Pengertian Sistem FEFO dalam Manajemen Gudang, Yuk Simak!

Komerce.id – Apa itu sistem FEFO mungkin perlu Anda tahu bagi yang sedang menjalankan sebuah bisnis dengan sistem gudang. Bahkan dalam industri bisnis pun sudah sering mengenal istilah tersebut. Namun pada faktanya, beberapa pengusaha masih kesulitan untuk membedakan FEFO dan FIFO.

FEFO merupakan singkatan dari First Expired First Out, dari kepanjangannya saja mungkin Anda sudah tahu maksud dari singkatan tersebut. Sistem ini juga akan menentukan harga dan juga kualitas dalam analisis produk yang masih ada di dalam gudang.

Dalam sistem FEFO, ketika menerima produk baru, staf gudang menempatkan barang-barang yang baru diterima di bagian depan atau di atas tumpukan barang yang sudah ada. Ketika ada permintaan untuk mengambil produk dari gudang, petugas gudang akan mengambil produk dengan tanggal kadaluarsa terdekat dari posisi yang paling depan.

Baca juga: 10 Tips Cara Menata Gudang Sempit Agar Lebih Efisien

Pengertian FEFO

Pengertian fefo
Pengertian FEFO, sumber gambar: webflow.com

Sistem FEFO (First Expired, First Out) adalah metode pengelolaan stok dalam gudang yang didasarkan pada prinsip bahwa produk yang memiliki tanggal kadaluarsa paling awal harus digunakan atau dijual terlebih dahulu. Dalam sistem ini, produk dengan tanggal kedaluwarsa mendekati atau melewati tanggal kadaluarsa akan ditempatkan di depan atau di atas produk yang memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih baru.

Sistem FEFO bertujuan untuk memastikan bahwa produk dengan tanggal kedaluwarsa paling dekat digunakan atau dijual terlebih dahulu, sehingga mengurangi kemungkinan produk kadaluarsa yang tidak terjual atau terbuang. Dengan mengimplementasikan sistem ini, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen stok, mengurangi kerugian karena produk kadaluarsa, dan menjaga kualitas produk yang dijual kepada konsumen.

Dalam konteks gudang, sistem FEFO dapat diterapkan untuk berbagai jenis produk yang memiliki tanggal kadaluarsa, seperti makanan, obat-obatan, atau bahan kimia. Penting untuk mencatat bahwa sistem ini memerlukan pemantauan dan pemilihan yang cermat terhadap produk dengan tanggal kadaluarsa agar dapat berfungsi dengan efektif.

Baca juga: Pengertian Putaway dalam Pengelolaan Barang

Kelebihan Sistem FEFO

kelebihan sistem FEFO
Kelebihan sistem FEFO, sumber gambar: sampoernauniversity.ac.id

Sistem FEFO gudang sering digunakan dalam berbagai bisnis karena memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

  • Dengan menggunakan sistem FEFO, produk dengan tanggal kedaluwarsa paling dekat akan digunakan atau dijual terlebih dahulu. Ini membantu mengurangi pemborosan dan meminimalkan jumlah produk yang terbuang karena kadaluarsa.
  • Dengan menggunakan produk yang akan kadaluarsa lebih dulu, sistem FEFO membantu menjaga kualitas produk yang dijual kepada konsumen. Ini memastikan bahwa konsumen menerima produk yang segar dan tidak kadaluarsa.
  • Dalam beberapa industri, seperti industri makanan dan obat-obatan, ada peraturan yang mengharuskan penggunaan sistem FEFO untuk menjaga keamanan dan kualitas produk. Dengan mengadopsi sistem ini, perusahaan dapat memenuhi persyaratan peraturan tersebut.
  • Metode FEFO dipercaya bisa mengurangi terjadinya risiko kerugian pada perusahaan
  • Metode tersebut mampu mengurangi terjadinya penyimpanan stok yang telah melewati masa kadaluarsa.
Baca juga: Keuntungan Sewa Gudang

Kekurangan Sistem FEFO

kekurangan sistem FEFO
Kekurangan sistem FEFO, sumber gambar: primaverabss.com

Di samping kelebihan di atas, metode FEFO juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain:

  • Implementasi sistem FEFO membutuhkan pemantauan dan pemilihan yang cermat terhadap produk dengan tanggal kedaluwarsa. Hal ini menambah kompleksitas dalam pengelolaan stok, terutama jika ada banyak produk dengan tanggal kadaluarsa yang berbeda.
  • Dalam beberapa kasus, produk dengan tanggal kedaluwarsa paling dekat mungkin tidak terjual atau terbuang karena kurangnya permintaan. Ini bisa mengakibatkan kerugian finansial bagi perusahaan jika produk terbuang meskipun belum kadaluarsa.
  • Jika gudang memiliki perputaran stok yang tinggi dan banyak jenis produk dengan tanggal kadaluarsa yang berbeda, penanganan dan pelacakan produk-produk tersebut bisa menjadi rumit dan memakan waktu.
  • Jika diterapkan pada bisnis dengan berbagai jenis produk, maka akan membutuhkan lebih dari satu pekerja untuk menerapkan sistem FEFO dalam pencatatan stok

Kesimpulannya, Sistem FEFO (First Expired, First Out) adalah metode pengelolaan persediaan atau inventaris di dalam gudang atau fasilitas penyimpanan. Prinsip dasar dari sistem Fefo adalah bahwa barang-barang atau produk dengan tanggal kadaluarsa yang lebih dekat harus dikirim atau digunakan lebih dahulu daripada yang memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih jauh.

Kamu perlu tahu, pemilihan sistem FEFO harus mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan unik dari perusahaan dan produk yang dikelola. Metode ini harus dilakukan dengan cermat dan teliti, apabila menimbulkan kekeliruan justru menyebabkan kerugian pada bisnis. Jadi dalam pengaplikasiannya, harus benar-benar tepat.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar