10 Sifat dan Skill yang Harus Dimiliki Seorang Admin Online Shop

komerce.id – Menjalankan toko online seringkali tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika Anda memiliki banyak toko di berbagai marketplace, pasti Anda akan sangat kerepotan. Keadaan itu akan semakin sulit jika Anda harus melayani pembeli yang berdatangan sendiri.

Untuk mempermudah tugas Anda dalam mengelola online shop, Anda bisa mempertimbangkan untuk merekrut karyawan admi. Namun, untuk memulai itu semua kamu harus menyeleksi dengan teliti orang yang akan dipercaya untuk mengelola tokomu.

Menjadi admin online juga harus memenuhi beberapa kualifikasi. Ini dikarenakan seorang admin harus memikul beberapa tanggung jawab yang berkaitan dengan operasional toko. Ada beberapa sifat dan skill yang harus dimiliki seorang admin online shop.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sifat dan skill-skill yang harus dimiliki oleh seorang admin online shop maupun admin marketplace.

Baca juga: 16 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang paling Efektif

Sifat dan Skill yang Harus Dimiliki Admin Online Shop

admin marketplace
Sumber gambar: redcomm.co.id

Sifat-sifat dan skill seorang admin sangat penting untuk mendukung kinerja ketika mereka bekerja. Selain itu, sebagai pemilik online shop juga akan merasa tenang dalam mempercayakan toko Anda ke karyawan.

Apa saja sifat dan skill yang harus dimiliki admin online shop maupun admin marketplace? Simak penjelasan berikut ini:

1. Sopan dan Santun

Dalam setiap pekerjaan, baik formal maupun informal, sopan santun merupakan hal yang wajib dimiliki oleh pribadi karyawan. Sopan dan santun harus dimiliki oleh admin online shop karena mereka harus berkomunikasi dengan pengunjung toko yang berinteraksi.

Jika seorang admin online shop tidak memiliki sifat sopan dan santun dikhawatirkan akan mempengaruhi pekerjaannya dalam menghadapi pelanggan maupun mengelola toko. Anda pasti tidak mau kan jika toko online Anda terkenal karena adminnya yang kurang sopan?

2. Teliti

Menjadi admin online shop berarti juga turut mengurus berbagai orderan dan stok barang. Kedua pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang tinggi, karena satu hal berhubungan dengan kepuasan pelanggan dan satunya berhubungan dengan operasional toko.

Jika kurang teliti, admin akan rawan melakukan kesalahan. Satu kesalahan kecil dapat memberikan dampak yang serius untuk online shop. Sebagai contoh, jika admin salah menginput warna atau varian produk yang diorder maka akan menimbulkan ketidakpuasan konsumen. Pada akhirnya, produk harus ditukar dan menambah beban operasional. Itu belum termasuk kerugian non-material seperti waktu, kepuasan, dan sebagainya.

3. Berinisiatif Tinggi

Perkembangan teknologi yang pesat turut membuat tren onlineshop juga terus bergerak. Jika kamu tidak terus berinovasi dan mencoba berbagai hal maka tokomu akan tertinggal dari yang lainnya. Tren yang bergerak begitu cepat menuntutmu terus memutar otak agar bertahan.
Karyawan yang memiliki inisiatif tinggi akan menguntungkan perusahaanmu dengan idenya. Apalagi, admin online shop mengharuskan dia terus memantau pergerakan di internet. Ia harus peka dengan perubahan yang cepat itu.

4. Jujur

Karena Anda akan mempercayakan online shop Anda ke tangan karyawan, maka Anda harus dapat mencari orang yang bisa dipercaya. Sifat jujur dari karyawan akan sangat membantu Anda merasa lebih tenang ketika menyerahkan toko untuk dikelola.

Carilah orang yang jujur ketika Anda wawancara sebelum menetapkan seseorang menjadi karyawan Anda. Anda juga bisa melakukan pengecekan untuk mengukur kejujuran karyawan.

5. Mampu Bekerja dalam Tim

Ketika onlineshop Anda semakin berkembang, maka Anda membutuhkan untuk mempekerjakan orang lebih banyak lagi. Ini berarti Anda harus membentuk sebuah tim kerja untuk saling mengisi posisi dan melakukan berbagai pekerjaan yang tidak bisa Anda lakukan sendiri.

Sebuah tim tidak bisa bekerja masing-masing individu. Antar karyawan harus saling bekerja sama dan saling mengisi. Jika admin tidak mampu bekerja dalam tim, ia akan menghambat kinerja anggota lainnya dalam memaksimalkan tim Anda.

Baca juga: 16 Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis

6. Kemampuan Komunikasi

Terkadang, admin online shop harus menghadapi pelanggan entah hanya sekedar bertanya atau mengajukan keluhan. Untuk menghadapi itu semua diperlukan kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan komunikasi juga berguna saat admin melakukan koordinasi dengan Anda selaku pemilik online shop. Kemampuannya dalam menyampaikan kondisi online shop dan pasar terkini dapat memudahkan Anda dalam mengerti keadaan dan menentukan strategi bisnis berikutnya.

7. Basic Office

Tak hanya soft skill, skill teknis juga diperlukan untuk mendukung online shop Anda dalam melakukan pembukuan dan update stock data. Hal ini dimaksudkan agar Anda tak perlu bekerja dua kali dalam mengelola data online shop Anda.

Basic office seperti Ms Excell dan Ms Word merupakan hal yang sangat umum untuk diketahui dewasa ini. Untuk data-data yang memerlukan formula khusus bisa dilakukan oleh Anda sendiri jika memang admin Anda tidak mampu mengatasinya. Namun, ada baiknya Anda merekrut SDM yang memiliki kemampuan dasar office.

8. Akrab dengan Media Sosial

Hampir semua brand memiliki akun media sosial untuk menjangkau audience lebih mudah. Media sosial adalah tempat dimana terdapat kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dan terbuka. Tak hanya itu, media sosial juga menjadi tempat brand untuk mempromosikan produknya maupun menginformasikan kabar terbaru tentang brandnya.

Seorang admin online shop harus akrab dengan berbagai media sosial dan trending dari masing-masing media sosial. Itu dilakukan agar toko kamu semakin akrab dengan pengguna dan dapat memberikan terpaan dengan lebih efektif.

Baca juga: 9 Perbedaan Online Shop, E-Commerce, dan Marketplace

9. Menguasai Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi yang disajikan melalui komputer atau secara digital. Literasi digital sangat berguna untuk menghemat berbagai hal seperti waktu, uang, dan lebih update.

Pemahaman literasi yang buruk akan memperlambat kerja dan kurang up-to-date. Memahami literasi digital dapat membuat individu lebih mudah dalam membuat keputusan karena ia akan mudah mencari informasi dan referensi dari berbagai hal yang dihadapi.

10. Menguasai Sistem Transaksi Online

Transaksi online sudah menjadi kebutuhan dari online shop. Mulai dari order online, pembayaran online, pengiriman, hingga cek resi dan invoice secara online. Seorang admin online shop harus mampu memahami itu semua.

Transaksi online diciptakan untuk mempermudah penjual dan pembeli dalam bertransaksi tanpa harus bertemu atau melibatkan banyak pihak. Dengan menguasai sistem transaksi online, admin akan mempercepat alur transaksi dan tentu saja menghemat waktu.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Bisnis Secara Efektif


Inilah 10 Sifat dan Skill yang Harus Dimiliki Seorang Admin Online Shop. Dengan memiliki sifat dan skill di atas, kamu akan mendapatkan admin yang dapat mendukung kemajuan online shop kamu. Namun untuk mendapatkan itu semua, kamu harus dapat menyeleksi dengan teliti.

Merekrut admin marketplace bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anda harus benar-benar peka untuk dapat admin yang ideal dan sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan. Tak hanya itu, Anda juga harus melatih admin tersebut agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja Anda.

Solusi untuk mempermudah itu semua adalah dengan merekrut melalui tempat atau lembaga yang terpercaya. Anda bisa datang ke tempat yang sudah menyediakan admin terlatih dan berpengalaman seperti Komerce yang menyediakan talent admin marketplace handal.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar