5 Tempat Belajar Facebook Ads Gratis & Tips Cepat Belajar FB Ads

Belajar FB Ads Untuk Pemula – Tahukah kamu? Banyak pebisnis online yang sukses beriklan Facebook Ads, tak heran media periklanan ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia karena Facebook dapat menjangkau pengguna dengan luas dan tertarget.

Selain itu, iklan dapat menemukan target audiens yang relevan seperti yang kamu targetkan. Facebook juga memberikan fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk mempelajari apa saja tentang Facebook Ads. 

Apakah kamu memiliki produk yang ingin di mempromosikan pada Facebook Ads? Namun, belum begitu mengetahui mengenai bagian-bagian apa saja yang ada pada Facebook ads?

Nah, pada artikel kali ini Komerce akan membahas mengenai apa saja yang harus kamu ketahui tentang Facebook Ads dan tips cepat belajar Facebook Ads gratis 2022.

Baca juga: 39 Istilah Dalam Facebook Ads : Arti Beserta Penjelasannya

Apa Saja Yang Harus Kamu Ketahui Soal Facebook Ads

ilustrasi seseorang belajar fb ads
ilustrasi seseorang belajar fb ads, Sumber gambar: pexels

Facebook ads memiliki beberapa jenis campaign dengan menyesuaikan tujuan dari iklan yang kamu jalankan. Agar sukses dalam beriklan, kamu perlu mengetahui jenis-jenis campaign tersebut. Berikut beberapa jenis campaign pada iklan Facebook ads :

1. Post Engagement 

Post engagement berfungsi untuk menemukan aktivitas para audiens melalui jenis konten dan perluasan jangkauan. Dengan campaign jenis ini, memungkinkan kamu dapat menemukan banyak aktivitas audiens dibanding pengikut fanspage yang kamu miliki.

Ada beberapa alasan mengapa tidak semua konten yang kamu gunakan dapat menarik audiens, salah satunya melalui post engagement ini.

2. Instant Experience 

Instant Experience merupakan jenis campaign yang berfokus untuk mendapatkan audiens baru berbeda dengan post engagement.

Jika kamu menggunakan jenis ini, kamu hanya perlu menginformasikan inti dari produk atau layanan yang dipromosikan. Facebook akan membantu menayangkan konten produk atau layanan dan tombol download.

3. Video

Video merupakan Jenis campaign yang bertujuan untuk mengedukasi audiens agar mereka mengetahui kelebihan dari produk yang dipromosikan. Ukuran video dapat ditampilkan dengan resolusi tinggi dan rasio perbandingan adalah 9:16 dan 16:9.

Minimum video dapat diunggah adalah per satu detik dengan maksimal durasi video yang dapat diunggah adalah 240 menit. Selain itu kamu juga dapat mengunggah video yang dapat diputar 360 derajat.

4. Offers

Salah satu jenis campaign yang disediakan Facebook adalah iklan berbasis pengguna atau audiens. 

Jenis iklan ini akan memfokuskan audiens ke halaman pendaftaran di website yang kamu gunakan dan mengarahkan mereka untuk mengambil tindakan penawaran pada promosi.

Selain itu, kamu akan mengeluarkan biaya jika ada audiens yang mengambil penawaran berupa diskon atau penawaran khusus.

5. Lead generation ads

Lead generation ads adalah jenis campaign yang disediakan Facebook dengan tujuan untuk menyederhanakan atau memudahkan audiens melakukan proses pendaftaran dari iklan.

Audiens hanya perlu menekan tombol learn more untuk memahami produk dari iklan tersebut.

Selain itu, untuk mengatasi audiens yang masih ragu untuk masuk menekan tombol pada iklan yang ditampilkan serta memasukan data pribadi di dalam iklan tersebut. Hal ini menjadi solusi untuk mengatasi sulitnya mendapatkan pelanggan dari iklan 

Baca juga: Harga Iklan Facebook Ads

Tempat Belajar Facebook Ads Gratis dan Terbaik

daftar website atau situs belajar fb Ads
Sumber gambar: pexels

Facebook Ads adalah media promosi yang sangat potensial, oleh karena itu banyak marketer atau pebisnis yang ingin menguasai cara beriklan di Facebook Ads yang efisien agar tidak boncos. Berikut ini adalah beberapa tempat belajar Facebook ads gratis yang dapat kamu pelajari.

1. Free Facebook Course Of Beginners

Megan Adams merupakan social media strategi yang terkenal, ia membuka pelatihan dasar belajar Facebook ads di LinkedIn Learning. Kamu akan dilatih bagaimana mempromosikan produk melalui periklanan Facebook dengan strategi tumbuh organik.

Megan akan mengajarkan apa saja jenis-jenis Facebook ads dalam kurus yang berdurasi hampir 2 jam.

Selain itu, ia juga menerangkan mengenai cara kerja setiap jenis Facebook ads yang berbeda-beda. Kabar baiknya, jika kamu lulus kursus pelatihan ini kamu akan mendapat sertifikat.

2. Free Facebook Training

Tempat belajar gratis Facebook ads selanjutnya yaitu Skillshare. Merupakan situs pelatihan periklanan yang berlangganan yang mungkin cocok bagi kamu yang ingin mendalami Facebook ads. 

Kamu dapat memilih kelas sesuai dengan materi apa saja yang kamu inginkan mengenai Facebook ads. 

Namun, tidak semua yang diajarkan disini dilatih oleh mentor yang terkemuka, karena ada beberapa kelas dilatih oleh orang awam. Tentukan dengan seksama pada awal pendaftaran karena satu bulan pertama Skillshare tidak dikenakan biaya.

3. Facebook Blueprint: free official training

Facebook Blueprint merupakan fitur pelatihan yang disediakan oleh Facebook untuk pengguna yang ingin belajar lebih detail mengenai periklanan. 

Materi pada Facebook blueprint sangat lengkap dan lebih kompleks sesuai dengan kebutuhan. Hal ini, kamu dapat belajar beberapa hal, seperti membangun brand awareness, memilih tipe iklan dan lead generation.

Selain itu juga menerangkan beberapa hal seperti memilih strategi dengan tepat, mendistribusikan dan monetisasi konten. 

4. Facebook Ads & Facebook Marketing Mastery Guide 2020

Tempat belajar Facebook Ads gratis ini cukup terkenal yang dimiliki oleh Course Envy. Tempat kurus ini sudah berpengalaman dan telah mengajari 100 ribu peserta.

Salah satu pengajar dan ahli bidang strategi media sosial bernama justin O’Brien. Materi pembahasan yang diterangkan adalah lead generation ads, targeting, positioning dan dynamic ads.

Minimal jika mengikuti kursus ini diharapkan bisa memahami brand awarenes, penargetan audiens dan konversi.

5. Facebook Ads for E-commerce: The Complete Guide

Tempat belajar FB Ads gratis terakhir ini merupakan pelatihan yang dimiliki oleh Adam Reed salah satu nama terkenal dalam bidang e-commerce. Ketika ia membuka kursus di Udemy, banyak pendaftar untuk mendapatkan ilmu baru disana

Pada pelatihan ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat iklan di Facebook, meningkatkan interaksi iklan, dan membangun brand. Selain itu kamu akan diajarkan cara mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan banyak budget pada Facebook ads..

Baca juga: 10 Pilihan Targeting Facebook Ads

Tips Cepat Belajar Fb Ads Untuk Pemula

cara cepat belajar facebook Ads bagi pemula
Sumber gambar: pexels

Beriklan di Facebook ads tidaklah semudah yang dipikirkan dan cukup rumit, banyak yang harus dipelajari agar iklan yang kamu buat berjalan dengan sukses. 

Bukan hanya mengenai periklanan saja, tetapi banyak hal seperti meriset produk atau layanan, mengidentifikasi pasaran, memahami audiens dan lain sebagainya. Selain itu, menentukan konten dan copywriting juga ada ilmunya.

Berikut adalah tips cepat belajar Facebook ads untuk pemula.

1. Mengidentifikasi tujuan iklan

Manfaat dari mendefinisikan tujuan iklan yaitu agar kamu memahami target iklan dalam belajar Facebook ads. Sebab itu, tujuan menjalankan iklan diharapkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan

Ketika kamu berniat memulai menjalankan iklan, kamu perlu memahami dahulu tujuan dari iklan yang akan dibuat. Apakah ingin meningkatkan penjualan saja atau memperbanyak interaksi dari audiens.

2. Sesuaikan iklan dengan yang kamu inginkan

Menjalankan iklan di setiap produk atau layanan pastinya konsep akan berbeda-beda. Memahami kebutuhan iklan yang dibuat akan memudahkan untuk mencapai keberhasilan.

Facebook ads memungkinkan kamu untuk menyesuaikan berbagai hal, seperti copywriting, konten gambar atau video dan ada pula berfokus pada landing page.

Hal ini dilakukan agar kamu dapat menentukan iklan seperti mulai dari tata letak atau sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

3. Tentukan audiens yang tepat

Menentukan audiens merupakan hal yang paling utama untuk dilakukan. Kamu harus melakukan riset terhadap kelompok audiens yang berpotensi cocok dan relevan dengan produk atau layanan. 

Facebook ads memiliki fitur yang dapat mencari target audiens dengan spesifik, carilah target audiens yang memiliki ketertarikan atau yang berkaitan dengan produk atau layanan yang kamu promosikan..

4. Tes dan Analisis

Lakukan tes dan analisis jika kamu sudah menjalankan semua hal di atas. Dengan melakukan ini kamu akan mengetahui hasil dari iklan yang kamu buat. 

Hal ini, sangat penting karena kamu dapat memperbaiki apa saja mengenai kekurangan sehingga iklan yang kamu jalankan kedepan bisa lebih baik.

Baca juga: 25 Jenis Iklan yang Dilarang Facebook Ads

Nah, setelah pembahasan diatas, kamu tidak perlu lagi bingung untuk mencari tempat untuk belajar Facebook ads tanpa harus mengeluarkan banyak biaya selain itu di youtube juga banyak channel tentang belajar beriklan dengan mempraktekan secara langsung. 

Jika kamu ingin mendalami dunia periklanan lebih jauh lagi, kamu bisa mengikuti komunitas Facebook ads. Selain tips belajar FB Ads gratis, kamu juga perlu mengetahui mengenai kendala-kendala apa saja saat beriklan di Facebook dengan sharing-sharing dengan para pelaku iklan.

Demikian artikel mengenai tempat dan tips belajar Facebook ads gratis, diharapkan kamu dapat memahami dan mengaplikasikan sehingga mahir dalam beriklan.

komerce

3 pemikiran pada “5 Tempat Belajar Facebook Ads Gratis & Tips Cepat Belajar FB Ads”

Tinggalkan komentar