16 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang Harus Anda Ketahui

Peningkatan penjualan merupakan hal yang diinginkan oleh semua pebisnis baik yang berskala kecil maupun juga berskala besar. untuk Anda yang memiliki bisnis berbasis online, kami memiliki beberapa cara untuk meningkatkan penjualan online.

Cara untuk dapat meningkatkan nilai penjualan online tidak sesulit atau juga tidak semahal yang Anda bayangkan. Berikut akan kami jelaskan cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilai penjualan online dari online shop Anda.

Agar tidak ketinggalan informasinya, simak artikel ini hingga selesai dan jangan sampai ada yang informasi yang terlewat, ya!

16 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online

cara meningkatkan penjualan online
sumber salesforce.com

Karena transaksi jual beli saat ini seringkali dilakukan secara online, Anda harus mengikuti tren dan mulai berjualan melalui online shop. Untuk dapat meningkatkan penjualan online, berikut adalah tips atau caranya:

1. Membuat website

Saat Anda mulai berbisnis menggunakan jaringan internet, akan lebih baik jika Anda memiliki website yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi kepada calon pelanggan. Di dalam website ini, Anda dapat mengunggah informasi terkait toko online Anda.

2. Tampilan website yang user friendly

Kesan pertama merupakan hal penting yang dapat berdampak terhadap minat calon konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu, Anda harus membuat tampilan website yang user friendly agar calon konsumen dengan mudah mengerti dan mendapatkan informasi mengenai produk.

Jangan lupa juga untuk mengunggah berbagai macam konten menarik yang membuat calon konsumen senang dan tertarik untuk menghabiskan waktu dengan melihat-lihat produk atau membaca konten yang ada pada website Anda.

3. Buat strategi content marketing

Marketing atau pemasaran adalah sebuah metode yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran calon pelanggan akan produk atau toko yang Anda miliki. Karena saat ini merupakan era digital dan Anda membuka toko online, Anda dapat menggunakan konten sebagai strategi marketing.

Tidak hanya terbatas pada video, Anda juga dapat membuat konten yang berupa foto atau juga tulisan (artikel). Dengan adanya content marketing ini, trafik minat calon konsumen terhadap produk dan toko Anda akan meningkat sehingga memungkinkan untuk meningkatkan penjualan online.

4. Mengimplementasikan SEO

Search Engine Optimization atau yang disingkat sebagai SEO adalah sebuah Teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan jangkauan sebuah halaman yang ada pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo atau juga bing.

Dengan mengimplementasikan SEO ini artikel yang Anda buat akan muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian kata kunci yang dicari oleh calon pelanggan yang berada di sekitar Anda.

Baca juga: Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pemilik Online Shop

5. Menggunakan dan mengoptimalkan media sosial

Selain menggunakan website, Anda juga harus mempertimbangkan untuk membuat media sosial sehingga Anda dapat melakukan promosi atau juga berkomunikasi baik dengan calon konsumen maupun konsumen.

Karena banyaknya pengguna media sosial saat ini, dengan mengoptimalkan promosi melalui media sosial diharapkan akan mampu membantu untuk meningkatkan nilai penjualan pada toko online Anda.

6. Menunjukan testimoni dari konsumen

Karena tingkat penipuan pada transaksi jual beli online yang lebih tinggi dibandingkan dengan transaksi jual beli offline, calon konsumen dan konsumen akan lebih waspada dan juga hati-hati dalam berbelanja.

Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan menunjukan testimoni dari konsumen yang sudah melakukan transaksi pada toko online Anda sehingga calon konsumen akan lebih percaya dan akhirnya membeli di toko Anda.

7. Aktif berkomunikasi di komunitas online

Saat ini sudah banyak komunitas online yang digunakan oleh calon konsumen untuk mencari tahu mengenai produk yang ingin dibeli atau uga toko online yang ingin dituju. Dengan aktif berkomunikasi melalui komunitas atau forum online, Anda dapat menemukan berbagai data.

Data yang dimaksudkan adalah tren yang saat ini sedang terkenal di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi oleh calon konsumen dan konsumen, serta masukan yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki bisnis Anda.

8. Sediakan berbagai jenis metode pembayaran

Meskipun produk yang diinginkan sesuai, calon pelanggan dapat saja batal melakukan pembelian karena tidak ada metode pembayaran yang cocok. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menyediakan berbagai jenis metode pembayaran.

Anda dapat menyediakan rekening yang berbeda dari berbagai macam bank dan juga menyediakan pembayaran melalui e-wallet serta melalui mobile payment.

9. Gunakan strategi pemasaran FOMO

Fear of Missing Out (FOMO) adalah istilah psikologis yang digunakan untuk dapat menggambarkan perasaan gelisah atau takut akan ketinggalan tren dan hal-hal yang menyenangkan dan sedang terkenal.

Anda dapat menggunakan FOMO dan mengaplikasikannya pada strategi pemasaran dimana Anda perlu membangun kegelisahan pada calon konsumen jika melewatkan produk atau toko online Anda. Yakinkan bahwa promosi yang sedang ditawarkan merupakan hal yang langka.

10. Menggunakan email marketing

Meskipun terdengar seperti hal yang sepele dan ketinggalan zaman, email marketing ini juga ternyata masih sering dilakukan untuk dapat meningkatkan kesadaran calon konsumen terhadap produk dan toko yang ditawarkan.

11. Menggunakan Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC) merupakan strategi marketing melalui internet yang membuat pemasang iklan hanya perlu untuk membayar setiap iklan yang dipilih atau diklik oleh target pemasaran. Strategi marketing ini banyak digunakan pada media sosial seperti Facebook, Instagram dan bahkan Google.

12. Memanfaatkan marketplace

Anda dapat memanfaatkan marketplace karena marketplace sudah menyediakan fasilitas yang dibutuhkan seperti metode pembayaran, dan juga fitur-fitur promosi. Calon pelanggan cenderung lebih sering berbelanja dengan menggunakan marketplace dikarenakan posisi marketplace yang bertindak sebagai pihak ketiga dapat menurunkan potensi terjadinya penipuan online.

13. Buat strategi pemasaran dan strategi penjualan online berdasarkan Google Analytics

Meskipun masih banyak orang yang belum mengetahui Google Analytics, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk melihat dan menganalisis perkembangan yang terjadi pada website toko online Anda. Susun strategi pemasaran dan penjualan berdasarkan data ini agar lebih efektif.

Baca juga: Tips Jualan Online Untuk Pemula

14. Mengoptimalkan retargeting

Retargeting atau penargetan ulang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Biasanya cara ini digunakan dengan menggunakan iklan di media sosial atau juga mesin pencarian. Targetkan kembali orang-orang yang mengunjungi website Anda untuk iklan selanjutnya.

15. mempercepat proses checkout

Proses checkout yang lama dan rumit dapat membuat pelanggan Anda batal melakukan transaksi pada toko Anda. Hindari hal tersebut dengan meningkatkan kecepatan website, mengizinkan pelanggan login tanpa melakukan registrasi dan menghilangkan distraksi.

16. Gunakan pop-up offers

Pop-up yang seringkali dianggap mengganggu karena sering muncul saat Anda berselancar di internet dapat Anda manfaatkan untuk melakukan promosi yang strategis dan efektif. Dengan adanya pop-up, calon konsumen yang awalnya tidak mengetahui toko online Anda dapat mengetahui tanpa berusaha mencari.


Dari 16 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online yang sudah kami sampaikan, semuanya kurang lebih terkait dengan strategi pemasaran dan juga promosi. Tetap semangat dan jangan menyerah untuk berjualan dan meningkatkan angka penjualan!

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Satu pemikiran pada “16 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang Harus Anda Ketahui”

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.