Relationship Marketing: Pengertian, Tujuan dan Strateginya

komerce.id – Relationship marketing atau biasa dikenal dengan pemasaran hubungan merupakan teknik penting dalam suatu metode marketing. Strategi tersebut mampu menjaga hubungan antara pelanggan maupun perusahaan agar keduanya masih terhubung selama kepentingan usaha.

Sayangnya, saat ini banyak pebisnis yang melupakan metode pemasaran ini. Padahal apabila kamu mempunyai hubungan baik dengan para customer, hal ini menandakan bahwa loyalitas pelanggan juga meningkat. Jadi secara tidak langsung, keuntungan usaha akan bertambah.

Lantas bagaimana dengan kamu ketika baru saja mengaplikasikan relationship marketing pada suatu bisnis? Apakah saat ini kamu sudah memiliki hubungan yang baik bersama pelanggan? Tentu saja hal ini harus dijadikan sebagai evaluasi agar benar-benar menjaga komunikasi sebaik mungkin.

Baca juga: Jenis-jenis Customer Persona

Apa Itu Relationship Marketing?

Pengertian Relationship Marketing
Pengertian Relationship Marketing, Sumber gambar: mobileappdaily.com

Definisi dari relationship marketing adalah salah satu strategi pemasaran untuk menjalin hubungan secara lebih personal dan dalam dengan pelanggan. Tidak hanya itu saja, metode ini juga berguna untuk menjamin loyalitas merek sekaligus kepuasan customer dalam waktu jangka panjang

Dari penerapan relationship marketing ini, perusahaan bisa menciptakan hubungan kuat dan baik dengan pelanggan mereka. Selain itu, mereka juga memperoleh kepercayaan dari customer sehingga perkembangan bisnis akan lebih cepat.

Bisnis pun bisa mendapat keuntungan lain berupa promosi dari mulut ke mulut ketika mereka menyebarkan informasi kepada orang lain. Selanjutnya informasi tersebut tentunya secara tidak langsung akan menghasilkan keuntungan berlebih dan peluang bagus ke depannya.

Baca juga: Pengertian Customer Journey

Apa Kelebihan Relationship Marketing?

Kelebihan Relationship Marketing
Kelebihan Relationship Marketing, Sumber gambar: neverbounce.com

Sama halnya seperti yang telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya, relationship marketing adalah strategi pemasaran untuk ditujukan dalam waktu jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa kelebihan metode relationship marketing:

1. Mempertahankan Pelanggan dalam Jangka Panjang

Dari sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin lama pelanggan mampu bertahan pada sebuah merek, maka mereka merasa semakin berharga. Jadi sederhananya, pada saat kamu sedang membangun hubungan bersama customer, kamu bukan sekedar menjual produk saja.

Jadi tidak hanya menjual produk saja namun mengembangkan loyalitas dan kesetiaan bersama customer. Hal ini membuat para customer cenderung bertahan pada suatu merek bisnis kamu dalam jangka panjang karena mereka menganggap bahwa pelayanan memuaskan adalah kuncinya.

2. Meningkatkan Kemungkinan Rekomendasi

Pada penerapan marketing seperti ini, tentunya ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan agar bisa menarik customer. Namun sayangnya, salah satu hal paling efektif yakni pada saat informasi tersebut telah tersebar ke sesama pelanggan dari mulut ke mulut.

Hal ini juga didukung oleh sebuah hasil penelitian menunjukkan jika sebanyak 84% pelanggan akan mengutip rekomendasi dari orang terdekat mereka seperti anggota keluarga dan teman. Mereka menganggap bahwa saran tersebut menjadi sumber paling terpercaya sebelum memilih merek

3. Membuat Perubahan Harga Menjadi Lebih Mudah

Tidak jarang juga bahwa beberapa usaha merasa takut akan kehilangan customer pada saat ingin meningkatkan harga produknya. Namun kondisi ekonomi sering memaksa usaha untuk memutuskan terjadinya perubahan harga demi bisa memenangkan persaingan dalam pasar.

Saat hal ini terjadi, kamu bisa memakai teknik pemasaran hubungan untuk membantu dalam menentukan perubahan harga menjadi terasa lebih mudah. Hal ini juga karena loyalitas customer dirasa tidak memikirkan perubahan harga saat sudah percaya suatu brand.

4. Menciptakan Peluang untuk Mendapatkan Umpan Balik Pelanggan

Saat bisnis hendak mengeluarkan produk baru baik berupa barang maupun layanan, umumnya mereka akan kebingungan mencari sampel uji coba. Keberadaan pelanggan yang sudah lama menjadi customer tentu sangat membantu pemilik usaha dalam mengetahui respon dari pembeli lama

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa memanfaatkan momen ini dalam menentukan kekuatan paling besar yang ada di dalam bisnis tersebut. Cukup identifikasi saja dari rekomendasi para pelanggan loyal apa saja harus ditingkatkan di waktu kedepannya.

5. Memberikan Keunggulan Kompetitif untuk Perusahaan

Selanjutnya, perlu kamu tahu jika tak semua orang akan memakai metode pemasaran hubungan ini pada perusahaan mereka. Nyatanya hal ini jadi kabar baik untuk suatu usaha karena tidak seluruh pesaing bisnis kamu memiliki hubungan baik dengan pelanggannya masing-masing.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut atas dasar menggunakan hubungan yang baik bersama pelanggan lewat metode relationship marketing tersebut. Tentu saja strategi ini memiliki tujuan utama gun meningkatkan peluang bisnis dan menciptakan loyalitas para customer.

Apa Tujuan Relationship Marketing?

Sebelum menerapkannya, penting bagi kamu untuk mengetahui apa tujuan utama dari relationship marketing tersebut. Fungsinya adalah menjalin hubungan kuat antara para pelanggan dan juga tim marketing. Hal ini secara langsung mampu meningkatkan peluang guna mencapai kesepakatan.

Adanya loyalitas pelanggan tentunya sangat penting untuk dicapai oleh para pelaku usaha terutama jika mereka baru saja merintis di awal waktu. Dengan begitu, brand awareness pun lama-lama akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu selama bisnis tersebut berkembang.

Tidak hanya itu saja, menjaga hubungan bersama pelanggan juga bisa kamu lakukan dengan mengetahui bagaimana cara mereka memakai produk tersebut baik dalam bentuk barang maupun layanan bisnis. Cukup amati saja dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Baca juga: Pengertian Customer Service

Bagaimana Strategi Relationship Marketing yang Baik?

Strategi Relationship Marketing
Strategi Relationship Marketing, Sumber gambar: surveysparrow.com

Dalam penerapannya, ada beberapa strategi yang harus kamu terapkan pada sebuah bisnis. Tentu hal ini penting untuk diketahui terutama bagi para pelaku usaha dan masih pemula menjalaninya. Dengan tujuan utama mampu menciptakan hubungan sebaik mungkin bersama pelanggan.

1. Memberikan Pelanggan Layanan yang Terbaik

Menyediakan layanan berkualitas dan terbaik menjadi hal pertama yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menerapkan strategi relationship marketing mereka. Dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin, pelanggan akan merasa terkesan dan lebih setia pada brand tersebut.

Maka dari itu, kamu harus menawarkan layanan terbaik pada mereka dengan cara memberikan sambutan yang ramah, tersenyum setiap saat hingga memenuhi apapun kebutuhannya. Lakukan hal-hal seperti ini secara konsisten.

2. Mengucapkan Terima Kasih

Kamu mungkin tidak lupa berpikir bahwa sebenarnya ucapan terima kasih bisa memberikan dampak yang begitu luar biasa untuk bisnis yang sedang dikembangkan. Padahal cara sederhana seperti ini mampu membangun hubungan baik bersama para pelanggan sekaligus meningkatkan loyalitasnya.

Kamu bisa mengucapkan terima kasih pada pelanggan setia lewat beberapa cara. Misalnya mengucapkan pada postingan media sosial, hadiah manis ataupun kartu ucapan yang terasa personal sehingga membuat mereka merasa lebih spesial.


Adanya relationship marketing sangat penting untuk kamu terapkan di dalam sebuah bisnis. Bahkan mereka pun bisa memberikan umpan balik sehingga dapat dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas produk yang tengah dikembangkan.

Beberapa kali tidak ada salahnya jika kamu meminta umpan balik dari customer lewat survei hingga jajak pendapat. Mereka pun menganggap bahwa pendapatnya juga diterima sehingga merasa lebih dihargai sebagai customer.

Jangan ragu juga untuk menciptakan program loyalitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesetiaan para pelanggan. Beberapa contohnya seperti menciptakan event spesial, program tingkatan hingga value brand.

Untuk semakin mendukung hubungan baikmu dengan pelanggan, kamu harus dapat menjalin komunikasi yang baik dan profesional. Untuk mewujudkannya kamu memerlukan talent customer service yang terlatih dan berpengalaman dari Komtim.

Komtim telah dipercaya oleh ribuan partner sejak 2017 untuk membantu mereka dalam melayani dan berkomunikasi dengan pelanggan melalui talent customer service. Talent Komtim yang disalurkan kepada pebisnis telah melalui pendidikan CS dengan kurikulum terbaru dari Komtim dan berpengalaman dalam menghandle berbagai jenis produk.

Cara gabungnya juga cukup mudah, cukup akses komtim.id dan ikuti petunjuk yang tertera di website Komtim untuk dapat terhubung dengan customer service dari Komerce. Jangan khawatir, kamu bisa berhemat hingga jutaan rupiah dengan bergabung dengan Komerce dibandingkan hire customer service secara mandiri. Apakah kamu berniat mencobanya?

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar