10 Tips Cara Menata Gudang Sempit Agar Lebih Efisien

komerce.id – Gudang yang dimiliki oleh perusahaan tidak harus luas dan cukup untuk seluruh barang persediaan. Kamu harus mengetahui bagaimana cara menata gudang sempit agar ruangan tersebut terkesan lebih luas.

Hal tersebut memang tidak mudah dan banyak orang yang merasa kesulitan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengatur sedemikian rupa sehingga ruangan akan cukup untuk meletakkan barang. Bahkan ruangan yang besar bisa saja terasa sempit dan kurang karena tata letak yang kurang efisien dan sembarangan.

Kamu ingin mengetahui cara yang digunakan untuk menata gudang yang sempit? Dengan cara-cara dalam artikel ini, kamu bisa mencoba menata gudang sempit dengan lebih efisien dan rapi.

Baca juga: Pengertian Gudang

Cara Menata Gudang Sempit dengan Rapi

Cara Menata Gudang Sempit dengan rapi
Sumber gambar: grid.id

Kerapian dalam menata gudang sempit adalah hal paling penting agar kamu bisa menggunakannya sebagai ruang penyimpanan. Gunakan gudang sempitmu secara maksimal dengan menata gudang secara baik. Nah, berikut ini beberapa cara untuk menata gudang sempit agar tertata dan rapi:

1. Pilih Ruangan yang Tepat

Cara pertama yang bisa dilakukan sebelum menata barang pada gudang adalah memilih ruangan yang tepat. Bagaimana yang dimaksud ruangan yang tepat? Contohnya, gudang lebih baik berada di belakang area toko sehingga aksesnya menjadi lebih mudah.

Perlu kamu ketahui, jangan menggunakan ruangan yang berbeda lantai untuk menjadi gudang, karena dengan keterbatasan akan membuat sulit untuk akses masuk dan keluar barang dari gudang.

Selain letak, ruangan yang tepat untuk dijadikan gudang adalah ruangan tinggi sehingga bisa membuat tingkatan-tingkatan pada tumpukan barang. Namun tetap gunakan rak sehingga beban pada tumpukan tidak ada di barang bagian bawah saja.

2. Kenali Karakter Barang

Kamu perlu mengetahui karakter barang yang disimpan pada gudang, hal ini berguna untuk merawat kualitas barang sehingga terhindar dari kerusakan barang. Jika kamu tidak paham karakter barang, bisa saja barang yang ada di gudang akan cepat rusak jika ada dalam kondisi lembab. Dengan begitu maka harus dijauhkan dari area gudang yang lembab dan harus disimpan pada ruangan yang sejuk.

Misal ingin menjaga kualitas bawang, kamu bisa menyimpan di gudang namun tetap menggunakan kain atau plastik penutup untuk menghindari dari lembab, debu, maupun hewan yang masuk ke barangmu.

3. Perhatikan Intensif Pemakaian

Cara menata gudang sempit berikutnya adalah kamu harus memperhatikan intensitas penggunaan barang-barang yang akan disimpan di gudang. Simpanlah barang-barang yang sering digunakan di tempat yang mudah ditemukan.

Contohnya kamu dapat menyimpan perkakas seperti palu, obeng, dan sebagainya atau alat-alat elektronik yang sering digunakan pada rak gantung.

4. Memberi Label

Penggunaan label adalah cara efektif untuk menata gudang sempit sehingga barang-barang menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Kamu bisa menyimpan barang-barang pada rak-rak dan menempelkan label pada bagian rak tersebut.

Jika barang bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup maka wadah tersebut bisa diberikan label yang pas. Label ini sangat penting digunakan sehingga proses pencarian barang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Dalam penyusunan barang yang kompleks, kamu bisa membuat sebuah kode barang atau nomor urut untuk mempermudah proses pengecekan dan identifikasi barang.

5. Manfaatkan Lemari dan Rak Penyimpanan

Sudah banyak dibahas sebelumnya, cara menata gudang sempit membutuhkan sebuah rak atau lemari penyimpanan sehingga penyimpanan bisa rapi dan barang-barang di gudang tidak tergeletak sembarangan.

Dengan menggunakan lemari atau rak penyimpanan, kamu akan lebih mudah untuk mengambil barang di gudang. Tidak hanya itu, cara ini akan memberikan tampilan gudang yang terstruktur, rapi, serta mudah dibersihkan.

Baca juga: 14 Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

6. Pisahkan Serta Kelompokkan Barang Besar dan Kecil

Sebelum memasukkan barang ke dalam gudang, kamu bisa memilah barang-barang mu terlebih dahulu dan kelompokkan berdasarkan ukuran serta fungsinya. Usahakan menata barang di ruang penyimpanan agar dapat mudah diakses saat dibutuhkan.

Selain digunakan sebagai cara menata gudang sempit, cara ini juga bisa dimanfaatkan untuk menata gudang yang tergolong luas. Barang dengan ukuran besar bisa kamu kelompokkan di satu sisi sementara barang kecil bisa kamu kelompokkan di sisi lainnya. 

7. Pisahkan Barang Lama dengan yang Baru

Mencampur barang lama dan baru akan mempersulit kamu melakukan pengecekan barang, terlebih jika jumlahnya terbilang banyak. Sebelum menata gudang, kamu bisa mengeluarkan terlebih dahulu barang-barang lama atau barang yang sudah rusak.

Dengan begitu, kamu bisa mengkalkulasikan total barang lama yang sudah terjual dan yang masih belum terjual. Pastinya hal ini akan bisa mengurangi resiko kerugian dan tetap menjaga kualitas barang yang dimiliki.

8. Sisakan Ruang di Gudang

Cara selanjutnya, kamu perlu menyisakan ruang di gudang dengan cara memberikan jarak atau ruang pada setiap susunan barang di gudang. jadi hindari menata barang sampai berdempetan hingga tidak memiliki jarak.

Hal tersebut akan membuat kamu kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mengakses barang-barang di gudang.

9. Gunakan Ventilasi Udara

Hamu bisa membuat gudang dengan jendela dan ventilasi udara yang cukup untuk sirkulasi udara dalam gudang. Hal ini berguna untuk menghindari gudang yang pengap dan lembab.

Selain itu, bisa digunakan untuk membuat barang-barang tetap memiliki kualitas bagus karena udara yang ada di gudang selalu berganti sehingga terasa sejuk dan barang tidak akan mudah rusak akibat jamur.

10. Luangkan Waktu untuk Membersihkan Gudang

Selain menyiapkan ruangan gudang yang baik dan menata gudang sempit dengan rapi dan tepat, hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah masalah kebersihan. Jangan sampai gudang yang kamu miliki dalam keadaan kotor sehingga luangkan waktu untuk membersihkan gudang.

Kamu harus membersihkan gudang dengan rutin dan bersih. Dan juga, sempatkan untuk cek apakah ada kebocoran dalam gudang atau ada rayap.


Kesimpulannya, kamu perlu memahami cara menata gudang sempit agar rapi, terstruktur, dan tidak menurunkan kualitas barang yang tersimpan di gudang.. Selain itu, cara-cara diatas berguna untuk menunjang sebuah kinerja yang mudah untuk akses dalam mengambil barang yang dibutuhkan.

Jika membutuhkan area gudang yang tepat, kamu bisa menggunakan jasa kompack.id. Tim Kompack akan membantu penataan gudang secara lebih profesional dan rapi. Akan dipastikan bahwa layanan sewa gudang ini akan memberikan pengalaman bisnis yang menyenangkan dan terlihat sangat profesional.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Satu pemikiran pada “10 Tips Cara Menata Gudang Sempit Agar Lebih Efisien”

Tinggalkan komentar