16 Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis dan Usaha

Suatu bisnis tidak akan bisa berkembang apabila tidak ada konsumen atau klien yang mau / percaya untuk membeli produk yang ditawarkan. Hal itu karena perusahaan tersebut membutuhkan sebuah cara membangun kepercayaan klien untuk bisa memasarkan produk-produk milik Anda.

Kepercayaan sendiri merupakan syarat untuk terciptanya keuntungan di antara kedua belah pihak serta perusahaan menjadi lebih berkembang. Tapi kepercayaan pada kenyataannya masih menjadi masalah utama. Para klien mempunyai standarisasi tersendiri mendapatkan produk yang diinginkan.

Sehingga Anda perlu menerapkan cara membangun kepercayaan dari pelanggan, agar mereka memilih produk Anda untuk barang konsumsinya. Caranya pun harus dilakukan dengan benar dan sesuai target marketing, supaya tingkat kepercayaan pelanggan menjadi meningkat daripada sebelumnya.

16 Strategi Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

cara meningkatkan kepercayaan konsumen
sumber milajuniors.com

Kami memiliki 16 cara, tips dan trik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online. Dibawah ini ya!

1. Berusaha Untuk Selalu Jujur dan Terbuka Kepada Klien

Pelanggan akan memberikan kepercayaan kepada suatu brand, namun hal itu bisa timbul karena berawal dari sebuah kejujuran dan keterbukaan brand tersebut. Brand yang tidak jujur akan mengakibatkan kepercayaan pelanggan menurun, maka usahakan untuk selalu jujur.

Anda bisa menunjukkan kejujuran misalnya seperti menyampaikan kelebihan dan kekurangan pada saat mempresentasikan produk. Tapi klien juga akan bersimpati jika Anda memberikan penjelasan tentang solusi dari kekurangan produk.

2. Dengarkan Keluhan Klien

Anda bisa mencoba untuk mendengarkan keluh kesah yang disampaikan oleh klien Anda. Anda perlu penuh perhatian ketika sedang mendengarkannya, jadi telinga serta kontak mata harus fokus ke pembicaraan.

Anda bisa memberikan tanggapan sesekali atau pun sebuah solusi jika memang diminta. Klien akan merasa lebih percaya, jika sudah merasa nyaman. Hal itu karena cara membangun kepercayaan bisa didapatkan dari mendengar keluhan.

Anda bahkan bisa mengetahui masalah atau hal yang membuat klien tidak nyaman yaitu dari ungkapannya. Anda pun dapat mengetahui gambaran dan solusi untuk menghasilkan produk terbaik.

3. Mengidentifikasi Masalah

Setelah mengetahui masalah pelanggan secara langsung, Anda akan menciptakan suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga butuh kehati-hatian dalam memberikan solusinya. Anda harus berhati-hati agar kepercayaan klien tetap terjaga.

Baca juga: Tipe Konsumen Dan Cara Melayaninya

4. Belajar dari Kesalahan Sebelumnya

Sebuah kesuksesan pasti ada sebuah lika liku atau masalah di balik semuanya sebelum berhasil meraihnya, namun dari kesalahan tersebut Anda dapat bangkit lagi serta meraih apa yang diimpikan. Anda dapat belajar dari kesalahan sebelumnya, sehingga ada peluang untuk memperbaikinya.

Anda bisa memikirkan sebuah solusi terbaik dari kesalahan tersebut, supaya tidak mengulanginya kembali di kemudian hari. Misalnya pada kasus salah menyebut varian produk, maka Anda juga perlu mendalami dan lebih mengenal berbagai produk perusahaan Anda supaya lebih hafal.

5. Memenuhi Apa yang Sudah Dijanjikan Kepada Klien

Sebuah janji bisa berakibat fatal di dalam dunia bisnis jika tidak dilaksanakan. Bahkan Anda akan mendapat kerugian besar berupa kepercayaan konsumen menjadi hilang. Oleh sebab itu apabila Anda berjanji kepada konsumen maka usahakan untuk segera mewujudkannya.

Anda dapat membangun kepercayaan konsumen dengan salah satu cara terbaik yaitu memenuhi janji secara tepat waktu. Sehingga nama perusahaan juga akan selalu diingat oleh para konsumen, selain nama Anda lebih dikenal.

6. Bertanggung Jawab dengan Klien Secara Sepenuhnya

Ketika Anda mempunyai sebuah produk yang dijual kepada masyarakat, Anda tidak bisa lepas tangan dan diserahkan ke karyawan seluruhnya apalagi di bidang kesehatan. Anda harus melakukan pendamping pemakaian produk dengan benar, jadi tidak hanya sekedar menjual produk.

Anda harus mempunyai sikap melayani dengan baik dan selalu siap sedia membantu pelanggan ketika dibutuhkan. Hak itu karena tanggung jawab pelanggan ada di tangan Anda, dan tidak boleh lepas tangan jika sesuatu terjadi. Sehingga tingkat kepercayaan pada produk akan meningkat.

7. Meminta Pendapat Mengenai Kritik dan Saran

Meminta kritik dan saran adalah langkah yang sangat efisien, jika perusahaan mau menerima segala kritik serta saran membangun. Kepercayaan klien pun dapat ditingkatkan, selain mereka mengetahui tentang kelebihan & kekurangan produk.

Anda harus siap menerima berbagai kritikan peda yang disampaikan oleh seorang klien, karena untuk melaksanakan langkah ini memang tidak mudah. Sehingga Anda harus mempunyai mental kuat dan bisa berlapang dada.

Baca juga: Cara mendapatkan feedback dari customer

8. Menampilkan Testimoni dari Klien-Klien Sebelumnya

Cara membangun kepercayaan klien selanjutnya adalah dengan memberikan testimoni dari klien yang sudah mencoba produk Anda sebelumnya. Tentu saja cara ini dapat Anda lakukan ketika hendak menjalin kerjasama dengan klien lain. Pihak klien pun akan mempunyai gambaran mengenai produk maupun perusahaan milik Anda.

Anda harus membiarkan klien menyampaikan apa yang dirasakan secara jujur, tanpa dibuat-buat. Hal itu akan membuat klien sebelumnya lebih leluasa dalam menyampaikan keluh kesahnya, serta mampu meningkatkan kepercayaan.

9. Menyiapkan Profil Secara Lengkap

Anda perlu menyiapkan data diri atau profil perusahaan jika hendak membangun kepercayaan kepada klien. Jangan lupa untuk menyiapkannya secara lengkap dan jelas. Hal itu bisa dijadikan bukti bahwa Anda berasal dari perusahaan terpercaya dan memiliki citra baik.

Produk Anda juga akan lebih meyakinkan karena berasal dari perusahaan terpercaya, serta bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan ke pelanggan bahwa Anda bukan seorang penipu.

10. Memudahkan Pelanggan Dalam Menjalin Komunikasi

Ketika data atau profil diri maupun perusahaan sudah disiapkan sebaik mungkin, maka Anda akan mendapatkan konsekuensi bahwa harus selalu siap saat dihubungi kapan saja. Dalam hal ini Anda harus fast respon dan cepat tanggap saat klien minta berkomunikasi.

11. Memberikan Suatu Hal Kepada Klien

Anda dapat melakukan suatu strategi untuk membangun kepercayaan klien yaitu dengan cara memberikan suatu hal atau berupa reward kepadanya. Adapun pemberian tersebut misalnya seperti ebook, buku, masih berhubungan dengan produk yang diinginkan klien, atau lainnya.

12. Membuat Sistem Jelas dan Mudah

Teknologi hadir untuk membantu manusia dalam mempermudah pekerjaannya. Sehingga Anda dapat menerapkan teknologi itu dalam membangun kepercayaan klien. Anda dapat mempermudah penjualan produk hingga sampai ke tangan konsumen, sehingga lebih praktis.

13. Menggunakan Sarana Pendukung Bisnis dan Usaha Melalui Media Sosial

Anda bisa mencoba membuat akun di beberapa media sosial, tujuannya untuk memberikan informasi mengenai update produk. Anda perlu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin agar mereka tahu informasi terkini.

14. Membagikan Tentang Apa Saja yang Sudah Dikerjakan

Laporan biasanya diperlukan untuk mengetahui progress pesanan atau produk yang sudah diproduksi. Hal itu diperlukan agar konsumen lebih percaya bahwa perusahaan Anda bukan penipu.

15. Mengerjakan Deadline Tepat Waktu

Waktu memang sangat berharga dalam dunia bisnis, karena bisa berpengaruh terhadap keuntungan atau kerugian pada suatu perusahaan. Maka jika Anda ingin pelanggan percaya, sebisa mungkin cobalah untuk menepati deadline sesuai yang dijanjikan pada awal kesepakatan.

16. Meningkatkan Pelayanan Customer Service

Disadari Atau Tidak, Semua Yang Telah Kita Bahas Bermuara Ke Satu Hal. Hubungan Antara Bisnis Dan Konsumen. Orang Yang Pertama Dan Terdepan Dalam Menghadapi Konsumen Adalah Customer Service. Itulah Mengapa Kualitas Pelayanan CS Menjadi Sangat Penting.

Tingkatkan kualitas customer service dengan memberikan pengajaran secara berkala atau hire customer service terlatih untuk memaksimalkan pelayanan toko anda.

Baca juga: Pengertian Kualitas Pelayanan


Kepercayaan dalam berbisnis merupakan pondasi agar tercipta suatu kerjasama atau hubungan yang baik. Lakukan beberapa hal baik di atas mengenai cara membangun kepercayaan klien agar bisnis berjalan lancar, karena banyak pelanggan mempercayai produk Anda.

Apabila Anda jujur, sabar, terbuka, serta konsisten maka Anda akan meraih hasil yang baik juga tentunya. Oleh sebab itu jangan pernah merasa lelah untuk membangun kepercayaan konsumen dalam berbisnis menggunakan cara terbaik.

kolaborasi bersama komerce
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar