Pengertian & Cara Menggunakan Facebook Ads Library 2021

Facebook Ads Library – Apakah kamu sedang mengalami kesulitan untuk mengembangkan usaha bisnis? kamu merasa konten iklan produk yang dibuat kurang menarik sehingga usaha begitu-begitu saja? Itu adalah tanda bahwa kamu membutuhkan inspirasi cara menggunakan Facebook Ads Library untuk mengembangkan konten iklan produk, sehingga dilirik banyak pembeli dan meraup banyak keuntungan.

Bagaimana cara mengembangkan konten iklan produkmu sehingga terlihat menarik? Inspirasi ini bisa kamu dapatkan melalui referensi konten iklan dari para kompetitor yang menawarkan jenis produk yang sama. Kamu dapat melihat ribuan referensi konten iklan menarik melalui Facebook Ads Library.

Hingga saat ini, Facebook Ads Library telah menjadi salah satu media menarik untuk melihat iklan suatu produk yang telah terdaftar sebagai iklan bersponsor di Facebook. Beriklan di Facebook sangat mudah sekali. Hanya dengan bekal memiliki akun Facebook aktif, Kamu dapat memulai untuk mengiklankan produkmu.

Baca juga: Tempat Belajar Facebook Ads Gratis

Apa itu Facebook Ads Library?

facebook ads library adalah
Pengertian facebook ads library

Apakah kamu baru pertama kali mendengar tentang Facebook Ads Library? Jangan khawatir, kami akan menjelaskannya secara detail apa itu Facebook Ads Library. Jika menginginkan konten produkmu jauh lebih menarik, simak ulasan berikut ini:

Facebook Ads Library adalah salah satu fitur Facebook yang bermanfaat untuk melihat berbagai macam iklan yang ada di Facebook. Kamu dapat melihat ribuan iklan dari kompetitor bisnismu dengan sangat detail.

Kamu dapat juga memperhatikan konten iklan dan komponen yang terkandung di dalamnya seperti ads copy, gambar/foto produk, hingga target pembeli.

Facebook Ads Library akan menampilkan ribuan iklan yang ada di Facebook, baik iklan yang sudah non aktif maupun iklan yang saat ini masih aktif. Awalnya Facebook Ads ini digunakan untuk melakukan iklan-iklan yang berkaitan dengan pemilu untuk melakukan transparansi data dan keterbukaan kepada publik.

Dimana pada tahun 2016, terdapat kasus dalam proses pemilihan presiden Amerika Serikat, sehingga membutuhkan platform untuk menunjukkan keterbukaan kepada publik dengan menggunakan Facebook Ads.

Akan tetapi, Facebook Ads tidak hanya digunakan untuk iklan pemilu saja. Facebook Ads juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis, khususnya melihat promosi produk dari kompetitormu yang telah sukses menarik para pembeli.

Pentingnya Riset Kompetitor di Facebook Ads Library

pentingnya riset kompetitor di facebook ads
Riset pasar, Sumber gambar: botsify.com

Mungkin kamu masih bingung kenapa kita harus melakukan riset kompetitor terlebih dahulu sebelum memulai iklan produk kita? Untuk memulai suatu bisnis tentunya kamu membutuhkan referensi yang dapat menginspirasi. Salah satunya mengetahui cara menggunakan Facebook Ads Library.

Tentang bagaimana membuat produk yang kita promosikan lebih menarik dan banyak diminati pembeli. Kamu mungkin akan datang di suatu tempat usaha yang memiliki karakteristik sama dan mulai mengamati hal-hal apa saja yang diperlukan agar diminati para pembeli.

Sama halnya dengan hal tersebut, Facebook Ads Library menjadi sebuah tempat dimana kamu dapat menemukan banyak referensi yang dibutuhkan dari iklan yang digunakan oleh kompetitor. Kamu tidak perlu keluar rumah untuk mencari referensi untuk bisnismu.

Kamu cukup di rumah saja untuk menemukan ribuan konten iklan dengan membuka Facebook Ads Library.

Nah, dengan banyaknya referensi konten produk di Facebook Ads Library, pasti dapat menginspirasimu untuk dapat membuat konten iklan produk jauh lebih menarik. Tentunya mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitormu.

Baca juga: Cara Membuat Akun Facebook Business Manager

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Riset Kompetitor

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Riset Kompetitor
Sumber gambar: pexels

Ada cara cepat agar kamu dapat melakukan riset iklan pada Facebook Ads Library secara efektif. Kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Status Iklan (Aktif Atau Non Aktif)

Hal yang perlu kamu perhatikan pertama kali dalam riset iklan pada Facebook Ads Library yaitu status iklan. Apakah iklan tersebut aktif atau iklan tersebut sudah tidak aktif? Iklan yang aktif mengindikasikan bahwa iklan tersebut memiliki penghasilan dari produk yang dipromosikan.

Iklan yang kurang sukses cenderung akan di nonaktifkan oleh advertiser. Status iklan ini akan membantumu memilih iklan-iklan yang banyak diminati para pembeli, sehingga memudahkanmu untuk fokus pada iklan yang berkualitas.

2. Waktu Iklan Dijalankan

Setelah membuka searching suatu iklan di Facebook Ads Library, Kamu dapat melihat informasi kapan iklan tersebut mulai dijalankan. Carilah iklan-iklan yang tergolong baru untuk dijadikan sebagai acuan dalam membuat konten iklanmu.

Hal ini dapat membantumu untuk melihat konten-konten iklan yang up to date dan kekinian serta memiliki banyak peminat.

3. Platform Iklan Lainnya

Kkamu dapat melihat platform-platform terkait yang digunakan untuk mempromosikan iklan tersebut. kamu bisa melihat melalui logo yang terdapat pada bagian kanan atas iklan tersebut.

Jika terdapat logo Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger, mengindikasikan bahwa iklan tersebut tampil pada platform-platform tersebut.

4. Ads Copy

Bagi yang masih ragu-ragu membuat copywriting iklan, kamu bisa mencari inspirasi melalui copywriting yang telah dibuat oleh para kompetitor. Jangan lupa untuk melakukan modifikasi copywriting tersebut sehingga lebih menarik.

5. Gambar/Video

Hal yang tidak kalah penting yaitu pembuatan gambar atau video. kamu bisa membuat gambar dan video yang lebih menarik. Konten gambar dan video memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembeli.

Baca juga: Split Test Facebook Ads: Definisi, Jenis, Tips & Cara Melakukannya

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Nah, bagaimana cara menggunakan Facebook Ads Library dan cara melihat iklan kompetitor di Facebook? Coba simak langkah-langkah berikut ini:

1. Hubungkan devicemu dengan internet lalu buka browser.

2. Silahkan login ke akun Facebook yang masih aktif.

3. Klik link atau ketik URL berikut pada browsermu; https://www.facebook.com/ads/library/

4. Tampilan Facebook Ads Library akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

tampilan facebook ads library

5. Silahkan pilih lokasi dan kategori iklanmu. Pada ulasan ini, kami memberi contoh dengan target lokasi negara Indonesia.

lokasi facebook ads library

6. Selanjutnya, silahkan pilih kategori iklan. Terdapat dua pilihan yaitu Semua Iklan dan Isu, Pemilu atau Politik. Pilihlah kategori Semua Iklan.

kategori iklan facebook ads library

7. Kamu bisa melihat iklan dengan dua cara, yaitu dengan menuliskan keyword iklan yang kamu butuhkan atau menuliskan spesifik pengiklan yang kamu tuju pada pencarian Facebook Ads Library.

Berikut kami akan mencontohkan keduanya cara tersebut agar lebih jelas:

a. Berdasarkan keyword

Silahkan masukkan kata kunci sesuai iklan yang akan kamu cari. Kami memberi contoh dengan kata kunci “Buku”. 

riset berdasarkan kata kunci

Setelah klik ‘Search’ atau ‘Enter’ akan muncul 11.000 fanspage dan adset yang berbeda-beda. Klik pada iklan yang menurutmu bagus untuk dijadikan referensi konten iklanmu.

hasil riset dengan kata kunci

b. Berdasarkan Pengiklan Tertentu

Berikut kami memberikan contoh dari “Komerce”.

pencarian berdasarkan pengiklan facebook ads

Hasilnya akan muncul halaman-halaman facebook yang relevan dengan nama pengiklan tersebut, pilihlah halaman yang kamu tuju. Kemudian pilih “Komerce

Berikut ini adalah daftar iklan yang pernah di publikasikan oleh komerce:

daftar iklan pengiklan facebook ads

8. Catatlah kelebihan dan kekurangan iklan-iklan dari para kompetitor, kemudian kembangkan konten iklanmu berdasarkan catatan yang sudah dibuat.


Sangat mudah bukan menggunakan layanan Facebook ini untuk riset konten iklanmu? Jika kamu ingin mengembangkan konten iklan produkmu, Facebook Ads Library bisa menjadi solusi.

Apabila masih ada kendala dalam penggunaan riset iklan pada Facebook Ads Library, kamu bisa membaca kembali ulasan cara menggunakan Facebook Ads Library.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.