facebook-viewcontent

Facebook Pixel: Pengertian, Manfaat & Cara Memasangnya

Facebook Pixel – Tahukah kamu? Saat ini Facebook Ads menjadi salah satu platform periklanan terbesar didunia yang digunakan pelaku usaha online, hal ini karena Facebook Ads memiliki banyak fitur yang kompleks untuk mendukung pengembangan sebuah bisnis. 

Salah satu fitur paling penting yang wajib digunakan oleh pengiklan adalah Facebook Pixel. Banyak alasan mengapa kamu harus menggunakan Facebook Pixel, salah satunya agar performa iklan yang kamu jalankan lebih optimal dan lebih banyak menghasilkan penjualan. Fitur ini sangat berguna untuk mempermudah proses identifikasi serta menganalisis audience.

Secara umum, Facebook Pixel adalah fitur berbentuk kode yang terpasang pada website, yang nanti kode tersebut akan melacak serta merekam perilaku pengunjung pada website kemudian hasil data tersebut digunakan untuk retargeting atau menargetkan ulang kepada pelanggan yang pernah berinteraksi dengan iklan tersebut.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Facebook Pixel. Nah, untuk mempelajari lebih jauh lagi mengenai pengertian, cara kerja, manfaat, dan cara memasang Facebook pixel, mari kita simak selengkapnya.

Baca juga: 15 Cara Jualan Online di Facebook agar Laris dan Untung

Apa itu Facebook Pixel?

pengertian facebook pixel
Sumber gambar: solodigital.id

Pengertian Facebook Pixel adalah fitur berbentuk kode yang ditempatkan pada website untuk merekam aktivitas pengunjung website dan mengumpulkan data dari tindakan audience seperti konversi dari Facebook Ads.

Selain itu juga memungkinkan kamu dapat membangun atau mengelompokan audience yang akan menjadi target iklan, dengan fitur ini juga digunakan untuk melakukan retargeting atau pemasaran ulang yaitu menargetkan kembali orang-orang yang pernah mengunjungi website, dll.

Pada umumnya facebook pixel digunakan untuk membuat target menjadi lebih spesifik dan mengukur keefektifan iklan yang kamu jalankan, sehingga iklan akan tampil kepada orang-orang yang relevan dan lebih tepat sasaran.

Hal ini akan memberi dampak kepada calon pelanggan agar menjadi lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Bantuan dari data pixel dapat melacak pengunjung facebook, dengan begitu memungkinkan iklan akan kembali dilihat pada audience tersebut.

Cara Kerja Facebook Pixel

Bagaimana sih, cara kerja Facebook pixel seperti pembahasan diatas? Berikut adalah cara kerjanya.

Facebook pixel merupakan kumpulan kode yang dipasang pada website. Setelah kode tersebut sudah terpasang, selanjutnya kode ini akan memicu website cookies yang dapat melacak dan merekam data pengguna audience ketika mereka melakukan interaksi. Data yang akan terekam terdiri dari :

  • Jenis kelamin, umur, dan lokasi pengguna
  • Halaman yang dibuka pengguna
  • Aktivitas atau perilaku yang dilakukan pengunjung seperti like, komen, share, view content dan add to cart.
  • Perangkat yang digunakan untuk mengakses website seperti desktop dan mobile

Nah, data aktivitas audience inilah yang nanti akan dikumpulkan dan nantinya akan dijadikan penargetan iklan yang lebih relevan.

Baca juga: Harga Dan Biaya Iklan Facebook Ads (FB Ads)

Manfaat Facebook Pixel Untuk Bisnis

manfaat facebook pixel
Sumber gambar: tamasia.co.id

Pada umumnya Facebook Pixel digunakan untuk mengoptimalkan iklan agar target lebih spesifik selain itu ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan fitur ini. Berikut fungsi dan manfaat Facebook Pixel yang perlu kamu ketahui:

1. Untuk Melakukan Retargeting

Retargeting merupakan strategi pemasaran ulang atau menargetkan kembali orang-orang yang pernah mengunjungi situs web. Iklan akan tampil hanya kepada orang-orang yang pernah berinteraksi dengan website.

Dengan melakukan retargeting, diharapkan pengunjung dapat memikirkan kembali mengenai produk agar mereka melakukan pembelian. Bukan hanya itu saja, iklan juga dapat ditampilkan lagi ke pengguna yang melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Add to Cart — saat pengguna menambahkan barang dan produk yang Anda tawarkan di website ke keranjang belanja
  • Purchase — proses pembelian barang dan produk yang Anda tawarkan.
  • Sign Up — saat pengguna mendaftarkan dan memasukan data diri mereka ke website tersebut.
  • Add to wishlist — terjadi saat pengguna menambahkan barang ke keranjang wishlist mereka.
  • Membuka atau mengakses page yang ditentukan pada website.
  • Subscribe newsletter di website.
  • Complete registration.
  • Menambahkan info pembayaran.
  • Menggunakan fitur Search di website.

Jadi pada Intinya, semua perilaku pengguna akan direkam dan akan dikumpulkan untuk mendapatkan informasi yang penting untuk retargeting. 

2. Membuat Lookalike Audience (Pengelompokan Audiens)

Facebook Pixel dapat membuat lookalike audience dari pengguna yang pernah berinteraksi sebelumnya seperti kunjungan website, kunjungan halaman, like maupun komen.

Kamu dapat menemukan target baru yang mirip dengan audience, misalnya kamu ingin membuat lookalike audience berdasarkan pengguna yang memiliki ketertarikan pada sesuatu yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan lebih mudah melacak dan mencari audience yang memiliki karakter maupun perilaku yang sesuai dengan audience tersebut

3. Mengoptimasi Konversi yang Spesifik

Facebook Pixel dapat membantu melacak aktivitas pengunjung di dalam website seperti tindakan call to action, sign up, lead magnet, email subscription, dan newsletter subscription dan lain sebagainya.

Dengan fitur ini, kamu juga dapat menghitung cost per click, cost per lead, cost per conversion dll, dengan lebih spesifik.

4. Mengoptimalkan Value Facebook Ads

Facebook Pixel dapat mengetahui pelanggan mana yang telah melakukan pembelian yang besar dengan mengumpulkan data dari pembeli serta jumlah yang mereka belanjakan, sehingga iklan akan muncul hanya pada mereka. 

Dengan begitu Facebook Pixel berguna untuk mengoptimalkan value pada Facebook Ads dan menjangkau konsumen yang berpotensi tinggi untuk melakukan pembelian.

5. Melacak Konversi

Facebook Pixel merupakan cara paling efektif untuk melacak setiap pengunjung yang melakukan interaksi dalam situs, sehingga dapat dijadikan conversion rate pada Facebook Ads.

Setiap audience yang pernah mengunjungi website, dapat melacak konversi dengan mengetahui device para pengunjung yang digunakan, entah berasal dari desktop maupun mobile. Dengan begitu audience dapat dilacak melalui beda perangkat.

6. Optimasi Iklan Facebook untuk Konversi

Fitur ini dapat mengoptimalkan iklan dengan menggunakan data yang telah dikumpulkan melalui pelacakan Facebook Pixel.

Dengan menggunakan pixel, kamu dapat mengoptimalkan konversi yang lebih tepat dan sesuai dengan tujuan beriklan seperti pembelian. Jika tidak menggunakan Pixel, maka yang dapat kamu optimalkan hanyalah klik pada tautan saja. 

7. Akses Penuh Tools Iklan dan Matrik

Kamu dapat sepenuhnya menggunakan banyak fitur dan matrik iklan pada Facebook Ads jika kamu sudah mengunduh aplikasi Facebook Pixel ini.

Hal ini kamu dapat menggunakan campaign conversion web, target pemirsa khusus, iklan dinamis dan dapat melacak metrik seperti biaya per lead atau biaya per konversi.

Baca juga: AME Facebook: Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Membuat Facebook Pixel di Website

cara memasang facebook pixel di website
Sumber gambar: idcloudhost.com

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan fitur Facebook Pixel. Berikut adalah cara menggunakan Facebook Pixel yang benar:

1. Membuat Pixel

  • Pertama, pilih menu Facebook Pixel Manager, selanjutnya pilih icon garis tiga (=) pada pojok kiri atas, pilih Pixel
  • Klik tombol warna hijau Create at Pixel
  • Masukan nama Pixel yang dibuat, dan masukan URL situs website, lalu klik Create 
  • Setiap memberi nama pixel, Events Manager hanya menyediakan satu Pixel untuk setiap akun iklan
  • Jika ingin memakai lebih dari satu pixel per akun iklan, kamu dapat menggunakan Facebook Business Manager.

2. Menambahkan Kode

Langkah kedua adalah menambahkan kode pada website. Jika sebelumnya sudah membuat pixel, maka pixel tersebut bisa ditambahkan pada situs website agar melacak interaksi yang ada dalam website.

Pada umumnya platform yang digunakan untuk memasang kode pixel itu berbeda-beda, Jika kamu menggunakan pengembang atau developer lain yang dapat mengedit kode situs web, maka klik Email Instructions ke Developer untuk memberikan semua yang dibutuhkan untuk memasang pixel. 

Apabila menggunakan platform google tag manager, kamu cukup memasang saja tanpa perlu mengedit kode situs secara langsung. Dan cara terakhir kamu harus memasukan kode pixel langsung ke laman web. Berikut cara memasangnya:

  • Klik Manually Install the Code Yourself, lalu copy dan paste kode pixel ke dalam kolom situs web tersebut
  • Selanjutnya poskan setelah tag, sebelum tag. Lalu tempelkan ke setiap halaman atau ke template perlu digunakan. Opsi ini bertujuan menyesuaikan dengan data pelanggan lebih akurat dengan target khusus audience yang lebih besar.
  • Klik Sent Traffic untuk mengecek memasukan kode ke URL situs apakah sudah benar.
  • Klik Continue jika Google Pixel berhasil melacak aktifitas.

3. Melacak Event

Langkah selanjutnya adalah kamu dapat melacak setiap event. Event merupakan salah satu bagian pixel yang bisa melacak dan memberikan informasi penting.

Ada beberapa event yang dapat dikonversikan, antara lain checkout produk, menambahkan barang ke keranjang, pembelian dan lain sebagainya.

4. Memastikan Facebook Pixel Aktif

Untuk memastikan data fitur tersebut benar selalu aktif, kamu dapat menggunakan bantuan lain dengan memasang Facebook Pixel Helper yang ditambahkan pada google chrome kamu.

5. Membuat Notifikasi

Untuk memastikan pengunjung situs mengetahui bahwa data mereka direkam dan dikumpulkan melalui cookie, maka kamu harus memberikan informasi dan persetujuan pada mereka, apakah pengguna memilih keluar dari pengumpulan data tersebut atau lanjut.

Baca juga: 39 Istilah Dalam Facebook Ads : Arti Beserta Penjelasannya

Pada pembahasan di atas, bahwa fitur ini membantu kamu dalam menargetkan iklan di Facebook Ads dengan baik, juga dirancang untuk mempermudah dan memberikan banyak manfaat yang dapat mengembangkan strategi untuk memenuhi bisnis kamu di tengah pesatnya persaingan dengan kompetitor lain.

Keuntungan yang kamu dapatkan menggunakan FB Pixel adalah dapat mengetahui bagaimana audiens terlibat dengan konten di website toko online kamu. Dengan begitu kamu mengetahui konten mana yang menarik di mata pengunjung.

Demikian sekilas artikel mengenai Facebook Pixel, diharapkan kamu dapat memahami dan mengimplementasikan pada bisnis yang sedang dijalankan saat ini, sehingga dapat meningkatkan target dengan lebih spesifik.

komerce

Satu pemikiran pada “Facebook Pixel: Pengertian, Manfaat & Cara Memasangnya”

Tinggalkan komentar