Tarif ID Express 2022 (ID Lite, Reguler): Biaya, Cek Ongkir & FAQ

Komerce.id – Ekspedisi kini menjadi hal yang dibutuhkan oleh banyak orang, baik individu maupun perusahaan serta organisasi. Ketika memilih jasa ekspedisi, tentu tarif pengiriman menjadi hal yang dipertimbangkan. Tarif ID Express tergolong terjangkau, dan layanan yang diberikan juga berkualitas.

Meskipun tarif yang ditawarkan sangat ramah di kantong, namun dapat dipastikan pengiriman barang dilakukan dengan aman. Jangkauan ekspedisi juga sangat luas, bahkan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk daerah terpencil.

Kini ID Express telah bekerjasama dengan berbagai marketplace sehingga sangat memudahkan apabila kamu suka berbelanja secara online, jasa ekspedisi ini juga mengikuti perkembangan zaman sehingga sistem yang digunakan juga canggih.

Baca juga: 4 Cara Komplain ID Express Terbaru 2022 Paling Mudah

Tarif Kirim ID Express Seluruh Indonesia

Tarif Kirim ID Express Seluruh Indonesia
Tarif Kirim ID Express Seluruh Indonesia

ID Express memiliki beberapa layanan yang dikategorikan sesuai dengan fungsi masing-masing dan layanan tersebut memiliki ketentuan tarifnya sendiri-sendiri, yakni berdasarkan berat barangnya. Layanan paling terjangkau dari ID Express adalah IDLite.

Hal tersebut dikarenakan layanan ini menawarkan ekspedisi barang ringan dan tarif pembayarannya setengah harga dari layanan reguler, sehingga layanan ini bisa dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Nah, berikut ini daftar tarif layanan ID Express:

1. Tarif ID Lite

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa layanan IDLite merupakan layanan dengan tarif paling terjangkau di jasa ekspedisi ID Express. Berat barang yang dapat dikirim dengan layanan ini mulai dari di bawah 0,51 kg atau 510 gram.

Jadi, layanan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengirimkan barang berupa dokumen ataupun barang lainnya yang berukuran kecil dengan berat maksimal 510 gram. Sedangkan tarif layanannya adalah sebagai berikut:

Kota TujuanID LITE ≤ 500gr
KudusRp.7500
TegalRp.7000
MagelangRp.8000
PatiRp.7500
PekalonganRp.7500
PemalangRp.7500
RembangRp.7500
SragenRp.12.500
WonosoboRp.12.500
JakartaRp.9500
BandungRp.11.000
SurabayaRp.10.500
BogorRp.11.000
SemarangRp.5000

Kamu bisa menggunakan layanan ID Express dengan berbagai promo dan diskonnya mulai dari 25% untuk pengiriman reguler, dan tambahan diskon 15% untuk pengiriman menggunakan IDLite. Tak hanya itu, untuk kamu pemilik online shop yang menggunakan sistem pembayaran COD, kamu bisa mendapatkan biaya COD termurah sebesar 2,8% dan gratis pick-up barang baik untuk COD maupun non-COD.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke komship.id dan melakukan registrasi akun di sana. Lakukanlah verifikasi data agar kamu dapat menggunakan berbagai pilihan pengiriman dan diskon ongkir dari ID Express. Mulailah transaksimu sekarang dengan mengunjungi komship.id

2. Tarif Reguler

Jika kamu hendak mengirimkan barang dengan berat lebih dari 510 gram, maka sangat disarankan untuk menggunakan layanan reguler ID Express. Layanan ini diterapkan untuk standard shipping, sehingga kamu bisa mengirim barang dengan bobot 0,5 kg sampai dengan 1,3 kg.

Sama halnya dengan layanan sebelumnya, layanan ini juga dibanderol dengan tarif cukup terjangkau apabila dibandingkan jasa ekspedisi lainnya. Berikut ini daftar tarifnya:

Kota TujuanReguler 0,5Kg – 1,3Kg
KudusRp.11.500
TegalRp.10.500
MagelangRp.14.500
PatiRp.11.500
PekalonganRp.11.500
PemalangRp.11.500
RembangRp.11.500
SragenRp.10.500
WonosoboRp.18.500
JakartaRp.18.500
BandungRp.14.500
SurabayaRp.16.500
BogorRp.15.000
SemarangRp.7000

Cara Cek Ongkir ID Express

Di era serba digital seperti zaman sekarang ini, untuk mendapatkan berbagai macam informasi tergolong sangat mudah, bahkan kamu bisa mendapatkan informasi seputar ongkos kirim jasa ekspedisi. Begitu juga daftar tarif ID Express yang bisa kamu lihat secara online.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan informasi tersebut? Kamu bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses laman idexpress.com.
  • Jika halaman sudah terbuka sempurna, silahkan tekan menu Ongkos Kirim.
  • Selanjutnya, pastikan kamu mengisi kolom Dari dengan alamat asal pengiriman.
  • Setelah itu, pada kolom Ke silahkan isi dengan alamat tujuan pengiriman.
  • Masukkan informasi Berat atau Volumetrik dari barang yang kamu kirim dan disarankan untuk memilih opsi Berat untuk memudahkan pengecekan.
  • Apabila sudah, langsung saja tekan tombol merah Hitung Ongkos.
  • Lanjutkan dengan mengetik captcha pada kolom yang sudah disediakan, kemudian tekan Verifikasi.
  • Tunggu loading halaman dan biaya ID Express secara keseluruhan akan muncul.
  • Selesai.
Baca juga: 19 Arti Status Pengiriman ID Express 2022 (Reguler, Same Day & IDlite)

Call Center ID Express

ID Express memang tergolong baru di dunia ekspedisi pengiriman, namun hal itu tidak membuatnya kalah dari jasa ekspedisi lainnya. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya antusias pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisi ini untuk keperluan pengiriman barang.

Apabila masih ada pertanyaan tentang ID Express secara detail dan belum menemukan jawabannya, kamu bisa langsung menghubungi call centernya, yakni:

  • Hotline: 021 8082 3899
  • Email: info@idexpress.com
  • Instagram: @idexpress_official
  • Twitter: @idexpress_care
  • Facebook: @idexpressindonesia
  • Youtube: idexpress_indonesia
  • TikTok: idexpress_indonesia
  • Linkedin: IDexpress Service Solution
  • Fitur Pengajuan Aduan: https://idexpress.com/Contact1.jhtml

FAQ ID Express

Mungkin terdapat pertanyaan yang ingin kamu ketahui jawabannya tentang ID Express, namun tidak ingin berhubungan langsung dengan call center. Apabila iya, silahkan simak beberapa FAQ di bawah ini yang mungkin bisa menjawab pertanyaanmu:

1. Apakah Pengiriman ID Express Cepat?

Jasa ekspedisi ID Express merupakan salah satu layanan dengan waktu pengiriman cukup cepat, yakni sekitar 3 sampai 5 hari. Apabila kamu ingin pengiriman lebih cepat dari waktu tersebut, kami sarankan untuk menggunakan layanan Same Day dengan estimasi waktu maksimal 1 hari alias 24 jam.

Namun, layanan Same Day kini hanya tersedia untuk wilayah Jabodetabek saja sehingga wilayah di luar kawasan tersebut belum bisa menggunakannya.

2. ID Express Sampai Jam Berapa?

Estimasi barang akan diterima oleh penerima akan ditentukan sesuai dengan kurir wilayah masing-masing, sedangkan untuk jam operasional kantor mulai pukul 09.00 sampai 18.00.


Tarif ID Express bisa dikatakan sangat bersaing dengan jasa ekspedisi lainnya, bahkan terbilang cukup terjangkau dibandingkan jasa lain. Akan tetapi jangan salah, walaupun tarifnya murah, pelayanan dan proses pengiriman dijamin aman serta memuaskan.

Kamu bisa memilih layanan ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja jika ingin mengirim barang seperti dokumen, buku, atau barang lain dengan berat di bawah 510 gram, silahkan gunakan layanan IDLite.

Namun, jika barang yang kamu kirimkan berupa barang besar seperti helm, tumpukan baju, dan barang lain dengan berat diatas 510 gram, maka gunakan layanan reguler saja. Meski termasuk layanan standard shipping, namun tarifnya tetap terjangkau dibanding ekspedisi lain. 

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.