3PL : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Bedanya dengan 4PL

komerce.id – Sebelum pandemi COVID-19, rantai pasokan sering dianggap remeh, dan saat ini, logistik telah menarik perhatian bisnis yang ingin meningkatkan skala operasi mereka. Itulah sebabnya banyak yang mulai menggunakan 3PL. 3PL adalah istilah atau solusi untuk proses logistik kebanyakan bisnis saat ini.

3PL sendiri merupakan singkatan dari Third Party Logistic atau perusahaan logistik pihak ketiga. Saat ini, eCommerce menjadi bisnis yang telah tumbuh secara eksponensial, demikian pula minat untuk bermitra dengan logistik pihak ketiga.

Pasar 3PL diperkirakan akan mengalami pertumbuhan 8% setiap tahunnya. Kalau kamu adalah seorang pebisnis yang memiliki banyak sekali orderan setiap harinya, maka kamu bisa percayakan 3PL sebagai solusi untuk logistikmu. Apa manfaat menggunakan 3PL sebagai bantuan logistikmu?

Baca juga: 14 Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya

Apa itu 3PL?

Pengertian 3PL
Pengertian 3PL, sumber gambar: navata.com

Apa itu 3PL? 3PL adalah sebuah perusahaan logistik tangan ketiga yang membantu perusahaan manufaktur maupun perusahaan dalam berbagai industri untuk melakukan beberapa tugas yang ada di dalam supply chain management. 3PL adalah pihak yang membantu tugas pengiriman barang, dari trucking hingga kebutuhan gudang secara end to end.

Di tengah bisnis dunia e-commerce yang berkembang pesat, pengiriman memainkan bagian yang tidak kalah pentingnya dari kesuksesan bisnis itu sendiri. Pengiriman yang buruk juga bisa berimbas pada citra bisnis itu sendiri.

Sayangnya, banyak bisnis e-commerce atau reseller yang meremehkan betapa pentingnya peran pengiriman sampai terlambat dalam mengirimkan ke pelanggan. Ketika bisnis mengalami ketidakmampuan untuk mendistribusikan produk dalam skala yang luas, maka itu akan berpengaruh pada bisnis.

3PL yang operasionalnya bagus sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Tidak hanya menghemat waktu dan kerumitan bisnis, namun mempercayakan 3PL juga membebaskan staf untuk menangani tugas-tugas lainnya yang lebih mendesak.

3PL umumnya menangani beberapa bentuk pengiriman, transportasi, distribusi, dan pergudangan.

Berikut adalah layanan yang umumnya 3PL tawarkan kepada bisnis :

1. Service Developer

3PL yang menawarkan service developer biasanya akan memberikan layanan berupa cross docking. layanan tracking dan juga special case delivery.

Pada umumnya, 3PL dengan layanan di atas telah difasilitasi dengan sistem IT yang bagus dengan ruang lingkup yang jauh lebih besar dibandingkan dengan 3PL provider versi standar.

 2. Customer Developer

3PL selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah customer developer yang sudah take over kepentingan logistik pengguna jasa dengan menyeluruh.

Jika menggunakan layanan ini, maka umumnya perusahaan manufaktur itu sendirilah yang akan berikan beban tanggung jawab sepenuhnya ke penyedia 3PL. Jadi, segala macam urusan logistik akan diurus oleh penyedia 3PL.

Menggunakan layanan 3PL jenis ini terbilang lumayan menguntungkan sebab bisa membantu bisnis kamu menjadi lebih hemat untuk mengoperasikan fungsi logistik.

3. Customer Adapter

Jenis 3PL selanjutnya adalah mencoba takeover sebagian aktivitas logistik bisnis pengguna jasa. Penyedia 3PL memiliki tugas untuk lebih tingkatkan kinerja logistik namun tidak mengembangkan sebuah layanan baru.

4. Warehouse dan Manajemen Inventaris

Layanan selanjutnya adalah penyedia 3PL bertanggung jawab atas keberhasilan gudang inventaris bisnis kamu. Oleh karena itu penyedia 3PL perlu memiliki sistem dan software manajemen inventaris yang efisien.

Mengetahui lokasi penyedia pihak ketiga 3PL dapat membantu meningkatkan skala bisnis dan membangun keunggulan kompetitif karena 3PL, tergantung pada areanya, dapat mengakomodasi pengiriman hari yang sama atau dua hari.

Penyedia 3PL yang efisien akan selalu memeriksa inventaris dan berdasarkan pesanan, akan memindahkan barang lebih dekat ke pelanggan untuk mencapai pengiriman yang paling efisien.

Baca juga: Pengertian Cuci Gudang

Manfaat 3PL

Manfaat 3PL
Manfaat 3PL, sumber gambar: transcocargo.lk

Sebagai bisnis yang mungkin sedang berkembang, maka kamu harus bisa melakukan yang terbaik untuk pengiriman produkmu dan mempercayakan pada penyedia 3PL untuk melakukan yang terbaik. 3PL mengelola masuknya produk, mengatur penyimpanannya, dan mengirimkan ke customer.

Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mempercayakan penyedia 3PL :

1. Menghemat Waktu dan Uang

Menggunakan penyedia 3PL menurunkan risiko dan kebutuhan kamu akan pemasukan modal dan investasi karena kamu tidak perlu menghabiskan anggaran untuk transportasi, teknologi, atau ruang penyimpanan.

Selain itu, 3PL mengambil tugas bisnis kamu yang mungkin menghabiskan waktu atau sumber daya yang bisa dialihkan ke hal lain. Dengan mempercayakan 3PL, maka akan memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan bisnis ke hal lain.

2. Lebih Expertise Dalam Kirimkan Barang

3PL fokus pada pengoptimalan pengiriman barang karena focus perusahaan hanya fokus ke dalam bidang tersebut. Perusahaan 3PL adalah jasa yang ahli dalam penyimpanan, pergudangan dan pengiriman. 3PL merupakan penyedia logistik, dan manufaktur yang bisa diandalkan sebagai mitra bisnismu,

3PL memiliki pengalaman dan keahlian untuk membantu para pebisnis yang bingung dengan masalah logistik. Artinya, kamu bisa mengembangkan bisnis dengan pengiriman yang dikelola dengan baik.

3. Membantu Temukan Shipper

Pada umumnya, permasalahan logistik akan selalu perusahaan alami ketika pusing mencari pengirim barang yang mampu memuat banyak barang besar. Untuk bisa menemukan jasa pengiriman yang bisa memuat barang dengan muatan besar adalah PR yang sulit, apalagi jika bisnis baru berkembang.

Nah, perusahaan 3PL sendiri hadir untuk menjadi media yang mempertemukan bisnis kamu dengan shipper.

4. Mengurangi Tenaga Kerja

Ketika kamu mempercayakan pengiriman kepada 3PL, maka kamu tidak perlu mengelola tenaga kerja besar yang menangani pengiriman dan layanan sejenis lainnya. Kamu jadi tidak perlu berurusan dengan sumber daya yang bisa menambah beban anggaran bisnismu.

5. Menangani Pengembalian

Pengembalian barang yang tidak sesuai dengan pelanggan inginkan adalah resiko yang akan selalu dihadapi oleh para pebisnis. Nah, 3PL sendiri tidak hanya berkonsentrasi pada penanganan logistik berupa pengiriman barang, namun juga pengembalian.

Baca juga: Pengertian Sistem Resi Gudang

Fungsi Penyedia 3PL

Fungsi Penyedia 3PL
Fungsi Penyedia 3PL, sumber gambar: group.teamlease.com

Jika kamu ingin urusan logistik perusahaanmu menjadi lebih efisien dan hemat biaya, maka disinilah 3PL hadir untuk solusi bisnismu. 3PL memiliki beberapa fungsi seperti :

  • Melakukan packing dan kirimkan barang ke alamat pelanggan.
  • Simpan produk yang hendak dikirimkan dengan aman.
  • Membantu barang return dari pelanggan.
  • Label.
  • Memiliki manajemen logistic yang solid.
  • Bisa bermitra dengan instansi pemerintahan.
  • Menyediakan layanan logistik dengan model end to end.

Perbedaan Penyedia 3PL dan 4PL

Perlu diketahui bahwa selain 3PL ternyata ada juga jasa logistik lainnya yang bisa diandalkan oleh bisnis online, yakni 4PL atau Fourth-Party Logistics. Berikut beberapa hal yang membedakan perbedaan perusahaan 3PL dan 4PL.

1. Pengertian

3PL merupakan penyedia yang bermitra dengan bisnis untuk mengatur segala macam fungsi logistik terkait dengan penyimpanan sampai dengan pengiriman

Sementara untuk 4PL sendiri menyediakan jasa logistik untuk memegang kendali penuh atas rantai pasokan dan menjadi perantara tunggal.

2. Fungsi

3PL adalah layanan penyedia jasa logistik yang lebih cocok bermitra dengan bisnis kecil yang masih berkembang, sementara 4PL sendiri cocoknya untuk UMKM.

Fungsi dari penyedia 3PL sendiri lebih berfokus dengan operasional harian sementara 4PL fokus mengoptimalkan dan mengintegrasikan logistik.

3. Biaya

Jika merujuk dalam hal biaya, maka 3PL tentu saja jauh lebih murah sebab fokusnya adalah ke transaksi satu kali. Sementara biaya 4PL terbilang cukup mahal sebab menyediakan layanan lebih banyak untuk bisnis lebih besar.


3PL, atau logistik pihak ketiga, adalah istilah untuk mengklasifikasikan perusahaan yang menyediakan layanan logistik outsourcing bagi sebuah bisnis.

Penyedia 3PL memiliki berbagai layanan yang menerima produk atau material dari produsen atau pemasok, memandunya melalui saluran distribusi dan mengirimkannya ke pelanggan.

Bisa dibilang bahwa 3PL adalah solusi yang sangat membantu pebisnis kecil karena bisa mengirimkan barang tanpa harus bisnis itu sendiri yang melakukannya.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar