospek yang cukup bagus untuk kedepannya. Bahan yang dibutuhkan cenderung sederhana dan tahan lama, dengan modal yang tidak cukup besar kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Kebanyakan penikmat bakso aci adalah dari kalangan millenial dan gen-z yang menyukai citarasa pedas dan gurih. Tak hanya itu, bakso aci yang telah menjadi kuliner khas kota bandung juga dapat diterima oleh berbagai kalangan usia. Terdengar menggiurkan bukan?

Baca juga: 11 Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

Itulah beberapa ide jualan makanan online yang bisa kamu coba. Bisnis yang telah disebutkan di atas cenderung mudah dan dapat dilakukan oleh pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di industri makanan, bahkan beberapa diantaranya hanya membutuhkan modal kecil dan dapat mendatangkan profit yang lumayan besar.

Bisnis mana yang akan kamu pilih harus dipertimbangkan dengan ketersediaan pasar, bahan baku, kompetitor, dan juga modal yang kamu miliki. Kamu juga harus mempertimbangkan ketersediaan jasa pengiriman di daerahmu untuk menjangkau konsumen yang berada di luar jangkauanmu. Jangan sampai kamu menyediakan makanan cepat basi jika kamu sendiri kesulitan dalam pengiriman waktu cepat.

Apakah kamu sudah mendapatkan sedikit pencerahan tentang jualan makanan online yang akan kamu mulai? Apapun pilihannya semoga dapat memberikan kesuksesan bagi usahamu. Terus nikmati berbagai artikel seputar bisnis yang menginspirasi di blog Komerce.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.