Cara Membuat Akun Facebook Business Manager 2021

Cara Membuat Akun Facebook Business Manager – Beriklan di Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mempromosikan produk atau layanan untuk menjangkau pelanggan lebih banyak. Tak heran, saat ini banyak pebisnis yang tergiur untuk beriklan di media sosial ini. 

Banyak cara untuk belajar Facebook ads mulai dari mengikuti pelatihan, workshop, belajar secara otodidak seperti di youtube  dsb. Selain itu beriklan Facebook tidaklah semudah yang dibayangkan, banyak tahapan yang mesti dipersiapkan terutama menyiapkan biaya iklan.

Apakah kamu adalah seorang pemula yang ingin mencoba memulai beriklan di Facebook ads dan ingin membuat akun busines manager? Namun, masih bingung memulai dari mana? Nah, pada artikel ini Komerce akan membahas mengenai cara membuat akun Facebook business manager 2021.

Baca juga: 10 Jenis Iklan dan Ukuran Banner Iklan Facebook Ads

Apa itu Facebook Business Manager?

facebook business manager

Bersumber dari Hootsuite, Facebook Business Manager adalah alat untuk membantu bisnis pengelolaan akun ads dan aplikasi Facebook lain dalam satu tempat sekaligus.

Facebook business manager atau sering disebut pengelola bisnis merupakan fitur yang disediakan Facebook yang berguna untuk mengelola atau mengurus semua aset digital bisnismu yang terkait dengan Facebook, Instagram business dan Whatsapp business. Membuat business manager termasuk langkah penting yang perlu kamu lakukan sebelum membuat Facebook ads.

Banyak sekali yang bisa kamu kelola dengan fitur ini, diantaranya seperti berikut:

  • Mengelola akun iklan Facebook
  • Mengelola dan menjalankan iklan Facebook dalam satu dashboard
  • Mengelola Facebook Page
  • Mengelola dan membuat Facebook Shop
  • Membuat katalog bisnis
  • Mengelola metode pembayaran iklan
  • Membaca laporan iklan
  • Menambahkan anggota pengelola hak akses
  • menambahkan seseorang untuk pengelola akun iklan
  • Menambahkan akun pengelola bisnis
  • Dan lain sebagainya

Facebook business manager berguna untuk mengelola banyak hal dalam satu tempat akses atau memberi tingkat akses yang berbeda kepada anggota pengelola bisnis, sesuai kebutuhan manajemen bisnisnya.

Karena banyaknya fitur yang ada, maka tidak bisa kami sebutkan semuanya. Silahkan kamu dapat mempelajari sendiri Ketika mempraktekan dan membuat akun Facebook business manager melalui panduan pada artikel ini.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Facebook Business Manager

Kamu perlu mengetahui beberapa hal seperti membuat pengelola bisnis sebelum memulai membuat akun Facebook business manager agar berjalan dengan lancar, diantaranya sbb:

  • Pastikan kamu sudah memiliki akun Facebook yang aktif dan email yang sudah terhubung dengan Facebook
  • Untuk mendaftar dan membuat akun ini gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun.
  • Kamu hanya bisa membuat 2 akun pengelola bisnis saja.
  • Akun Facebook yang masih baru, belum bisa membuat pengelola bisnis kecuali, sudah banyak aktivitas dan interaksinya seperti like, comment, share pada postingan halaman apasaja dll.
Baca juga: Split Test Facebook Ads: Definisi, Jenis, Tips & Cara Melakukannya

Cara Membuat Akun Facebook Business Manager 2021

Membuat akun pengelola bisnis tidaklah rumit. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun Facebook business manager:

Langkah 1. Buka browser seperti google chrome, lalu login ke akun Facebook personal dan buka tab baru dan buka https://business.facebook.com/ di addres bar.

Langkah 2. Klik tombol BUAT AKUN pada pojok kanan atas

facebook business manager buat akun

Langkah 3. Pada popup Buat Akun Pengelola Bisnis Anda, Masukan data diri kamu pada kolom yang telah disediakan seperti nama bisnis dan akun, nama Anda dan email bisnis Anda yang sudah terhubung dengan akun Facebook. Lalu klik tombol KIRIM.

facebook business manager popup buat akun

Langkah 4. Lalu akan muncul popup sukses dibuat. Klik tombol selesai

facebook business manager notifikasi berhasil

Langkah 5. Kemudian buka email kamu dan klik tombol konfirmasi sekarang agar kamu dapat mengakses sepenuhnya pada akun pengelola bisnis kamu.

email konfirmasi facebook business manager

Langkah 6. Selamat akun Facebook bisnis manager kamu sudah selesai dibuat dan sudah terverifikasi

facebook business manager sukses terverifikasi
Baca juga: Harga dan Biaya Iklan Facebook Ads (FB Ads) Update 2021

Itulah 6 langkah cara membuat Facebook Business Manager atau Pengelola Bisnis Facebook, Itulah proses atau langkah awal dalam memulai menjalankan iklan Facebook ads yang harus kamu lalui. Dalam pembuatan akun Facebook business manager yang biasa disebut sebagai pengelola bisnis, ternyata tidak begitu rumit seperti yang dibayangkan. 

Namun, masih banyak tahapan sebelum mempublish iklan diantaranya seperti menyiapkan metode pembayaran, membuat facebook pixel, memverifikasi situs web, menentukan custom audience dan sebagainya. Selain itu, yang perlu kamu juga harus menentukan objektif atau tujuan dari iklan 

Setelah memahami pembahasan diatas diharapkan kamu dapat mengelola Facebook bisnis manager dengan optimal. Demikian pembahasan singkat mengenai pembuatan akun Facebook manager yang dapat kami share, bagi pembaca semoga dapat bermanfaat dan sukses ketika mencoba menjalankan iklan iklan.

Alif Bagus

Digital marketing specialist di Komerce. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.