Supervisor Gudang : Definisi, Skill, Tugas & Tanggung Jawabnya

komerce.id – Manajemen pergudangan diisi oleh orang-orang yang bertanggung jawab penuh atas gudang, misalnya saja supervisor gudang. Nah, supervisor gudang adalah pimpinan gudang yang harus mampu menciptakan sistem komunikasi terbaik di dalam gudang. 

Sebab, apabila tidak ada komunikasi yang baik di dalam gudang, maka akan terjadi miskom sehingga berakibat fatal terhadap pergudangan. Selain itu, di dalam gudang terdapat banyak sekali produk atau barang, sehingga komunikasi dapat membantu manajemen pergudangan untuk bisa mengelolanya.

Seluruh hal yang ada di dalam gudang diatur oleh supervisor dan dibantu oleh staff gudang lainnya, misalnya saka picker, stoker, dan masih banyak lainnya. Pengaturan yang dilakukan seorang supervisor gudang tentu wajib berdasarkan SOP perusahaan masing-masing.

Baca juga: Tugas Picker Gudang

Apa Itu Supervisor Gudang?

Apa itu supervisor gudang
Apa itu supervisor gudang, sumber gambar: pexels.com

Banyak masyarakat yang masih awam dengan istilah supervisor gudang, karena tidak semua orang akan bertemu dengan supervisor di bidang gudang, apalagi jika bukan pelanggan. Supervisor gudang adalah orang-orang yang memiliki tugas penting yakni mengatur segala macam hal di dalam gudang.

Bagian profesi ini tidak boleh dilewatkan, sehingga setiap perusahaan wajib memiliki karyawan berstatus supervisor gudang. Kegiatan mengelola dan operasional gudang setiap harinya juga merupakan tugas dari seorang supervisor gudang dengan tujuan agar segala macam kegiatan berjalan lancar.

Maka dari itu, seorang supervisor gudang perlu memahami sistem manajemen gudang secara maksimal, agar dapat memberikan manfaat besar bagi perusahaan. Tidak hanya itu saja, supervisor gudang juga dituntut agar bisa berpikir kreatif dan out of the box agar mampu menciptakan pengelolaan barang yang lebih efektif dan efisien.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa seorang supervisor gudang merupakan kunci keberhasilan dari sebuah perusahaan.

Tugas Supervisor Gudang

Tugas supervisor gudang
Tugas supervisor gudang, sumber gambar: pexels.com

Tugas supervisor gudang adalah menyelesaikan tantangan logistik, yakni dengan cara melakukan komunikasi kepada klien, kemudian produsen, pemasok, dan juga penyedia transportasi.

Tak hanya itu saja, penentuan standar atau SOP guna quality control sebelum melakukan pengiriman pesanan ke lokasi pelanggan atau tujuan. Dengan begitu, supervisor akan membuat strategi agar bisa memaksimalkan produktivitas dengan volume inventaris dan kapasitas gudang yang telah ada.

Berikut ini tugas lainnya:

1. Menciptakan Sistem Komunikasi di Dalam Gudang

Komunikasi merupakan salah satu hal penting yang harus terjalin dengan baik di dalam gudang, baik untuk para atasan maupun bawahan. Oleh karena itu, seorang supervisor gudang dituntut untuk pandai dalam hal berkomunikasi, baik dengan pekerja gudang maupun pelanggan. 

Tujuan dari hal tersebut adalah agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pekerja di dalam gudang maupun dengan klien.

2. Memimpin Tim dalam Menetapkan Tujuan Produktivitas

Kemampuan lain yang perlu dikuasai oleh supervisor gudang adalah leadership, karena di manajemen pergudangan mereka termasuk atasan. Kemampuan leadership yang mumpuni akan sangat membantu seorang supervisor gudang untuk memimpin anggotanya agar dapat menetapkan tujuan produktivitas.

3. Mengawasi dan Mengontrol Semua Barang yang Masuk dan Keluar sesuai dengan SOP

Supervisor gudang adalah mereka yang bertugas untuk mengawasi semua barang, baik barang masuk maupun keluar sesuai dengan SOP perusahaan. Proses pengawasannya memang terlihat sepele, namun hal ini sangat berpengaruh pada operasional perusahaan, khususnya gudang.

Selain itu, supervisor juga dituntut untuk bisa mengontrol keluar masuknya barang berdasarkan data dan juga SOP perusahaan. Dengan demikian, proses keluar masuknya barang dapat diketahui secara detail, mulai dari kualitas maupun kuantitasnya.

Pemantauan jumlah barang tentu akan lebih mudah dengan kompack, karena Kamu akan mendapat laporan yang selalu Kami update.

Baca juga: Tugas Admin Gudang

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Gudang

Tanggung jawab supervisor gudang
Tanggung jawab supervisor gudang, sumber gambar: pexels.com

Bukan hanya tugas saja yang perlu dilakukan seorang supervisor, karena masih ada tanggung jawab yang perlu dijaga. Sebagai staff manajemen pergudangan, seorang supervisor gudang memiliki tanggung jawab besar seperti berikut ini:

  • Perubahan terhadap layout gudang dengan alasan apapun merupakan tanggung jawab penuh seorang supervisor gudang.
  • Sistem operasional gudang secara keseluruhan juga merupakan tanggung jawab supervisor gudang, sehingga wajib menguasainya.
  • Supervisor gudang bertanggung jawab atas seluruh transaksi yang terjadi, baik untuk barang masuk maupun keluar dari dalam gudang.
  • Pengecekan mengenai ketersediaan barang sesuai dengan kebutuhan di dalam gudang menjadi tanggung jawab supervisor gudang.
  • Perlu melakukan pencatatan atas transaksi barang, baik yang telah masuk maupun sudah keluar dari gudang secara rinci.
  • Supervisor memiliki tanggung jawab untuk mengatur akurasi penerimaan serta pengeluaran barang dan harus sesuai dengan SOP perusahaan yang berlaku.
  • Melakukan dokumentasi dan selalu memonitor seluruh aktivitas yang berlangsung di dalam gudang, khususnya ketika barang masuk dan keluar mulai dari kualitas hingga kuantitas barang.
Baca juga: Tanggung Jawab Operator Gudang

Jenis-Jenis Skill Supervisor Gudang

Skill supervisor gudang
Skill supervisor gudang, sumber gambar: pexels.com

Sebagai seorang yang dapat dikatakan pemimpin di dalam gudang, tentu saja supervisor gudang harus memiliki hard skill serta softskill yang mumpuni agar bisa melakukan tugas dan tanggung jawab semaksimal mungkin. Skill supervisor gudang adalah:

1. Kemampuan Berorganisasi

Keterampilan bernegosiasi sangat dibutuhkan oleh seorang supervisor, karena nantinya tugas mereka mengawasi dan mengelola pekerjaan tim yang berada di bawahnya. Dengan kemampuan ini, supervisor gudang dapat merencanakan tugas yang perlu diselesaikan di dalam gudang.

2. Kemampuan Manajemen Waktu

Manajemen waktu menjadi hal yang penting, sehingga setiap supervisor gudang perlu memilikinya agar dapat mengatur jadwal harian dengan baik. Dengan begitu, supervisor bisa lebih mudah membuat daftar tugas prioritas, kemudian menentukan durasi waktu dalam penyelesaian tugas dan lain sebagainya.

3. Kemampuan dalam Menganalisis Data

Supervisor gudang adalah mereka yang bertanggung jawab dalam proses analisa dan memantau berbagai macam data, khususnya terkait kinerja tim serta seluruh kegiatan operasional gudang. Dengan begitu, jika kamu membutuhkan supervisor gudang maka wajib mencari orang-orang yang mampu menganalisa data.

4. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, komunikasi yang baik adalah salah satu kunci semua kegiatan di dalam gudang berjalan dengan lancar. Nah, oleh sebab itu, pimpinan gudang seperti supervisor tentu perlu memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni untuk tujuan tersebut.

5. Kemampuan Kepemimpinan yang Baik

Kemampuan kepemimpinan yang baik tentu menjadi hal yang perlu dimiliki oleh supervisor gudang, karena mereka nantinya akan melatih karyawan, kemudian membuat jadwal, serta menentukan tugas karyawan-karyawannya.

6. Kemampuan dalam Memecahkan Masalah

Pasti akan ada berbagai masalah yang akan ditemui dalam manajemen pergudangan, sehingga seorang supervisor perlu memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah atau mencari beragam solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

7. Kemampuan Berpikir Kritis

Mengapa seorang supervisor gudang harus memiliki kemampuan berpikir kritis? Hal tersebut dikarenakan seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan yang tepat di dalam segala macam kondisi dan waktu. Dengan kemampuan berpikir kritis ini, tentu dapat membantu proses pengambilan keputusan dengan baik.


Menjadi supervisor gudang memang terlihat santai, namun profesi ini menanggung tanggung jawab yang besar terhadap kelancaran aktivitas di dalam gudang. Supervisor gudang adalah seseorang yang bekerja sebagai pemimpin di manajemen pergudangan dan memiliki tanggung jawab penuh atas gudang.

Maka dari itu, setiap perusahaan harus memiliki staf yang berstatus supervisor gudang dan tentunya memiliki kemampuan-kemampuan yang diperlukan seperti ulasan di atas.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, tanggung jawab Supervisor Gudang memang tidak mudah. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena Kompack bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengelola kebutuhan gudang untuk bisnis Kamu. Mulai dari tugas, skill hingga tanggung jawab untuk kebutuhan gudang akan kita atur.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar