12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik dan Gratis

Aplikasi pembukuan Usaha – Dalam menjalankan sebuah bisnis kamu harus mencatat keuangan usaha, untuk mempermudah itu semua kamu membutuhkan aplikasi guna membantu dalam melakukan pembukuan.

Aplikasi pembukuan dibutuhkan oleh pebisnis untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan keuangan secara rinci dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Sebenarnya, dalam mencatat pembukuan kamu bisa saja menggunakan cara manual. Namun, hal itu akan membuat kamu kerepotan, mengingat banyak hal yang harus diurus oleh seorang pebisnis online.

Ada banyak aplikasi pembukuan yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun yang berbayar. Sudah pasti ada perbedaan fitur yang sangat mencolok antara keduanya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu tak perlu ragu untuk merogoh kocek. Kamu bisa sesuaikan kebutuhan kamu dengan beragam harga yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi.

12 Aplikasi Pembukuan Usaha dan Toko Online Gratis

Aplikasi pembukuan memiliki fitur yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membantu pebisnis online dalam mengelola keuangan sekalipun sangat awam tentang ilmu akuntansi. Penasaran aplikasi apa saja yang bisa digunakan dalam mengatur pembukuan? Ini dia rekomendasi dari Komerce!

1. Zahir Accounting

aplikasi zahir accounting

Zahir Accounting adalah software akuntansi yang sudah akrab di kalangan pebisnis sejak tahun 1996. Zahir membantu para pebisnis dan pengusaha untuk menunjang pencatatan keuangan bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat. Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50.000-an pengguna (user/ lisensi) di Indonesia serta mancanegara.

Zahir tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris mengingat banyaknya pengguna dari berbagai negara. Zahir sendiri memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengusaha untuk mengontrol bisnisnya secara realtime mulai dari sales & invoices, purchase, inventory.

2. Moota

aplikasi moota

Moota merupakan aplikasi untuk pengecekkan mutasi dan saldo rekening, dimana mutasi rekening didapatkan dari akun iBanking kamu. Moota sangat membantu pebisnis yang ingin mengecek mutasi dana tanpa harus login berbagai macam e-banking.

Berbagai fitur yang disediakan oleh moota seperti cek transaksi, notifikasi transferan masuk, eksport data transaksi, unlimited akun bank, dan sebagainya. Moota juga memiliki fitur API yang dapat menghubungkan Moota dengan sistem website agar pengecekkan data transaksi menjadi lebih mudah dan otomatis.

3. BukuWarung

aplikasi bukuwarung

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah BukuWarung. BukuWarung adalah aplikasi yang memudahkan pebisnis mulai dari utang piutang, kelola stok barang, pembukuan usaha.

Fitur yang disediakan oleh BukuWarung tidak ber biaya alias gratis! Sangat cocok buat kamu yang sedang merintis usaha dan belum memiliki anggaran khusus untuk berlangganan tools atau aplikasi.

4. Teman Bisnis

aplikasi teman bisnis

Teman Bisnis adalah aplikasi yang dirancang bagi pebisnis Indonesia untuk mencatat dan mengevaluasi kinerja keuangan. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan sekalipun kamu masih awam dalam mengelola keuangan.

Teman Bisnis memiliki berbagai fitur seperti catatan transaksi, laporan keuangan, utang piutang dan pengelola persediaan barang.

5. Freshbooks

aplikasi freshbooks

Freshbooks adalah software akuntansi yang berpusat di Toronto, Kanada. Freshbooks dioperasikan oleh 2ndSite Inc. yang menyasar bisnis skala kecil dan menengah.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur otomasi pengingat invoice untuk mengumpulkan pembayaran.

6. Akuntansi Keuangan

Dari namanya, aplikasi ini sudah sangat jelas diciptakan untuk mencatat keuangan usaha kamu. Akuntansi Keuangan mencatat dengan metode pembukuan akuntansi. Itu berarti, terdapat fitur laporan jurnal, buku besar, neraca saldo, neraca, laba-rugi, dan sebagainya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengetahui ilmu dasar akuntansi. Aplikasi ini dapat digunakan di smartphone kamu loh!

7. Paper.id

aplikasi paper

Paper.id merupakan platform yang mempermudah pengusaha dalam mengurus kebutuhan invoicing. Kamu tak perlu lagi ribet mengurus dokumen invoice. Tak hanya invoice, platform ini juga mengelola pembayaran dan pendanaan usaha kamu.

Paper.id telah dipercaya lebih dari 250ribu pengusaha dan perusahaan besar di seluruh Indonesia.

8. Buku kas

aplikasi bukukas

BukuKas merupakan aplikasi keuangan usaha gratis. BukuKas telah digunakan lebih dari 5 juta pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. BukuKas membantu pengusaha untuk memonitor dan mengatur arus kas.

BukuKas memiliki fitur untuk membantu aktivitas mencatat semua transaksi, membuat laporan keuangan, dan mencatat & menagih hutang piutang. Kamu juga bisa terima dan kirim uang tanpa dibebani biaya admin bank.

9. Money Lover

aplikasi money lover

Money lover adalah aplikasi manajemen keuangan, anggaran & budget. Money lover dapat membuat kegiatan sinkronisasi kan semuanya di antara perangkat-perangkat anda secara otomatis.

Money lover menerima penghargaan Best of 2016, 2017 money manager & budget app on Android (Google Play nomination). Mereka juga menyediakan pilihan menggunakan aplikasi secara gratis maupun premium.

10. Expense Manager

aplikasi expense manager

Expense manager adalah aplikasi manajemen keuangan yang digunakan oleh pebisnis untuk memproses, membayar, dan mengaudit pengeluaran. Aplikasi ini tak terbatas pada mencatat pengeluaran lain yang dilakukan oleh karyawan seperti pengeluaran perjalanan dinas, liburan, dan sebagainya.

Aplikasi ini dapat mengontrol pengeluaran usaha kamu dari biaya-biaya lain yang kurang penting. Kamu bisa lebih hemat dalam mengatur keuangan perusahaan.

11. Finansialku

aplikasi finansialku

Finansialku adalah aplikasi keuangan yang membantu Kamu dalam mengelola dan membuat perencanaan keuangan, sehingga Anda dapat mengontrol keuangan dan mencapai tujuan keuangan Kamu.

Finansialku merupakan satu-satunya aplikasi keuangan yang menyediakan jasa konsultasi secara online dengan perencana keuangan yang tersertifikasi CFP® (Certified Financial Planner). Tertarik menggunakan aplikasi ini?

12. Si Apik

aplikasi si apik

Si Apik adalah aplikasi pembukuan ini dapat mencatat jenis transaksi sederhana bagi usaha perorangan (usaha mikro) maupun juga usaha kecil. Perbedaan aplikasi ini terletak pada kompleksitas pencatatan dan laporan keuangan.

Aplikasi pencatatan keuangan UMKM ini dapat digunakan oleh pelaku usaha mikro perorangan dan pelaku usaha kecil sektor jasa, perdagangan, pertanian, maupun manufaktur. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Foto Produk

Manfaat Aplikasi Pembukuan bagi Usaha dan Bisnis Anda

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, sebagai pebisnis kamu akan mendapatkan berbagai manfaat yang tidak kamu dapatkan ketika melakukan aktivitas pengelolaan keuangan secara manual. Adapun manfaat menggunakan aplikasi pembukuan antara lain:

1. Mengetahui Keuangan Bisnis Kamu

Dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan, kamu akan mengetahui kondisi keuangan bisnis kamu secara realtime dan terperinci.

Kamu tak perlu menghitung ulang untuk sekedar mencari tahu itu semua. Cukup buka aplikasi pembukuan dan data keuangan bisa langsung kamu dapatkan saat itu juga.

2. Lebih Mudah untuk Mengawasi

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, kamu bebas memantau kondisi keuangan kamu. Dengan kelebihan ini, kamu bisa mengawasi dari manapun laporan keuangan yang dibuat.

Kamu tak perlu khawatir akan menghabiskan waktu untuk datang dan melakukan pengecekan laporan keuangan.

3. Mempermudah Evaluasi Kinerja

Dalam berbisnis kamu perlu melakukan evaluasi agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dengan laporan yang bisa kamu cek secara realtime, kamu akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi kerja.

4. Meningkatkan Akurasi Data

Akurasi data merupakan hal yang penting dan krusial dalam sebuah usaha. Bagaimanapun, keuangan sangat menentukan keberlangsungan bisnis kamu.

Tak jarang, mencatat keuangan menggunakan cara manual dapat menimbulkan kesalahan bahkan kehilangan data. Itu karena kesalahan manusia tidak bisa dihindarkan dari kegiatan akuntansi. Aplikasi pembukuan dapat memperkecil kemungkinan kesalahan karena bilangan yang diinput dihitung secara otomatis.

5. Meningkatkan Mobilitas

Dengan adanya aplikasi pembukuan, kamu akan lebih leluasa mengontrol keuangan bisnis di manapun. Kamu bisa melakukan aktivitas lain tanpa harus terpaku dengan kegiatan pencatatan keuangan.


Itulah jenis-jenis dan manfaat dari aplikasi pembukuan untuk bisnis kamu. Bisa dibilang, adanya aplikasi ini merupakan hal yang penting bagi bisnis kamu. Dengan manfaat yang sangat membantu baik dari ketepatan data dan efisiensi waktu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas.

Sesuaikan pilihan aplikasi dengan kebutuhan bisnismu agar kamu dapat menggunakan kemudahan teknologi ini dengan maksimal. Sudah tahu mau pilih yang mana untuk bisnismu?

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Satu pemikiran pada “12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik dan Gratis”

Tinggalkan komentar