Manajemen Pergudangan: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

komerce.id – Penyimpanan barang di gudang perlu diperhatikan, sehingga manajemen pergudangan wajib dijalankan dengan maksimal. Manajemen gudang merupakan sebuah metode pengelolaan tempat penyimpanan barang di gudang, yang pengoperasiannya meliputi lokasi gudang, pendataan, dan juga adjust inventory guna mengatur stok barang.

Manajemen gudang ini sudah pasti dimiliki dan ada di setiap perusahaan, khususnya mereka yang memproduksi barang. Pasalnya, gudang merupakan satu-satunya tempat yang digunakan untuk menyimpan stok barang sementara, baik input maupun outputnya.

Baca juga: Pengertian, Tujuan, Manfaat Stock Opname

Pengertian Manajemen Pergudangan

pengertian manajemen pergudangan
Sumber gambar: pexels.com

Manajemen pergudangan adalah teknik yang digunakan untuk mengontrol serta mengelola barang di dalam gudang, baik keluar masuknya barang hingga penataannya juga. Sistem manajemen ini sangat penting adanya, karena dengan manajemen kamu bisa memantau informasi terkait barang dan stok terekam.

Kegiatan penyimpanan barang di dalam gudang sangat penting dalam kegiatan bisnis, karena hal tersebut nantinya akan berimbas pada proses distribusi barang. Jika pengelolaannya berantakan, maka otomatis distribusi barang juga akan terganggu sehingga perkembangan perusahaan juga akan terhalang.

Sebelum barang didistribusikan kepada para customer, informasi dari persediaan di dalam gudang perlu dipastikan terlebih dahulu agar keluar masuknya barang dapat dikontrol. Dengan begitu, kemungkinan adanya kelebihan atau bahkan kekurangan stok barang dapat dihindari atau ditiadakan.

Konsep Manajemen Pergudangan

Sebenarnya, konsep manajemen gudang ini sudah ada sejak lama, yakni sekitar 2.600 tahun sebelum Masehi dan muncul pertama kali di Gujarat. Nah, ketika Revolusi Industri di abad ke-18 hingga ke-19, gudang bukan hanya sebagai tempat menyimpan barang saja tetapi sekaligus menjadi tempat distribusi barang yang efisien.

Sedangkan konsep manajemen gudang sendiri adalah pengontrolan barang yang meliputi:

  1. Penerimaan barang
  2. Pendataan barang
  3. Penyimpanan barang
  4. Pendistribusian barang

Keempat konsep yang telah disebutkan di atas sangat penting bagi kontrol persediaan secara logistik dan juga pemenuhan kebutuhan barang ketika distribusi.

Baca juga: 9 Strategi Inventory Control Untuk Tingkatkan Efisiensi Perusahaan

Fungsi Manajemen Pergudangan

fungsi manajemen pergudangan
Sumber gambar: pexels.com

Secara umum, fungsi utama dari adanya gudang adalah untuk menyimpan barang, sedangkan di dalam dunia bisnis tempat ini bukan hanya untuk menyimpan saja. Fungsi adanya manajemen gudang di dunia bisnis sangat banyak, yakni seperti berikut ini:

1. Menyimpan Barang dengan Aman

Fungi pertama dan utama dari adanya manajemen gudang adalah sebagai metode pengontrolan barang yang disimpan di dalam gudang dengan tujuan menjamin keamanan barang tersebut. Adanya gudang yang mampu digunakan sebagai tempat penyimpanan barang yang aman, maka proses distribusi dapat dipastikan berjalan lebih lancar.

2. Mengurangi Biaya Transportasi

Pengurangan biaya transportasi menjadi fungsi kedua dari manajemen gudang, sehingga penempatan lokasi gudang menjadi hal penting untuk mengabulkan hal tersebut. Tempat yang strategis adalah hal menguntungkan, karena gudang penyimpanan merupakan titik poin masuk dan keluarnya barang ke dalam inventaris.

Dengan demikian, proses distribusi atau pemindahan barang dari satu tempat penyimpanan ke tempat lainnya, misalnya saja alamat customer, tidak akan memakan biaya dalam jumlah besar apalagi jika lokasi gudang diatur secara maksimal dan strategis.

3. Memantau Stok Barang

Adanya manajemen gudang sangat membantu pebisnis dalam mengontrol persediaan barang di dalam gudang. Salah satu metode yang digunakan agar pengontrolan inventaris berjalan lancar dan barang tertata rapi adalah dengan adjust inventory.

Pemantauan stok barang secara teratur pastinya akan memberikan dampak positif dan menguntungkan bagi pebisnis, karena perencanaan kebutuhan yang belum tersedia bisa berjalan lebih mudah lagi.

4. Mendata Inventaris secara Tepat

Pendataan inventaris adalah salah satu hal yang diandalkan dari manajemen gudang, karena bisa meminimalisir terjadinya kekurangan atau kelebihan barang. Dengan manajemen ini, data terkait inventaris akan lebih akurat dan bisa selalu diperbarui, sehingga mampu memudahkan proses distribusi.

Tujuan Manajemen Pergudangan

Dari penjelasan sebelumnya, pastinya kamu sudah lebih gambling dengan manajemen gudang, mulai dari pengertian hingga fungsinya. Kini saatnya kamu mengetahui tujuan dari adanya manajemen gudang dan salah satu tujuan utamanya adalah mengontrol masuk dan keluarnya barang.

Selain itu, manajemen gudang juga memiliki tujuan lain yang tidak kalah penting, yakni sebagai berikut:

  1. Manajemen gudang bertujuan untuk memastikan kuantitas serta kualitas barang di dalam gudang sebagai stok persediaan.
  2. Tujuan selanjutnya adalah memperbarui informasi barang secara berkala, sehingga pebisnis dapat memantau keadaan gudang dengan informasi terbaru dan terkini.
  3. Mencegah terjadinya kesalahan distribusi, karena barang sudah dikelola dengan baik dan benar.
  4. Manajemen gudang memiliki tujuan untuk merapikan data administrasi, sehingga pemantauan stok barang mudah dilakukan.
Baca juga: 19 Aplikasi Stok Barang Gratis di Android dan PC

Manfaat Manajemen Pergudangan

manfaat manajemen pergudangan
Sumber gambar: pexels.com

Dari awal sudah dijelaskan bahwa manajemen gudang merupakan hal penting dan sangat bermanfaat bagi perusahaan, bahkan mampu membuat perusahaan lebih berkembang hingga maju. Lantas, apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut ulasannya:

1. Menekan Biaya Operasional

Manajemen gudang yang baik nantinya akan membuat kamu bisa meminimalisir biaya operasional, karena dibandingkan dengan mengisi data manual, proses pendataan secara sistematis dalam manajemen gudang sudah pasti akan lebih memudahkan karyawan yang bekerja di gudang.

Biaya operasional merupakan salah satu biaya besar yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan, sehingga adanya manajemen gudang ini memberikan dampak positif pada perusahaan karena mampu mengurangi pengeluaran.

2. Meningkatkan Efisiensi Kinerja Karyawan

Manfaat kedua dari manajemen gudang dapat dirasakan oleh karyawan, karena dengan pengelolaan yang baik ini akan meningkatkan efisiensi karyawan di dalam gudang. Pasalnya, pendataan inventaris yang sistematis pastinya akan memberikan kemudahaan sangat berarti bagi karyawan ketika melakukan pekerjaannya.

3. Tingkat Kepuasan Pelanggan Bertambah

Ternyata penyimpanan barang yang aman dan baik di dalam gudang akan meningkatkan kepuasaan pelanggan. Kira-kira mengapa demikian? Padahal pelanggan tidak akan tahu bagaimana keadaan di dalam gudang, karena kebanyakan sifatnya rahasia.

Hal tersebut dikarenakan pengelolaan yang baik akan berdampak baik pula pada proses distribusi. Contohnya saja, ketika pengelolaan gudang baik, dapat dipastikan barang-barang akan tertata rapi sebagaimana mestinya, sehingga proses pencarian barang pesanan akan jauh lebih mudah.

Karena barang sudah dikelompokkan berdasarkan jenisnya, tentu saja kesalahan pengiriman sangat bisa dihindari. Dengan kedua hal tersebut, proses distribusi dapat berjalan lebih mudah dan cepat sehingga barang pesanan juga akan lebih cepat sampai kepada customer.

Barang sampai dengan cepat dan akurat, sudah pasti akan memberikan kepuasan tersendiri kepada para pelanggan. Jika pelanggan puas, kemungkinan besar pemesanan ulang sudah pasti akan dilakukan.


Secara garis besar, manajemen pergudangan merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mengelola gudang agar menjadi tempat penyimpanan yang lebih efektif. Dengan pengelolaan gudang yang baik, maka akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan yang kamu pimpin.

Jika ingin mengatur manajemen gudang dengan maksimal dan lebih mudah, silahkan kontak langsung kompack.id. Kompack merupakan salah satu jasa pergudangan terpercaya khususnya untuk kamu yang memiliki bisnis online.

Dengan bantuan Kompack, dapat dipastikan bisnis yang kamu jalankan akan sangat terbantu dan pastinya bisnis akan berjalan lebih maksimal lagi. Tunggu apa lagi? Yuk, kontak Kompack.id sekarang juga!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar