Jenis Fasilitas Logistik yang Perlu Kamu Ketahui, Yuk Simak!

komerce.id – Fasilitas logistik merupakan komponen yang penting untuk jalannya suatu bisnis, biasanya fasilitas logistik disebut juga sebagai gudang ruang barang. Jenis fasilitas logistik ini digunakan untuk menyimpan stok barang yang dibutuhkan untuk keperluan usaha bisnis.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam gudang mulai dari menyimpan stok produk penjualan, menyimpan layanan logistik tambahan, hingga mendata inventory cost. Kamu juga bisa menyimpan barang-barang kebutuhan bisnis lainnya di sini.

Memiliki fasilitas logistik merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan. Pada artikel ini kamu bisa mengetahui pengertian, jenis-jenis, dan faktor apa saja yang harus diperhatikan saat ingin memiliki fasilitas logistik untuk keperluan bisnis.

Apa Itu Fasilitas Logistik?

Apa Itu Fasilitas Logistik
Apa Itu Fasilitas Logistik, sumber gambar: pexels.com

Fasilitas logistik merupakan gedung yang difungsikan sebagai ruang penyimpanan stok dan layanan logistik tambahan lainnya seperti pengiriman barang kepada konsumen. Jenis fasilitas logistik yang cocok untuk bisnis umumnya memiliki lebih dari satu gudang.

Memiliki lebih dari satu gudang akan memudahkan proses distribusi barang atau inventaris lainnya. Kamu bisa memiliki gudang di berbagai lokasi yang dekat dengan keperluan bisnis. Selain itu hal ini juga akan membuat proses pengemasan, pengambilan, dan pengiriman barang menjadi lebih efektif.

Fungsi utama dari gudang fasilitas logistik adalah sebagai tempat penyimpanan stok barang. Namun gudang ini juga bisa difungsikan sebagai media transfer untuk suatu barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Selain itu kamu juga bisa menjadikannya sebagai lokasi pengiriman pesanan.

Jenis-jenis Gudang Fasilitas Logistik

Jenis-jenis Gudang Fasilitas Logistik
Jenis-jenis Gudang Fasilitas Logistik, sumber gambar: pexels.com

Ada berbagai jenis fasilitas logistik yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Fungsi dari setiap fasilitas logistik ini bisa disesuaikan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis gudang fasilitas logistik yang perlu kamu ketahui.

1. Penyimpanan Bahan Baku

Fasilitas logistik dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan baku. Gudang fasilitas logistik ini bisa jadikan penyimpanan bahan baku yang baru didapatkan dari tempat produksi atau pabrik. Kemudian bahan baku ini bisa diambil untuk diolah menjadi produk.

Biasanya gudang fasilitas logistik untuk bahan baku ini dimiliki oleh perusahaan yang memiliki usaha berupa pengolahan barang. Namun gudang ini juga dapat digunakan untuk menyimpan bahan baku dari usaha bisnis lainnya.

2. Barang Jadi

Jenis fasilitas logistik berikutnya adalah sebagai tempat untuk menyimpan barang jadi. Gudang barang jadi memiliki fungsi untuk menjaga barang agar tidak mudah rusak. Proses penyimpanannya juga diperhatikan agar kualitas barang tetap terjaga.

Gudang fasilitas logistik ini sengaja digunakan untuk menyimpan barang yang telah dibuat oleh pabrik sebelum dipasarkan kepada konsumen. Umumnya gudang ini berlokasi tidak jauh dari pabrik pembuatan dan dekat dengan kawasan distribusi.

3. Fulfilment

Gudang fulfilment merupakan jenis fasilitas logistik untuk pengiriman barang. Dengan adanya gudang ini, proses pengiriman barang kepada konsumen menjadi lebih mudah. Umumnya jenis gudang fulfilment dimiliki oleh perusahaan yang memiliki bisnis online atau penyedia jasa dropship.

Ukuran gudang penyimpanan ini sangat besar dan dapat menyimpan banyak barang yang berbeda-beda dari setiap produsen. Banyak pelaku bisnis yang menganggap gudang fulfilment sebagai pusat distribusi karena bisa melakukan pembagian inventaris di berbagai lokasi untuk proses distribusi.

Keberadaan gudang fulfilment dapat berguna untuk mendistribusikan barang secara tepat. Sehingga pesanan konsumen dapat dipenuhi langsung dari gudang fulfilment yang lokasinya dekat dengan tempat pelanggan. Proses distribusi juga menjadi lebih cepat dan hemat waktu.

Dalam kasus lain pusat distribusi digunakan sebagai pusat transit untuk produk yang harus dipindahkan atau didistribusikan kembali. Namun produk yang dikirim ke pusat distribusi masih membutuhkan moda transportasi lain untuk sampai tujuan.

4. Cross Docking

Gudang jenis cross docking sering digunakan untuk tempat loading barang yang akan dipindahkan dari satu truk ke truk lainnya. Barang-barang ini akan disimpan untuk sementara waktu di dalam gudang. Biasanya barang akan dipindahkan pada hari yang sama atau hari berikutnya.

Penyimpanan barang dalam gudang ini hanya selama 24 jam. Umumnya barang-barang ini disimpan sementara karena harus segera dikirim kembali. Meski hanya sebentar namun kualitas barang tetap dijaga dengan maksimal di dalam gudang cross docking.

5. Sortir

Gudang sortir atau disebut juga sebagai gudang shipper merupakan fasilitas logistik yang bisa digunakan untuk menyimpan barang, manajemen stok, pengemasan, dan pengiriman. Selain itu gudang ini juga bisa digunakan untuk proses pemantauan stok.

Barang yang baru dikirim dari berbagai daerah akan disimpan di dalam gudang sortir sebelum diteruskan ke lokasi lain dengan metode tertentu. Jenis fasilitas logistik ini biasanya dimiliki oleh bisnis dengan penjualan barang dalam jumlah besar.

Proses penyortiran barang memerlukan waktu yang cukup lama. Umumnya proses ini bisa dilakukan seharian penuh. Sehingga dibutuhkan pekerja dalam jumlah yang banyak. Para pekerja tersebut akan bekerja dengan sistem shift setiap harinya.

Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Fasilitas Logistik

Faktor-faktor Memilih Fasilitas Logistik
Faktor-faktor Memilih Fasilitas Logistik, sumber gambar: pexels.com

Fasilitas logistik merupakan gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan, pendataan, penanganan, dan pemrosesan produk. Bahkan jenis fasilitas logistik yang tepat akan memudahkan proses pengiriman produk ke lokasi pelanggan.

Hal tersebut membuktikan bahwa gudang fasilitas logistik merupakan komponen yang penting dalam bisnis. Gudang penyimpanan ini harus bisa digunakan untuk menjaga barang agar kualitasnya tidak menurut. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih jenis fasilitas logistik, yaitu:

  • Jumlah dan kualitas tenaga kerja.
  • Pemilihan infrastruktur dan transportasi.
  • Jarak gudang dengan pasar dan outlet konsumen.
  • Fasilitas yang lengkap untuk kualitas hidup.
  • Dekat dengan kawasan industri.
  • Tidak jauh dari lokasi pemasok.
  • Biaya yang harus dibayarkan untuk lahan, air, energi, dan telekomunikasi.
  • Ketersediaan infrastruktur ICT.
  • Preferensi perusahaan.

Selain itu ada juga pertimbangan lainnya yang berkaitan dengan lokasi. Secara spesifik faktor yang harus dipertimbangkan untuk lokasi gudang fasilitas logistik, yaitu:

  • Akses transportasi seperti truk, kereta api, pesawat, hingga transportasi laut.
  • Dekat dengan kawasan metropolitan.
  • Ketersediaan tenaga kerja yang disesuaikan dengan keterampilan.
  • Biaya dan pajak yang harus dibayarkan.
  • Ketersediaan air, energi, dan telekomunikasi.

Itulah faktor-faktor yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih jenis gudang fasilitas logistik. Pastikan untuk memilih fasilitas logistik yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya. Dengan pemilihan gudang yang tepat maka proses penyimpanan dan pengiriman barang akan lebih efektif.


Kesimpulannya, fasilitas logistik adalah salah satu kunci terpenting dalam menjalankan suatu bisnis. Terutama jika kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam usaha pengelolaan stok. Kamu bisa memilih jenis fasilitas logistik yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Fungsi utamanya sebagai tempat penyimpanan stok barang merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dengan keberadaan gudang penyimpanan, barang produksi akan terjaga kualitasnya. Selain itu gudang ini juga bisa memudahkan proses pengiriman.

Pengiriman barang kepada konsumen biasanya membutuhkan waktu yang lama. Namun dengan memanfaatkan gudang fasilitas logistik, proses pengiriman akan lebih cepat. Kamu juga bisa memanfaatkan gudang ini untuk memantau stok barang.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar