Pengertian Checker Gudang, Tugas & Tanggung Jawabnya

komerce.id – Saat ini, kamu pasti sudah akrab dengan penyedia jasa kirim barang atau dikenal juga dengan istilah ekspedisi. Jasa ekspedisi berisi sebuah tim yang masing-masingnya memiliki peran atau tugas, misalnya checker gudang. Nah, apakah kamu tahu apa itu checker gudang?

Checker gudang merupakan istilah yang merujuk pada sebuah profesi. Orang dengan profesi tersebut akan diberikan tanggung jawab untuk memeriksa dan mengurus seluruh kegiatan yang terkait dengan pengeluaran maupun penerimaan dalam gudang.

Karena itu, sudah menjadi tugas seorang checker gudang untuk selalu memastikan bahwa data gudang dan realita di lapangan sesuai. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait checker gudang, kamu bisa simak artikel ini hingga selesai.

Baca juga: Tugas Admin Gudang

Apa Itu Checker Gudang?

Apa Itu Checker Gudang?
Apa Itu Checker Gudang?

Gudang checker bahkan menjadi divisi yang wajib dalam berbagai sektor perusahaan, terutama industri manufaktur. Tidak heran, hampir semua perusahaan apapun bidangnya pasti memiliki area gudang.

Sebenarnya, kamu harus tahu juga bahwa checker ini tidak hanya berada di bagian gudang saja. Tapi, bagian lain juga selain memiliki staf pasti memiliki checker khusus misalnya checker QC, checker produksi, dan checker lainnya.

Kata checker sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu “check” yang memiliki arti mengecek atau memeriksa.

Jadi singkatnya, checker gudang adalah seseorang yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk membantu proses administrasi barang, mempersiapkan permintaan produk dari bagian produksi, serta melakukan kegiatan input mutasi stok.

Selain itu, seseorang dengan jabatan ini juga memiliki tugas untuk menata gudang dan barang-barang di dalamnya secara terstruktur, termasuk menjaga kebersihan di area gudang itu sendiri.

Baca juga: Apa Itu Sortir Barang

Tugas Checker Gudang

Tugas Checker Gudang
Tugas Checker Gudang

Sesuai dengan namanya, kamu pasti sudah mengetahui bahwa checker gudang adalah seseorang yang melakukan pengecekan berbagai aktivitas di dalam gudang. Namun bukan itu saja, ada beberapa tugas lain yang dimiliki oleh seorang checker gudang, misalnya:

1. Melakukan Pengecekan Barang

Tugas seorang checker gudang yang pertama yaitu melakukan pemeriksaan serta pengecekan pada setiap barang yang keluar maupun masuk ke dalam gudang. Karena itu, sudah seharusnya checker memahami jalur keluar dan masuknya barang.

Ada tiga buah jalur utama untuk keluar dan masuknya barang ke gudang yang perlu checker ketahui yaitu ada barang unloading. Barang unloading merupakan barang pesanan dari vendor yang baru saja dibuka atau dibongkar.

Kedua yaitu ada barang storage artinya barang yang sudah tersimpan di dalam gudang untuk kepentingan proses produksi. Checker bisa mengambil barang-barang yang telah memiliki ID ini sesuai dengan permintaan bagian produksi.

Terakhir ada barang return yang artinya barang kembalian dari bagian produksi. Bagian produksi akan mengembalikan barang jika terdapat kerusakan pada barang, berakhirnya proses produksi, atau terjadinya kesalahan pemesanan.

2. Menjaga Kualitas Barang

Selain mengecek dan mengontrol barang, seorang gudang checker juga harus terus memastikan dan menjaga barang agar tetap memiliki kualitas yang baik. Jadi, checker harus memastikan tidak ada kerusakan pada barang.

Bukan hanya isinya saja yang diperiksa kualitasnya, checker gudang juga harus memeriksa barang dari segi kemasan atau packagingnya. Tujuannya yaitu agar barang tetap dalam kondisi yang baik dan bagus.

Buka tanpa alasan, bagian produksi kerap kali tidak mau mengambil atau bahkan mengembalikan barang-barang yang kualitasnya kurang atau kondisinya rusak. Hal tersebut tentunya akan menjadi masalah lain di masa depan.

3. Membuat Laporan

Menyusun laporan menjadi tugas dan kewajiban seorang checker gudang selanjutnya. Penyusunan laporan ini dilakukan saat agenda kerja dan seluruh permintaan dari bagian produksi telah selesai dan terpenuhi.

Laporan ini biasanya disusun oleh checker gudang sebelum melakukan pergantian shift dengan checker gudang lainnya. Laporan ini nantinya menjadi acuan checker selanjutnya serta staf akuntan gudang yang bertugas menginput data dalam laporan.

Dalam laporan ini juga berisi pencatatan barang yang stok atau ketersediaannya sudah habis. Jadi, penyusunan laporan ini harus dilakukan oleh checker dengan sangat teliti untuk menghindari adanya kesalahan.

Tanggung Jawab Checker Gudang

Tanggung Jawab Checker Gudang
Tanggung Jawab Checker Gudang

Melakukan pengecekan terhadap barang, menjaga kualitas barang, serta membuat laporan jika shift berakhir merupakan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang checker gudang. Selain tugas, checker gudang juga tentu memiliki tanggung jawabnya sendiri.

Tidak mudah, berikut ini ada beberapa tanggung jawab yang harus dipikul oleh para checker gudang selama bertugas, seperti:

  • Memastikan kualitas barang di gudang dalam kondisi yang baik;
  • Menjaga kuantitas barang di dalam gudang;
  • Menjalin hubungan yang baik dengan bagian produksi untuk mempertahankan kondusifitas kerja;
  • Memastikan agar barang di dalam gudang tidak ada yang hilang;
  • Memeriksa bahwa barang yang sebelumnya dipesan telah siap untuk diberikan.

Tanggung jawab checker gudang pastinya tidak sama dengan tugas-tugasnya. Namun meski begitu, tanggung jawab dan tugasnya tentu masih seputar barang dan gudang serta hubungannya dengan bagian produksi.

Baca juga: Proses Inbound, Outbound dan Storage dalam Gudang

Syarat Menjadi Checker Gudang

Karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup besar, seseorang tentu harus memenuhi berbagai persyaratan terlebih dahulu untuk dapat menjadi seorang checker gudang. Syarat untuk menjadi checker gudang tersebut antara lain:

  • Jujur, bertanggung jawab, dan berintegritas
  • Memiliki kekuatan dan daya tahan tubuh yang baik
  • Memiliki pengalaman dalam menyiapkan kartu serta stok barang
  • Disiplin terhadap waktu
  • Dapat menata barang dengan rapi dan terstruktur
  • Memiliki sifat pekerja keras
  • Detail
  • Bisa berkoordinasi dengan pihak lain
  • Terbiasa memeriksa, menghitung, serta mencatat (tally) terhadap barang-barang dari outbound yang akan dimuat sesuai dengan dokumen pengiriman berdasarkan dengan SOP.

Syarat-syarat tersebut yang kemudian bisa kamu jadikan acuan saat mencari seorang checker gudang. Karena jika memenuhi seluruh syarat di atas, maka orang tersebut dapat menjalankan tugasnya sebagai checker gudang dengan baik.

Gaji Checker Gudang

Setelah mengetahui pengertian checker gudang hingga tugas dan tanggung jawabnya, pasti kamu bertanya-tanya terkait berapa gaji checker gudang. Ternyata, gaji checker gudang di Indonesia cukup variatif tergantung perusahaan dan lokasi perusahaannya.

Umumnya gaji dari seorang checker gudang yaitu akan disesuaikan dengan UMK dari masing-masing daerah tempat perusahaannya berdiri. Namun, gaji tersebut bisa jauh lebih tinggi jika checker gudang melakukan lembur dan tidak banyak mengambil libur.

Terlebih, jika checker gudang tersebut tidak mengambil libur di hari-hari besar. Pasalnya, hari-hari besar tersebut akan menyebabkan naiknya proses distribusi dari setiap barang.


Dari uraian di atas, dapat kamu ketahui bahwa checker gudang merupakan sebuah profesi yang memiliki peran sangat penting dalam perusahaan. Tidak heran, pengertian checker gudang sendiri mengacu pada seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab atas barang-barang di gudang.

Untuk tugasnya sendiri tentu bukan hanya membereskan gudang saja, tapi juga mengecek barang-barang di dalam gudang, menjaga kualitas dan kuantitas barang, serta membuat laporan yang kemudian diserahkan pada bagian akuntansi gudang.

Setelah melihat tugas dan tanggung jawabnya, kamu bisa memprediksi berapa besaran gaji seorang checker gudang. Tentunya, besaran gaji tersebut bisa kamu sesuaikan terlebih dahulu dengan upah minimum di kota tempat kamu tinggal.

Kamu butuh checker gudang yang professional namun bisa kamu hire dengan mudah dengan dana yang terbatas? Kamu bisa sewa gudang Kompack untuk mendapatkan itu semua. Kompack merupakan  layanan jasa manajemen pergudangan dari Komerce.

Kompack didukung oleh SDM yang telah mahir dan professional di bidang ini. Dengan SOP yang semakin menjamin keamanan dan kenyamanan partner kami dalam menggunakan jasa kami. Biaya yang dikeluarkan pun sangat terjangkau. Partner tidak perlu mengeluarkan budget sewa gudang bulanan. Partner hanya cukup mengeluarkan biaya packing mulai dari Rp. 2.500,00 per paket. 

Kompack siap menjadi partner pebisnis yang masih pusing dalam mengatur penyimpanan stock hingga pengemasan. Kunjungi kompack.id untuk info lebih lanjut.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar