Bauran Pemasaran: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Komerce.id – Buat kamu yang berencana untuk masuk ke dunia bisnis, bauran pemasaran menjadi salah satu istilah yang perlu kamu tahu apa artinya, manfaatnya, dan konsepnya sebelum kamu benar-benar terjun ke bisnis, bahkan untuk bisnis yang skalanya masih kecil.

Biasanya dalam langkah-langkah memulai bisnis untuk para pemula, mengidentifikasi target pasar dan kompetitor akan menjadi hal yang perlu kamu lakukan. Nah, setelah langkah tersebut, biasanya langkah berikutnya adalah mengembangkan bauran pemasaran untuk bisnis kamu.

Secara teknis, setiap lini bisnis (di bidang apa pun itu) akan membutuhkan alat pemasaran untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanannya. Bauran pemasaran inilah salah satu yang kamu butuhkan untuk menarik para pelanggan potensial yang nantinya bisa menjadi pelanggan tetap.

Baca juga: 11 Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

pengertian bauran pemasaran menurut para ahli
Sumber gambar: kudupinter.com

Apa itu bauran pemasaran? Istilah bauran pemasaran pertama kali disebutkan dalam sebuah pidato sekitar tahun 1953 dalam American Marketing Association yang kala itu disampaikan oleh seorang profesor Harvard bersama dengan pakar pemasaran bernama Neil Bordon.  

Pada pidato tersebut, kedua ahli ini menjelaskan mengenai cara pebisnis untuk melakukan dan mengembangan teknik pemasaran yang sukses. Nah, mengenai definisi dari bauran pemasaran sendiri menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • Kotler dan Armstrong: bauran pemasaran adalah beberapa variabel di dalam teknik pemasaran yang diterapkan oleh pemilik bisnis untuk mencapai target penjualan.
  • Laura Lake: bauran pemasaran adalah salah satu komponen di dalam pemasaran yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk memasarkan layanan atau produk kepada pelanggan potensial.
  • Gugup Kismono: bauran pemasaran mengarah pada kombinasi variabel atau elemen yang menjadi inti dari teknik pemasaran yang terdiri dari empat komponen, yaitu harga, tempat, strategi produk, dan promosi.

Berdasarkan tiga pandangan ahli di atas mengenai definisi bauran pemasaran, bisa disimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah serangkaian tindakan yang diambil oleh sang pemilik bisnis untuk membangun citra merek dagang dan memasarkan produk atau layanannya kepada para pelanggan.

Jadi kalau kamu bisa memahami dan menerapkan konsep dari bauran pemasaran dengan benar atau tepat, maka kamu bisa menawarkan produk atau layanan kamu kepada pelanggan di waktu yang tepat, dengan harga yang tepat, dan pada tempat / lokasi yang tepat.

Dengan kata lain, bauran pemasaran ini merupakan salah satu kunci dari kesuksesan penjualan produk atau layanan yang pada akhirnya bisa membantu kamu untuk ada di puncak kesuksesan atau minimal bisnis kamu bersifat long lasting alias tidak cepat gulung tikar.

Baca juga: Iklan Online Adalah: Pengertian, Keuntungan dan Jenis-jenisnya

Konsep Bauran Pemasaran 7p (Marketing Mix)

konsep bauran pemasaran 7p (marketing mix)
Sumber gambar: kudupinter.com

Konsep dari bauran pemasaran pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960 oleh seorang profesor dan penulis pemasaran Amerika yang bernama E. Jerome McCarthy.

Pada salah satu bukunya yang berjudul “Basic Marketing: A Managerial Approach” yang diterbitkan tahun 1960 dan menjadi salah satu yang paling laris dalam kategori kursus pemasaran universitas, disebutkan bahwa konsep bauran pemasaran ada empat, yaitu:

  • Product
  • Promotion
  • Price
  • Place

Keempat strategi ini disingkat dengan 4P oleh sang penulis. Sebagai contoh, misalnya kamu adalah seorang penjual kue kering yang menggunakan resep rahasia dan bisa menghasilkan cita rasa kue yang sangat enak.

Tapi untuk menarik pelanggan potensial, kue-kue lezat ini kamu bandrol dengan harga yang ramah di kantong dan kamu promosikan dengan cara yang tepat di berbagai saluran. Tapi karena lokasi jualan kamu yang masuk-masuk gang dan susah untuk ditemukan, kue kamu masih tidak bisa juga laris manis.

Artinya, dalam hal ini kamu hanya menerapkan tiga konsep, yaitu produk enak, promosi yang bagus, dan harga yang menarik. Sedangkan konsep place (lokasi) masih kamu abaikan, yang pada akhirnya metode pemasaran bisnis kamu jadi tidak maksimal.

Nah, inilah alasan kenapa setiap calon pemilik bisnis harus tahu tentang seluruh konsep bauran pemasaran. Tapi di masa sekarang, konsep dari bauran pemasaran tidak cuma empat tadi, melainkan sudah berkembang menjadi tujuh atau yang disingkat 7P, yang diuraikan seperti berikut:

1. Product

Maksud dari produk di sini bisa yang kamu buat sendiri atau yang kamu jual tapi bukan kamu pembuatnya (misalnya kamu mengambil produk dari supplier aksesoris rambut lalu kamu jual lagi dengan harga yang sedikit lebih tinggi untuk mendapat laba).

Lalu maksud dari produk juga tidak harus selalu dalam bentuk barang. Produk bisa berupa layanan atau jasa, misalnya jasa sablon kaos, jasa cetak foto, jasa pengiriman barang, dan lainnya.

Bahkan, produk juga bisa dalam bentuk digital, seperti situs web, aplikasi, game, dan sebagainya. Intinya, apapun yang kamu jual (baik layanan maupun barang fisik), itulah yang disebut produk.

Saat memilih dan mengembangkan produk, kamu harus mempertimbangkan apakah produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan dan atau keinginan target pasar atau sebaliknya. Jadi, kamu harus mempertimbangkan siklus hidup dari produk tersebut.

Meskipun produk yang kamu tawarkan bagus, tapi kalau konsumen tidak membutuhkan, maka tidak akan ada juga pembelinya. Misalnya kamu berencana untuk bisnis jilbab karena sebentar lagi adalah bulan Ramadhan.

Meskipun mayoritas penduduk negara ini adalah Muslim, dan umumnya menjelang Ramadhan/lebaran produk hijab akan laku keras, tapi kamu juga tidak bisa asal dalam menentukan model hijab yang akan dijual.

Kamu tetap harus melakukan riset untuk mengetahui model, bentuk, jenis kain, dan warna jilbab yang lagi tren atau paling banyak diminati. Jadi kuncinya adalah “Carilah produk yang dibutuhkan target pasar, bukan mencari pasar untuk produk yang akan kamu jual”.

2. Price

Elemen dalam bauran pemasaran berikutnya adalah harga yang bersedia dibayar oleh pelanggan potensial untuk produk yang kamu jual. Elemen ini sangat menentukan dalam hal keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai harga jual, karena benar-benar tergantung dari si pemilik produk. Tapi, bisnis kamu bisa terancam rugi kalau harga jual produk terlalu rendah di bawah harga rata-rata pasar karena misalnya kamu ingin menarik pelanggan.

Hal yang sama juga bisa terjadi kalau harga jual terlalu tinggi, biasanya target pasar malah lebih memilih harga yang murah. Cukup dilema, kan? Nah, agar kamu bisa menentukan harga jual yang tepat, kamu bisa membertimbangkan tiga hal berikut ini:

  • Jumlah modal yang sudah kamu keluarkan (bukan cuma modal uang tapi juga alat, tenaga, bensin, listrik, dan lainnya).
  • Harga jual dari kompetitor atau harga rata-rata di pasaran dengan produk yang serupa.
  • Nilai atau kualitas dari produk itu sendiri.

Kalau produk kamu memang berkualitas tinggi dan layak untuk dihargai mahal, maka target pasar kamu adalah orang-orang yang mencari eksklusivitas. Tapi kalau kamu lebih suka mendapat banyak pelanggan dalam waktu singkat, maka kamu bisa menjual produk dengan kualitas biasa dan harganya merakyat.

Baca juga: 13 Cara Menentukan Harga Jual Produk atau Layanan yang Benar

3. Promotion

Elemen bauran pemasaran yang satu ini mengarah pada metode bisnis yang akan kamu gunakan untuk menarik perhatian target pasar. Jadi, jenis promosi kamu harus disesuaikan dengan target pasar.

Kalau target kamu adalah para kaum millenials, maka promosi digital seperti via media sosial adalah yang paling tepat. Tapi kalau target kamu dari kalangan ibu-ibu paruh baya, iklan di TV sepertinya lebih ideal.

Lalu untuk audiens para pekerja kantor misal, maka iklan-iklan di pinggir jalan atau papan iklan akan lebih cocok. Hal yang sama juga berlaku untuk target pasar para pelajar atau mahasiswa dan lain sebagainya.

Saat akan membuat strategi promosi, kamu bisa pertimbangkan juga teknik atau metode seperti apa yang digunakan oleh para kompetitor. Misalnya kompetitor yang paling unggul di lini bisnis kamu memilih Instagram sebagai media promosi. Nah, kamu perhatikan dulu seperti apa cara mereka promosi.

4. Place

Maksud dari tempat di sini tidak harus lokasi fisik seperti di toko, ruko, mall, dan lainnya, tapi juga bisa secara online, misal di marketplace, media sosial, situs web, atau lainnya.

Mirip dengan metode promosi tadi, pemilihan tepat juga sangat tergantung pada siapa audiens kamu.

5. People

Sumber Daya Manusia (SDM) atau people juga masuk sebagai salah satu elemen bauran pemasaran karena dalam dunia bisnis, pastinya kamu membutuhkan orang-orang untuk menyampaikan produk kepada audiens, baik sebagai admin, marketing, penjaga toko, bagian produksi, manager, dll.

Saat akan merekrut SDM, pastikan kamu memilih yang kompeten atau berkualitas agar bisnis kamu bisa berkembang signifikan.

6. Process

Proses yang dimaksud mencakup produksi hingga distribusi produk/layanan yang perlu direncanakan dan diterapkan dengan matang. Makanya, kamu harus membuat SOP agar bisa diterapkan oleh SDM.

7. Packaging

Disebut juga dengan Physical Evidence, elemen yang satu ini menyangkut tampilan fisik dari produk kamu, misalnya kemasan kue yang kekinian, imut, estetik, atau lainnya.

Sedangkan untuk bisnis jasa/layanan, maka tampilan yang dimaksud adalah dari para pekerja kamu, apakah tampak rapi, profesional, dan terlihat meyakinkan atau sebaliknya.

Baca juga: Pengertian Integrated Marketing Communication

Manfaat Bauran Pemasaran

manfaat bauran pemasaran
Sumber gambar: idcloudhost.com

Inilah tiga keuntungan utama yang akan kamu dapat jika kamu bersedia menerapkan dan mengembangkan bauran pemasaran pada bisnis kamu:

1. Lebih Paham dengan Audiens / Target Pasar

Penting untuk memahami siapa target pasar kamu, termasuk kebiasaan mereka dalam berbelanja (apakah di toko fisik atau online), tempat audiens suka menghabiskan waktu, usia audiens, jam berapa atau di hari apa para audiens ini suka berbelanja.

Sebagai contoh, misalnya target pasar kamu adalah para pekerja kantor, maka besar kemungkinan kalau Sabtu malam atau hari Minggu adalah waktu senggang mereka. Nah, kamu bisa lakukan flash sale di hari/jam tersebut untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial.

Kalau kamu tidak mengenal baik audiens kamu, bisa saja kamu salah pasang jam flash sale, salah pasang iklan, salah memilih teknik promosi, dan banyak lagi.

2. Terhindar dari Salah Pilih Teknik Promosi

Pada 7 konsep bauran pemasaran tadi disebutkan kalau promosi erat hubungannya dengan target pasar. Lalu pada penjelasan di atas juga disebut kalau kamu bisa terhindar dari salah memilih teknik promosi jika sudah mengenal baik target pasar. Mengenal target pasar sendiri masuk dalam konsep 7P tadi.

3. Desain Fisik Lebih Meyakinkan

Kalau kamu menerapkan konsep “packaging” dalam 7P tadi, maka kamu akan lebih rendah kemungkinan untuk mengalami trial and error dalam hal packaging karena desainnya sudah kamu sesuaikan dengan target pasar dan tren yang ada.


Secara garis besar, bauran pemasaran akan memudahkan kamu dalam menarik audiens sehingga produk kamu bisa lebih cepat laku dan bahkan bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan. Berbagai konsep bauran pemasaran juga meminimalkan kamu dari resiko bisnis gagal atau merugi.

Tapi, masing-masing variabel atau elemen yang ada di dalam konsep bauran pemasaran tadi (7P tadi) juga perlu kamu sesuaikan dengan perkembangan zaman, supaya bisnis kamu tetap eksis meski zaman sudah berganti.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.