Packing Kayu ID Express 2022: Ketentuan, Biaya, Asuransi

Komerce.id – Hampir semua barang bisa dikirimkan melalui jasa ekspedisi seperti ID Express. Namun, ada beberapa jenis barang yang diharuskan menggunakan packing kayu agar lebih aman. mengenai hal ini, bagaimana dengan packing kayu ID Express?

Selayaknya jasa ekspedisi yang lainnya, pengiriman ID Express juga menyarankan setiap konsumen untuk mengemas barang-barang yang akan dikirimkan dengan baik. Sebab, aman atau tidaknya barang yang dikirimkan tersebut ditentukan oleh packingnya.

Karena itu, packing kayu ini sangat disarankan untuk barang-barang yang sifatnya mudah pecah seperti barang elektronik dan barang-barang yang rentan terhadap tekanan, goncangan, dan benturan.

Baca juga: Jam Kerja ID Express dan Estimasi Waktu Pengiriman

Ketentuan Packing Kayu ID Express

Ketentuan Packing Kayu ID Express
Ketentuan Packing Kayu ID Express, sumber gambar: tokopedia.com

Ketika mengirimkan barang, kamu akan ditanya perihal isi paket tersebut. Harap beritahukan dengan jelas apa isi paket tersebut. Karena dari keterangan ini nanti pihak ekspedisi menentukan apakah harus menggunakan packing kayu atau tidak.

Tetapi jika kamu sudah berinisiatif menggunakan packing kayu sendiri, tentu lebih baik. Namun sebelum itu, berikut ada beberapa ketentuan mengenai packing kayu dari ID Express sebagai berikut:

  • Paket dikemas sesuai dengan ketentuan pengemasan Pihak Pertama berdasarkan isinya.
  • Packing kayu diberikan ID Express dengan berdasarkan pada pernyataan yang diberikan oleh pihak pengirim baik secara lisan maupun secara tertulis.
  • Paket yang berupa barang pecah belah atau barang elektronik yang rentan dan mudah rusak wajib dilengkapi dengan packing kayu.
  • Di setiap sudut nya menggunakan three-way comer.
  • Paket harus diasuransikan.

Barang yang Harus menggunakan Packing Kayu

  • Baterai.
  • Komputer atau komponennya.
  • Handphone dengan jumlah 6 (enam) unit atau lebih untuk setiap alamat tujuan.
  • Mesin atau benda otomotif.
  • Sepeda full set yang belum dirakit, jari-jari/rims atau frame sepeda.
  • Barang pecah belah.
  • Kaca.
  • Tabung fluorescent, lampu neon, x-ray dan segala jenis penerangan.
  • Kontainer Foam (expanded polystyrene foam).
  • Benda tajam/runcing.
  • Barang berat dengan ukuran dimensi yang telah ditentukan.
Baca juga: Cara Pick Up ID Express

Cara Packing Kayu ID Express

Cara Packing Kayu ID Express
Cara Packing Kayu ID Express, sumber gambar: antiserangga.com

Jika kamu tidak ingin ribet, saat ini packing kayu sudah bisa dibeli di marketplace dan toko offline. Tetapi jika di rumah ada kayu-kayu yang tidak terpakai, tidak ada salahnya untuk membuat packing kayu sendiri di rumah.

Jadi nanti sampai di kantor ID Express, kamu tinggal menyerahkan paket kepada petugasnya saja. Adapun cara untuk packing kayu yang benar hingga barang siap dikirim seperti berikut:

1. Ukur Dimensi Barang yang Akan Diletakkan dalam Packing Kayu

Dimensi barang dalam hal ini mencakup panjang, tinggi, serta lebarnya. Dari pengukuran dimensi, barang nanti akan diketahui volume barang dan ukuran ini juga yang nanti akan digunakan untuk mengukur packing kayunya.

2. Potong Kayu

Begitu ukuran atau dimensi barang sudah selesai dilakukan, selanjutnya hanya perlu memotong kayu yang ukurannya sama atau lebih baik jika dilebihkan sekitar 1 cm hingga 3 cm. Tujuannya supaya ada ruang yang cukup untuk disambungkan dengan kayu-kayu lainnya.

Karena bukan tidak mungkin jika penyambungan kayu ini nanti akan ada pemotongan lagi. Selain itu, sisa ruang juga nanti bisa dimanfaatkan untuk menambahkan bubble wrap agar perlindungan lebih maksimal.

Kayu yang dipilih sebaiknya kayu yang tergolong kuat, hindari memilih kayu yang mudah lapuk. Untuk pembuatannya bisa dimulai dari packing yang bagian bawah dulu, kemudian bagian atas, baru setelah itu sisi-sisi yang lainnya.

Gunakan paku yang mampu merekatkan semua sisi packing ini dengan kuat. Namun hindari menggunakan paku yang terlalu panjang karena berpotensi menembus kardus pembungkus paket dan berpotensi melukai tangan saat meletakkan ataupun mengambil paket.

3. Tambahkan Bubble Wrap

Ada baiknya untuk menambahkan bubble wrap supaya paket tidak langsung bersentuhan dengan packing kayu. Kamu juga bisa membungkus packing kayunya dengan bubble wrap sekalian, terutama jika permukaan kayu yang digunakan cenderung kasar dan tajam.

Jadi tangan orang yang menyentuh paket ini tidak akan terluka, termasuk kamu ketika mengangkatnya. Penambahan bubble wrapnya juga jangan terlalu banyak ya. Cukup 3-5 lapis saja supaya volume paket tidak membengkak.

4. Berikan Tanda Fragile

Packing kayu merupakan langkah pencegahan agar paket tetap aman hingga sampai ke alamat tujuan. Namun, ada baiknya untuk menambahkan stiker fragile. Tanda ini menegaskan bahwa petugas ekspedisi harus memperlakukan paket tersebut dengan hati-hati.

Sebab, yang ada di dalamnya adalah barang yang mudah rusak. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan tanda lain yang menunjukkan posisi atas dan bawah paket kalau memang barang yang dikirimkan tidak boleh ada dalam posisi terbalik. Misalnya televisi, kulkas, dispenser, dan sebagainya.

5. Cantumkan Identitas Pengirim dan Penerima dengan Jelas

Terakhir, jangan lupa cantumkan identitas kamu sebagai pengirim dan identitas orang yang menerima paket tersebut dengan jelas. Identitas ini mencakup nama, alamat lengkap dan nomor teleponnya. Apabila ketiga informasi ini tidak jelas, bisa-bisa paket tiba di tempat yang salah.

Tidak hanya merepotkan pihak ekspedisi, hal yang seperti ini juga akan merepotkan kamu sebagai pengirim dan juga orang yang sedang menunggu paket tersebut. Bahkan, kalau perlu di bagian alamatnya tambahkan juga patokan atau ancer-ancer agar kurir semakin mudah menemukannya.

Baca juga: Tarif ID Express 2022 (ID Lite, Reguler)

Biaya Packing Kayu ID Express

Mengenai biaya packing kayu di ID Express, bisa dihitung menggunakan rumus berikut ini:

(Berat Paket x 30%) x Biaya Pengiriman

Perlu diperhatikan bahwa packing kayu akan membuat biaya pengiriman bertambah karena berat paket yang dikirimkan juga bertambah. Namun, kamu harus tetap menggunakan packing kayu jika barang yang akan kamu kirim mudah rusak.

Entah rusaknya itu karena tekanan maupun benturan. Selain itu, paket yang beratnya di bawah 3 kg juga tetap dihitung seberat 3 kg. Selain itu, berat paket yang dimasukkan dalam rumus di atas adalah berat paket setelah ditambah dengan packing kayu.

Asuransi untuk Packing Kayu ID Express

Mengenai asuransi untuk paket yang dikemas dengan packing kayu di ID Express, tidak ada keterangan pasti mengenai hal ini. Hanya saja, asuransi akan diberikan oleh pihak ID Express dengan berdasarkan pada pernyataan sang pengirim, baik pernyataan tersebut secara lisan maupun secara tertulis.

Selain itu, paket-paket yang nilainya di atas Rp1.000.000 memang diwajibkan untuk menggunakan asuransi. Kalau tidak menggunakan asuransi, maka pihak pengirim diwajibkan untuk menandatangani surat pernyataan sekaligus setuju dengan ketentuan yang berlaku. Berikut ketentuan ganti rugi dari ID Express:

  • ID Express akan melakukan ganti-rugi atas Barang hilang atau rusak yang disebabkan oleh Kurir, yang menyebabkan ketidaksesuaian jumlah Barang dalam laporan pengiriman dengan laporan penerimaannya atau Barang kiriman mengalami kerusakan pada kemasan luar, dengan menunjukan bukti berupa Video Unboxing ataupun foto Produk tersebut.
  • Permintaan klaim tidak akan diterima dan tidak berlaku untuk Barang yang telah diterima oleh Penerima lebih dari 3 (tiga) hari kalender.
  • Nilai penggantian kerugian atas Barang hilang atau rusak (tidak menggunakan asuransi) adalah sebesar Nilai Barang yang dikirimkan atau sebesar 10x (sepuluh kali) lipat dari biaya pengiriman, diambil mana yang paling rendah, dengan nilai penggantian maksimal sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) dan/atau sebesar Rp. 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) (apabila menggunakan asuransi).
  • ID Express akan melakukan penggantian klaim ganti rugi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja setelah semua dokumen yang berisi informasi dan bukti kejadian Barang hilang atau rusak telah diajukan dan telah dilakukan proses investigasi atas klaim ganti rugi tersebut, dimana hasil investigasi tersebut menyatakan bahwa klaim ganti rugi akan ditanggung ID Express, maka ID Express akan melakukan penggantian biaya yang sudah ditentukan ke rekening Pengirim.
  • ID Express hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami pengirim akibat kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh kelalaian karyawan atau agen ID Express.

Menambahkan packing kayu ID Express adalah hal yang harus dilakukan jika memang paket adalah barang-barang yang memerlukan perlindungan ekstra, memang hal ini harus dilakukan secara mandiri untuk memastikan keamanan barang selama di perjalanan.

Kalaupun memang tidak ingin repot menambahkan packing kayu, sebenarnya tidak masalah. Hanya saja nanti akan ada sesi tanda tangan surat pernyataan dan pihak ekspedisi tidak bertanggung jawab kalau paket tiba dalam kondisi yang rusak.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.